How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Mudah Membuat Blog Dengan WordPress (Self Hosting)

Cara membuat blog sebenarnya gampang-gampang susah, hal tersebut tergantung bagaimana niat dan kerja keras Anda. Jika Anda hanya ingin sekedar memiliki blog biasa maka itu mudah, tapi jika ingin memiliki blog yang profesional maka Anda membutuhkan waktu dan kerja keras untuk mewujudkannya.

Ketika Anda berniat ingin membuat blog secara serius dan bingung dengan apa yang harus Anda lakukan, maka disini saya akan menjawab secara langsung yaitu “WordPress”. Dengan WordPress Anda dapat membuat blog yang profesional dan menemukan semua apapun yang akan Anda butuhkan untuk melengkapi kebutuhan blog Anda.

Tapi, jika Anda ingin membuat blog sendiri agar terlihat profesional memang tidak semudah beberapa klik saja, karena ada beberapa hal yang memang harus Anda pelajari dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Namun, Anda tidak perlu khawatir tentang bagaimana belajar WordPress karena banyak sumber yang sangat mudah Anda temukan di internet yang membahas secara lengkap tentang WordPress dari tutorial untuk pemula sampai mahir dan salah satunya adalah blog centerklik yang sedang Anda baca ini.

Sebelum saya melanjutkan bahasan artikel ini secara teknis, disini saya akan menjelaskan terlebih dahulu tentang beberapa manfaat memiliki blog, hal ini bertujuan agar memotivasi Anda dalam melakukan aktivitas blogging sehingga tidak gagal sebelum mencapai apa yang ingin Anda capai.

Beberapa Manfaat Mempunyai Blog

Memiliki blog tidak hanya berfungsi sebagai wadah untuk menuliskan cerita pribadi Anda, membagikan pengalaman atau membagikan cerita dari hobi Anda saja tapi lebih dari itu. Blog bisa meningkatkan kemampuan Anda dalam hal menulis, menguasai tehnik SEO, menguasai CMS WordPress, menguasai tehnik pemasaran yang pada akhirnya bisa menjadi wadah untuk memulai bisnis yang benar-benar menjanjikan dan menghasilkan pendapatan yang besar jika Anda serius.

Dan memang tidak bisa di pungkiri bahwa motivasi kebanyakan orang untuk menjadi blogger adalah uang. Dengan blog Anda bisa menghasilkan uang dari berbagai sumber, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Anda bisa menyediakan slot iklan untuk disewakan atau mengikuti program iklan CPC seperti Google AdSense.
  • Anda bisa menjual berbagai produk baik digital (ebook, tema, plugin, software, dll) maupun fisik (tshirt, aksesoris, pakaian, dll) melalui blog Anda dan bahkan dengan WordPress Anda bisa membuat toko online dengan mudah.
  • Anda bisa menjadi affiliate marketing dengan mempromosikan produk atau layanan orang lain melalui blog Anda dan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut seperti (Amazon, afiliasi hosting, afiliasi tema dan plugin, dll)
  • Anda bisa menawarkan berbagai macam jasa Anda melalui blog seperti jasa konsultasi, jasa pembuatan blog, jasa SEO, jasa service, jasa penulisan atau review produk dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa sumber yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan uang dari blog, Anda bisa memfokuskan salah satu cara yang paling Anda sukai dan kuasai maka Anda akan sukses dengan blog Anda dan menghasilkan banyak uang.

Tapi setelah blog Anda jadi, hal yang mungkin paling sulit agar menjadi blogger yang sukses adalah menjaga rasa sabar dan konsisten, karena tehnik bisa saja Anda pelajari dengan cepat tapi sabar dan konsisten bukanlah hal yang mudah. Jadi, sebelum Anda memulai untuk membuat blog usahakan untuk memahami bahwa kesuksesan dalam blogging juga membutuhkan kesabaran dan konsisten yang tetap harus dijaga. Jangan sampai Anda mengharapkan blogging adalah cara instant untuk menghasilkan uang dengan mudah dan cepat.

Memilih WordPress untuk Membuat Blog

Di pembukaan artikel ini tadi saya sudah menjawab bahwa jika ingin membuat blog yang profesional maka jawabanyan adalah WordPress. Saya menjawab WordPress bukan saja karena saya pribadi adalah pengguna WordPress tapi pada kenyataanya bahwa data sudah menunjukkan bahwa WordPress adalah merupakan CMS paling populer di seluruh dunia dan selalu dikembangkan secara terus-menerus dengan mengikuti perkembangan teknologi.

