How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

10 Plugin Page Builder (Pembuat Halaman) WordPress Terbaik

10 Plugin Page Builder (Pembuat Halaman) WordPress Terbaik – Plugin Page Builder WordPress telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir dan telah mengubah tren pengembangan situs web. Page Builder hadir untuk menyederhanakan kustomisasi WordPress, Page Builder situs berguna bagi para pemula maupun para ahli yang ingin membuat tata letak atau layout halaman situs web yang sama sekali baru sesuai keinginan pengguna tanpa menggunakan kode apa pun dan hanya tinggal drag and drop saja.

Ada beberapa plugin Page Builder WordPress gratis dan premium yang masing-masing menawarkan fitur unik. Pada artikel ini, saya akan menulis sekitar 10 plugin Page Builder terbaik untuk WordPress. Tetapi sebelum masuk kebagian daftar Page builder WordPress terbaik, saya ingin memberikan pengantar singkat tentang Page Builder WordPress jika Anda belum pernah mendengar sebelumnya.

Apa itu Page Builder WordPress?

Page Builder WordPress adalah plugin yang memberi Anda fleksibilitas untuk melakukan perubahan pada struktur dan tata letak desain halaman web dengan drag and drop editor.

Alih-alih menulis kode, Anda cukup menarik dan melepas widget yang sudah disediakan oleh plugin page builder sebelumnya di area konten (halaman / posting), menyusun ulang, dan membuat halaman yang indah agar terlihat profesional. Dengan cara ini, Anda dapat membuat halaman situs web Anda terlihat unik dan sama sekali berbeda dari templat default yang disediakan oleh tema.

Page Builder menyediakan editor halaman lanjutan yang terlihat berbeda dari editor posting / halaman default di WordPress. Anda tidak perlu bekerja dengan tampilan ‘text’ dengan komponen HTML atau mode ‘visual’ dengan preview konten yang sebenarnya tetapi editor yang lebih sederhana di mana Anda akan menambahkan widget, blok konten, dan komponen instan yang sudah dibuat sebelumnya.

Fungsinya sama seperti sidebar widget dari tema WordPress. Untuk menambahkan konten yang diperlukan di sidebar, Anda cukup drag dan drop widget dan langsung memberikan tampilan dan ornamen baru ke sidebar. Demikian pula, Page Builder memungkinkan Anda untuk menambahkan semua jenis konten dalam bentuk widget di halaman. Tambahkan sebanyak mungkin widget, atur dengan baris dan kolom, susun ulang dan desain ulang hanya dengan menyeret dan menjatuhkan elemen yang Anda butuhkan.

Anda dapat menggunakan widget WordPress default, widget yang disediakan dalam tema, widget tambahan dari plugin Page Builder Anda atau membuat widget Anda sendiri sesuai kebutuhan Anda.

Baca : Sitejet – Pembangun Website Yang Sempurna Untuk Web Desainer

10 Daftar Page Builder WordPress terbaik 2020

Ada banyak Page Builder di web sehingga pengguna memiliki banyak pilihan. Baik Page Builder gratis dan premium tersedia untuk WordPress, dimana page builder ini ada yang memiliki fungsi dasar dan sederhana sementara beberapa diisi dengan banyak pilihan, modul, dan widget. Dan berikut ini adalah daftar Page Builder terbaik WordPress, paling populer, bernilai tinggi, dan terlaris.

tema wordpress murah

Tema WordPress Pro

Rp.69.000 Tema WordPress Murah Berkualitas, Responsive, Minimalis, SEO Friendly, Cepat & Ringan Beli Template

1. Elementor Page Builder (Gratis + Premium $49 untuk 1 situs)

elementor plugin page builder WordPress terbaik

Elementor adalah Page Builder drag and drop terbaik yang kuat dan paling populer untuk WordPress. Anda dapat membuat situs web high-end, pixel sempurna, dan responsif secara instan menggunakan plugin ini. Plugin ini dilengkapi dengan 28 widget yang sangat berguna dan luar biasa yang berfungsi sebagai elemen penting untuk membuat halaman web yang menakjubkan. Plugin ini juga memungkinkan Anda untuk menggunakan semua widget WordPress standar dan widget khusus yang disertakan dengan tema dan plugin lainnya.

