How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Buat Halaman di WordPress Lebih Keren dengan MotoPress Page Builder

WordPress secara default memang tidak membawa fitur Page Builder atau pembangun halaman dengan editor drag and drop yang lebih mudah untuk pengguna WordPress. Fitur tersebut tidak ditambahkan secara default oleh WordPress mungkin karena saat ini sudah banyak sekali pengembang WordPress yang menciptakan plugin untuk Page builder dengan editor visual drag and drop, dan salah satu editor drag-and-drop pertama dan paling populer untuk WordPress saat ini adalah MotoPress Page Builder.

MotoPress Content Editor Visual Builder

Dengan menambahkan plugin Page Builder pada situs WordPress Anda maka akan memberikan banyak kemudahan bagi Anda yang ingin membuat halaman yang indah dan berbeda-beda pada posting, halaman maupun jenis posting kustom dengan layout yang lebih beragam sesuai dengan keinginan Anda tanpa perlu adanya pengetahuan coding yang diperlukan, tapi jika Anda memiliki pengetahuan tentang HTML dan CSS maka ini akan menjadi mainan yang Anda sukai.

Pada artikel kali ini saya akan mengulas secara lengkap tentang Page Builder dari MotoPress dan memperkenalkan beberapa fitur terbaik yang akan Anda dapatkan dari MotoPress Page Builder ini. Mari kita lihat lebih jelas dibawah ini.

MotoPress Visual Page Builder

MotoPress Page Builder?

MotoPress Page Builder adalah plugin yang berguna untuk membuat halaman WordPress agar tampil lebih cantik dan keren yang berbeda dari halaman pada umumnya sesuai dengan keinginan pengguna dan ini merupakan alat pembangun halaman yang sangat efektif dan praktis. MotoPress juga sebagai perintis awal yang menciptakan alat pembuat halaman yang menggunakan fitur drag and drop untuk WordPress.

MotoPress Page Builder ini akan memudahkan Anda dalam membuat dan mendesain halaman dengan berbagai macam layout sesuai keinginan, plugin ini bekerja dengan mengubah editor WordPress default menjadi editor visual komposer dengan fitur lengkap pada sisi front-end. Anda bisa menggunakan pembangun halaman ini pada halaman, post dan jenis post kustom dari sisi front end.

Hal yang paling menyenangkan dari Page Builder MotoPress ini selain kemudahan dalam membuat halaman dan banyaknya fitur yang dibawa adalah setiap perubahan yang Anda lakukan akan terlihat secara langsung sehingga Anda bisa segera melihat apakah perubahan itu sesuai dengan keinginan Anda atau tidak. Berbeda dengan editor WordPress default yang harus selalu menekan tombol preview dan berpindah ke tab baru jika ingin melihat perubahan yang Anda lakukan.

Harga MotoPress Page Builder

WordPress Page Builder by MotoPress adalah plugin gratis yang bisa Anda download secara langsung melalui direktori plugin WordPress.org. Tapi plugin ini juga memiliki versi premium dengan fitur jauh lebih lengkap dengan harga mulai dari $29 untuk satu website berikut adalah rencana harga MotoPress Page Builder :

Harga Lisensi Visual Builder MotoPress

  • Personal ($29) : 1 Wesbite, Bekerja pada semua tema WordPress, dan dukungan sangat diutamakan.
  • Business ($47) : 5 Website, Bekerja pada semua tema WordPress, dan dukungan sangat diutamakan.
  • Developer ($139) : Unlimited Website, Bekerja pada semua tema WordPress, dukungan sangat diutamakan, dan Bagus untuk WordPress Multisite.

Harga diatas adalah harga untuk lisensi MotoPress Page Builder saja dan belum termasuk Add Ons. Jika Anda ingin mendapatkan fitur dan fungsionalitas jauh lebih luas lagi bisa mempertimbangkan untuk membeli paket yang sudah lengkap dengan Add Ons. MotoPress Page Builder Add Ons

Harga Add ons Visual Builder MotoPress

  • Personal Bundle ($69) : Page Builder untuk 1 Website dengan semua Add Ons.
  • Developer Bundle ($179) : Page Builder untuk Website Unlimited dengan semua Add Ons dan White Label.

Buy MotoPress Visual Builder

Fitur Plugin MotoPress Page Builder

MotoPress Page Builder Memiliki banyak sekali fitur yang ditawarkan untuk memudahkan pengguna dalam membuat halaman yang lebih interaktif dengan berbagai macam layout. Tapi disini saya akan menunjukkan beberapa fitur secara garis besar saja. Anda akan menemukan banyak fitur bermanfaat setelah Anda mencoba sendiri MotoPress Page builder ini.