Cara Install WordPress

Perlu Anda ketahui bahwa WordPress terbagi menjadi dua yaitu WordPress.com dan WordPress.org, dimana untuk WordPress.com Anda bisa membuat blog melalui platform tersebut secara gratis baik dari segi domain dan hosting. Sedangkan, untuk di WordPress.org Anda bisa mendownload file WordPress, plugin dan tema untuk Anda gunakan di hosting sendiri.

Jika Anda ingin membuat blog yang profesional maka Anda harus menggunakan WordPress dengan hosting sendiri karena dengan WordPress ini Anda dapat secara penuh mengelola blog Anda, menginstal berbagai macam tema, plugin dan bisa membuat berbagai macam jenis website sesuai dengan keinginan Anda. Berbeda ketika Anda membuat blog di WordPress.com yang kerena itu adalah layanan gratis maka Anda akan dibatasi oleh layanan tersebut, karena di WordPress.com sifatnya adalah menumpang dan bisa saja jika Anda tidak mematuhi peraturan dari WordPress.com akan dihapus blog Anda, selain itu di blog gratisan WordPress.com Anda tidak bisa memasang iklan seperti Google AdSense.

Anda bisa membaca secara lengkap tentang WordPress.com dan WordPress.org disini ⇒ WordPress Hosting Sendiri Vs WordPress.com Gratis.

Cara Membuat Blog WordPress Hosting Sendiri (Self Hosted)

Seperti yang Anda ketahui diatas bahwa WordPress terbagi menjadi dua, dan di artikel ini saya secara khusus hanya akan membahas untuk cara membuat blog WordPress di hosting sendiri karena dengan WordPress hosting sendiri inilah yang akan membantu Anda memiliki blog yang profesional.

Managed WordPress Hosting

Untuk membuat blog WordPress di hosting sendiri, sebelumnya Anda harus mempersiapkan terlebih dahulu beberapa hal dibawah ini.

  • Nama Domain (ex : centerklik.com)
  • Hosting
  • dan WordPress

WordPress bisa Anda download secara gratis melalui WordPress.org, tapi karena Anda ingin membuat blog yang profesional maka tentu Anda harus mengeluarkan sedikit uang untuk membeli domain dan hosting terlebih dahulu.

Untuk mendapatkan nama domain dan hosting Anda bisa membelinya melalui layanan penyedia hosting. Biasanya ada beberapa penyedia hosting menawarkan paket hosting dengan gratis domain. Silahkan untuk mencari layanan hosting yang terbaik baik dari segi paket yang ditawarkan, dukungan dan keunggulannya dalam menangani website.

Dengan memilih hosting terbaik maka ini akan sangat mempengaruhi untuk kelancaran dalam aktivitas blogging Anda, dan hosting terbaik tentu akan didukung dengan server yang handal yang mampu menjalankan WordPress dengan baik sehingga blog WordPress Anda dapat berjalan dengan normal dan di akses dengan cepat karena ini sangat berpengaruh pada SEO blog Anda.

Langkah – Langkah Membuat Blog dengan WordPress

Setelah Anda sudah memiliki hosting dan nama domain, sekarang mari kita lanjutkan untuk langkah berikutnya yaitu membuat blog dengan WordPress.

Install WordPress di Hosting

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstall WordPress di Hosting Anda. Silahkan masuk ke akun cPanel Anda.

Login cPanel

Setelah Anda sukses login, silahkan untuk klik icon menu “Softaculous Apps Installer” yang berada pada bagian Software.

Softaculous Apps Installer

Setelah itu Anda akan melihat beberapa logo pada Top Script, dan silahkan untuk memilih logo “WordPress”.

Top Script WordPress Softaculous

Setelah itu Anda akan melihat overview dan penjelasan dari WordPress. Silahkan untuk klik “Install Now”.

Install WordPress Softaculous

Pada halaman berikutnya Anda perlu mengisi rincian instalasi WordPress Anda. Silahkan untuk Pilih domain yang ingin untuk Anda install WordPress pada “Choose Domain”.

Di bidang “In Directory” Anda dapat menentukan folder root untuk instalasi WordPress. Secara default, bidang ini kosong, dan ini memungkinkan penginstalan WordPress di yourdomain.com secara langsung. Jika Anda ingin menginstalnya ke subfolder, seperti yourdomain.com/blog, cukup ketik “blog” di bidang ini.

