How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Panduan Dasar untuk Hosting Virtual Private Servers (VPS)

Ketika Anda memutuskan untuk memilih hosting pada saat akan memulai sebuah blog baru maka sangat disarankan untuk menggunakan jenis shared hosting karena jenis hosting shared merupakan paket hosting yang paling terjangkau dibanding dengan jenis hosting lainnya, tapi seiring berjalannya waktu dan blog Anda berkembang dari segi bisnis maupun trafik pengunjung yang meningkat, maka Anda sebaiknya segera melakukan upgrade ke jenis hosting yang lebih baik yaitu hosting Virtual Private Servers (VPS).

VPS murah indonesia hosting24

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan secara lengkap tentang hosting VPS dan memberikan panduan dasar untuk hosting jenis Virtual Private Server (VPS) agar Anda lebih memahami jenis hosting ini dan mengambil keputusan yang tepat sebelum membayar untuk hosting VPS.

Baca : 5 Layanan VPS Hosting Terbaik dan Murah

Apa itu Virtual Private Server (VPS)?

VPS adalah sebuah server virtual pribadi yang biasanya disebut sebagai VPS, hosting jenis ini adalah solusi hosting pilihan kelas menengah di antara shared hosting dan dedicated server. VPS dibuat dengan menggunakan perangkat lunak virtualisasi untuk membagi server fisik menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dalam bentuk virtual, dimana masing-masing server virtual tersebut memiliki sistem operasi sendiri dan penyimpanan khusus, RAM dan sumber daya CPU.

Meskipun dalam satu hardware server, tapi hosting VPS ini terasa berdiri sendiri dan pengguna lain tidak akan mengganggu kinerja dari server hosting Anda.

Apa Perbedaan Hosting VPS dengan Shared dan Dedicated server?

Shared hosting merupakan hosting dengan harga terjangkau karena pada shared hosting Anda menyewa sebagian dari server dan berbagi sumber daya seperti CPU (prosesor), memori dan ruang disk, bandwidth, dll dengan pengguna lain. Namun, shared hosting berfungsi dengan baik untuk sebagian besar situs web yang lebih kecil karena kecepatan, penyimpanan, bandwidth, dan keandalan yang Anda butuhkan juga kecil dan server ini biasanya tetap berfungsi tanpa masalah.

Namun, ketika Anda menggunakan situs web Anda untuk bisnis dengan pengunjung yang lebih besar maka sumber daya yang tersedia menjadi sangat terbatas dan jika Anda tetap memaksakan untuk menggunakan shared hosting, ini juga bisa berakibat pada situs web Anda dan situs web pengguna lain yang berada dalam satu server Anda.

Jika shared hosting dapat disamakan dengan banyak orang yang berbagi di dalam sebuah rumah yang besar, maka hosting VPS setara dengan membagi rumah besar menjadi beberapa flat yang lebih kecil. Setiap VPS adalah lingkungan komputasi terpisah, terisolasi dari yang lain, dengan sumber daya sendiri yang berdedikasi. Menjadi entitas terpisah dengan sistem operasinya sendiri berarti data Anda tidak akan terganggu oleh kerentanan pelanggan lain. Ini juga berarti Anda dapat menjalankan aplikasi khusus apa pun pada hosting VPS Anda.

Melanjutkan dengan analogi rumah, untuk hosting jenis dedicated server adalah setara dengan memiliki seluruh rumah besar tersebut sendirian. Anda memiliki semua ruang disk dan sumber daya komputasi yang Anda inginkan dan mengontrol sistem operasi dan perangkat keras mana yang ingin Anda gunakan, namun, ini membuatnya menjadi pilihan paling mahal dan paling cocok untuk bisnis yang memiliki kebutuhan pemrosesan dan penyimpanan yang jauh lebih besar.

Apa manfaat menggunakan hosting VPS?

Pada dasarnya, VPS hosting memberikan pemilik situs web kesempatan untuk memiliki banyak fitur dari dedicated server tetapi dengan harga yang jauh lebih murah dengan biaya yang hampir mendekati shared hosting. Misalnya, di https://id.hosting24.com/ yang merupakan penyedia VPS murah indonesia, Anda dapat memiliki server VPS dengan harga mulai dari Rp. 119.893 per bulan. Harga tersebut hampir sama dengan harga shared hosting paket bisnis yang mereka tawarkan.