Elementor adalah editor yang benar-benar hidup. Anda cukup menarik dan melepas widget yang Anda inginkan dan membuat desain seperti yang Anda inginkan dalam mode live-preview. Pengeditan dan pratinjau halaman web berjalan secara bersamaan.

Baca : 10 Plugin Terbaik untuk Elementor Page Builder WordPress

Fitur utama Elementor:

  • Kustomisasi total atas tata letak halaman, Anda dapat menyesuaikan halaman web sepenuhnya seperti yang Anda suka: kontrol penuh atas lebar dan tinggi bagian, ukuran kolom, posisi kolom dan konten, pengaturan padding dan margin, celah kolom dll.
  • Perpustakaan Template: Ada 20+ template halaman cantik yang sudah dirancang untuk tampilan profesional. Anda dapat memilih salah satu dari mereka dan membuat halaman Anda dirancang dalam hitungan detik. Selain itu, Anda dapat menyesuaikan dan menyimpan template Anda sendiri dan menggunakannya kembali nanti.

Kelebihan

  • Banyak widget: Dilengkapi dengan 28 widget yang cukup untuk menyesuaikan halaman web. Anda mungkin tidak membutuhkan lebih banyak widget dari yang disediakan.
  • Pengaturan khusus untuk tablet dan ponsel: Plugin Elementor memungkinkan Anda untuk membuat penyesuaian spesifik dan perubahan desain yang hanya memengaruhi versi spesifik tersebut.
  • Versi premium tersedia: Versi premium dari plugin ini dilengkapi dengan widget tambahan dan kemampuan canggih. Anda mungkin memerlukan perubahan desain yang lebih canggih seiring dengan pertumbuhan situs web Anda, sehingga opsi untuk meningkatkannya mungkin merupakan keuntungan.

Kekurangan

  • Banyak pilihan: Jika Anda seorang pemula WordPress, ini mungkin cukup membingungkan bagi Anda.
  • Tidak berfungsi dengan versi WordPress dan PHP yang lebih lama: Plugin Elementor hanya berfungsi di situs web Anda jika versi WordPress setidaknya 4.4 dan PHP versi 5.4. Baca → Cara Meng-Upgrade PHP ke Versi Terbaru Lengkap.

2. WPBakery Page Builder for WordPress (Premium $64)

wpb special page builder

WPBakery Page Builder for WordPress (sebelumnya bernama Visual Composer) adalah plugin pembuat halaman terlaris di CodeCanyon. Ini sudah digunakan di lebih dari 2 juta situs web diseluruh dunia. Plugin ini menyediakan pengalaman mengedit konten front-end dan backend. Di atas segalanya, ini bukan hanya alat pengeditan backend tetapi juga editor front-end WordPress yang kaya fitur. Yang memiliki pengeditan front-end luar biasa.

Plugin ini hadir dengan 50+ elemen konten standar yang dapat Anda seret dan jatuhkan di mana saja di halaman situs web Anda. Selain itu, ada 100+ tata letak yang telah disediakan yang dapat Anda gunakan untuk membangun halaman Anda secara instan. Plugin ini menawarkan kemungkinan pembuatan halaman optimal.

Baca : Buat Website Super Keren dan Mudah Dengan WP Page Builder

Fitur utama dari WPBakery

  • Pengeditan konten front-end dan back-end: Anda dapat melakukan pengeditan front-end dan backend dengan plugin ini.
  • Blok konten ekstensif, tata letak, dan add-on: Ada beberapa elemen konten, tata letak, dan juga opsi untuk menggunakan lebih dari 150 add-ons pihak ketiga eksklusif.

Kelebihan

  • Kompatibel dengan WooCommerce: Plugin ini memiliki integrasi yang sangat baik dengan plugin WooCommerce. Membuat halaman eCommerce menjadi sangat mudah.
  • SEO Friendly: Plugin ini memiliki dukungan dan kompatibilitas yang baik dengan plugin Yoast SEO.