Install WordPress Softaculous 4
Untuk “Database Name” bisa Anda biarkan secara default atau mengubah sesuai dengan keinginan Anda. Begitu juga untuk “Table Prefix” juga bisa dibiarkan default wp_. Namun, karena alasan keamanan, lebih baik mengubahnya, misal menjadi blogxx_.

Install WordPress Softaculous 3

Bagian “Site Settings” harus diisi sesuai kebutuhan blog Anda, meskipun Anda dapat mengubahnya kapan saja jika diperlukan pada pengaturan dasar WordPress.

Install WordPress Softaculous 5

Selanjutnya silahkan untuk membuat username dan password yang kuat pada “Admin Account”, username dan password ini akan digunakan untuk login ke blog WordPress Anda, jadi pastikan untuk mengingatnya.

Install WordPress Softaculous 6

Jika proses diatas sudah selesai, silahkan untuk klik tombol “Install”. Dan tunggu sampai muncul ucapan selamat seperti dibawah ini dan terdapat alamat situs dan alamat untuk login ke bagian admin blog Anda.

Install WordPress Softaculous 7

Sekarang instalasi WordPress di hosting Anda melalui cPanel sudah selesai, anda bis mengakses URL blog Anda dan melihat WordPress sudah terinstall dengan berhasil. Dan untuk mengakses bagian admin blog WordPress Anda. Silahkan tambahkan wp-admin setelah URL Anda di browser yang Anda gunakan.

Pengaturan dasar WordPress

Setelah langkah instalasi WordPress selesai Anda lakukan, hal yang harus Anda lakukan berikutnya adalah melakukan konfigurasi pada pengaturan WordPress. WordPress memiliki beberapa pengaturan standar yang harus Anda konfigurasi agar sesuai dengan kebutuhan blog Anda.

General Settings

Silahkan untuk masuk pada menu Settings » General, pada halaman ini silahkan untuk mengganti “Site Title dan Tagline” sesuai dengan blog Anda.

General Settings WordPress

Selanjutnya pada bagian “Site Language” silahkan ganti dengan pilihan bahasa yang sesuai dengan blog Anda, jika blog Anda berbahasa indonesia maka pilihlah indonesia dan jika blog Anda menggunakan bahasa diluar bahasa indonesia, maka sesuaikan pilihan ini dengan bahasa blog Anda.

Untuk “Time Zone” juga sesuaikan dengan wilayah Anda atau target pengunjung Anda. Karena bagian ini akan mempengaruhi waktu ketika Anda akan mempublikasikan tulisan Anda.

Selanjutnya pada bagian “Date Format dan Time Format”, silahkan sesuaikan pengaturan ini dengan target pengaturan waktu wilayah pengunjung Anda. Atau biarkan pengaturan ini secara default karena itu sudah mengacu pada pengaturan waktu internasional.

WordPress Setting General Date

Writing

Silahkan masuk pada menu Settings » Writing, pada halaman pengaturan ini biarkan secara default kecuali pada bagian kolom “Update Services”, silahkan untuk memasukkan beberapa alamat untuk ping service pada kolom yang sudah disediakan. Anda bisa melihat daftar ping terbaru disini.

Writing Settings WordPress

Ping service berguna untuk memberitahu bahwa blog Anda menerbitkan artikel baru atau melakukan update pada artikel kepada beberapa URL yang Anda masukkan seperti mesin pencari Google, ini bertujuan agar artikel cepat mendapatkan index.

Reading

Silahkan masuk pada menu Settings » Reading, pada halaman pengaturan ini Anda diharuskan memilih apa yang akan Anda tampilkan pada halaman depan blog Anda. Jika situs WordPress Anda berupa blog maka pilih “Your Latest Post”, pilihan ini akan menampilkan postingan terbaru Anda. Dan untu pilihan “Static Page” bisa Anda pilih jika Anda ingin menampilkan halaman depan situs Anda dari halaman atau Page yang bersifat statis (pilihan ini biasanya hanya untuk website toko online, portfolio, company profile dll).

Reading Settings WordPress

Dibawahnya silahkan untuk memasukkan angka berapa jumlah postingan yang akan ditampilkan pada halaman depan blog WordPRess dan Feed Anda. Juga terdapat pilihan apakah tulisan ditampilkan secara penuh atau potongan.