VPS juga memberi Anda pilihan untuk hosting yang dapat Anda kelola secara penuh, dedicated IP, akses administratif penuh, akses server jarak jauh, dan kemampuan untuk menjalankan aplikasi perangkat lunak khusus. Selain itu, Anda memiliki CPU, bandwidth, RAM, dan penyimpanan yang lebih besar untuk Anda gunakan daripada dengan shared hosting.

Siapa dan kapan Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan VPS?

Dengan kemajuan dalam virtualisasi dan komputasi awan, tampaknya semakin mungkin bahwa hosting jenis shared hosting menjadi solusi tingkat rendah pada tahun-tahun sebelumnya. Tapi untuk perusahaan baru yang memulai situs web mereka hari ini untuk menjalankan bisnis secara online, maka langsung menjatuhkan pilihan pada hosting VPS adalah pilihan yang jauh lebih baik untuk saat ini karena memang harga yang juga sangat terjangkau.

Dan bagi Anda yang saat ini masih setia dengan shared hosting, berikut ini adalah tanda-tanda dimana Anda harus segera melakukan upgrade ke hosting VPS :

  • Situs web yang berjalan lambat – indikasi bahwa Anda mencapai batas sumber daya shared hosting.
  • Situs web Anda telah mulai memiliki lalu lintas yang jauh lebih besar atau memiliki puncak signifikan yang sulit diatasi.
  • Anda menyimpan data sensitif dan perlu melindungi informasi pelanggan Anda dan mematuhi Undang-undang Perlindungan Data, dll.
  • Anda menjalankan situs e-commerce yang menyimpan detail kartu atau memproses pembayaran dan harus mematuhi Standar Keamanan Data Industri Kartu Pembayaran.
  • Perusahaan Anda perlu menjalankan aplikasi khusus untuk mengoperasikan bisnisnya.

Bagaimana memilih paket hosting VPS yang bagus?

Tidak semua hosting VPS sama dan beberapa host menawarkan layanan yang jauh lebih baik daripada yang lain, sebagai contoh adalah layanan VPS murah indonesia hosting24 yang memiliki semua fitur yang dibutuhkan oleh kebanyakan pengguna seperti yang akan saya sebutkan dibawah in, dimana hal-hal penting dibawah ini harus Anda temukan di perusahaan penyedia VPS hosting sebelum Anda membelinya.

Hosting yang dikelola sepenuhnya

Banyak situs web bisnis yang menggunakan shared hosting tapi tidak memiliki keahlian teknis internal untuk mengelola server dan jika ini berlaku untuk Anda, Anda harus mencari layanan hosting yang menyediakan layanan yang sepenuhnya dikelola yang memelihara perangkat keras, menginstal dan memperbarui sistem operasi Anda, dan memonitor server Anda sekaligus membantu menangani ketika mengalami masalah sehingga situs web Anda dapat terus beroperasi pada tingkat optimal.

Control Panel Mudah Digunakan

Cari VPS hosting yang menyediakan control panel yang mudah untuk digunakan, dan pastikan Control panel yang ada di VPS hosting juga menyediakan semua fitur & tool yang dibutuhkan untuk pembuatan dan pengelolaan website.

VPS hosting dari Hosting24 memiliki control panel sederhana yang mudah digunakan dan dipahami bahkan jika masih awam dengan masalah teknis. Selain itu terdapat bermacam tools yang bisa membantu dan memudahkan Anda dalam mengelola VPS hosting Anda.

Dukungan Pelanggan 24/7

Jika Anda berpikir untuk menggunakan VPS hosting, kemungkinan besar traffic website anda cukup besar. Oleh sebab itu anda perlu memastikan bahwa layanan host VPS yang dipilih menawarkan dukungan 24/7 penuh, termasuk dukungan teknis.
Penyedia layanan hosting yang baik harus memiliki berbagai saluran di mana Anda dapat berkomunikasi: telepon, email, live chat, dll.