Editor Visual Builder MotoPress Features

Drag and Drop

Fitur paling utama yang dibawa oleh Page Builder MotoPress adalah kemampuan untuk membuat halaman yang mudah dengan drag and drop atau hanya dengan tarik dan lepaskan pada area yang Anda inginkan. Dengan fitur ini Anda akan dapat menciptakan halaman yang keren dengan cepat dan mudah.

Row and Column

Anda juga dapat menyesuaikan tampilan baris, kolom, dan elemen konten dengan mengkliknya. Ini menunjukkan kontrol sensitif konteks. Dari panel ini, Anda bisa mengatur warna, margin, paddings, background images, dan masih banyak lagi. Seperti seluruh antarmuka Content Editor lainnyat, setiap perubahan yang Anda buat akan langsung ditampilan ke halaman secara langsung.

Standart Layout

Page Builder MotoPress memberikan Anda layout bawaan dengan beberapa contoh layout dasar, Dengan ini Anda dapat membuat layout secara cepat hanya dengan satu klik dan selanjutnya tinggal mengganti isi sesuai dengan keinginan Anda.

Inline Text Editing

Salah satu fitur terbaik dari Editor Content MotoPress adalah kemampuan mengedit teks secara langsung atau inline. Anda hanya perlu klik pada tulisan Anda dan langsung bisa Anda edit di area tersebut, toolbar untuk pengaturan tulisan juga ditampilkan diatas area yang Anda edit.

Content Elements

MotoPress Page Builder memiliki fitur element yang sangat lengkap dan siap pakai, semua kebutuhan Anda dalam membuat halaman yang indah di WordPress sudah disediakan oleh MotoPress. Anda hanya perlu memilih elemen yang Anda inginkan dan menariknya pada area yang sudah Anda tentukan kemudian Anda dapat menyesuaikan element melalui menu konteks yang disediakan.

Editor Visual Builder MotoPress Elements

Penggunaan elemen ini juga tidak terbatas untuk Anda masukkan ke halaman maupun posting, selain itu Anda juga dapat menambahkan salah satu widget yang aktif di situs Anda ke layout Anda. Ini tidak hanya mencakup widget WordPress standar namun juga plugin yang Anda pasang di situs Anda.

Responsive

Setiap halaman yang dibuat dengan MotoPress WordPress visual Builder sepenuhnya mobile responsif dan akan terlihat bagus di semua ukuran layar. Namun, Editor Konten MotoPress memberi Anda kontrol yang baik atas bagaimana konten Anda akan ditampilkan, tergantung pada perangkat yang diaksesnya. Anda dapat menguji seberapa responsif desain Anda pada titik apa pun, karena Page builder ini menyertakan fitur untuk melihat mode responsive secara live.

Reusable Styles

Fitur ini sangat penting karena dapat menyimpan desain layout yang sudah Anda buat. Anda hanya perlu menggunakannya lagi jika diperlukan sehingga akan mempercepat proses pembuatan halaman baru dengan style yang sama.

Post Layout

Page Builder MotoPress memiliki element untuk menampilkan postingan dengan beberapa pilihan, Anda bisa menampilkan postingan dengan layout grid dan slider. Fitur ini tentu akan sangat Anda butuhkan ketika Anda ingin menampilkan posting terbaru Anda pada area manapun yang Anda inginkan. Dan Anda juga memiliki kontrol penuh atas konten yang Anda tampilkan seperti mengatur kolom dan jumlah posting yang akan ditampilkan. Anda juga dapat memilih konten dari posting Anda yang ditampilkan seperti gambar unggulan, judul, dan konten, atau variasi lainnya.

Cara Menggunakan MotoPress Page Builder WordPress

Untuk memulai menggunakan MotoPress Page Builder ini Anda bisa mencoba memulai dengan menggunakan plugin gratis versi lite yang bisa langsung Anda download melalui dashboard Anda dengan masuk pada Plugins » Add New. Silahkan ketik pada pencarian dengan kata kunci “MotoPress Page Builder”.

MotoPress Page Builder Plugin

Dan jika sudah ketemu silahkan untuk menginstall dan mengaktifkan plugin tersebut. Jika Anda merasa plugin ini cocok untuk Anda dan ingin membeli plugin premium silahkan membeli terlebih dahulu plugin tersebut dan download plugin langsung melalui akun Anda di situs MotoPress dan silahkan install dengan cara mengupload file plugin Page Builder MotoPress tersebut dari komputer Anda.

MotoPress Page Builder Plugin Pro

Setelah terinstal, Aktifkan plugin dan Anda harus melihat bagian MotoPress di pojok kiri bawah menu WordPress Anda. Anda juga perlu menambahkan lisensi yang valid untuk plugin premium di bagian Lisensi.

Setelah mengaktifkan plugin, Silahkan untuk mencoba membuat atau mengedit halaman atau postingan Anda. Disitu Anda akan melihat menu tab baru ditambahkan dengan nama “Visual Editor” disamping menu Editor Text dan juga terdapat tombol dengan nama “Open Visual Builder” dibawahnya.