Dan yang paling penting dibagian ini adalah jangan mencentang pilihan “Search Engine Visibility”, karena pilihan ini akan mengakibatkan mesin pencari tidak dapat mengindeks blog Anda. Pilihan ini hanya perlu Anda centang ketika blog Anda sudah diluncurkan secara online tapi Anda belum siap blog di index oleh mesin pencari.

Discussion

Silahkan masuk pada menu Settings » Discussion, Pada halaman pengaturan ini terdapat banyak pilihan yang berfungsi untuk mengelola komentar di blog WordPress Anda. Seperti mengaktifkan pingback dan trackback, mengijinkan pengguna untuk berkomentar, dan Avatar.

Discussions Settings WordPress

Media

Silahkan masuk pada menu Settings » Media, Pada halaman pengaturan ini Anda bisa mengatur untuk beberapa ukuran gambar, ukuran gambar yang di upload di WordPress dibagi menjadi tiga yaitu gambar thumbnail, medium dan large.

Media Settings WordPress

Permalinks

Silahkan masuk pada menu Settings » Permalinks, Pada halaman pengaturan ini Anda diharuskan untuk memilih struktur URL yang bagus, karena secara default URL WordPress tidak ramah terhadap mesin pencari dan sulit di ingat. Perubahan ini sangat penting untuk meningkatkan SEO pada blog Anda jadi usahakan mengganti dengan struktur URL yang benar. Saya menyarankan untuk memilih “Post name” karena ini struktur URL yang pendek dan mudah dibaca dan di ingat. Tapi jika situs WordPress Anda untuk berita maka yang lebih baik adalah “Day and Name”.

Permalinks Settings WordPress

Itulah beberapa pengaturan dasar untuk WordPress yang perlu Anda lakukan. Silahkan teliti kembali pengaturan Anda dan jika sudah benar dan sesuai dengan tuntunan mari kita lanjutkan untuk ke langkah selanjutnya.

Memilih Tema WordPress

Sekarang adalah saatnya memilih tema WordPress, tema WordPress berguna untuk menjadikan tampilan WordPress lebih beragam dan dengan fitur tema ini Anda dapat membuat tampilan blog WordPress sesuai dengan keinginan Anda.

themes directory wordpress

Karena membuat tema sendiri membutuhkan pengetahuan coding dan tentu itu tidak mudah, maka Anda bisa menggunakan tema WordPress yang sudah disediakan secara gratis di direktori WordPress.org atau membeli tema premium yang bisa Anda beli melalui developer tema WordPress seperti di Codecanyon, Elegantthemes atau MyThemeshop.

Pada contoh ini saya akan memandu Anda untuk menggunakan tema WordPress gratis, karena tema WordPress versi gratis banyak yang memiliki kualitas bagus. Tapi Anda tetap harus mencari tema dengan hati-hati di WordPress.org atau bisa mencari melalui direktori tema WordPress terbaik pilihan centerklik disini.

Direktori themes centerklik

Berikut tips memilih tema WordPress yang tepat untuk blog WordPress Anda :

  • Pastikan tema WordPress sudah Responsive
  • Cari tema yang memiliki layout yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misal : untuk blog tema yang bagus adalah dua kolom atau tiga kolom dengan desain yang bersih dan minimalis.
  • Tema WordPress mendukung pada semua browser dan dapat berjalan baik pada semua plugin WordPress
  • Tema WordPress sering mendapatkan update
  • Tema WordPress memiliki tampilan demo, sehingga Anda bisa melihat secara live bagaimana tema ditampilkan.
  • Tema WordPress memiliki rating yang bagus dan banyak di download oleh pengguna
  • Pembuat tema WordPress tersebut harus memberikan dukungan pada forum WordPress untuk membantu pengguna tema jika mengalami kesulitan atau kesalahan.
  • Tema dibangun dengan code bersih dan sesuai dengan aturan SEO terbaik. Anda bisa melihat itu disini.

Jika tema yang Anda inginkan sudah ketemu dan sesuai dengan ketentuan diatas. Sekarang silahkan masuk ke dashboard WordPress dan masuk ke menu Appearance » Themes dan klik tombol “Add New” pada bagian atas. Silahkan mengetikkan nama tema WordPress pada kolom pencarian, sebagai contoh tema dengan nama “Hemingway”.

Theme WordPress Search

Jika tema WordPress sudah muncul, silahkan klik tombol “Install”.

theme install hemingway activate

dan jika tema sudah selesai di install, sekarang klik tombol “Activated”.

