How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Membuat Situs Keanggotaan di WordPress dengan Membership by Supsystic

WordPress adalah CMS (content management system) yang dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan situs, tidak hanya sekedar sebagai platform blogging tapi WordPress memiliki kemampuan yang jauh lebih dari itu. Secara default WordPress memang sangat sederhana, tapi dengan adanya plugin membuat WordPress dapat difungsikan untuk berbagai macam tujuan dan salah satunya adalah WordPress dapat juga digunakan sebagai situs komunitas atau membership.

Jadi, jika Anda ingin membangun sebuah situs komunitas online maka WordPress bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Terdapat banyak sekali plugin membership bisa Anda temukan untuk WordPress, tapi disini saya akan memberikan salah satu plugin membership dengan fitur lengkap yang bisa Anda gunakan yaitu plugin membership by supsystic.

Membershi by Supsystic

Apa itu Membership by Supsystic?

Membership by Supsystic Profile

Membership by Supsystic adalah plugin gratis yang berfungsi untuk membuat situs komunitas online dan keanggotaan dengan berbagai macam fitur seperti friend, follower, group, private messege, user profile, user role dan masih banyak lagi.

Membership by Supsystic ini juga memiliki tampilan seperti media sosial facebook dan twitter, ini sangat bagus karena antarmuka yang ditampilkan mirip dengan media sosial ternama sehingga membuat pengguna merasa tidak asing dengan hal-hal yang terdapat di situs keanggotaan ini.

Membership Supsytic Price

Selain itu dengan mengupgrade plugin ke versi premium Anda akan mendapatkan fitur yang bisa Anda gunakan untuk menghasilkan uang dari keanggotaan. Fitur e-Commerce akan ditambahkan sehinggga Anda bisa memberi kontrol penuh atas konten Anda dengan secara selektif mengaktifkan atau menonaktifkan akses konten situs ke anggota dan ini adalah cara terbaik untuk memberikan konten berbayar kepada pengunjung Anda. Untuk versi premium untuk masing-masing add ons dari plugin membership by Supsystic adalah $39. Anda bisa membeli semua paket membership add ons bundle dengan harga yang lebih murah yaitu $59 untuk single site.

Upgrade Membership by Supsystic

Dengan mengupgrade lisensi membership Anda akan mendapatkan beberapa ekstensi seperti berikut :

  • Limit Content By Role Users : Monetisasi konten Anda dengan membatasi akses berdasarkan peran pengguna tertentu.
  • WooCommerce Membership : Buat toko online di dalam komunitas Keanggotaan dengan Integrasi WooCommerce!
  • Membership Social Network : Integrasikan aktivitas baik tulisan, gambar maupun video dengan langsung menggunakan social media Anda.
  • Membership E-Commerce : Buat komunitas online dengan mudah dengan berbagai model pembayaran dan dripping konten.
  • Subscribtions : Ajak pengguna ke daftar Langganan Anda tepat setelah pendaftaran menggunakan Layanan Email yang berbeda.
  • Membership Login Social : Biarkan pengguna mendaftar dan masuk ke situs web Keanggotaan WordPress Anda melalui akun Facebook atau Twitter!

Fitur Membership by Supsystic

Membership by supsystic Features

Berikut adalah beberapa fitur dari plugin membership by supsystic yang bisa Anda dapatkan :

Frontend Registration and Login : Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur pendaftaran dan area login, ini sudah dilengkapi dengan fitur yang lengkap seperti Anda dapat membuat field-field sesuai dengan keinginan Anda, mendukung login dan registrasi dengan social media seperti twitter dan facebook, mendukung Google reCaptcha, pengaturan email dan template email, pengaturan notifikasi dan masih banyak lagi.

User Profiles : Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur dan menyesuaikan pengaturan profile pengguna Anda, dan profile ditampilkan dengan sangat bagus seperti media sosial ternama sehingga membuat pengguna terbiasa dengan tampilan tersebut. Pengguna bisa menambahkan informasi lengkap mengenai diri mereka, menambahkan foto avatar dan background foto yang ditata seperti facebook namun menampilkan friend, follow dan follower sehingga mirip dengan twitter.

Friends and Followers : Fitur ini memungkingkan pengguna dalam komunitas untuk menambahkan teman dengan pengguna lain dalam satu komunitas dan terdapat juga fitur yang memungkinkan pengguna untuk dapat saling mengikuti.

Social Activity : Fitur ini mirip dengan kebanyakan media sosial yaitu mirip seperti update status atau tweet. Pengguna dapat menuliskan apa saja pada kolom halaman activity ini dan membagi berbagai macam link, gambar maupun video sehingga pengguna lain dalam komunitas akan melihat apa yang Anda tulis dalam activity.