Kekurangan

  • Tidak ramah untuk Pemula: Anda tidak memerlukan pengetahuan pengkodean untuk menggunakan plugin ini, tetapi itu mungkin membuat kewalahan bagi pemula. Ini memiliki banyak modul yang mungkin belum pernah Anda gunakan.
  • Berbasis kode pendek: Jika Anda menghapus plugin, Anda akan kehilangan seluruh konten atau konten akan berhenti berfungsi.

3. Page Builder by SiteOrigin (GRATIS)

SiteOrigins Page builder editor

Page Builder by SiteOrigin adalah plugin Page Builder gratis terbaik dan paling populer untuk WordPress dengan lebih dari satu juta install aktif. Ini menyediakan antarmuka pembuatan konten sederhana untuk membuat tata letak halaman responsif menggunakan widget. Ini berfungsi sempurna dengan widget WordPress standar bersama dengan widget lain yang disediakan dalam tema dan plugin tertentu yang dapat Anda gunakan. Plugin ini berfungsi baik dengan sebagian besar tema dan plugin WordPress yang merupakan kabar baik bagi Anda jika Anda ingin beberapa perubahan desain dalam tata letak halaman atau posting di tema yang sudah ada sebelumnya.

Seperti yang ditunjukkan pada tangkapan layar di atas, Anda dapat menarik dan melepas widget yang tersedia di area konten, reorder, mengatur ulang dengan mudah. Selanjutnya, Anda dapat menyesuaikan gaya widget dalam tiga kategori: atribut, tata letak, dan desain. Anda dapat dengan mudah mengubah atribut widget seperti padding, warna latar belakang, dan jarak kolom.

Fitur utama Page Builder oleh SiteOrigin

  • Convenient Row Builder: Tambahkan baris sebanyak yang Anda inginkan, pisahkan baris ke dalam jumlah kolom yang tepat dan berikan bobot yang tepat untuk setiap kolom.
  • Pengeditan Langsung dan history browser: Edit widget dan konten Anda secara langsung dengan pratinjau langsung. Tool history memungkinkan Anda untuk terus melanjutkan atau mengulang melalui perubahan Anda.

Kelebihan

  • Plugin gratis: Ini adalah plugin gratis. Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun.
  • Antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan: Buat halaman web yang unik dan menakjubkan tanpa menulis satu baris kode pun.
  • Kompatibilitas dengan widget apa pun: Dilengkapi dengan beberapa widgetnya sendiri. Selain itu, ini memungkinkan Anda untuk menggunakan salah satu widget WordPress standar setiap widget khusus. Anda juga dapat menggunakan Bundel Widgets SiteOrigin yang merupakan kumpulan dari 20 widget yang berguna.

Kekurangan

  • Widget terbatas: Ini memiliki widget terbatas dibandingkan dengan Page Builder lainnya. Anda perlu menginstal plugin tambahan untuk mendapatkan widget yang lebih banyak.
  • Pengeditan langsung dasar: Page Builder SiteOrigin memiliki editor langsung yang sangat mendasar yang tidak canggih seperti pembuat laman Premium lainnya.

4. The Divi Builder (Premium $89)

Divi page builder WordPress terbaik

Divi Builder adalah plugin Page Builder terbaik yang mengagumkan dan dibuat oleh pengembang WordPress ternama Elegant Themes. Ini adalah kekuatan di balik tema Divi populer yang sekarang tersedia untuk tema lain. Plugin ini menyediakan antarmuka drag and drop yang sangat intuitif. Anda dapat membuat hampir semua hal secara visual tanpa menyentuh kode apa pun. Ada 40+ blok / modul konten yang dirancang dengan indah yang dapat Anda seret dan lepas, campur dan cocokkan dan buat halaman web yang menakjubkan.

Selain itu, ia memiliki 20+ layout pre-made yang mengagumkan. Anda dapat memilih tata letak yang cocok dan mulai membangun halaman Anda.

Fitur utama Divi Builder

  • Kemungkinan tata letak tanpa ujung: Buat semua jenis desain dengan 3 tipe bagian, tipe 20-baris, dan lebih dari 40 modul konten.
  • Tambahkan Custom CSS: Jika Anda pandai menulis kode CSS yang indah, jadikan tangan Anda kotor. Ini memiliki opsi untuk CSS khusus.

