How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Menambahkan Lokasi Alamat dan Tempat ke Google Maps

Google memiliki layanan yang sangat berguna bagi banyak orang untuk menunjukkan lokasi yang bernama Google Maps. Saat ini dengan kecanggihan perangkat mobile (smartphone), menjadikan banyak orang diseluruh dunia sangat terbantu ketika mereka ingin pergi ke suatu tempat yang belum pernah dikunjungi.

Dengan Google Maps, Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai lokasi, tempat maupun alamat dengan mudah. Anda hanya perlu membuka aplikasi Google Maps di smartphone Anda dan mengetik alamat tujuan yang ingin Anda kunjungi, maka Google Maps akan secara cepat menemukan lokasi tersebut buat Anda.

Tidak hanya menunjukkan alamat dan peta jalan saja, Google Maps memiliki banyak fitur untuk Anda ketika ingin menemukan tempat tertentu seperti restoran terdekat, cafe, pom bensin, masjid, minimarket dan tempat penting lainnya dengan mudah dan cepat berikut dengan informasi jarak, alternatif jalan, kondisi jalan, dan masih banyak lagi.

Pada artikel kali ini, saya akan menunjukkan kepada Anda cara untuk menambahkan lokasi, alamat maupun tempat di Google Maps melalui perangkat ponsel smartphone Anda dan juga melalui perangkat komputer dekstop.

Baca : 10 Tool Terbaik Google untuk SEO Situs Anda

Cara Menambahkan Alamat Lokasi di Google Maps

Anda bisa menambahkan lokasi bisnis, alamat rumah, tempat atau bangunan penting seperti masjid, sekolahan dan lainnya di Google Maps agar mudah ditemukan oleh siapapun yang ingin mencari apa yang Anda tawarkan maupun mencari tempat tersebut melalui mesin pencarian maupun melalui aplikasi Google Maps.

Metode I Menambahkan Google Maps di SmartPhone

  • Buka Google Maps. Jika Anda belum memilikinya, silahkan untuk menginstall aplikasi Google Maps melalui aplikasi Google Play Anda.
  • Sekarang Buka Google Maps dengan ketuk ikon aplikasi Google Maps, yang menyerupai pin lokasi di peta.
  • Jika diminta, pilih akun Google Anda atau masukkan alamat email Gmail dan kata sandi Anda sebelum melanjutkan.

Menambahkan Lokasi Google Maps HP

  • Ketuk menu tiga garis . Ada di sudut kiri atas layar. Menu pop-out akan muncul.
  • Ketuk menu “Add Missing Place” atau Tambahkan tempat yang hilang. Anda akan menemukan ini di dekat bagian bawah menu. Proses ini akan membawa Anda ke halaman “Add a Placet” (Tambahkan tempat).
  • Ketuk kolom teks “Name” di dekat bagian atas layar, lalu Ketikkan nama tempat yang akan Anda tambahkan.
    Anda harus menuliskan nama tempat persis seperti yang Anda inginkan.
  • Ketuk kolom teks “Address”, lalu ketikkan alamat jalan tempat tersebut. Pastikan Anda menyertakan kota, negara bagian, dan kode pos jika perlu. Semakin banyak informasi yang Anda sertakan di sini, semakin cepat Google akan dapat memverifikasi keberadaan tempat tersebut.
  • Pilih kategori tempat. Ketuk kolom teks “Category”, lalu ketuk kategori yang berkorelasi dengan tempat yang akan Anda tambahkan. Anda dapat mencari kategori yang lebih spesifik dengan mengetik ke dalam kotak teks.
  • Masukkan informasi lain yang diperlukan. Anda dapat menambahkan informasi penting lainnya tentang tempat Anda seperti:
    • Nomor telepon – Ketuk kotak teks Telepon, lalu ketik nomor telepon tempat Anda.
    • Website – Ketuk kotak teks situs web, lalu masukkan alamat situs web tempat itu.
    • Jam – Tekan “Hours” dan pilih hari operasi, dan kemudian menambahkan waktu buka dan waktu tutup bisnis Anda. Setelah Anda menambahkan jam setidaknya satu hari dalam seminggu, Anda dapat menambahkan lebih banyak jam untuk hari yang berbeda dengan mengetuk tautan “Select Date and Hours”.
  • Masukkan gambar dan photos dengan mengetuk kotak plus + pada bagian Photos, Anda bisa menambahkan beberapa foto yang berkaitan dengan tempat yang Anda tambahkan untuk menambahkan keakuratan informasi bagi orang lain.
  • Ketuk icon “Submit” yang Ada di sudut kanan atas layar atau icon yang berbentuk kapal terbang kertas. Dengan begitu akan mengirimkan permintaan Anda ke Google. Anda harus menerima email terkait apakah pengiriman Anda diterima oleh Google dalam waktu dua minggu atau lebih.