Profile Form Builder : Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat sendiri bagaimana formulir pendaftaran ditampilkan dan mengatur profile dari pengguna di komunitas Anda. Dan menyesuaikan segala hal mengenai pendaftaran seperti email template, notifikasi dan masih banyak lagi.

Member Directory : Anda bisa menampilkan semua anggota member pada halaman tertentu sehingga pengguna baru atau pengguna lain dapat dengan mudah melihat pengguna lain untuk menambahkan teman, mengikuti atau mengirim mereka pesan. Pada bagian ini juga terdapat fitur pencarian untuk dengan cepat menemukan pengguna dalam komunitas.

Dripping Content : Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur info dan mengatur interval waktu untuk mendistribusikan konten-konten Anda pada pengguna dalam komunitas agar mereka selalu mendapatkan konten.

Membership Group : Fitur ini memungkinkan Anda dan pengguna dalam komunitas untuk membuat group mereka sendiri sehingga mereka dapat membuat sebuah komunitas mini sesuai dengan ketertarikan masing-masing dan memungkinkan pengguna lain untuk mencari berbagai group untuk bergabung.

Private Messege : Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat percakapan pribadi dengan anggota dalam komunitas keanggotaan. Pengguna lain juga memiliki kemampuan untuk saling berkirim pesan pribadi dengan anggota lain.

Cara Menggunakan plugin Membership by Supsystic

Untuk memulai membuat membership pada WordPress, silahkan untuk menginstall plugin Membership by Supsystic melalui dashboard WordPress Anda.

Setelah itu silahkan aktifkan plugin dan Anda akan melihat menu baru pada sidebar admin WordPress Anda bernama “Membership by supsystic”. Silahkan klik menu tersebut dan Anda akan dibawa pada bagian pengaturan “Main” dan Anda akan melihat notifikasi yang mengharuskan Anda untuk membuat halaman untuk Profile, member, groups, activity, registration, login, search dan contact us. Silahkan klik tombol “Create all unassigned pages” dan halaman tersebut akan dibuat secara otomatis.

Main Setting membership by supsystic

Pada bagian “Main” ini Anda dapat mengatur berbagai macam pengaturan seperti pengaktifan email, pembuatan halaman, security, pengaturan upload, SEO, Improt data, dan content.

Users Setting membership by supsystic

Pada bagian “Users” Anda dapat melihat semua daftar pengguna yang terdaftar di komunitas keanggotaan Anda. Disini Anda juga dapat membuat user baru, import user ke file csv.

Profile Setting membership by supsystic

Pada bagian “Profile” Anda dapat menyesuaikan ukuran untuk avatar, gambar profile dan gambar cover profile pengguna. Selain itu pada tab “Registration Field” Anda dapat menyesuaikan berbagai macam field untuk formulir pendaftaran.

Roles Setting membership by supsystic

Pada bagian “Roles” Anda dapat mengatur berbagai macam peran pengguna untuk memberi pengguna kemampuan yang berbeda-beda sesuai dengan keinginan Anda.

Group Setting membership by supsystic

Pada bagian “Group” Anda dapat menyesuaikan berbagai macam ukuran untuk logo, cover dan mengijinkan siapa yang dapat di invite dan menginvite.

Email Setting membership by supsystic

Pada bagian “Mails” Anda dapat menyesuaikan berbagai macam email dan notifikasi untuk dikirmkan ke email Anda dari pengguna dalam komunitas Anda. Anda bisa mengganti isi email tersebut dan mencoba mengirimkan email untuk percobaan.

Design Setting membership by supsystic

Pada bagian “Design” Anda dapat menyesuaikan style gambar profile ditampilkan, berbagai macam tombol, dan juga font.

Selanjutnya yang terkahir adalah bagian “Report” yang berisikan laporan dari pengguna dan “Extentions” berisikan daftar ekstensi premium dari plugin membership seperti Social login, social integrastion, WooCommerce, dan Subscriptions. Dan juga “E-Commerce” yang khusus untuk pengguna versi premium yang berisikan pengaturan untuk membuat konten khusus untuk pengguna berbayar, pengaturan pembayaran, currency, dripping contents, order dan statistic.

Dan itulah sedikit penjelasan mengenai plugin membership by supsystic gratis untuk membuat situs keanggotaan dan komunitas online di WordPress. Anda bisa melihat lebih tutorial yang lebih lengkap mengenai plugin ini langsung melalui situs resminya disini ⇒ https://supsystic.com/.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress CT Corporate Responsive Free

CT Corporate adalah Theme WordPress responsive gratis yang dapat Anda gunakan untuk situs Bisnis....

3 Website Untuk Membantu Menemukan Ide Nama Domain Terbaik

Ketika Anda sedang memiliki ide untuk membuat blog atau website maka itu adalah ide...

Close