fbpx
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Apa itu Pemasaran Afiliasi dan Bagaimana Menghasilkan Uang dari Afiliasi

Cara Menghasilkan Uang dari Afiliasi – Pemasaran afiliasi adalah salah satu cara paling menguntungkan untuk menghasilkan uang secara online yang sangat mudah dilakukan dan gratis. Apakah Anda ingin mengerti apa itu pemasaran Afiliasi? Teruslah membaca untuk mempelajari segala sesuatu tentang metode pendapatan pasif yang populer ini.

Perlu Anda ketahui bahwa blog centerklik juga menghasilkan uang dari afiliasi, ini adalah salah satu program yang saya jalankan selain Google AdSense dan ulasan berbayar. Mengikuti program afiliasi menurut saya sangat menguntungkan, dan saya menghasilkan ratusan dollar setiap bulan dari program afiliasi ini, tapi masih ratusan dollar belum ribuan dari afilasi. Dan cara ini bagi saya adalah cara yang menguntungkan untuk mendapatkan uang secara online.

Pada artikel ini, saya akan membagikan dasar-dasar pemasaran afiliasi dan semua detail yang perlu Anda ketahui untuk memahami cara kerja pemasaran afiliasi.

Baca : Cara Menghasilkan Uang Dengan Program Afiliasi

Apa itu pemasaran afiliasi dan bagaimana cara kerjanya?

Pemasaran afiliasi adalah salah satu bentuk pemasaran tertua di mana Anda merujuk seseorang pada produk online tertentu dan ketika orang itu membeli produk melalui rekomendasi Anda, Anda akan menerima komisi. Komisi ini bervariasi dari 5% hingga 100% tergantung pada produk apa yang Anda promosikan.

menghasilkan uang dari afiliasi

Berikut ini cara kerja pemasaran afiliasi dalam 4 langkah sederhana:

  • Anda bergabung dengan program afiliasi
  • Anda memilih produk untuk dipromosikan (Anda akan mendapatkan tautan afiliasi yang unik yang akan Anda pasang di blog Anda atau bisa digunakan untuk dipromosikan melalui media lain)
  • Anda membagikan tautan melalui media sosial, Blog, video YouTube, iklan Facebook atau bentuk lainnya
  • Ketika seseorang melakukan pembelian, Anda akan mendapat komisi afiliasi.

Ada salah satu pemasaran afiliasi yang mungkin patut untuk di coba, salah satu program afiliasi yang bisa Anda gunakan untuk menghasilkan uang secara online adalah dari Dr.Cash.

dr.cash afiliasi

Dr.Cash adalah salah satu afiliasi CPA terbesar di vertikal nutra di seluruh dunia. Mereka bekerja dengan penjualan Cash on Delivery. Seorang webmaster atau orang lain dapat mendaftar di program afiliasi Dr.Cash, memilih produk dan mulai mengiklankannya. Untuk prospek yang akan tumbuh, dia akan menerima komisi untuk tarif yang ditetapkan dalam program afiliasi oleh adveriser.

Beberapa kelebihan dari Dr.Cash adalah sebagai berikut :

  • 2402 penawaran nutra tersedia.
  • 46 ceruk kecantikan dan kesehatan. Setiap orang akan dapat memilih penawaran sesuai dengan lalu lintas situs mereka.
  • Pembayaran setiap hari Senin, Rabu, Jumat. ePayments, Minimal pembayaran melalui Paxum – mulai dari $50, PayPal – mulai dari $50 (dengan komisi 3%); Wire Transfer – dari $1500 (jika kurang, maka komisi 3%).
  • Tahan pembayaran pertama 2 minggu. Namun, ada kemungkinan untuk menghapus penangguhan.
  • GEO di seluruh dunia.
  • Terdapat tawaran teratas baru setiap minggu.

Apa itu Pemasaran Afiliasi?

Jadi, dengan kata-kata sederhana:

Banyak perusahaan online yang menjual berbagai macam produk seperti Amazon atau di indonesia mungkin lazada, produk digital seprti layanan hosting, atau layanan lain, biasanya menawarkan program afiliasi. Anda cukup mendaftar ke program tersebut dan Anda akan mendapatkan tautan atau URL pelacakan unik. Sekarang, setiap kali Anda menulis tentang produk mereka, Anda dapat menggunakan tautan afiliasi pelacakan khusus ini untuk merekomendasikan situs perusahaan atau produk tertentu pada pengunjung Anda.

Jika pengunjung Anda melakukan klik pada tautan tersebut dan membeli sesuatu disitus rujukan Anda, maka Anda akan mendapat komisi sesuai dengan perjanjian di program afiliasi yang Anda ikuti.

Setiap program afiliasi memiliki TOS yang ditetapkan. Misalnya, banyak dari mereka menawarkan periode cookie 30 hari bahkan ada yang sampai 60 hari, dan itu berarti bahwa jika pengunjung mengunjungi situs yang Anda rujuka melalui tautan afiliasi Anda, meskipun hari itu tidak membeli secara langsung dan membeli seminggu kemudian, Anda akan tetap berhak mendapatkan Komisi, selama itu masih dalam periode cookie.

Baca : Panduan Terbaik #1 Digital Marketing untuk Bisnis Online

Istilah pemasaran afiliasi

Berikut adalah beberapa istilah umum yang terkait dengan pemasaran afiliasi:

  • Afiliasi: Penerbit seperti Anda dan saya yang menggunakan tautan program afiliasi untuk mempromosikan dan melakukan penjualan.
  • Pasar afiliasi: Ada banyak pasar seperti Shareasale, CJ, dan Clickbank. Ini berfungsi sebagai database pusat untuk program afiliasi di ceruk yang berbeda.
  • Software afiliasi: Perangkat lunak yang digunakan oleh perusahaan untuk membuat program afiliasi untuk produk mereka.
  • Link atau URL afiliasi: Tautan pelacakan khusus yang ditawarkan oleh program afiliasi yang Anda ikuti untuk melacak promosi afiliasi Anda.
  • ID Afiliasi: Mirip dengan tautan afiliasi, tetapi banyak program afiliasi menawarkan ID unik yang dapat Anda tambahkan ke halaman situs produk mana pun.
  • Metode pembayaran: Program afiliasi yang berbeda juga menawarkan metode pembayaran yang berbeda.
    Contoh: Cek, Transfer, wire transfer, PayPal, dan lainnya.
  • Manajer Afiliasi / OPM: Banyak perusahaan telah mendedikasikan manajer afiliasi untuk membantu penerbit mendapatkan lebih banyak dengan memberi mereka tips optimasi.
  • Komisi persentase / jumlah: Jumlah atau persentase yang akan Anda terima dalam pendapatan afiliasi dari setiap penjualan.
  • Pemasaran afiliasi 2-tier: Ini adalah cara hebat menghasilkan uang dari program afiliasi. Dengan metode ini, Anda merekomendasikan orang lain untuk bergabung dengan program afiliasi, dan Anda menerima komisi ketika sub-afiliasi melakukan penjualan (mirip dengan MLM atau pemasaran multi-level). Penghasilan ini juga dikenal sebagai komisi sub-afiliasi.
  • Halaman arahan: Penjualan produk atau halaman demo yang unik digunakan untuk tujuan meningkatkan penjualan. Sebagian besar program yang akan Anda promosikan memiliki banyak halaman arahan, dan Anda dapat menjalankan pengujian A / B untuk melihat halaman mana yang paling cocok untuk Anda.
  • Penghasilan / akun afiliasi kustom: Tidak seperti akun afiliasi umum, banyak perusahaan menawarkan pendapatan afiliasi khusus kepada orang-orang yang membuat penjualan afiliasi terbanyak untuk mereka.
  • Link clocking: Sebagian besar tautan pelacakan afiliasi terlihat tidak menarik dan tidak bisa dibaca. Dengan menggunakan teknik penyingkat URL, Anda dapat mengubah tautan afiliasi yang panjang dan buruk menjadi tautan yang dapat dibaca dan dipahami oleh pembaca Anda. Baca : Cara Mengganti URL Affiliate Lebih Cantik di WordPress.
  • Kupon khusus: Banyak program memungkinkan afiliasi untuk membuat kupon khusus yang juga digunakan untuk melacak penjualan. Kupon diskon khusus membantu Anda meningkatkan penjualan afiliasi juga.

