How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Menonaktifkan Widget Block ke Widget Lama di WordPress

Cara Menonaktifkan Widget Block ke Widget Lama di WordPress – Rilis WordPress baru yaitu mulai dari versi 5.8 telah menghapus editor widget klasik dan di ganti dengan yang lebih modern yaitu editor block widget bawaan Gutenberg untuk mengontrol area widget situs web Anda.

Bagi pengguna WordPress kebanyakan mungkin masih mencintai model klasik karena lebih nyaman dan mudah digunakan atau karena memang tidak terbiasa dengan widget block. Dengan alasan tersebut saya pribadi juga masih cenderung suka menggunakan yang widget klasik.

Pada artikel ini, saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda dapat menonaktifkan widget block di WordPress dan mengganti ke widget klasik.

Mengapa Mengembalikan Widget Klasik di WordPress?

Editor block widget menawarkan banyak fungsi yang sama dengan editor widget klasik yang sebelumnya. Dan, widget terbaru ini memberi Anda lebih banyak kontrol atas tampilan widget Anda.

Namun, jika Anda telah menggunakan WordPress dalam waktu yang lebih lama, Anda mungkin lebih nyaman menggunakan editor widget klasik di situs web WordPress Anda.

Atau, Anda menikmati kesederhanaan editor widget klasik dan ingin menonaktifkan widget block, dan seperti beberapa pengguna lebih suka menonaktifkan editor block.

Karena itu, mari kita lihat cara mengembalikan editor widget klasik di WordPress bagi pengguna yang kurang nyaman dengan widget yang baru. Di artikel ini saya akan memberikan dua metode dan silahkan pilih salah satu yang menurut Anda lebih mudah di terapkan.

Baca : Cara Menonaktifkan Fitur Pingbacks di WordPress

Metode 1. Mengembalikan Widget Klasik dengan Menambahkan Kode ke WordPress (Disarankan)

Salah satu cara untuk menonaktifkan block widget adalah dengan menambahkan kode ke WordPress. Jika Anda belum pernah melakukan cara semacam ini sebelumnya, lihat panduan pemula tentang cara menyalin dan menempelkan kode di WordPress.

Metode pertama ini mengharuskan Anda untuk menambahkan potongan kode berikut ke file functions.php Anda atau dengan menggunakan plugin code snippet.

function example_theme_support() {
    remove_theme_support( 'widgets-block-editor' );
}
add_action( 'after_setup_theme', 'example_theme_support' );

Potongan kode ini akan menonaktifkan editor block Gutenberg di area widget Anda dan mengembalikan Widget ke versi klasik. Namun, itu membuat editor block tetap masih ada di halaman dan posting Anda.

Menggunakan cara diatas sebenarnya mudah bagi yang sedikit paham dengan kode WordPress dan memiliki kelebihan yaitu tidak perlu menginstal plugin, tapi bagi pengguna pemula tentu akan merasa kesulitan untuk menambahkan kode ini ke file functions.php, Anda bisa menggunakan plugin WPCode.

wpcode website

WPCode ini memungkinkan Anda untuk menambahkan cuplikan kode khusus di WordPress tanpa harus mengedit file functions.php tema Anda.

Muncul dengan validasi smart code snippet yang membantu Anda mencegah kesalahan kode umum. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir merusak situs web Anda saat menambahkan cuplikan kode.

Selain itu, WPCode juga memiliki pustaka bawaan dari semua cuplikan kode WordPress paling populer termasuk cuplikan untuk menonaktifkan block widget.

Untuk memulai, Anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin WPCode.  Setelah plugin diaktifkan, buka Code Snippet » Library dari dasbor admin WordPress Anda.

Kemudian, cari cuplikan ‘Disable Widget Block’ dan klik tombol ‘Use Snippet’.

menonaktifkan widget block snippet wpcode

Plugin akan secara otomatis menambahkan kode, memasukkan judul kode, memilih metode penyisipan yang benar, dan bahkan menambahkan tag untuk membantu Anda mengaturnya.

wpcode disable widget blocks snippet

Yang perlu Anda lakukan hanyalah beralih dari ‘Inactive ke Active.’

Kemudian, klik tombol ‘Update‘.

update snippet

Sekarang, ketika Anda membuka Widget »Add New, Anda dapat menambahkan widget menggunakan editor klasik.

classic widget area

Metode 2. Mengembalikkan Widget Klasik dengan Menggunakan Plugin WordPress

Cara mudah lainnya untuk memulihkan editor widget klasik adalah dengan menggunakan plugin Classic Widget. Plugin ini dikembangkan dan dikelola oleh tim inti WordPress.

Kelemahan dari metode ini adalah menginstal plugin fitur satu kali seperti ini dapat mengacaukan admin WordPress Anda. Itu sebabnya kami merekomendasikan menggunakan WPCode karena dapat menggantikan plugin fitur satu kali dan menyederhanakan pengelolaan situs web Anda.

Untuk memulai dengan metode ini, Anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin Classic Widget. Setelah aktivasi, blog WordPress Anda akan kembali ke editor widget klasik. Tidak ada pengaturan untuk Anda konfigurasikan.

Sekarang, Anda dapat menavigasi ke Widget » Add New di panel admin WordPress Anda untuk masuk ke dasbor widget.

menonaktifkan widget block

Untuk menambahkan widget baru, cukup seret widget ke area widget yang tersedia.

Kemudian, Anda dapat menyesuaikan pengaturan widget. Pastikan Anda mengklik tombol ‘Save‘ untuk menyimpan widget Anda.

menonaktifkan widget block

Jika Anda ingin menggunakan block widget kapan saja di masa mendatang, cukup nonaktifkan plugin.

Anda juga dapat menonaktifkan Gutenberg dan menyimpan editor klasik di halaman dan posting juga. Untuk detail lebih lanjut, lihat panduan berikut tentang cara menonaktifkan editor Gutenberg dan menyimpan editor klasik di WordPress.

Dan itulah panduan cara mengembalikan widget klasik wp, semoga artikel ini membantu Anda mempelajari cara menonaktifkan block widget dan mengembalikan widget klasik di WordPress.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *