banner octafx broker forex terbaik
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Tips Membuat Profil Linkedin Menarik untuk Freelancer

Tips Membuat Profil Linkedin Menarik untuk Freelancer – Kapan terakhir kali klien potensial meminta resume dari Anda? Jawabannya mungkin Anda sudah lupa karena sudah terlalu lama untuk di ingat. Itu karena di era digital saat ini, resume dalam bentuk PDF memang sudah ketinggalan zaman dan sudah menjadi sesuatu dari kenangan di masa lalu dan sekarang digantikan oleh situs web dan profil LinkedIn.

tips membuat profil linkedin freelancer

Jadi, jika Anda berpikir bahwa LinkedIn bukan untuk Anda karena Anda seorang Freelancer, atau berpikir bahwa LinkedIn hanya untuk karyawan, sekali lagi itu adalah salah! LinkedIn dapat menjadi tempat yang tepat untuk memamerkan keahlian Anda, menjadikan diri Anda sebagai pemimpin pemikiran di industri Anda, terhubung dengan Freelancer lain dan klien potensial, dan meningkatkan pendapatan Anda.

Baca : Cara Mengganti dan Memasang Gambar Foto Profil di Gmail

Berikut adalah beberapa tips membuat profil Linkedin yang menarik bagi freelancer agar menarik perhatian para calon klien agar menggunakan jasa sesuai keahlian Anda.

Buat Gambar Profil Profesional

Hal pertama yang akan dilihat siapa pun ketika mereka mengunjungi halaman LinkedIn Anda adalah gambar profil Anda. Gambar yang Anda pilih mengatakan banyak tentang Anda sebagai pribadi dan sebagai seorang profesional dan sebagai hasilnya, harus menjadi seorang profesional yang Anda senangi.

Pilih bidikan kepala yang jelas dan pastikan tidak ada orang atau objek lain yang terlihat dalam gambar. Anda tidak harus mengenakan jas dan dasi, tetapi Anda juga tidak boleh menggunakan foto selfie atau foto konyol sebagai foto profil Anda. Temukan perpaduan yang menyenangkan yaitu antara menyenangkan dan profesional sehingga potensi akan menganggap Anda serius.

Buat Header Menarik

Setelah melirik profil Anda, hal berikutnya yang akan dilihat orang adalah judul Anda. Ini akan muncul dalam pencarian dan merupakan kesempatan pertama yang Anda miliki untuk membuat kesan menarik pada klien potensial. Anggap saja sebagai elevator pitch 30 detik digital Anda yang harus cukup menarik untuk membuat orang mengklik profil Anda.

Gunakan kata kunci yang terkait dengan keahlian unik Anda dan hindari penggunaan jargon dan slang. Pastikan untuk memasukkan kata “freelancer” atau nama perusahaan Anda di headline Anda sehingga terlihat jelas oleh calon klien bahwa Anda adalah penyedia layanan.

Jika klien potensial mengklik profil Anda, Anda memiliki kesempatan untuk memikat mereka lagi dengan foto latar belakang profil. Jika menggunakan opsi background photo, pastikan foto tersebut berkualitas tinggi, ukurannya pas, dan relevan dengan bidang Anda.

Ringkasan Profil

Setelah klien atau koneksi potensial membuka profil Anda, inilah saatnya untuk benar-benar membuat profil Anda menonjol dan meyakinkan mereka untuk menghubungi Anda. Itulah mengapa penting untuk menggunakan ringkasan profil Anda untuk mencerminkan dengan tepat apa yang bisa Anda lakukan, apa pengalaman Anda, dan layanan apa yang Anda tawarkan. Jangan lupa untuk menyebutkan bahwa Anda adalah seorang freelancer karena itulah yang akan memberitahukan klien potensial bahwa Anda siap untuk mengerjakan proyek dan tidak hanya menyewa penuh waktu.

Pada dasarnya, ringkasan Anda adalah brosur, kartu nama, dan promosi penjualan Anda, dan oleh karena itu penting untuk menguraikan kemampuan Anda, menceritakan pengalaman Anda dan beritahu cara untuk menghubungi Anda.

