banner octafx broker forex terbaik
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Panduan Cara Mudah Instal Font di Windows 11 Terbaru

Panduan Cara Instal Font di Windows 11 – Font merupakan bagian penting ketika ingin membuat berbagai macam jenis tulisan di komputer maupun perangkat lain. Ada banyak jenis font yang berbeda-beda baik dari segi bentuk dan keindahannya. Komputer pada umumnya sudah dibekali dengan banyak font bawaan, tapi kadang kita perlu menambahkan berbagai macam font untuk membuat tulisan sesuai dengan keinginan kita.

Sebagai contoh ketika kita menggunakan komputer dan ingin membuat tulisan di Ms. Word atau membuat sebuah desain, terkadang kita membutuhkan jenis font yang tidak ada di bawaan komputer kita, nah untuk membuat jenis tulisan tertentu yang sesuai dengan keinginan kita, maka kita perlu menambahkan font secara manual.

Di artikel ini saya akan menjelaskan cara instal font di Windows 11 yang merupakan sistem operasi Windows seri terbaru. Anda bisa mendapatkan file font sendiri dari web atau dari Microsoft Store untuk mencari dan menginstal font baru dengan mudah. Selain itu, saya juga akan membahas cara menghapus font yang tidak Anda inginkan lagi di Windows 11.

Baca : 60 Font yang Digunakan Oleh Brand Merek Logo Terkenal

Cara Instal Font di Windows 11

File font sebenarnya seperti file biasa, di mana file font ini dapat diunduh dari situs web dan dibagikan antar komputer melalui flashdisk, CD, dll.

Ada banyak tempat atau sumber untuk mendapatkan font secara online, termasuk sumber font gratis yang besar seperti Google Font, DaFont, dan FontSpace. Kita akan melihat di bawah Windows 11 memiliki metode bawaannya sendiri untuk mendapatkan font juga.

Jika Anda memiliki file font, yaitu file font dengan ekstensi file OTF atau TTF, Anda tidak bisa begitu saja meletakkannya di mana saja di komputer Anda dan berharap itu dapat digunakan. Jika Anda salah meletakkan file font tersebut, maka Font tidak akan dikenali oleh Windows 11, dan oleh program software pengolah kata seperti Word atau program lainnya, hingga font tersebut diinstal dengan benar.

Font yang diinstal dan disimpan dalam folder yang seharusnya maka file font tersebut akan bisa Anda gunakan dan dikenali oleh berbagai macam program yang terinstal di komputer Anda.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara instal font yang benar di Windows 11 sehingga nantinya file font tersebut dapat digunakan dan dikenali oleh berbagai software yang ada di komputer Anda.

Baca : Tutorial Cara Install ADB di Windows, MacOS dan Linux

Cara Instal Font di Windows 11 Dari Web

Inilah yang harus dilakukan dengan file font yang telah Anda unduh dari web sehingga Anda benar-benar dapat mulai menggunakan font di program komputer Anda:

Temukan file font yang sebenarnya. Jadi jika font yang telah Anda unduh masih dalam bentuk file arsip (zip, rar, atau 7zip misalnya), maka Anda harus ekstrak file terlebih dahulu. Caranya : Klik kanan file dan pilih Extract allExtract. Font akan muncul di folder dengan nama yang sama dengan arsip.

1 install fonts di windows 11

Ada beberapa cara untuk menginstal font di Windows 11. Yang paling mudah adalah dengan mengklik dua kali file font tersebut, atau klik kanan file font, dan pilih Install.

2 install fonts di windows

Anda juga dapat masuk ke Settings PersonalizationFonts, dan seret file font ke area Add Font. Ini berfungsi dengan banyak font juga.

3 install fonts di windows 11

Instalasi font juga dapat dilakukan langsung dari folder Windows Fonts di C:\Windows\Fonts. Copy dan Paste, atau seret dan lepas, satu atau beberapa font di folder tersebut untuk menginstalnya secara massal.

4 install fonts di windows 11

Jika tidak satu pun dari cara diatas berfungsi, pastikan Anda menggunakan file font yang sebenarnya dan bukan file font yang masih dalam bentuk arsip yaitu dalam bentuk file zip, 7zip atau rar. Jika Windows 11 tidak mengenali font yang Anda miliki, coba ubah ke format yang didukung.

Cara Instal Font Melalui Microsoft Store

Cara lain untuk mendapatkan font adalah melalui Microsoft Store. Daripada mencari situs penyedia web font terpercaya untuk mendapatkan font, dan kemudian harus mengunduh file sendiri, Windows 11 ini memiliki metode bawaan yang menyederhanakan seluruh proses yaitu dengan menyediakan font di Microsoft Store.

Buka Settings PersonalizationFonts Get more fonts in Microsoft Store. Salah satu cara untuk mengakses Halaman Settings adalah dengan klik kanan tombol Start dan memilihnya dari daftar.

5 install fonts di windows 11

Pilih font yang ingin Anda instal, lalu pilih Get.

6 install fonts di windows 11

Pilih Install jika tidak mulai menginstal secara otomatis.

7 install fonts di windows 11

Cara Menghapus Font di Windows 11

Sangat mudah untuk menginstal font tambahan di komputer Windows 11 Anda, tapi font yang terlalu banyak dan tidak terpakai juga akan mempengaruhi kinerja program software yang mendukung font tersebut, ini membuat lambat ketika program sedang berjalan. Cara yang paling tepat adalah menggunakan font yang sering digunakan atau dibutuhkan dan menghapus font yang tidak terpakai.

Berikut adalah cara mudah menghapus font di Windows 11.

Klik kanan tombol Start dan buka Settings PersonalizationFonts

8 install fonts di windows 11

Pilih font dari area Available Font. Anda dapat menemukannya dengan mencari namanya atau menggulir daftar font yang ingin Anda hapus.

Pilih Uninstall Font, lalu konfirmasikan lagi dengan menekan tombol Uninstall di jendela pop up.

9 install fonts di windows 11

Cara lain untuk menghapus font beberapa sekaligus yaitu langsung masuk ke folder font C:\Windows\Fonts , kunjungi jalur ini di File Explorer untuk memilih font yang ingin Anda hapus, lalu pilih Delete dari menu di bagian atas:

10 install fonts di windows 11

Jika Anda mengklik kanan font, atau menggunakan opsi menu Organize, Anda dapat menyalinnya di tempat lain untuk tujuan pencadangan atau berbagi.

Baca : Cara Upgrade Dari Windows 10 ke Windows 11 [Terlengkap]

Dan itulah panduan lengkap cara instal font baru di Windows 11 dengan berbagai metode yaitu font dari web font atau dari Microsoft store, dan juga cara menghapus font di Windows 11. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Membuat Website Keanggotaan di WordPress dengan Membership by Supsystic

Cara Membuat Website Keanggotaan di WordPress dengan Membership by Supsystic - WordPress adalah CMS...

10 Aplikasi Pemutar Musik Terbaik untuk iOS iPhone

10 Aplikasi Pemutar Musik Terbaik untuk iOS iPhone - Jika Anda seorang yang hobi...

Close