Kelebihan

  • Page Builder utama yang ramah bagi pengembang: Plugin ini memiliki banyak opsi yang memungkinkan Anda membangun apa pun, desain apa pun yang dapat Anda bayangkan. Ini ramah-pengembang dan cocok untuk situs web profesional.

Kekurangan

  • Bukan untuk pemula: Pertama, Anda tidak bisa membeli plugin ini SAJA. Anda harus membeli setidaknya paket Akses Tahunan yang dilengkapi dengan akses ke semua tema dan plugin. Ini cukup mahal karena biaya minimum adalah $89 untuk Akses Tahunan.

5. Beaver Builder (Gratis + Premium $99 untuk paket standar)

Beaver Builder plugin WordPress

Beaver Builder adalah pembangun konten halaman visual terbaik dan canggih untuk WordPress. Ini memungkinkan Anda untuk menyusun dan mendesain halaman yang indah, posting situs web Anda dengan dukungan drag and drop penuh. Dengan plugin Beaver Builder, Anda dapat mengedit front-end dengan preview real time, tambahkan baris, susun ulang dan ubah ukuran kolom sesuka Anda. Anda dapat menemukan versi plugin GRATIS dan berbayar.

Plugin ini memungkinkan Anda untuk menambahkan audio, HTML, Foto, Editor teks dan video sebagai modul dasar dan bilah sisi sebagai modul lanjutan. Plugin Beaver Builder bekerja dengan baik dengan tema dan plugin khusus. Anda dapat menggunakan widget WordPress dan widget khusus lainnya untuk membuat halaman yang indah.

Fitur utama dari Beaver Builder

  • Modul konten: Tambahkan semua jenis konten yang Anda sukai dari modul konten yang tersedia; HTML, Foto, Editor teks, Audio, Vide & Sidebar.
  • Mobile Friendly / Responsive: Halaman yang dibangun dengan plugin Beaver Builder akan 100% responsif (Pastikan tema sepenuhnya responsif).
  • Reusable Templates: Ini memiliki beberapa template halaman yang indah yang dapat Anda gunakan. Selain itu, Anda dapat menyimpan template yang Anda desain dan menggunakannya kembali sesudahnya.

Kelebihan

  • Dukungan WooCommerce: Beaver Builder memiliki integrasi lebih dalam dengan plugin WooCommerce. Merancang halaman eCommerce sangat mudah dengan plugin ini.
  • Ramah pengembang: Pengembang dapat dengan mudah memperluas dan menyesuaikan plugin melalui widget atau menggunakan boilerplate modul kustom yang kuat.

Kekurangan

  • Modul terbatas dalam versi GRATIS: Plugin Beaver Builder memiliki jumlah modul terbatas dalam versi gratis. Anda perlu meningkatkan ke versi premium untuk modul canggih lainnya.
  • Mahal: Paket Beaver Builder termurah tersedia dengan harga $99.

6. Live Composer Page Builder (GRATIS)

Live Composer Page builder terbaik

Live Composer adalah plugin Page Builder WordPress premium yang kaya fitur. Ini adalah editor ujung depan WordPress yang memungkinkan Anda mengedit situs Anda dengan mudah. Plugin ini sepenuhnya GRATIS namun menyediakan banyak fitur canggih yang memungkinkan Anda untuk membuat halaman web yang menakjubkan dalam waktu singkat. Ada lebih dari 30 modul konten yang mengagumkan dengan dukungan drag and drop lengkap. Plugin ini memungkinkan Anda membuat halaman dan postingan di WordPress yang menakjubkan secara real time dengan preview langsung.

Plugin ini menawarkan opsi penyesuaian lanjutan untuk setiap baris, setiap kolom, widget atau modul. Semua opsi menjadi mudah bagi pengguna tanpa pengetahuan coding sementara disediakan juga kotak CSS khusus untuk para desainer dan pengembang.

Fitur utama Live Composer

  • Pengeditan front-end langsung: Seperti namanya, itu memberikan editor konten front-end yang menakjubkan. Anda akan melihat desain yang Anda buat secara bersamaan.
  • Import, export bagian dan tata letak: Anda dapat mengekspor bagian (section) atau halaman, dan mengimpornya di halaman lain. Itu membuat tugas Anda jauh lebih cepat.