Hosting24 memiliki tim customer success yang siap membantu Anda selama 24/7. Anda bisa menghubungi tim mereka melalui live chat atau email.

Uptime yang tinggi

Anda memerlukan host yang dapat menjamin situs web Anda akan online dan tidak akan terhambat oleh berbagai masalah. Idealnya, host Anda harus menawarkan waktu aktif sebesar 99,5% atau lebih tinggi.

Hardware yang bagus

Seluruh operasi server Anda berjalan diatas perangkat keras, Jika Anda menginginkan VPS yang memberikan kinerja kelas perusahaan, Anda perlu memastikan bahwa layanan hosting Anda berinvestasi dalam teknologi terbaru seperti drive SSD super cepat, prosesor dan memori berkecepatan tinggi dan pengendali RAID performa tinggi.

Hosting24 menggunakan SSD Drive yang menjamin dan kecepatan load website. Selain SSD storage, hal-hal lain perlu diperhatikan dalam memilih VPS hosting adalah CPU dan RAM.

Harga

Harga memang penting ketika Anda akan memilih paket hosting VPS, tapi harga seharusnya tidak menjadi faktor penentu. Jauh lebih penting untuk mempertimbangkan nilai uang yang Anda dapatkan untuk paket yang Anda pilih. Untuk alasan ini, yang terbaik adalah membandingkan berbagai layanan yang ditawarkan dengan hati-hati dan pastikan bahwa Anda mendapatkan semua yang Anda butuhkan tidak hanya untuk saat ini tetapi juga dapat memenuhi kebutuhan masa depan Anda.

Hosting24 memiliki 8 macam VPS hosting yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Anda bisa memiliki VPS hosting dari hosting24 mulai dari kurang dari Rp 125.000 per bulannya, dimana Anda akan mendapat 1 GB RAM, 2 GB Burst RAM, 2.4 GHz CPUs, 20 GB Disk Space, dan 1000 GB Bandwidth.

Resource yang Dedicated

Dengan menggunakan VPS hosting, semua resources yang ditawarkan menjadi milik Anda sepenuhnya, karena Anda tidak perlu berbagi resources dengan website lain, seperti yang terjadi di shared hosting. Hal ini tentu memberikan kebebasan Anda untuk mengatur dan mengelola resource sesuai dengan keinginan.

Selain itu VPS hosting24 juga memberikan akses root. Akses root bisa dibilang salah satu hal yang perlu anda perhatikan saat memilih VPS hosting. Akses root memberikan keleluasaan Anda untuk mengelola hosting secara maksimal, menyesuaikan setting, dan menginstall software baru.

Backup Penuh

Semakin berkembangnya website Anda, maka semakin besar pula data-data yang akan miliki. VPS hosting harus memiliki fitur untuk melakukan backup secara penuh agar Anda tidak perlu khawatir kehilangan file Anda.

Seperti di VPS murah indonesia dari Hosting24, terdapat layanan backup mingguan yang secara otomatis akan mengamankan semua file dan data Anda. Selain backup mingguan, Anda juga bisa membuat VPS snapshot secara manual dan melakukan restore jika terjadi error.

Kesimpulan

Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan dapat memberi Anda pemahaman yang lebih jelas tentang Virtual Private Server (VPS) dan memahami lebih dalam tentang perbedaan jenis hosting antara shared hosting, VPS dan dedicated hosting, manfaat dari hosting VPS dan kapan Anda harus mempertimbangkan beralih ke VPS serta memahami bagaimana memilih layanan VPS hosting yang tepat untuk website bisnis Anda. Seperti yang sudah saya singgung di artikel ini, Anda juga bisa memilih salah satu layanan VPS hosting indonesia yang memiliki kualitas bagus yaitu di VPS Murah Indonesia Hosting 24.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Minimal Magazine Responsive Free

Minimal Magazine adalah Theme WordPress responsive gratis dan memiliki desain minmalis modern dengan tampilan...

6 Plugin Untuk Tampil dan Sembunyikan Widget WordPress

Pada saat widget tertentu perlu disembunyikan atau ditampilkan dari halaman atau posting tertentu saja....

Close