How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Tutorial Cara Install ADB di Windows, MacOS dan Linux

Tutorial Cara Install ADB di Windows, MacOS dan Linux – Android Debugging Bridge (ADB) adalah utilitas command line atau baris perintah yang memungkinkan pengembang aplikasi Android untuk men-debug berbagai macam aplikasi buatan mereka. Namun, itu tidak terbatas hanya pada pengembang. Jika Anda ingin mengakses fitur tertentu dari platform Android yang tidak dapat diakses, Anda juga dapat menggunakan perintah ADB dengan menginstal ADB di komputer Anda, baik itu Windows, macOS, Linux, atau Chrome OS.

Setelah Anda menginstal ADB, ada banyak hal keren yang dapat Anda lakukan dengan ADB di perangkat Android Anda. Selain itu, ada berbagai aplikasi yang membutuhkan izin ADB agar dapat berfungsi. Jadi, jika Anda bingung tentang cara install dan menggunakan ADB pada komputer Windows, macOS, Linux atau Chrome OS, maka disini adalah tempat yang tepat untuk Anda mempelajarinya.

Baca : Cara Install dan Menjalankan Aplikasi Android di Linux (Ubuntu)

Mengatur Smartphone Android untuk ADB

Kenapa Anda perlu mengatur smartphone android Anda untuk ADB terelebih dahulu adalah karena jika Anda menginstal ADB di komputer Anda, itu tidak ada gunanya kecuali Anda mengatur terlebih dahulu perangkat Android Anda agar dapat bekerja dengan ADB. Dan berikut langkah-langkah mengatur ADB di Android.

  • Buka Settings pada perangkat Android Anda, dan masuk ke “About Phone”. Di sini, ketuk “Build number” sebanyak 7 kali berturut-turut. Perlu diingat, karena perangkat Android memiliki skin pengaturan yang berbeda, halaman ‘Build Number’ bisa berada pada tempat yang berbeda tapi biasanya masih disekitaran menu yang sama.

cara install adb android 7

  • Ini akan mengaktifkan “Developer options” di perangkat Android Anda. Buka “System” dan kemudian buka Developer options dan aktifkan “USB debugging”. Sekarang, jika Anda menghubungkan perangkat Android Anda ke komputer, pilih mode “Transfer file (MTP)”.
  • Dan sekarang setelah Anda selesai mengatur bagian pada smartphone android Anda. Dan selanjutnya adalah cara install dan mengatur ADB di komputer Anda.

cara install adb android 8

Cara Install ADB pada Windows

  • Pertama, download Tool Platform ADB untuk Windows dari halaman resmi Google. Setelah di download, ekstrak file ADB di PC Windows Anda menggunakan WinRAR atau alat kompres lainnya.

cara install adb android 2

  • Sekarang buka folder yang sudah di ekstrak, dan klik pada address bar. Ketik “cmd” dan tekan enter. Secara instan, jendela command prompt akan terbuka di direktori ADB.

cara install adb android 6

  • Setelah itu, hubungkan perangkat smartphone Android Anda ke PC Windows dan jalankan perintah adb devices.
  • Ini akan meminta prompt “USB debugging” pada Smartphone Anda. Aktifkan kotak centang “Always allow” lalu ketuk “Allow”.

cara install adb android 9

  • Sekarang, Anda akan melihat nomor seri perangkat Anda di Command Prompt. Jika komputer tidak mendeteksi smartphone Anda kemudian jalankan perintah adb devices lagi dan itu pasti akan mendeteksi perangkat smartphone Anda. Dan Selamat! ADB sekarang berhasil diinstall pada PC Windows Anda.

Cara Install ADB di macOS

Di sini, saya akan mengambil cara yang sedikit berbeda untuk menginstal ADB di macOS. Kita harus menginstal Homebrew terlebih dahulu di macOS dan kemudian baru Anda dapat menginstal platform-tools Android dengan mudah. Homebrew adalah package manager open-source yang menginstal paket-paket yang hilang.

  • Pertama-tama, buka Terminal di Mac Anda dan jalankan perintah di bawah ini. Ini akan menginstal Homebrew di Mac Anda. Selama instalasi, proses ini mungkin akan meminta password Anda. Seluruh proses instalasi akan memakan waktu sekitar 10 menit.
ruby -e "$(curl -fsSL https://raw.githubusercontent.com/Homebrew/install/master/install)"

cara install adb android 5

  • Setelah itu, install Tool platform ADB dari perintah di bawah ini.
brew cask install android-platform-tools
  • Sekarang sambungkan perangkat Android ke Mac Anda dan jalankan perintah adb devices. Anda akan menerima prompt pada perangkat Android Anda untuk memungkinkan USB debugging. Jadi, cukup aktifkan kotak centang dan ketuk “Allow”.

cara install adb android 9

  • Anda sekarang harus melihat nomor seri perangkat smartphone Anda di Mac. Ini menandakan bahwa ADB telah berhasil di install pada Mac Anda.

