How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Membuat Komunitas Online Seperti Jejaring Sosial Facebook di WordPress dengan PeepSo

Jika Anda pernah berfikiran untuk membuat sebuah situs komunitas online maka hal tersebut sangatlah mudah untuk Anda wujudkan, apalagi jika Anda pengguna WordPress maka tentu Anda tidak akan asing dengan beberapa plugin yang berfungsi untuk menambahkan fitur forum pada WordPress. Tapi disini saya akan memperkenalkan pada Anda sebuah plugin yang mungkin masih asing bagi banyak pengguna WordPress di indonesia karena mungkin kebanyakan dari Anda lebih mengenal BuddyPress.

Nama plugin tersebut adalah PeepSo, dimana dengan plugin PeepSo ini Anda dapat membuat situs jejaring sosial di situs WordPress Anda dengan tampilan dan fitur hampir menyerupai jejaring sosial ternama Facebook dengan sangat mudah. Anda akan benar-benar bisa memiliki sebuah situs komunitas online yang keren jika menggunakan plugin ini sebagai pilihan untuk membuat situs komunitas atau jejaring sosial milik Anda sendiri. Dan mari kita lihat lebih lanjut secara terperinci mengenai plugin PeepSo ini…!

PeepSo Social Networks

Apa itu PeepSo?

PeepSo adalah plugin gratis yang bisa Anda gunakan untuk membuat situs jejaring sosial atau komunitas online seperti facebook kedalam situs WordPress Anda dengan sangat mudah. Plugin jejaring sosial untuk WordPress ini memiliki banyak sekali fitur dan kegunaan yang hampir mirip dengan Facebook seperti menambah pertemanan, chating, menulis status, memberikan likes dan komentar, mengunggah gambar maupun video, membuat album dan masih banyak lagi.

PeepSo Plugin Jejaring Sosial WordPress

PeepSo merupakan plugin ringan dengan fitur luas dan bisa menjadi solusi bagi pengguna WordPress yang ingin membuat situs komunitas online atau jejaring sosial dengan mudah di platform WordPress. PeepSo adalah plugin gratis tapi ada beberapa add-ons untuk memperluas fitur jejaring sosial yang harus Anda beli tapi masih dalam harga yang wajar. Dengan memaksimalkan penggunaan Add-ons tersebut Anda akan benar-benar bisa memiliki situs jejaring sosial yang mirip dengan facebook bahkan pada sisi manajemen iklannya.

Fitur-Fitur Unggulan PeepSo

PeepSo Addons

Dibawah ini adalah beberapa daftar fitur yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan PeepSo, fitur dibawah ini akan saya bagi menjadi dua bagian untuk fitur yang dibawa dalam versi gratis dan beberapa fitur add-ons berbayar.

  • Profil pengguna terdepan dengan avatar dan gambar sampul.
  • Pendaftaran pengguna standart
  • Login pengguna dibagian frontend
  • Daftar pengguna di frontend dengan pencarian dan filter
  • Profil pengguna dapat disesuaikan
  • Aliran aktivitas dari seluruh komunitas
  • Aliran Aktivitas untuk profil pengguna
  • Pengguna dapat berbagi update status mereka dengan berbagai pengaturan privasi
  • Pemberitahuan pengguna secara real time
  • Pemberitahuan pengguna melalui email
  • Peran pengguna khusus
  • Komentar ditampilkan tepat di bawah posting pengguna dalam komunitas Anda
  • Postingan dapat dibuat sticky – fitur ini bagus untuk membuat pengumuman sehingga post tetap berada diatas
  • PeepSo Profile Widget akan menampilkan notifikasi secara real time
  • Widget PeepSo Online Members untuk menampilkan siapa pengguna yang sedang online
  • Widget PeepSo Latest Member untuk menampilkan anggota terbaru Anda
  • Dasbor menampilkan informasi tentang aktivitas komunitas online Anda
  • Plugin Moods – yang berguna untuk mengekspresikan perasaan Anda di posting
  • Plugin Tag – Fitur ini berguna untuk menandai pengguna lain dalam posting dan komentar
  • Plugin Locations – Fitur ini berguna untuk berbagi lokasi dalam posting dan profil
  • Terdapat pilihan untuk Tema Terang dan Gelap
  • Dukungan RTL
  • Dan masih banyak lagi

Dan dibawah ini adalah beberapa fitur yang bisa Anda dapatkan dari Add-ons PeepSo premium :

PeepSo Addons Pro

  • Groups – Membuat grup terbuka, tertutup dan rahasia untuk pengguna
  • Photo – Upload foto dan buat album
  • Video – Hubungkan video dari penyedia yang didukung
  • Polls – Kirimkan pertanyaan kepada orang lain untuk memilih / jajak pendapat
  • Profile yang diperluas – Bidang profil yang dapat disesuaikan
  • Friends – Koneksi teman dan “teman” tingkat privasi
  • Chat – Pesan pribadi dan obrolan langsung antar pengguna
  • Reactions – Katakan lebih dari sekedar “suka”
  • BlogPosts – Mengintegrasikan Blog dalam Komunitas
  • Email Digest – Menarik pengguna kembali dengan newsletter otomatis
  • Users Limits – Kontrol terperinci atas tindakan pengguna
  • VIP – Menetapkan lencana kustom untuk pengguna
  • WordFilter – Menyaring semua jenis bahasa yang buruk
  • AutoFriends – Membuat koneksi teman secara otomatis
  • GIPHY – Dapat mengirimkan gifs di komentar dan obrolan
  • BadgeOS – Dapat memberikan sistem prestasi untuk komunitas
  • myCRED – Dapat memberikan Poin untuk komunitas

Selain fitur-fitur diatas, dengan PeepSo Anda juga dapat menghasilkan uang dari periklanan di komunitas online atau jejaring sosial Anda. Anda bisa mengintegrasikan sistem periklanan ke dalam PeepSo dengan menggunakan beberapa plugin seperti WPAdverts, Advanced Ads, dan Paid Membership Pro.