Untuk perusahaan yang menawarkan program afiliasi, ini adalah salah satu cara terbaik untuk menerima promosi gratis, sehingga menghemat banyak iklan.

Misalnya, setiap kali Anda melihat kupon atau tautan diskon, sebagian besar waktu ini adalah tautan afiliasi, dan ketika Anda melakukan pembelian, maka pemilik blog atau webmaster mendapatkan uang.

Baca : 5 Program Afiliasi atau Affiliate dari Toko Online Indonesia

Pertanyaan Seputar Pemasaran Afiliasi

Pada titik ini, Anda harus memiliki pemahaman dasar tentang apa itu pemasaran afiliasi dan bagaimana cara kerjanya.

Sekarang, izinkan saya menjawab beberapa pertanyaan umum yang diajukan oleh beberapa blogger pemula tentang pemasaran afiliasi:

Bluehost Afiliasi

Berapa banyak uang yang dapat Anda hasilkan sebagai pemasar afiliasi?

“Tak terbatas”.

Ada pemasar afiliasi yang menghasilkan jutaan dolar sebulan melalui pemasaran afiliasi dan ada juga yang masih mendapatkan puluhan, atau ratusan dollar seperti saya ini dari pemasaran Afiliasi.

Kuncinya di sini adalah bagaimana Anda mempromosikan link tersebut untuk mendapatkan penjualan. Apakah Anda menggunakan blog atau menggunakan PPC untuk memasarkan produk afiliasi. Salah satu yang telah saya gunakan dari 3 tahun terakhir, adalah melalui blogging. Ini adalah yang paling efektif sejauh ini dan tahan lama.

Meskipun pada dasarnya pendapatan saya dari afiliasi tergolong masih sangat kecil dan belum mencapai ribuan dollar, hal itu karena yang saya tawarkan adalah produk luar, dimana untuk membelinya harus memiliki PayPal (Panduan Lengkap Cara Daftar PayPal) dan pembayaran dalam mata uang dollar, hal ini tentu menyulitkan saya untuk menghasilkan uang yang banyak dari afiliasi.

Kendala lain adalah minat orang indonesia sendiri terhadap produk digital seperti layanan web hosting, tema WordPress, atau plugin WordPress juga sangat rendah, hal ini dikarenakan masih banyak pengguna WordPress indonesia yang mencari versi gratis. Hal itu memang perlu dimaklumi karena memang pendapatan rata-rata penduduk indonesia juga masih kecil.

Apakah penting untuk memiliki blog untuk promosi afiliasi?

Tidak harus, tetapi blog adalah alat promosi terbaik. Dengan itu, Anda selalu dapat menggunakan metode seperti PPC atau iklan untuk mempromosikan produk. Ini lebih seperti pemasaran afiliasi hit-and-run. Cara terbaik untuk memanfaatkan peluang pemasaran afiliasi Anda adalah dengan memiliki blog dan menggunakannya untuk promosi yang keras dan lunak. Pelajari cara membuat blog di sini.

Berapa biaya untuk bergabung dengan program afiliasi?

Tidak ada biaya untuk bergabung dengan program afiliasi, namun total biaya Anda tergantung pada teknik promosi yang Anda gunakan. Misalnya, sebuah posting blog tidak memerlukan biaya sepeser pun, tetapi pemasaran PPC, pemasaran email, dan iklan dilengkapi dengan berbagai label harga.

