How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Mengganti Font di WordPress Dengan Google Fonts Typography

Cara Mengganti Font di WordPress Dengan Google Fonts Typography – Dalam dunia desain web, Typography berperan sangat penting dan menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan untuk mempercantik tampilan web. Pemilihan font yang tepat akan menjadikan situs web Anda benar-benar tampak berbeda dan meningkatkan desain web Anda.

Font selain berguna agar memudahkan keterbacaan konten bagi pengunjung Anda, font yang bagus dan tepat dapat menjadikan desain web Anda tampak lebih menarik. Bahkan ketika Anda mengusung desain minimalis pada website Anda, font bisa menjadi bagian utama yang harus Anda pilih agar website Anda terlihat benar-benar hidup, jelas dan mudah dibaca.

Namun, dalam dunia website ada banyak pilihan font bahkan sampai ribuan font bisa Anda pilih. Google sendiri menyediakan font gratis untuk digunakan pada berbagai macam website dan ada sekitar 991 fonts siap untuk digunakan. Dengan ada banyaknya pilihan font tersebut akan menyulitkan Anda dalam memilih ketika Anda memasang font secara manual di situs web Anda.

Untungnya, bagi pengguna WordPress sangat dimanjakan karena adanya plugin yang bernama Google Fonts Typography. Dengan plugin ini Anda tidak perlu menginstall Font Google secara manual, Anda bisa memilih berbagai macam font Google dengan sangat mudah.

Google Fonts Typography

Mari kita simak lebih lanjut tentang plugin populer ini dan bagaimana ini dapat memudahkan Anda dalam pemilihan font hanya semudah klik.

Apa itu Google Fonts Typography?

Google Fonts Typography adalah plugin yang memudahkan Anda dalam mengganti dan menggunakan fonts di situs web WordPress Anda. Plugin ini sudah digunakan lebih dari 100 ribu pengguna aktif dan plugin terhubung langsung dengan Google Fonts Library yang berisikan 991 font unik dan gratis untuk digunakan.

Google Font WordPress

Dengan plugin ini, Anda tidak perlu menginstall font Google secara manual dengan menyisipkan kode ke tema WordPress Anda, ini sangat mudah dan ganti font semudah klik, yang tentu saja memudahkan pengguna pemula sekalipun. Selain itu, Anda tidak terbatas dengan penggunaan satu jenis font untuk seluruh konten Anda, tapi Anda dapat dengan mudah memilih beberapa font sekaligus, dimana Anda bisa menggunakan satu font untuk judul, satu font untuk sub judul dan yang lainnya untuk konten Anda.

Google berisikan ratusan font yang tentu menyulitkan Anda ketika harus memilih secara manual. Dengan adanya plugin Google fonts Typography ini, Anda dapat dengan mudah melihat font mana yang akan terlihat bagus di situs web Anda. Anda dapat memilih daftar font hanya dengan memilih daftar di menu dropdown, dan ketika Anda sudah memilih salah satu font maka konten Anda secara otomatis akan berubah karena adanya fitur live preview. Jadi, Anda dapat dengan mudah menguji setiap font dan melihat perubahan secara langsung tentang bagaimana tampilannya dengan konten Anda secara instan.

Cara Menggunakan Google Fonts Typography

Untuk cara mengganti font di WordPress menggunakan plugin Google Fonts Typography sangatlah mudah. Anda hanya perlu menginstall plugin dan mengaktifkannya.

Setelah itu masuk pada menu AppearanceCustomizeGoogle FontsBasic Settings.

Anda akan melihat berbagai macam konfigurasi di kolom sebelah kiri seperti menu dropdown yang berisikan berbagai macam jenis font, ukuran, dan warna.

Untuk kolom sebelah kanan adalah halaman website Anda untuk melihat perubahan font diterapkan secara real time.

Google Fonts Typography 2

Setelah Anda menemukan kombinasi yang Anda sukai, Anda dapat menekan tombol “Publish” dan sekarang konten blog atau website Anda akan menerapkan font baru dan terlihat oleh pengunjung Anda.

Baca : Cara Menggunakan Google Font di Theme WordPress

Harga Google Fonts Typography

Plugin Google Fonts Typography ini bisa Anda download disini → Google Fonts Typography dan gunakan secara gratis. Namun, jika Anda menginginkan fitur dan fungsionalitas lebih, Anda bisa membeli plugin versi premium dengan harga yang lumayan terjangkau. Plugin ini memiliki tiga rencana harga seperti berikut :

Mengganti Google Font WordPress Typography 4

  • Personal $49 : 1 Website , Priority Support, One-Click Updates, All Premium Features
  • Purchase Team $99 : 3 Websites, Priority Support, One-Click Updates, All Premium Features
  • Purchase Business $199 : 10 Websites, Priority Support, One-Click Updates, All Premium Features

Itulah daftar harga yang ditawarkan jika Anda menginginkan versi premium dari plugin ini, dan Anda juga tidak perlu khawatir ketika membeli plugin dan merasa kurang cocok dengan apa yang diberikan plugin, Anda tetap bisa membatalkan pembelian plugin dan ada garansi uang kembali 100% tanpa risiko dalam 14 hari setelah pembelian.

