Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Pasang Jadwal Jam Kerja pada WordPress

Saat Anda menjalankan bisnis online maupun offline menyantumkan jam kerja sangat penting untuk klien Anda, dengan memberi tahu jam kerja bisnis Anda maka akan mudah bagi klien untuk menghubungi Anda maupun datang ke tempat bisnis Anda. Namun bagaimana cara untuk menampilkan jam kerja pada situs yang dibangun dengan WordPress?

Pada artikel kali ini saya akan menunjukkan kepada Anda cara pasang jadwal jam kerja pada WordPress, Ada 2 cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan plugin dan menuliskan secara manual pada widget text. Tapi pada panduan ini saya akan menggunakan plugin yang merupakan cara termudah dan tidak perlu menambahkan kode untuk mempercantik tampilan agar terlihat rapi di situs WordPress Anda.

Baca : Cara Pasang Google AdSense di WordPress

Pasang Jam Kerja pada WordPress

Untuk memasang jam kerja pada Wordrpess, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menginstall dan mengaktifkan plugin Business Opening Hours. Jika Anda belum tahu cara menginstall plugin WordPress. Anda bisa melihat panduan Cara Install plugin WordPress.

Setelah langkah instalasi sudah selesai dan sudah Anda aktifkan, maka akan terdapat menu baru pada dasrboard WordPress Anda dengan nama “Work Hours”, klik menu tersebut untuk melakukan pengaturan plugin.

Dalam halaman pengaturan plugin, Anda dapat memulai dengan memilih zona waktu dan format waktu untuk jam kerja Anda. Plugin menawarkan dua format waktu yang bisa Anda pilih seperti 12 jam atau 24 jam.

pengaturan jam kerja

Di bawah zona waktu dan bagian format, Anda dapat mulai untuk menentukan jam kerja bisnis Anda untuk setiap hari. Atur masing-masing bidang waktu yang sudah tersedia, Anda akan melihat menu dropdown, dimana Anda dapat mengatur waktu sesuai dengan keinginan Anda. Jika bisnis Anda ditutup pada hari tertentu, pilih “Close” pada bidang yang sesuai atau masukkan teks yang sesuai dengan preferensi Anda.

Seperti ditunjukkan pada gambar berikut, plugin ini juga menyediakan beberapa pilihan untuk mengatur style atau desain dari tampilan jam kerja. Anda dapat mengubah warna latar belakang serta warna font untuk menyoroti hari ini jika ada kebutuhan. Setelah Anda selesai melakukan pengaturan, silahkan klik “Save Changes” untuk menyimpan perubahan yanag sudah Anda buat.

Untuk menampilkan jam kerja yang sudah Anda buat di situs WordPress Anda, terdapat dua pilihan yang ditawarkan. Anda bisa menampilkan jam kerja pada widget dan pada postingan atau halaman Anda.

Baca : Cara Pasang Tombol Donasi Paypal di WordPress

1. Menampilkan Jam kerja di Post dan Page

Seperti yang Anda lihat di halaman pengaturan plugin, ada bagian bernama “Shortcut Generated” tepat di bawah bagian “Highlight Current Day“. Dengan shortcut tersebut Anda dapat menampilkan jadwal jam kerja Anda di post maupun di pages dengan mencopy dan menyisipkan di post maupun page sesuai dengan keinginan Anda.

Caranya cukup buka postingan yang sudah ada atau membuat yang baru dan paste kode ke dalam area text. Kemudian, Anda dapat memperbarui (atau mempublikasikan) post dan melihat jam kerja sudah ditampilkan di situs Anda seperti di bawah ini.

daftar jam kerja

2. Menampilkan jam kerja pada Widget

Selain menggunakan shortcode untuk menampilkan jam kerja pada posting dan halaman, plugin juga memungkinkan Anda untuk menampilkan jam kerja pada menu sidebar di situs WordPress Anda dengan widget.

Pertama, arahkan ke menu Appearance » Widget pada dashboard Anda. Kemudian, drag dan drop “Business Opening Hours” widget ke bagian area widget yang tersedia. Masukkan judul widget dan klik tombol “Save” setelah pengaturan selesai.

widget jam kerja

Diatas adalah cara mudah menampilkan jam kerja pada situs WordPress, semoga tutorial ini bermanfaat buat Anda dan membantu Anda. 🙂

Baca : Cara Mudah Pasang Subiz Live Chat di WordPress

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Cara Menghapus Akun Google Analytics Website

Google Analytics adalah layanan analisis Web gratis yang disediakan oleh Google untuk menyediakan statistik...

Theme WordPress Tortuga Responsive Free

Tortuga adalah Theme WordPress Responsive Gratis yang sangat fleksibel dan elegant, tema ini cocok...

Close