How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

10 Kelebihan dan Keuntungan Menjadi Seorang Blogger

Bloger kini menjadi fenomena profesi yang cukup diminati oleh banyak orang. Seorang bloger memang sering kali di kesampingkan dan di juga dipandang sebelah mata. Banyak yang menganggap jika seorang bloger adalah pekerjaan yang sia-sia yang tidak akan mendapatkan keuntungan apa-apa. Namun pada kenyataannya semua anggapan tersebut adalah salah.

Mungkin saja mereka tidak tau atau belum pernah merasakan suka dan duka menjadi seorang bloger. Alhasil, pernyataan tersebut sering kali terlontar dari mulut mereka. Namun berbagai hinaan, cacian, dan remehan tidak seharusnya membuat kamu kehilangan motivasi untuk menjadi seorang bloger. Lagi pula, profesi ini sejatinya bukanlah profesi yang abal-abal, buktinya yakni banyak bloger yang bisa meraih kesuksesan.

Pertanyaannya, mengapa bisa sukses? Tentu karena mereka mau bekerja keras. Salah satu hal yang harus kamu tahu, seseorang tidak akan sukses dalam suatu pekerjaan jika ia tidak mencintai pekerjaan tersebut. Mereka bisa mendapatkan itu semua karena benar-benar mencintai pekerjaan yang mereka lakukan. Di samping itu menjadi bloger adalah sesuatu yang menguntungkan bagi mereka.

Baca : 5 Tips Agar Menjadi Blogger Terkenal

10 Keuntungan Menjadi Seorang Blogger

Menjadi blogger tidak melulu berfikir untuk menghasilkan uang dari internet dan juga bebas dari pekerjaan menjadi seorang karyawan dan kerja yang jauh lebih bebas dari berbagai tempat selama itu terhubung dengan internet, tapi lebih dari itu.

blogger sukses penghasilan terbesar

Apa benar menjadi bloger itu menguntungkan? Jawabannya tepat sekali, sangat menguntungkan. Beberapa benefit ini pasti kamu dapatkan andai kata memang berniat menjadi seorang bloger. Apa saja itu? Simak pembahasannya berikut ini :

1. Mengasah Kemampuan Menulis

Menjadi Seorang bloger memiliki kemampuan menulis adalah sesuatu yang harus dimiliki. Karena memang begitulah pekerjaannya yang mengharuskan seseorang untuk membuat konten. Namun sayangnya, hal ini masih menjadi permasalahan terbesar karena sebagian besar dari mereka memiliki kemampuan menulis yang masih kurang.

Namun seiring dengan berjalannya waktu dan perjalanan kamu sebagai seorang bloger yang setiap harinya tidak pernah lepas dari kegiatan tulis menulis, secara perlahan kamu akan meningkatkan kemampuan dalam menulis. Yuk selagi masih ada kesempatan lakukanlah mulai saat ini sebelum kamu menyesal sendiri nantinya.

2. Rajin Membaca Sehingga Bisa Menambah Pengetahuan

Harus kita akui, Indonesia memang menjadi negara dengan tingkat literasi yang sangat rendah. Orang Indonesia malas membaca memang sebuah fakta yang tidak bisa kita bantah. Terutama para generasi muda yang lebih suka menonton acara joget di TV daripada membaca buku baik itu koran, berita di internet, ataupun karya sastra.

Dengan menjadi seorang bloger, pasti sengaja atau tidak sengaja pasti kamu membaca artikel milik situs orang lain atau membaca buku yang mendukung materi pada konten blog kamu. Dengan begitu wawasan dan pengetahuan semakin bertambah luas dan tulisan kamu semakin jauh lebih baik dan berbobot.

3. Mengenal Banyak Orang di Internet

Jika kamu adalah seorang bloger maka besar kemungkinan untuk mengenal lebih banyak orang di internet. Asalkan kamu benar-benar aktif dan sering mengunjungi blog orang lain dan memberikan komentar yang positif. Selain itu sesama bloger bisa saling bertemu untuk melakukan meet up sehingga bisa saling kenal lebih jauh.

Selain itu sesama bloger juga bisa saling mengenal di beberapa grup chating dan media sosial seperti Facebook, Line, Whatsapp, Telegram, dan sebagainya. Tak cukup sampai disitu, di berbagai forum seperti Kaskus dan ads.id berbagai bloger dari seluruh Indonesia bisa saling bertukar pendapat. Dengan begitu jaringan kita semakin luas.

4. Memahami Ilmu Marketing

Seorang bloger setidaknya sudah mengetahui paham mengenai dasar-dasar ilmu marketing, terutama dari segi copywriting. Contoh sederhana saja judul postingan blog kamu yang menarik minat pengunjung sehingga dapat meningkatkan trafik situs tersebut. Selain itu dari cara bloger melakukan promosi, SEO hingga memanfaatkan sosial media juga merupakan teknik marketing yang biasa dilakukan oleh seorang bloger.

