How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Install dan Menjalankan Aplikasi Android di Linux (Ubuntu)

Android telah membawa perubahan yang sangat besar dalam dunia teknologi khususnya smartphone. Dan Android hampir menjadi de-facto komputasi mobile. Inilah sebabnya mengapa aplikasi android dicari bahkan pada sistem operasi lain termasuk Windows dan Linux karena semua orang ingin menggunakan aplikasi android favorit mereka di semua perangkat – bahkan di desktop dan laptop.

Android dibangun juga berdasarkan linux, Dan sekarang Anda dapat menjalankan aplikasi Android di Linux, berkat solusi yang disebut Anbox. Anbox kependekan dari “Android in a Box” – dimana Anbox dapat mengubah Linux Anda menjadi Android, memungkinkan Anda untuk menginstal dan menggunakan aplikasi Android seperti aplikasi lain di komputer Anda. Ini seperti Wine yang dapat menjalankan aplikasi Windows di linux.

Baca : Cara Instal dan Menggunakan Wine di Ubuntu Terbaru

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan pengalaman menggunakan smartphone Android di komputer linux Anda, Mari kita pelajari bagaimana cara menginstall dan menjalankan aplikasi Android di Linux.

Persyaratan

Berikut adalah hal-hal penting yang harus Anda persiapkan dan atur sebelum menginstall dan menjalankan aplikasi Android di Linux :

  • Sudah memiliki linux di komputer Anda. Dalam contoh ini saya menggunakan linux ubuntu, Anda juga bisa mengikuti panduan ini jika menggunakan distro berbasis debian termasuk linux mint. Atau Anda sudah memiliki distro linux lain maka Anda tinggal memodifikasi sedikit perintah sesuai dengan distro linux yang Anda gunakan.
  • Login dengan pengguna dengan hak sudo. Cara Membuat Sudo User dan Sudo Group di Ubuntu
  • Anda harus menginstall Anbox di linux Anda.

1. Periksa snapd

Pertama-tama, Anda harus memeriksa apakah sistem Anda mendukung snap. Buka terminal dan ketik snap find hello. Jika Anda melihat daftar paket (seperti pada gambar di bawah), maka itu berarti bahwa komputer linux Anda sudah mendukung snap. Jika belum, Anda dapat install snapd menggunakan panduan dari Ubuntu disini.

periksa snapd install linux

2. Install kernel modul

Sekarang, kita harus menginstal modul kernel untuk Anbox, yang membantu Anbox menjalankan container Android di Linux. Berikut cara melakukannya:

Untuk menginstal modul, buka terminal dan ketik perintah :

$ sudo add-apt-repository ppa:morphis/anbox-support ; sudo apt update ; sudo apt install linux-headers-generic anbox-modules-dkms

install anbox kernel modules linux

Setelah modul diinstall, Anda harus memuatnya untuk pertama kali. Ketik sudo modprobe ashmem_linux ; sudo modprobe binder_linux, dan Anda tidak akan melihat pesan apa pun dari perintah ini, jadi jangan khawatir!

Terakhir, mari kita konfirmasi untuk melihat apakan Anda menginstalnya dengan benar dengan mengetikkan perintah ini:

$ ls -1 /dev/{ashmem,binder}

Anda akan melihat pesan seperti ini:

periksa anbox kernel modules install

3. Install Anbox Snap

Sekarang, mari kita instal Anbox dari Snap Store. Untuk menginstall Anbox, buka terminal dan ketik perintah snap install --devmode --beta anbox.

Jika tidak berfungsi atau memberikan kesalahan atau peringatan, coba perintah ini: sudo snap install --devmode --beta anbox.

Setelah diinstall, Anda dapat mengetik snap info anbox untuk mengonfirmasi instalasi Anbox di sistem Anda dengan memeriksa versi Anbox yang diinstal.

install anbox snap ubuntu linux

4. Install ADB untuk Linux

ADB – Android Debug Bridge – adalah alat untuk mengelola dan terhubung ke perangkat Android atau instance melalui baris perintah (command line).

Anbox memanfaatkan alat ini untuk memungkinkan Anda menginstall aplikasi di Anbox, mis., Android di Linux. Dan berikut adalah caranya:

Di terminal, ketik sudo apt install android-tools-adb.

install android adb tools linux

Sekarang, ketik dan jalankan adb --version untuk mengonfirmasi instalasi.

periksa adb install aplikasi android di linux

Aplikasi Android di Linux

Sekarang, Anda sudah berhasil menginstal aplikasi di Anbox, yang mana aplikasi Andbox tersebut dapat memungkinkan Anda menginstall dan menjalankan aplikasi android di Linux. Tetapi sebelum Anda bisa melakukan itu, Anda harus memiliki APK – ini adalah bentuk aplikasi yang dapat dieksekusi, dikemas; seperti halnya Anda memiliki file deb untuk Ubuntu atau .exe jika di Windows.

Anda dapat mendownload aplikasi android dalam bentuk APK dari APKMirror – ini adalah tempat yang populer dan aman untuk mendapatkan file APK.

Setelah mendownload APK, Anda dapat mengetikkan adb install di terminal.

Sebagai contoh, saya ingin menginstall aplikasi Steno Notes, aplikasi pencatatan minimalis dengan mengetikkan perintah berikut : adb install com.manco.steno.apk . Jika Anda melihat kesalahan dari ADB, Anbox tidak berjalan. Anda dapat mengetik dan menjalankan anbox.appmgr untuk mengaktifkan dan menjalankan Anbox. Setelah itu, ketikkan lagi perintah sebelumnya!

install android apps anbox linux

Jika Anda menjalankan perintah untuk Anbox, Anda akan melihat jendela aplikasi seperti pada gambar di bawah. Jika tidak, Anda dapat mencari Anbox Application Manager di menu aplikasi. Saat Anda membukanya, Anda akan melihat daftar aplikasi yang diinstal.

anbox application manager aplikasi android di linux

Misalnya, saya menjalankan Kalkulator, Kalender, File, Pengaturan, dan Steno menggunakan Anbox di Linux. Semua aplikasi berjalan dengan sukses. Tapi mungkin saja ada beberapa aplikasi android yang ketika Anda buka tidak berjalan dengan normal, itu bisa disebabkan karena aplikasi masih dalam versi beta atau mungkin memiliki bug. Atau mungkin Anbox tidak dapat menjalankan semua aplikasi yang tersedia di Google Play Store. Namun, meskipun demikian, Anda harus mencoba, dan Anda juga dapat menjalankan banyak aplikasi!

Baca : Cara Install dan Menggunakan Docker di Ubuntu 18.04

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Panduan Terbaik #1 Digital Marketing untuk Bisnis Online

Panduan Terbaik Belajar #1 Digital Marketing untuk Bisnis Online. Pada artikel ini, saya akan...

10 Layanan CDN Terbaik untuk Website WordPress

10 Layanan CDN Terbaik untuk Website WordPress - Kecepatan loading website memang sangat di...

Close