Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Menonaktifkan Fitur Pingbacks di WordPress

Interlinking atau menghubungkan artikel satu dengan posting artikel lain dalam blog Anda sendiri memang mempunyai manfaat yang sangat bagus untuk SEO WordPress. Namun dengan pingbacks yang diaktifkan pada situs Anda, interlinking posting bisa menjadi menjengkelkan karena WordPress secara otomatis membuat pingbacks baru untuk posting itu. Pingbacks ini muncul di bagian komentar posting Anda. Sementara banyak pengguna WordPress menganggap fitur seperti ini tidak berguna dan mengganggu. Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan cara untuk menonaktifkan pingbacks di WordPress. Tapi sebelum kita berlanjut ke tutorialnya, mari kita pahami apa itu pingbacks.

Apa itu Pingback?

Pingbacks memberikan software (wordpress) kemampuan untuk berkomunikasi antara website. Yang hampir seperti komentar. sebagai contoh :

Saya menulis posting di blog centerklik.com, Kemudian Anda menulis posting di blog Anda dan menyebutkan sumber / menghubungkan ke artikel saya dengan link aktif. Perangkat lunak blog Anda (WordPress) secara otomatis akan mengirimkan pingback pada situs centerklik.com. Software blogging saya yang juga menggunakan wordpress akan menerima ping. Hal ini kemudian akan secara otomatis masuk ke blog saya dan memberitahu darimana pingback berasal.

Kemudian saya juga bisa menampilkan pingback dari situs lain sebagai komentar pada posting yang mendapatkan tautan link. Dan ini akan hanya terlihat link ke situs yang menautkan link tadi.

Pingbacks juga bekerja dalam situs Anda. Jadi jika salah satu postingan Anda mempunyai link ke postingan orang lain, maka WordPress akan mengirim pingback juga kesitus Anda. Dan ini tentunya benar-benar mengganggu.

Ada beberapa cara Anda dapat menonaktifkan pingback di situs WordPress Anda. Saya akan menunjukkan Anda dengan metode menggunakan Plugin dan juga yang praktis melalui menu settings.

Baca : Cara Menghilangkan/Nonaktifkan Trash di WordPress

1. Menonaktifkan Pingbacks WordPress Menggunakan Plugin

Ada plugin yang bernama plugin Disabler. Silahkan download, install lalu aktifkan plugin disables tersebut, selanjutnya masuk ke halaman Settings » Disabler untuk melakukan konfigurasi plugin.

disable pingbacks wordpress

Pada halama pengaturan Disabler Anda akan melihat plugin ini memiliki beberapa kemampuan untuk menonaktifkan beberapa fitur WordPress. Silahkan scroll ke bagian Back End Settings dan centang kotak di samping untuk menonaktifkan pingbacks dan trackbacks. dan klik tombol save changes. Setelah itu coba lakukan link ke artikel Anda yang lain, dan Anda tidak akan melihat lagi pemberitahuan dan pingbacks pada halaman comments situs Anda. Kelebihan menggunakan plugin Disabler ini, Anda mendapatkan banyak sekali fitur untuk menonaktifkan beberapa fungsi yang tidak begitu penting terdapat di WordPress, berikut beberapa fitur dari Disabler :

Front End Settings

  • Texturization (including Smart/Curly quotes, EM dash, EN dash, and ellipsis)
  • The automatic capitalization of the P in WordPress (WordPress 3.0+ only)
  • The that is automatically inserted paragraph html code

Back End Settings

  • Self Ping
  • Autosaving of posts
  • Post Revisions
  • RSS Feeds
  • XML-RPC

Privacy Settings

  • Outputting WordPress version in your blog headers
  • Sending your blog URL to WordPress when checking for updates on core/theme/plugins

2. Nonaktifkan Pingbacks Melalui Settings

WordPress memungkinkan Anda untuk menonaktifkan pingbacks di situs Anda. Dengan menggunakan opsi ini akan menonaktifkan fitur pingback di situs Anda.

Silahkan masuk ke menu Settings » Discussion. Di bawah Default bagian pengaturan artikel, hapus centang kotak di sebelah “Attempt to notify any blogs linked to from the article” dan “Allow link notifications from other blogs (pingbacks and trackbacks)“. Klik tombol save changes untuk menyimpan perubahan pengaturan Anda.

settings-pingbacks-wordpress

Berikut diatas adalah dua cara menonaktifkan pingbacks di WordPress, jika Anda memang hanya ingin menonaktifkan pingbacks saya saya sarankan untuk menggunakan cara kedua, karena tidak perlu menginstall plugin. Namun jika Anda ingin mendapatkan fitur berlebih, Anda bisa menginstall plugin Disabler, karena plugin tersebut mempunyai banyak fitur lain yang lebih lengkap.

Baca : Cara Nonaktifkan Klik Kanan Pada WordPress

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • agenwisatakarimunjawa

    Pingback ini sendiri ada pengaruh untuk seo nggak mas

  • Dimas Rudy

    Mkasih gan tipsnya… saya pake cara yang kedua

Must Read...!
Theme WordPress Optimizer Responsive Free

Optimizer adalah Theme Wordpress Responsive gratis buatan layerthemes yang mudah untuk disesuaikan untuk situs...

Cara Edit atau Hapus URL Category di WordPress

Wordpress pada struktur URL kategorinya mempunyai ciri khas yaitu dengan URL default /category/. Mungkin...

Close