Kelebihan

  • Plugin GRATIS: Anda mendapatkan plugin canggih ini GRATIS. Semua modul luar biasa dan opsi penataan ada di plugin Live Composer yang mengingatkan Anda tentang plugin premium.

Kekurangan

  • Mengganggu untuk pemula: Plugin ini tampaknya cukup sulit dan mengganggu bagi pemula. Menambahkan baris itu mudah tetapi memisahkan ke dalam kolom mungkin membutuhkan waktu. Di bagian bawah, ada bilah notifikasi yang menampilkan update Live Composer seperti iklan yang sedikit mengganggu perhatian Anda.

7. Themify Builder (Gratis + Premium $39)

themify builder features

Themify Builder adalah Page Builder terbaik dan kuat lainnya untuk WordPress. Anda dapat dengan mudah membangun tata letak situs web responsif menggunakan kerangka drag and drop yang intuitif. Plugin ini tersedia secara GRATIS dan juga dalam versi berbayar. Ada beberapa lebih dari 20 modul berguna dalam plugin versi gratis. Anda dapat menarik dan melepas modul dengan mudah baik di antarmuka backend dan mode front-end.

Selain itu, plugin ini memungkinkan Anda untuk mengimpor dan mengekspor modul / tata letak, copy dan paste atau menduplikasi modul yang ada di mana pun diperlukan.

Baca : Themify Ultra Theme – Tema WordPress Keren Untuk Berbagai Macam Jenis Website

Fitur utama Themify Builder

  • Baris dan kolom yang mudah dan responsif: Membuat grid dengan mudah dengan baris dan kolom yang responsif. Ubah ukuran dan susun ulang kolom yang Anda inginkan.
  • Styling Kustom: Anda dapat menyesuaikan berbagai opsi styling termasuk font Google, warna background, padding, margin, border dll.

Kelebihan

  • Pengeditan langsung ramah-pemula: Plugin Themify Builder memiliki antarmuka yang sederhana dan bersih. Pemula tanpa pengalaman pengkodean juga dapat menikmati pengalaman pengeditan langsung yang sederhana.

Kekurangan

  • Opsi terbatas dalam versi GRATIS: Ini tersedia secara GRATIS tetapi memiliki fitur dan modul terbatas dalam versi gratis.

8. MotoPress (Gratis + Premium $29)

WordPress Page Builder by MotoPress Terbaik

MotoPress Content Editor adalah satu lagi plugin page builder terbaik WordPress sederhana untuk membangun halaman web yang indah. Anda dapat menggunakan plugin dengan tema apa pun yang ingin Anda gunakan. Ini adalah editor front end WordPress yang memberi Anda antarmuka yang mudah dengan lebih dari 30 modul konten bawaan. Siapa pun yang tidak memiliki keterampilan pengkodean dapat menggunakan page builder ini untuk mendesain halaman web unik.

Susunan modul konten lebih baik dengan plugin ini. Seperti yang ditunjukkan pada screenshot di atas, Anda akan menemukan semua modul terkait teks yang tersedia di dalam kotak teks ‘T’, modul terkait gambar di dalam kotak gambar dan sebagainya.

Baca : Buat Halaman di WordPress Lebih Keren dengan MotoPress Page Builder

Fitur utama dari MotoPress

  • Layout siap mobile responsif: Anda dapat membuat layout web responsif seluler menggunakan plugin ini.
  • 30+ modul konten built-in: Gunakan 30+ modul konten built-in dan rancang halaman web Anda.

Kelebihan

  • Bekerja dengan halaman dan posting Anda yang ada: Anda dapat mengaktifkan editor visual pada halaman dan posting yang ada dan mendesain ulang. Sebagian besar Page Builder lainnya tidak mendukung pengeditan di halaman yang ada.

Kekurangan

  • Kustomisasi dan gaya modul terbatas: Ada beberapa pengaturan dan opsi gaya untuk modul namun mereka tidak sefleksibel pada Page Builder lainnya.