Jangan menulis ringkasan panjang lebar di sini – ini adalah bio singkat yang dirancang untuk memikat klien potensial dan memvalidasi Anda sebagai seorang profesional. Buat daftar keterampilan, pencapaian, dan penghargaan yang membuat Anda menonjol, dan jangan lupa untuk menyertakan ajakan bertindak (seperti “hubungi saya hari ini untuk melihat bagaimana saya dapat membantu Anda”.

Baca : 25 Backlink Profile Gratis Berkualitas Untuk Menaikkan DA PA

Artikel dan Keterlibatan

Di LinkedIn, pengguna memiliki kemampuan untuk mempublikasikan artikel asli di bagian “Artikel”. Ini adalah kesempatan besar bagi Freelancer untuk membagikan artikel yang berkaitan dengan keahlian Anda.

Dengan menulis tentang apa yang paling Anda ketahui, Anda dapat menjadikan diri Anda sebagai otoritas di domain Anda, membangkitkan minat pada profil Anda, dan meningkatkan eksposur profil Anda kepada klien potensial. Anda juga dapat membangun diri Anda melalui keterlibatan dalam grup LinkedIn yang relevan dan berbagi konten Anda dengan individu yang mungkin tertarik untuk membacanya.

Pengalaman profesional

Setelah artikel ada tempat untuk menunjukkan pengalaman Anda secara mendalam. Bagian ini lebih mirip resume, namun juga dapat digunakan oleh Freelancer untuk meningkatkan daya tarik mereka kepada klien potensial.

Jika Anda ingin menyoroti klien yang Anda berikan layanannya, pertimbangkan untuk mencantumkannya di bagian pengalaman Anda dalam mengerjakan proyek. Jika Anda seorang penulis lepas misalnya, manfaatkan elemen publikasi untuk membagikan karya tulis Anda.

Kontak Anda dapat memvalidasi pengalaman Anda dengan menunjukkan keahlian terbaik Anda di bagian kata kunci pengalaman di bagian bawah profil Anda. Bagian ini mencantumkan kontak keterampilan terbaik yang Anda miliki dan pamerkan foto mereka, meningkatkan validitas dan kepercayaan.

Fokus pada Rekomendasi

Pada akhirnya, pemasaran dari mulut ke mulut adalah cara terbaik bagi Freelancer untuk memberikan pengalaman mereka, dan untungnya, LinkedIn memiliki cara yang bagus untuk mendapatkan rekomendasi.

Karena rekomendasi memberi Anda kredibilitas profesional, penting untuk membuat klien lama Anda merekomendasikan layanan Anda.

Belum memiliki daftar klien yang panjang? Bukan masalah! LinkedIn memungkinkan Anda mendapatkan rekomendasi dari siapa pun yang bekerja dengan Anda, jadi ini dapat mencakup kolega, mitra bisnis, pemberi kerja, dan sebagainya. Anda juga dapat meminta Freelancer yang berkolaborasi dengan Anda untuk merekomendasikan pengalaman mereka dengan Anda.

Mengelola Profil Anda

Karena sifat pekerjaan Anda sering berubah, penting untuk memperbarui profil LinkedIn Anda secara rutin agar tetap relevan dan memastikannya mencerminkan pekerjaan, pengalaman, dan layanan Anda secara akurat.

Pastikan untuk memeriksa ulang ejaan dan tata bahasa Anda untuk menghindari kesalahan, dan pastikan informasi yang Anda unggah tidak dilebih-lebihkan atau dibuat-buat.

Baca : Cara Mudah Memasang Embed Profile LinkedIn di WordPress

Dan itulah beberapa tips untuk membuat profil linkedin yang menarik untuk freelancer agar menarik perhatian klien agar memberikan pekerjaan sesuai kemampuan yang Anda tulis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Panduan Cara Mudah Instal Font di Windows 11 Terbaru

Panduan Cara Instal Font di Windows 11 - Font merupakan bagian penting ketika ingin...

Membuat Website Keanggotaan di WordPress dengan Membership by Supsystic

Cara Membuat Website Keanggotaan di WordPress dengan Membership by Supsystic - WordPress adalah CMS...

Close