Fitur Unggulan dari Google Fonts Typography

Plugin ini memang sederhana yang berfungsi memudahkan Anda dalam mengganti font dalam konten Anda tanpa koding, tapi efek yang ditimbulkan dari penggunaan plugin ini sangat besar yaitu mudahnya penerapan font yang tepat yang akan mempengaruhi desain dan keterbacaan pada situs web WordPress Anda, berikut beberapa fitur unggulan dari Google fonts typography :

Google Fonts Typography 3

Live Preview

Anda dapat dengan mudah mengganti font sesuai keinginan Anda semudah klik dan melihat berbagai macam contoh font secara real time diterapkan pada situs WordPress Anda. Setelah Anda puas dengan pilihan Anda, publikasikan ke situs dan langsung akan mengganti seluruh font konten Anda.

991+ Fonts Google

Plugin ini terhubung langsung dengan Google Fonts Library yang terdapat sekitar 991 lebih font, dimana akan Ada banyak pilihan untuk semua font untuk semua jenis situs web. Anda dapat mencampur dan mencocokkan font juga. Jadi, Anda tidak terbatas menggunakan satu font tapi beberapa font sekaligus.

Update Sekali Klik

Anda dapat memperbarui plugin ke versi terbaru dengan cepat dan mudah berkat pembaruan satu klik. Ini seperti halnya plugin populer lainnya dan pengembang akan selalu memperbaiki plugin seiring berjalannya waktu.

Dukungan Prioritas

Bagi pengguna plugin gratis, Anda akan selalu dapat meminta bantuan pada forum di plugin WordPress.org. Dan jika Anda adalah pengguna versi premium maka tim ahli dari Google fonts typography akan selalu senang membantu dengan cepat jika terjadi masalah.

Loading Cepat

Fonts dari library Google pada dasarnya sudah sangat cepat ketika dimuat. Tapi plugin ini juga memiliki serangkaian kode yang khusus untuk optimasi kecepatan pemuatan font. Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang kecepatan pada situs web Anda ketika menggunakan plugin ini karena mereka sudah mengoptimalkan cara font ketika dimuat.

Selektor Khusus

Jika Anda memiliki sedikit pengetahuan tentang CSS, itu akan bagus buat Anda karena Anda dapat membuat selector Anda sendiri untuk kontrol maksimum bagaimana font Anda ditampilkan.

Kustom Huruf

Plugin ini memungkinkan Anda untuk mengatur ukuran font prasetel dan sesuaikan dengan tema Anda sesuai keinginan Anda sendiri dan juga terdapat pengaturan untuk menyesuaikan warna font. Selain itu, Anda juga dapat mengatur tingkat keterbacaan konten Anda dengan mengonfigurasi ketinggian garis.

Mendukung Semua Tema

Plugin ini bekerja dengan baik di semua tema WordPress, jadi Anda tidak perlu khawatir dengan tema apa yang sedang Anda gunakan karena ini akan berjalan dengan lancar tanpa masalah baik itu tema gratis yang terdapat di library tema WordPress.org maupun dari pengembang pihak ketiga seperti Themegrill, Genesis, Themeisle, Studiopress dan lainnya.

Mendukung Page Builder

Jika Anda adalah pengguna pembuat halaman instan, Anda tetap bisa dengan baik menggunakan plugin Google fonts typography ini untuk mempercantik setiap element yang Anda gunakan karena ini dibuat berjalan pada page builder terbaik seperti Elementor, Beaver Builder, WPBakery dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Google Fonts Typography adalah plugin yang benar-benar akan memberikan Anda kemudahan dalam mengganti font di konten web WordPress Anda dengan beberapa sentuhan sederhana, Anda tidak memerlukan pengetahuan coding untuk menggunakan Font Google dan ada beberapa fitur konfigurasi penting berkaitan dengan huruf. Dengan plugin ini Anda juga akan memiliki konten yang terlihat menarik, unik dan juga segar di mata pengunjung Anda.

Baca : 25 Font Web Terbaik dari Google Font & @Font-face

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
10 Kelebihan dan Keuntungan Menjadi Seorang Blogger

Bloger kini menjadi fenomena profesi yang cukup diminati oleh banyak orang. Seorang bloger memang...

Cara Merekam Panggilan Telepon di iPhone dan Android

Cara Merekam Panggilan Telepon di iPhone dan Android - Terkadang mungkin Anda perlu merekam...

Close