Baca : Panduan Terbaik #1 Digital Marketing untuk Bisnis Online

Nah jika ilmu marketing sudah dikuasai, maka hal tersebut berguna bagi kamu yang juga memiliki pekerjaan lain seperti berjualan produk dan notabene juga membutuhkan ilmu marketing dan pemasaran yang baik. Kamu juga bisa membuat blog toko online sebagai salah satu cara untuk memasarkan produk yang dijual. Wah keren ya, selain ilmu, uang juga bisa didapatkan dari hasil berjualan.

5. Tidak Pernah Ketinggalan Berita

Tak hanya wartawan atau reporter saja yang selalu mengupdate perkembangan berita terbaru di tanah air. Para bloger pun juga melakukan hal yang sama. Hal tersebut biasannya dilakukan untuk mencari tau berita terbaru untuk menjadi bahan posting di blognya. Hal ini semakin membuktikan jika seorang bloger adalah seseorang yang selalu mengikuti perkembangan jaman dan tidak pernah ketinggalan berita yang up to date (terbaru).

Baca : Daftar 30 Blogger Sukses Dengan Penghasilan Terbesar

6. Tidak Gagap Teknologi

Kita hidup di era kemajuan teknologi dan era digital yang maju. Menjadi suatu keharusan seseorang, khususnya para bloger untuk mengetahui perkembangan dan menguasai teknologi terbaru. Dengan seringnya membuat konten mengenai teknologi, semisal laptop, smartphone, komputer, iPhone atau lainnya membuat kamu tidak gagap teknologi alias gaptek.

Selain itu kamu juga terbiasa menggunakan fasilitas yang ada di internet seperti media sosial, Dropbox, SlideShare,dan lain-lain. Kemampuan menggunakan teknologi merupakan sesuatu yang sangat membanggakan. Terlebih lagi tidak semua menguasai akan hal ini.

7. Mempunyai Kemampuan Riset yang Baik

Seorang bloger tidak hanya dituntut untuk menguasai teknik menulis artikel saja. Tetapi materi di dalam isi konten tersebut juga perlu dikuasai. Untuk bisa menguasai, kamu pernah melakukan riset yang mendalam agar tulisan yang kamu buat menjadi lebih tertarget dan yang pasti menjadi lebih berbobot. Riset ini bisa meliputi riset konten dan juga riset keyword yang bisa dilakukan menggunakan tools seperti ahrefs, ubbersugest, atau google keyword planner.

8. Bisa Menghasilkan Uang dari Blog

Apakah bisa menghasilkan uang dari blog? Tentu sangat bisa. Ada banyak cara dan jalan yang bisa kamu tempuh untuk mendapatkannya. Bisa dengan memasang iklan banner mandiri atau iklan CPC seperti Google AdSense, content placement, atau berjualan produk atau jasa pada blog yang kita kelola. Dan yang harus kamu tahu, mendapatkan uang dari blog tidak bisa didapatkan secara instan melainkan memerlukan perjuangan dan kerja keras. Banyak memang blogger pemula datang untuk menjadi blogger karena tujuan utama mereka adalah uang, tapi hal itu akan mudah sekali membuat blogger baru tidak melanjutkan mimpi mereka menjadi blogger karena menghasilkan uang melalui blog tidaklah mudah dan cepat.

9. Melatih Kedisiplinan

Bloger harus rutin mengupdate postingan pada blognya supaya tetap hidup dan tidak kehilangan banyak pengunjung. Salah satu Cara terbaik agar blog kamu tetap ramai dikunjungi adalah dengan disiplin membuat postingan, paling tidak 1 artikel per harinya. Dengan kedisplinan membuat konten itu juga, membuat seorang bloger lebih berpeluang untuk meraih kesuksesan dan mendapatkan kunjungan yang semakin meningkat setiap harinya, karena blog yang sukses kuncinya adalah pada pengunjung yang banyak.

10. Bisa Memiliki Banyak Fans

Tahukah kamu tentang Raditya Dika? Tahukah kamu jika dahulunya Raditya adalah seorang bloger. Berkat tulisan tangannya membuat dirinya terkenal dan semakin memiliki banyak fans. Saat ini dia tidak hanya merambah dunia tulis menulis saja, melainkan juga dunia lawak seprti stand up comedy dan juga membuat film dan video pendek di YouTube. Wah luar biasa bukan.

Melihat berbagai keuntungan yang menarik tersebut, masihkah kamu ragu untuk menjadi seorang bloger? Jika Anda tertarik untuk menggeluti dunia blogging, Anda sebenarnya tidak membutuhkan modal yang besar. Anda bisa memulai dengan membeli beberapa hal untuk memulai aktivitas blogging Anda seperti Hosting & Domain (Berbayar) dan Platform web WordPress (Gratis).

Baca : Panduan Terbaik #1 Cara Membangun Merek yang Kuat

Dan itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika ingin menjadi blogger, hal yang paling penting ketika Anda menjadi blogger adalah sabar, selalu belajar dan disiplin.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Bagaimana Peran Internet Dalam Mengubah Bisnis

Dunia teknologi informasi dan internet yang juga termasuk di dalamnya kini berkembang begitu pesat....

5 Tema WordPress Desain Premium & Fotografi untuk Bisnis Anda

Saat ini fotografi adalah seni. Fotografi menangkap momen paling penting dan paling penting dalam...

Close