Kualifikasi apa yang saya butuhkan untuk menjadi pemasar afiliasi?

Secara harfiah tidak ada kualifikasi yang diperlukan untuk menjadi pemasar afiliasi, tapi memiliki keterampilan copywriting yang baik dan keterampilan pemasaran akan menjadi nilai plus untuk anda.

Apakah pemasaran afiliasi berbahaya atau ilegal?

Tidak, itu tidak berbahaya atau ilegal, karena Anda hanya akan menggunakan tautan afiliasi yang diberikan kepada Anda daripada tautan langsung untuk menautkan ke situs penyedia program afiliasi.

Bagaimana cara menemukan tautan afiliasi?

Tentu saja, tidak semua perusahaan menawarkan program afiliasi, tetapi bagi mereka yang menawarkan program afiliasi, Anda dapat memeriksa situs web mereka untuk informasi tentang afiliasi atau kebanyakan merekan menaruh menu afiliasi dibagian footer dari websitenya.

Cara lain untuk menemukan informasi ini adalah dengan melakukan pencarian Google sederhana. Misalnya, orang dapat menempatkan frasa berikut ke dalam Pencarian Google: “(nama produk) + program afiliasi”. (Ganti “nama produk” dengan nama produk yang Anda promosikan.) Ada addon krom menarik bernama Affilitizer tersedia yang membuat proses ini mudah.

Ini akan membawa Anda ke halaman arahan. Banyak perusahaan menggunakan pasar afiliasi seperti ShareASale, Impact radius, atau Clickbank. Ini gratis untuk digunakan dan Anda dapat membuat akun gratis. Tapi untuk blog dengan bahasa indonesia sepertinya masih belum bisa kecuali ada rekomendasi khusus.

Atau anda bisa juga menjalankan program afiliasi yang juga saya ikuti seperti layanan web hosting, tema WordPress atau plugin WordPress.

Bagaimana cara menemukan produk baru untuk dipromosikan?

Pasar afiliasi seperti yang disebutkan di atas adalah tempat terbaik untuk memulai riset pemasaran afiliasi Anda. Anda dapat menelusuri ceruk pasar dan melihat program afiliasi berkinerja terbaik.

Atau, Anda dapat mengawasi blog di ceruk pasar Anda dan melihat produk mana yang mereka promosikan dan metode apa yang mereka gunakan.

Program afiliasi dan AdSense: Bisakah kita menggunakan keduanya?

Ya, Anda dapat menggunakan keduanya karena pemasaran afiliasi tidak melanggar TOS AdSense apa pun. Bahkan, bagi saya, pemasaran afiliasi bekerja lebih baik daripada Adsense, dan itulah salah satu alasan kenapa saya juga menyarankan pada blogger baru untuk tidak terlalu berfokus pada AdSense saja.

Baiklah, saya sekarang mengerti apa itu pemasaran afiliasi. Bagaimana saya memulai?

Pertama carilah produk yang akan Anda tawarkan atau Anda jalankan sebagai program afiliasi, selanjutnya Anda bisa membuat blog yang mengulas tentang produk tersebut. Tulis ulasan produk sebaik mungkin untuk mendapatkan peringkat yang bagus di mesin pencari, jika Anda sudah menang di mesin pencari maka uang akan mengalir ke kantong Anda.

Baca : Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Bergabung Dengan Program Afiliasi

Saya harap panduan pemula untuk pemasaran afiliasi ini akan membantu Anda sukses dalam menjalankan blog dan menghasilkan uang dari program afiliasi. Semoga sukses 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Strategi Kata Kunci Agar Menang di Mesin Pencari

Untuk mendapatkan trafik atau pengunjung, Anda membutuhkan orang yang mau mengunjungi situs Anda. Untuk...

10+ Tema WordPress Terbaik Untuk Bisnis, Forex dan Finansial

Tema WordPress finansial ini dirancang untuk nasihat keuangan individual, penasihat, forex trading, broker, perencana...

Close