Cara Install ADB di Linux

  • Download Tool Platform ADB untuk Linux dari halaman resmi Google dan unzip file ke lokasi yang sesuai seperti direktori Home Anda.
  • Setelah itu, buka terminal Linux dan pindah ke lokasi folder yang diekstraksi. Jalankan perintah di bawah ini untuk pindah ke folder tertentu. Pastikan untuk mengganti username sesuai dengan username Linux Anda yang sebenarnya.

cd /home/centerklik/platform-tools

  • Hubungkan smartphone Android Anda dan jalankan perintah adb devices di terminal Linux. Pada smartphone Android Anda, centang kotak untuk “Allways Allow” lalu ketuk tombol “OK”.

cara install adb android 9

  • Sekarang, perangkat Android Anda akan muncul di Terminal Linux dengan nomor serinya. Dan ini menandakan bahwa Anda telah berhasil menginstal dan mengatur ADB pada sistem Linux.

Baca : Panduan Cara Instal Android Studio di Ubuntu 18.04

Cara Install ADB di Chrome OS

Sebelum Anda dapat menginstall ADB di Chrome OS, pastikan bahwa Chromebook Anda harus memiliki dukungan Play Store, Chrome OS harus berada di Developer Channel dan mengaktifkan Linux di komputer Anda. Untuk pindah ke Developer Channel, buka Settings -> About Chrome OS -> Additional Details -> Change Channel to Dev.

Jika sudah, mari kita lanjut ke cara install ADB di Chrome OS.

  • Pertama, buka Settings dan arahkan ke Linux -> Develop Android Apps -> Enable the toggle for ADB Debugging. Sekarang, restart Chromebook Anda dan prompt ADB akan muncul setelah reboot. Klik pada “Allow” dan pindah ke langkah berikutnya.

cara install adb android 1

  • Sekarang, buka Terminal Linux dari App Drawer dan jalankan perintah di bawah ini untuk menginstal Tool platform ADB. Selanjutnya, tekan “Y” untuk mengizinkan instalasi.

sudo apt-get install android-tools-adb

  • Setelah instalasi, hubungkan smartphone Android Anda ke Chromebook. Anda akan mendapatkan prompt di Chromebook Anda tentang deteksi perangkat USB. Sekarang, klik “Connect to Linux”.

cara install adb android 4

  • Kembali ke Terminal Linux, jalankan perintah perangkat adb dan prompt akan muncul di perangkat Android Anda. Aktifkan kotak centang untuk “Allways Allow” lalu ketuk tombol “OK”. Selamat, Anda telah berhasil menyiapkan ADB di Chrome OS.
  • Jika Terminal menunjukkan kesalahan “Permission Denied” atau “Command Not Found” kemudian jalankan perintah adb start-server terlebih dahulu dan kemudian coba lagi dengan perintah adb devices.

Cara Menggunakan ADB di Windows, macOS, Linux dan Chrome OS

Setelah Anda berhasil menginstal ADB pada PC Windows, Mac, Linux, atau Chrome OS, Anda bisa menggunakan berbagai macam perintah ADB di Terminal. Pastikan Anda telah menghubungkan perangkat Android Anda ke komputer saat debugging USB diaktifkan. Setelah ini, Anda dapat mencoba berbagai perintah dan merasakan Android dengan rasa yang jauh berbeda. Dan berikut adalah beberapa perintah ADB yang paling umum digunakan.

Command Description
adb devices Untuk melihat daftar perangkat Android yang berkomunikasi dengan komputer Anda
adb push Untuk memindahkan file ke perangkat Android Anda secara terprogram
adb pull Untuk memindahkan file dari perangkat Android Anda secara terprogram
adb install Untuk menginstal aplikasi secara terprogram menggunakan file APK
adb reboot Untuk me-reboot perangkat Android Anda
adb reboot recovery Untuk me-reboot perangkat Android Anda dalam mode pemulihan
adb reboot bootloader Untuk me-reboot perangkat Android Anda ke bootloader
adb shell Untuk memulai shell remote dengan perangkat Android Anda

Kesimpulan

ADB adalah utilitas yang sangat berguna untuk semua programmer Android. Bahkan jika Anda bukan seorang programmer, Anda sekarang tahu cara mengatur ADB di PC atau Mac Anda dan menggunakannya dengan perangkat Android Anda. Dan jika Anda baru dalam hal ini, saya sudah mendaftar beberapa perintah ADB yang umum digunakan di atas. Ini memungkinkan Anda membuat Android memiliki rasa yang berbeda dan berbedaa dari sebelumnya. Semoga artikel cara install ADB di berbagai OS komputer ini bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba 🙂

Baca : 7 Emulator iOS Terbaik untuk PC (Windows & Mac) Untuk 2020

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Membuat Daftar Isi di Postingan dan Page WordPress

Cara Membuat Daftar Isi di artikel Postingan dan Page WordPress - Jika Anda pernah...

5 Software Virtual Machine Terbaik untuk Windows, MacOS, Linux

5 Software Virtual Machine Terbaik untuk Windows, MacOS, Linux - Virtualisasi adalah topik yang...

Close