Dan sekarang blog WordPress Anda sudah menggunakan tema baru dengan tampilan baru. Jika tema WordPress yang akan Anda gunakan tidak terdapat di direktori WordPress.org dan Anda mendownload tema tersebut dalam bentuk file .zip, Anda bisa menginstall tema tersebut dengan cara menguploadnya dengan klik tombol “Upload Themes”, jika tema sudah terupload silahkan untuk mengaktifkan tema tersebut.

install-themes-upload

Setelah tema sudah di aktifkan, Anda bisa mengatur layout tema dan mengatur Widget blog WordPress Anda. Tapi ini akan saya jelaskan di bagian bawah, sekarang mari kita lanjut ke langkah selanjutnya.

Memilih Plugin WordPress

Untuk meningkatkan kemampuan, menambah fitur dan menjadikan blog WordPress Anda bekerja secara maksimal, maka Anda membutuhkan beberapa plugin untuk dipasang di blog Anda. Sama seperti tema WordPress, plugin juga banyak tersedia secara gratis di direktori WordPress.org.

Direktori Plugin WordPress

Berikut beberapa plugin WordPress yang harus Anda install :

  • Jetpack : Merupakan plugin WordPress dengan paket lengkap atau bisa disebut sebagai plugin satu untuk semua dan yang paling populer adalah fitur kontak form, share sosial dan masih banyak lagi.
  • SEO by Yoast : Merupakan plugin untuk pengaturan SEO dan dapat membantu meningkatkan SEO WordPress, ini adalah plugin SEO gratis yang paling populer untuk WordPress.
  • WP Super Cache : Merupakan plugin untuk menyimpan cache WordPress dan akan berdampak pada meningkatnya kecepatan WordPress ketika dimuat.
  • iThemes Security : Merupakan plugin untuk meningkatkan keamanan WordPress dengan fitur lengkap yang dapat mengamankan situs WordPress dari berbagai kemungkinan ancaman hacking, terdapat juga fitur backup dan mengganti URL login.

Diatas beberapa plugin yang harus Anda install di blog WordPress Anda agar dapat bekerja dengan baik dan aman. Anda bisa membaca artikel berikut untuk penjelasan lebih lengkap tentang plugin yang wajib Anda install ⇒ 10+ Plugin WordPress Terbaik yang Wajib Anda Install.

Untuk menginstall plugin di WordPress caranya sangat mudah, silahkan masuk ke menu Plugins » Add New. Silahkan ketik nama plugin pada kolom pencarian sebagai contoh saya akan mengistall plugin “SEO by Yoast”, jika plugin sudah ketemu silahkan untuk klik tombol “Install Now”.

Install Yoast SEO

Jika proses instalasi plugin sudah selesai, silahkan untuk klik tombol “Activated”.

Sekarang Anda sudah berhasil menginstall plugin. Perlu Anda ketahui bahwa plugin WordPress ada yang memiliki pengaturan yang harus di konfigurasi sehingga dapat bekerja dengan maksimal dan ada beberapa plugin yang memiliki pengaturan yang sederhana, bahkan juga terdapat plugin yang setelah selesai di install tidak memerlukan konfigurasi dan sudah bekerja sesuai dengan fungsinya.

Anda bisa membaca tutorial di centerklik tentang pengaturan untuk plugin-plugin populer. Semua sudah dibahas secara lengkap dan mudah dipahami.

Membuat Postingan di WordPress

Setelah proses pemasangan plugin selesai Anda lakukan, sekarang saatnya Anda membuat postingan pertama Anda di WordPress. Bagian ini sangat perlu untuk Anda pahami dengan serius karena pada bagian postingan inilah Anda akan sering menggunakannya sebagai blogger.

Caranya, silahkan masuk ke menu Posts » Add New. Pada bagian postingan ini, Anda akan melihat halaman dengan editor WordPress yang berisikan :

Content Editor WordPress

Title : Kolom ini adalah tempat Anda untuk menuliskan judul artikel, usahakan membuat judul artikel yang menarik dan sesuai dengan isi pembahasan. Dan jangan lupa untuk membuat judul yang mengandung kata kunci.

