How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Mengganti dan Memasang Gambar Foto Profil di Gmail

Ketika Anda mengirim email ke sesama pengguna Gmail, gambar kecil dari foto atau logo milik Anda menyertai pesan itu dan bisa dengan jelas dilihat oleh si penerima email. Jika Anda menggunakan email itu untuk bisnis, maka penting bagi Anda untuk menyesuaikan gambar tersebut dengan logo unik milik perusahaan atau brand Anda agar terlihat menjadi profesional, terutama jika Anda mengirim email ke para calon rekan kerja atau partner kerja Anda. Jika Anda belum memiliki email di Gmail silahkan daftar dan mengikuti panduan berikut ⇒ Cara Membuat Email di Gmail dengan Komputer dan HP Smartphone.

Mengganti atau memasang gambar foto di gmail sebenarnya sangatlah mudah dan sederhana, tapi bagi pengguna baru dan tidak begitu menguasai komputer dan website, hal itu menjadi terlihat tidak sesederhana yang mungkin Anda pikirkan bahkan terlihat sangat susah.

Untuk masalah ini, perlu Anda ketahui bahwa Google menyimpan dua foto berbeda dari Anda – satu untuk Google Plus dan satu lagi untuk Gmail.

Gambar foto di Gmail digunakan secara eksklusif untuk email, sementara gambar foto Google Plus digunakan untuk Hangouts dan beberapa layanan Google lainnya. Ini mungkin akan terlihat membingungkan untuk Anda.

Pada artikel ini, saya akan memberikan panduan cara mengubah pada kedua gambar tersebu. Untuk memulai, berikut ini cara mengubah gambar Gmail Anda.

Cara mengubah gambar foto profil Anda di Gmail

Langkah 1 – Masuk ke Gmail di desktop atau laptop Anda. Klik ikon ‘Roda Gigi’ di sudut kanan atas kotak masuk Gmail Anda, lalu klik Pengaturan atau “Settings”.

Setting Gmail

Langkah 2 – Anda akan mulai di tab General dari panel pengaturan. Gulir ke bawah hingga Anda melihat bagian yang disebut “My Picture” dan klik opsi biru ‘Change Picture’ .

Setting Gmail Ganti foto profil

Langkah 3 – Klik Pilih File untuk mengambil gambar foto yang sudah Anda persiapkan di komputer Anda untuk mendapatkan gambar foto profil yang sempurna dengan menekan tombol “browse”.

Setting Gmail Ganti foto profil gambar

Langkah 4 – Temukan foto yang ingin Anda unggah dan klik dua kali. Dari sana, Anda akan diminta untuk memangkas foto atau menyesuiakan foto agar terlihat pas. Setelah Anda puas dengan hasilnya, silahkan klik ‘Apply Changes’. Dan sekarang gambar foto gmail Anda sudah mendapatkan gambar baru. Sekarang scroll halaman pengaturan sampai bawah dan simpan perubahan dengan klik tombol “Save Changes”.

Setting Gmail upload gambar foto profil

Dan selamat, sekarang gambar foto profil Anda di Gmail sudah berubah sesuai dengan gambar pilihan Anda.

Cara mengubah gambar foto profil Anda di Google Plus

Seperti yang sudah saya sebutkan di awal artikel bahwa Google menerapkan dua gambar foto profil untuk Gmail dan beberapa layanan Google lainnya. Jadi, ketika Anda sudah mengganti gambar profil Anda seperti langkah diatas, maka gambar profil Anda tidak berubah di Google Hangouts dan layanan Google lainnya. Ini karena Google menggunakan gambar profil Google Plus Anda untuk layanan ini. Tentu ini sangat membingungkan untuk Hangouts, karena Google Hangouts terintegrasi erat dengan akun Gmail.

Jika Anda memperbarui gambar profil Google Plus Anda, Anda dapat memastikan gambar Anda tetap sama di berbagai layanan Google. Begini caranya.

Langkah 1 – Buka halaman profil Google Plus Anda dan klik “Edit Profile”.

Ganti gambar profil gplus

Langkah 2 – Klik tepat pada gambar profil Anda saat ini.

Ganti gambar profil gplus 2

Langkah 3 – Pilih gambar pada kumpulan gambar yang sudah Anda upload ke akun Google Anda, atau klik Unggah atau drag and drop untuk mengambil gambar file baru dari komputer Anda. Setelah itu, klik Tetapkan sebagai foto profil di pojok kiri bawah. Google akan secara otomatis menerapkan perubahan gambar profil ini untuk berbagai layanannya!

Ganti gambar profil gplus 3

Dan itulah dua cara untuk mengganti atau memasang gambar di Gmail dan layanan Google lainnya. Sekarang Anda sudah memiliki gambar profil yang sesuai keinginan Anda untuk tujuan bisnis profesional atau menerapkan gambar profil yang lebih bagus dari sebelumnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. 🙂

Baca : Cara Mencari atau Menemukan Email Arsip di Gmail

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Berapa Biaya Potongan Administrasi dan Limit Transaksi Payoneer?

Biaya Potongan Administrasi dan Limit Transaksi Payoneer. Payoneer merupakan salah satu dari beberapa layanan...

Panduan Lengkap Cara Daftar dan Membuat Akun Payoneer Terbaru

Cara Daftar atau Membuat Akun Payoneer. Sebelumnya saya sudah membahas Payoneer dalam beberapa artikel....

Close