Baca : 15 Fitur Rahasia Pencarian Google Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Metode 2 Menambahkan Google Maps di Komputer Desktop

  • Buka Google Maps di alamat https://www.google.com/maps melalui browser kesayangan Anda. Jika Anda sudah dalam keadaan login ke Gmail, Anda dapat menambahkan tempat secara langsung. Jika Anda belum login, klik Masuk di sudut kanan atas halaman dan masukkan alamat email Gmail dan kata sandi Google Anda sebelum melanjutkan. (Cara Membuat Email di Gmail dengan Komputer dan HP Smartphone).
  • Klik icon menu tiga garis . Ada di sudut kiri atas halaman. Sebuah menu akan keluar dari sisi kiri dari layar komputer Anda.

Menambahkan Lokasi Google Maps

  • Klik “Add Missing Place” atau Tambahkan tempat yang hilang. Tautan ini berada di dekat bagian bawah menu yang muncul. Proses selanjutnya akan menampilkan jendela “Tambahkan tempat” atau “Add a Place” di sisi kiri atas halaman.
  • Klik bidang teks “Name” di bagian atas jendela “Add Place“, lalu ketikkan nama tempat yang ingin Anda tambahkan.
  • Tambahkan alamat tempat Anda. Di bidang teks “Address”, ketik alamat jalan tempat tersebut. Ini harus menyertakan kota, negara bagian, dan kode pos jika agar lebih tepat.
  • Klik bidang teks “Cateogry”, lalu klik kategori tempat (misalnya, Restoran) di menu scroll down.
    Anda dapat mencari kategori yang lebih spesifik dengan mengetik ke dalam kotak teks.
  • Tambahkan informasi lain tentang tempat Anda. Anda dapat menambahkan informasi penting lainnya seperti:
    • Nomor telepon – Klik kotak teks Phone, lalu ketik nomor telepon tempat Anda.
    • Website – Klik kotak teks Website, lalu masukkan alamat situs web tempat itu jika ada.
    • Jam – Klik tautan Tambahkan jam, pilih hari operasi, lalu tambahkan waktu buka dan waktu tutup. Anda dapat mengklik Tambahkan jam lagi untuk menambahkan satu set jam terpisah untuk hari yang berbeda jika perlu. Ini jika Anda menambahkan lokasi atau tempat bisnis, kantor, toko maupun layanan bisnis lainnya.
  • Klik “Submit“. Ini adalah tombol biru di sudut kanan bawah jendela. Selama tempat yang Anda masukkan belum ada di Google Maps, hal itu akan mengajukan permintaan untuk tambahan ke Google. Anda harus menerima email yang mengonfirmasi apakah Google menerima atau tidak tempat yang Anda tambahkan dalam beberapa minggu.

Jika tempat sudah ada, Anda akan menerima jendela pop-up dengan alamat tempat saat ini. Jika jendela munculan memberitahukan Anda bahwa tempat tersebut ada di tempat yang salah, Anda dapat mengeklik “Submit Anyway”.

Baca : Cara Memasang Google Maps di WordPress

Dan itulah panduan lengkap cara menambahkan tempat, alamat maupun lokasi ke Google Maps. Pastikan alamat lokasi bisnis Anda sudah ditambahkan ke Google Maps, dengan menambahkan alamat lokasi bisnis Anda, ini akan menjadikan orang lain lebih mudah menemukannya dan bisa jadi orang yang belum tahu bisnis Anda menjadi tahu lokasi Anda. Ini benar-benar bermanfaat dan bisa memajukan bisnis Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
6 Plugin WordPress Terbaik untuk AdSense Gratis [New]

6 Plugin WordPress Terbaik untuk AdSense Gratis [New]. Para webmaster dan blogger banyak mendapatkan...

Cara Mengirim Uang dari PayPal ke Payoneer [Terbaru]

Cara Mengirim Uang dari PayPal ke Payoneer?. Memiliki akun Payoneer dan PayPal ketika menjalankan...

Close