Editor : Kolom yang besar ini adalah tempat dimana Anda menuliskan artikel. Silahkan buat artikel yang menarik, berikan gambar dan buat kerangka tulisan agar mudah dan enak dibaca pengunjung Anda. Usahakan membuat tulisan diatas 600 atau 800 kata agar disenangi oleh mesin pencari seperti Google. Dan icon-icon editor dibagian atas bisa Anda gunakan untuk mengatur tulisan Anda dan menyisipkan link.

Add Media : Merupakan tombol untuk memasukkan gambar ke postingan Anda. Selalu tambahkan gambar pada postingan untuk menunjang tulisan Anda dan agar pengunjung tidak bosan karena hanya melihat teks.

Publish : Ini adalah bagian yang berkaitan dengan publikasi postingan Anda, pada bagian ini Anda bisa mengatur penjadwalan post, menyimpan post sebagai darft, melihat preview sebelum di publish, membuat post menjadi publis atau private.

publish options WordPress

Categories : Di bagian ini silahkan untuk membuat kategori untuk postingan Anda. Kategori ini berfungsi untuk mengelompokkan artikel sesuai dengan kategori masing-masing.

Tags : Di bagian ini Anda bisa mengetikkan beberapa tags yang sesuai dengan postingan Anda.

categories tags WordPress

Featured Image : Ini merupakan link untuk mengambil gambar yang akan Anda jadikan sebagai gambar utama sebelum artikel dibuka secara keseluruhan.

Featured Images WordPress Editor

SEO Yoast : Pengaturan SEO ini terletak dibagian bawah editor WordPRess, dan ini hanya akan muncul ketika Anda menggunakan plugin SEO seperti Yoast. Anda bisa memasukkan judul dan deskripsi pada bagian ini, dan ini adalah yang akan ditampilkan pada hasil mesin pencarian. Usahakan untuk membuat title dan deskripsi yang menarik dan mengandung kata kunci.

snipet editor seo yoast

Jika semuanya sudah Anda lakukan dengan benar, Anda bisa mempublikasikan postingan Anda dengan klik tombol “Publish”. Dan sekarang Anda telah berhasil membuat postingan di blog WordPress Anda.

Kustomisasi Blog WordPress

Setelah Anda selesai menginstall dan mengaktifkan tema WordPress, tentu tampilan blog Anda masih belum sesuai dengan tema yang saat Anda lihat pada versi demo dan masih terlihat biasa.

Untuk membuat tampilan tema blog Anda agar sesuai dengan demonya, maka Anda bisa masuk pada bagian Appearance » Customize, Pada bagian ini Anda bisa melakukan banyak sekali penyesuaian seperti menambahkan widget untuk sidebar blog Anda, menambahkan background, menambahkan logo, menambahkan menu dan masih banyak lagi.

WordPress Customize Theme

Silahkan untuk mencoba-coba pada bagian ini dan Anda bisa melihat setiap perubahan yang Anda lakukan pada kolom sebelah kanan, disitu adalah tampilan blog Anda secara live preview.

Setiap tema memiliki fitur kustomisasi yang berbeda-beda, ada yang sederhana dan ada yang sangat kompleks, hal ini tergantung pada apa fitur tema yang ditawarkan.

Jika kustomisasi sudah Anda lakukan, silahkan untuk menekan tombol “Save” agar konfigurasi yang Anda lakukan tersimpan.

Terakhir

Itulah beberapa langkah untuk Cara Membuat blog di WordPress. Jika Anda mengikut panduan ini secara lengkap maka Anda sudah berhasil membuat blog dengan WordPress dan membuat postingan pertama Anda.

Langkah selanjutnya adalah Anda harus tetap mempelajari tentang WordPress secara menyeluruh agar Anda lebih memahami WordPress secara mendalam, dan selalu buatlah artikel yang bermanfaat secara konsisten agar blog Anda mendapatkan tempat yang bagus di hasil pencarian dan mengasah keahlian Anda dalam menulis.

Jika blog Anda sudah mendapatkan pengunjung yang banyak, maka mendapatkan uang dari blog akan menjadi mudah buat Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda, semoga bisa membantu Anda dalam membuat blog dengan WordPress dan selamat mencoba. Semoga sukses 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress ProtoPress Responsive Free

Protopress adalah Theme WordPress Responsive Gratis yang di desain khusus untuk para pecinta photografi....

5+ Tema Admin WordPress Gratis untuk Merubah Tampilan Dashboard

Seperti yang kita tahu bahwa WordPress mengijinkan pengguna untuk mengganti tema dengan mudah agar...

Close