9. Cornerstone (Premium $39)

Cornerstone page builder

Cornerstone adalah plugin Page Builder WordPress premium terbaik yang tersedia di marketplace plugin CodeCanyon. Ini adalah salah satu plugin paling populer di sana. Ini adalah Page Builder 100% front-end yang berfungsi baik dengan halaman dan posting WordPress. Pendekatan ini membuat tugas Anda jauh lebih cepat, mengurangi waktu yang Anda ambil saat menyimpan perubahan dan preview di tab / jendela lain. Ini memiliki lebih dari 40 elemen yang dapat di drag and drop di mana saja di halaman Anda.

Fitur utama dari Cornerstone

  • Halaman Cornerstone dan blokir template: Pengaya menghasilkan beberapa template halaman pracetak yang memungkinkan Anda membuat halaman yang luar biasa dengan sangat cepat.
  • Antarmuka seperti aplikasi yang luar biasa: Ini memiliki antarmuka yang bebas dari kerumitan dan intuitif sehingga pengguna akan terinspirasi.

Kelebihan

  • Kemudahan penggunaan: Plugin Cornerstone relatif lebih mudah dengan antarmuka yang sederhana dan bersih.
  • Pengeditan CSS Langsung: Jika Anda seorang perancang web profesional dengan keterampilan CSS yang baik, plugin ini sangat bagus untuk Anda. Anda dapat menambahkan gaya CSS dengan preview langsung.

Kekurangan

  • Kurang kustomisasi elemen: Dibandingkan dengan Page Builder premium lainnya seperti Divi Builder, ia memiliki lebih sedikit opsi penyesuaian elemen.
  • Shortcode: Seperti kebanyakan Page Builder, ini berbasis kode pendek. Saat Anda menghapus plugin, konten halaman akan berhenti berfungsi.

10. Page Builder Sandwich (Gratis + Premium $39)

Page Builder Sandwich Front End Page Builder

Page Builder Sandwich adalah editor front-end WordPress terbaik dan menakjubkan. Plugin ini tersedia dalam versi GRATIS dan berbayar. Ada 10+ blok konten yang bisa Anda tambahkan dalam kolom. Selain itu, plugin ini mendukung semua widget WordPress standar dan widget khusus lainnya. Ada banyak modul dalam versi berbayar.

Fitur utama dari Page Builder Sandwich

  • Pemetaan kode pendek global: Kode pendek dari plugin WordPress populer seperti WooCommerce, NextGEN Gallery, JetPack dipetakan memungkinkan Anda untuk menambah dan mengedit dengan mudah di halaman Anda.
  • Live editor terbaik: Ini memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah untuk mengedit bagian frontend. Anda dapat dengan mudah drag dan drop elemen dan menambahkan konten khusus Anda dan sekaligus melihat preview desain.

Kelebihan

  • Tidak diperlukan pengkodean: Plugin ini sepenuhnya hanya menggunakan drag and drop editor konten yang memungkinkan untuk membuat halaman yang indah tanpa menulis kode apa pun.

Kekurangan

  • Modul terbatas dalam plugin gratis: Plugin juga tersedia dalam versi GRATIS tetapi memiliki elemen konten yang terbatas. Ia meminta Anda untuk meningkatkan ke versi premium untuk membuka kunci fitur lainnya.

Kesimpulan

Menggunakan Page Builder saat ini telah menjadi tren bagi sebagian besar pengguna termasuk pengembang dan pengguna tema WordPress. Sebagian besar tema baru hari ini datang dengan integrasi Page Builder built-in dan sejumlah widget untuk bekerja dengannya. Dan dengan tema apapun, jika Anda ingin merestrukturisasi dan mendesain ulang halaman, plugin Page Builder ini mungkin berguna bagi Anda. Anda dapat menginstal salah satu plugin di atas tergantung pada kebutuhan Anda dan membangun situs web yang tampak hebat secara instan dengan tampilan tiap halaman berbeda-beda sesuai keinginan Anda.

Baca : Brizy Page Builder – Mudah Membuat Halaman Menarik di WordPress

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
5 Jenis Pekerjaan Menjanjikan Selain Jadi Karyawan

5 Jenis Pekerjaan Menjanjikan Selain Jadi Karyawan - Mayoritas masyarakat Indonesia hanya tahu pekerjaan...

5 Aplikasi Belanja Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

5 Aplikasi Belanja Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia - Di era modern seperti...

Close