Editor Visual Page Builder MotoPress

Silahkan untuk melakukan klik pada tombol “Open Visual Builder” dan Anda akan dibawa pada tab baru dimana halaman editor visual builder akan ditampilkan untuk Anda. Editor Visual Builder tersebut akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

Editor Visual Builder MotoPress

Seperti yang Anda lihat pada gambar diatas editor visual builder akan menampilkan menu dibagian atas dan bagian tengah adalah halaman yang akan Anda bangun. Ada tombol Publish, Save, Preview dan Close dibagian kanan atas.

Silahkan untuk klik tombol “+Add” di bagian atas dari menu Visual Builder dan itu akan memunculkan menu baru dibagian sebelah kiri yang berisikan element-element penting untuk kebutuhan Anda dalam membuat halaman. Anda bisa menambahkan berbagai macam element seperti text, gambar, slider, tombol, video, audio dan masih banyak lagi.

Element Visual Builder MotoPress

Selain itu Anda juga bisa mulai mengetik dan elemen paragraf akan ditambahkan secara otomatis. Atau, pilih dari salah satu layout yang sudah disediakan oleh visual builder dan Anda tinggal mengedit isi dari contoh layout yang Anda pilih. Ada Landing Page, Call To Action Page, Feature List, Description Page, Service List, dan Product Page.

MotoPress Content Editor Visual Builder Start

Untuk mengedit atau menambahkan sesuatu pada element yang Anda tambahkan caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengarahkan mouse Anda pada area yang ingin Anda edit dan klik maka akan muncul popup dibagian kanan. Sebagai contoh saya ingin menambahkan element gambar pada halaman saya dan saya memilih “Elemen images” dari sebelah kiri lalu saya tarik pada area yang saya inginkan.

MotoPress Page Builder Image Element

Setelah itu akan membuka library dan silahkan untuk memilih gambar yang ingin Anda tampilkan. Jika sudah klik pada gambar tersebut dan akan memunculkan menu pop up disebelah kanan, disitu terdapat menu tab “Settings” dan “Styles”.

MotoPress Page Builder Image

  • Dibagian “Settings” terdapat pengaturan untuk memilih gambar, ukuran gambar, link gambar, dan posisi gambar.
  • Dibagian “Styles” terdapat pengaturan untuk memilih background, background type, padding dan border.

Anda bisa mencoba untuk menambahkan element text, tombol dan lainnya pada halaman Anda dengan cara yang sama seperti langkah diatas yaitu dengan menarik element dari sisi kiri ke area yang Anda inginkan sebagai contoh saya akan menambahkan Paragraph.

MotoPress Page Builder Text

Dan Anda bisa memulai untuk menulis pada area yang sudah ditambahkand dengan element paragraph, untuk paragraph ini Anda akan mendapatkan fitur untuk mengatur tulisan Anda ditampilkan melayang diatasnya saat Anda mengedit tulisan tersebut seperti pengaturan tebal, miring, garis bawah, rata kanan kiri dan masih banyak lagi.

MotoPress Page Builder Text Editor

Jika Anda melakukan kesalahan saat memasukkan element Anda bisa menghapus dengan klik tombol (X) disamping tombol +Add. Dan Jika Anda sudah selesai dengan halaman Anda, silahkan untuk menekan tombol “Save” atau “Publish” dibagian atas. Dan untuk kembali pada editor default WordPress Anda bisa klik tombol Close atau X.

Itulah sedikit contoh bagaimana cara menggunakan MotoPress Page Builder yang bisa saya jelaskan, Anda bisa memulai untuk mencoba sendiri dan mencoba semua fitur-fitur yang dibawa oleh MotoPress Page Builder.

Kesimpulan

MotoPress Page Builder merupakan pilihan yang cocok untuk Anda gunakan untuk membuat website tampil jauh lebih bagus dari pada biasanya. Anda tidak perlu memiliki keahlian khusus dalam hal coding karena dengan Page builder MotoPress ini Anda hanya perlu menggunakan mouse anda untuk menarik elemen dan meletakkan pada area yang Anda inginkan. MotoPress Page Builder juga ditawarkan dengan harga yang terjangkau dengan fitur yang sangat lengkap. Ini merupakan solusi yang bagus dan perlu Anda coba.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Buat Website Direktori Bisnis dengan Tema WordPress Vantage

Pada artikel kali ini saya akan mengulas sebuah tema WordPress yang sangat keren buatan...

Membuat Komunitas Online Seperti Jejaring Sosial Facebook di WordPress dengan PeepSo

Jika Anda pernah berfikiran untuk membuat sebuah situs komunitas online maka hal tersebut sangatlah...

Close