Harga PeepSo Plugin

Seperti yang sudah saya sebutkan di awal tadi bahwa plugin jejaring sosial peepSo adalah gratis dan bisa Anda download langsung melalui direktori WordPress.org, namun ada beberapa Add-ons premium yang bisa Anda beli jika Anda memang benar-benar membutuhkan. Add-ons ini dijual secara terpisah dan memiliki harga yang berbeda-beda untuk masing0masing fitur mulai dari harga $19, $29, $59 sampai $99. Anda bisa melihat secara lengkap melalui link dibawah ini.

PeepSo Add Ons

Cara Menggunakan PeepSo Social Network di WordPress

Untuk memulai membangun komunitas online Anda di WordPress dengan PeepSo, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstall plugin PeepSo melalui admin WordPress Anda. Baca Panduan lengkap cara install plugin WordPress.

PeepSo Plugin

Setelah plugin PeepSo Anda install dan aktivasi, Anda akan melihat menu baru ditambahkan di sidebar admin WordPress Anda dengan nama “PeepSo”. Dan dalam menu tersebut terdapat beberapa menu lagi seperti PeepSo, Members, Profiles, Mail Queue, Addons, Activities, Configuration, Reported Items.

Pada bagian “PeepSo Dashboard” disini merupakan halaman yang menampilkan berbagai macam laporan seperti grafik post, likes, komentar, daftar pengguna yang belum di approve, recent content, demographic, dan reported items. Dan dibagian atas terdapat beberapa tombol menu yang dapat mengarahkan Anda pada bagian daftar Member, Profiles, Email, Add-ons, Activities dan Configurations.

PeepSo Dashboard

Pada bagian “Configurations” khususnya pada bagian “General” disini Anda dapat menyesuaikan banyak hal mengenai plugin PeepSo seperti mengatur jumlah maksimum karakter post, komentar yang ditampilkan, jumlah karakter untuk readmore, mengatur registrasi, mengaktifkan reCaptcha, dan reporting.

PeepSo General

Pada bagian “Appearance” disini Anda dapat melakukan penyesuaian untuk pengurutan daftar pengguna member, mengatur bagaimana profile pengguna ditampilkan, avatar, cover, template PeepSo ditampilkan gelap atau terang, gambar landing page dan juga bisa menyesuaikan text.

PeepSo Appearance

Pada bagian “Edit Emails” disin Anda dapat menyesuaikan semua isi email dari berbagai macam pesan notifikasi sesuai dengan keinginan Anda, dan dibagian sebelahnya juga sudah dilengkapi dengan daftar token yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan.

PeepSo Email

Pada bagian “Advanced” disini Anda dapat mengatur untuk SEO dan Open Graph, Maintenance, Security, email, mengatur untuk mengaktifkan penghapusan data saat Anda ingin unistall plugin peepSo.

PeepSo Advanced

Dan itulah sedikit penjelasan mengenai konfigurasi plugin PeepSo. Dalam pembahasan ini saya tidak akan menjelaskan secara keseluruhan tentang setup PeepSo karena hal ini membutuhkan tulisan yang sangat panjang tentunya. Untuk mempelajari secara lebih lengkap mengenai penggunaan PeepSo, Anda bisa membaca pada halaman dokumentasi yang sudah di sediakan oleh mereka disini ⇒ PeepSo Documentations.

Dan seperti inilah tampilan dari jejaring sosial PeepSo WordPress yang akan Anda miliki, dimana tampilan mirip seperti Facebook. Hal tersebut dibuat mirip dengan facebook mungkin agar pengguna di komunitas online Anda nantinya merasa familiar dengan layout dan pengoperasiannya. Anda juga bisa mencoba terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan PeepSo karena Anda bisa mencoba terlebih dahulu pada versi demo, dimana di versi demo tersebut Anda bisa melihat secara live baik bagian front end maupun back end. PeepSo Demo.

PeepSo Social Network for WordPress

Kesimpulan

PeepSo merupakan plugin yang bisa menjadi solusi yang sangat bagus untuk menciptakan situs komunitas online di WordPress. Dengan plugin gratis ini Anda sudah bisa membuat situs komunitas online serasa jejaring social facebook, apalagi jika Anda menambahkan beberapa Add-ons berbayar pada plugin ini maka situs jejaring sosial Anda akan semakin sempurna dan benar-benar akan menyerupai dengan facebook. PeepSo juga merupakan plugin yang ringan dan juga sangat mudah dalam hal konfigurasi, siapa saja bisa membuat situs jejaring sosial yang keren untuk komunitas online sendiri dengan sangat mudah tanpa pengetahuan coding yang diperlukan.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Shale Responsive Free

Shale adalah Tema WordPress responsif gratis dengan desain modern, bersih dan ringan yang cocok...

Bouncezap ~ Alat Pemasaran Online untuk Membantu Bisnis Anda Berkembang

Mengubah pengunjung menjadi pelanggan merupakan hal yang tidak mudah, ada banyak hal yang perlu...

Close