How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Panduan Lengkap Cara Membuat Backup WordPress Secara Manual

Backup merupakan hal yang sangat penting dan harus Anda lakukan pada situs WordPress Anda. Dengan memiliki file backup maka hal tersebut akan membuat Anda merasa aman dan tenang jika situs WordPress Anda mengalami kegagalan atau kerusakan saat di akses.

WordPress merupakan platform yang sangat populer yang menjadikan WordPress sebagai incaran bagi para hacker yang juga bisa mengancam situs WordPress Anda kapan saja. Dan backup juga merupakan kata yang sangat sering di ingatkan oleh WordPress itu sendiri maupun para pengguna WordPress berpengalaman ketika akan melakukan update WordPress, plugin, tema dan ketika akan melakukan perubahan pada WordPress.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan panduan yang lengkap tentang cara melakukan backup pada WordPress baik pada file website situs WordPress maupun pada database WordPress Anda secara manual. Dan pada kesempatan lain saya juga akan memberikan panduan backup WordPress secara otomatis menggunakan plugin WordPress.

Baca : Tutorial Cara Install WordPress Lengkap

Kenapa Perlu Melakukan Backup WordPress Secara Manual

Mengetahui metode backup secara manual memungkinkan Anda untuk membuat backup database dengan cepat setiap kali Anda membutuhkannya. Anda harus selalu menginstal dan menyiapkan sistem cadangan (backup) WordPress untuk situs Anda. Karena hal ini berguna untuk mengembalikan situs WordPress Anda jika terjadi kesalahan.

Cara Backup WordPress

Kesalahan terjadi bisa dalam bentuk pengguna mengalami kehilangan akses ke area admin WordPress mereka setelah terjadinya upaya hack atau terjadi karena beberapa kesalahan plugin. Karena mengakses area admin tidak bisa, otomatis untuk menggunakan plugin backup juga tidak bisa. Maka membuat backup secara manual akan tetap Anda butuhkan untuk mengatasi jika terjadi hal semacam itu. Dan cara ini bisa juga Anda gunakan ketika Anda ingin berpindah dari layanan hosting satu ke layanan hosting yang lainnya.

Membuat Backup WordPress Secara Manual

Pada proses backup ini saya akan memberikan dua cara yang berbeda namun melalui jalan yang sama yaitu melalui Control Panel atau cPanel hosting Anda dan Anda bisa memilih salah satu dari cara tersebut sesuai keinginan Anda.

Alasan menggunakan cPanel karena ini merupakan control panel yang paling banyak digunakan oleh perusahaan hosting seperti Bluehost, SiteGround maupun HostGator. Tapi pada prosesnya jika menggunakan control panel jenis lain kurang lebih akan sama.

Cara Pertama : Backup WordPress Manual

Untuk melakukan proses backup yang pertama ini, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah kunjungi halaman login cPanel Anda dan masukkan username dan password cPanel.

Login cPanel

Setelah masuk ke area cPanel, Anda akan melihat icon-icon yang banyak sekali yang dikelompokkan sesuai dengan kegunaanya seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Control Panel cPanel

Selanjutnya, Anda harus masuk pada bagian dimana file-file situs WordPress Anda disimpan yaitu di File Manager dengan klik icon “File Manager”.

File Manager cPanel Backup

Setelah itu Anda akan melihat banyak sekali folder atau direktori dalam File Manager, dan silahkan untuk membuka direktori dengan nama “public_html”, atau pada direktori root atau direktori yang lainnya tergantung dimana Anda menyimpan file WordPress situs Anda.

Setelah direktori tempat penyimpanan file situs WordPress Anda terbuka silahkan untuk melakukan blok pada file-file dan folder tersebut semuanya atau memilih sesuai yang ingin Anda backup. Atau yang paling mudah adalah pilih folder utama yang menyimpan file situs Anda.

Download Backup Compress File Manager

Jika proses memilih sudah selesai dan posisi folder maupun file dalam keadaan terseleksi, silahkan untuk klik menu “Compress” yang berada di menu bar atau klik kanan da pilih “Compress”. Biasanya akan terdapat 4 jenis kompresi yang bisa Anda pilih salah satunya seperti Zip Archive, Tar Archive, Gziped Tar Archive, dan Bzip2ed Tar Archive. Dan silahkan klik tombol “Compress Files”.

Backup WordPress Compress

Silahkan untuk menunggu proses kompresi sampai selesai, dan jika sudah selesai maka file situs WordPress Anda dalam bentuk terkompresi akan muncul atau refresh halaman Anda. Jika sudah silahkan klik kanan file tersebut dan pilih “Download” atau download file dengan klik menu “Download” yang terdapat pada menu bar bagian atas.

Setelah proses download selesai, maka proses backup file WordPress secara manual telah selesai Anda lakukan.

Back up Database WordPress Secara Manual Menggunakan phpMyAdmin

Setelah proses backup file-file untuk situs WordPress Anda selesai, sekarang saatnya untuk melakukan backup Database WordPress Anda menggunakan phpMyAdmin.

phpMyAdmin ini adalah perangkat lunak open source yang memungkinkan Anda mengelola database MySQL Anda menggunakan antarmuka berbasis web. PhpMyAdmin ini telah terinstal di sebagian besar penyedia hosting WordPress.

Sekarang silahkan klik pada icon “phpMyAdmin“ di bagian kategori Database.

cPanel Database phpMyAdmin

Ini akan membuka halaman phpMyAdmin. Dan silahkan klik nama database WordPress Anda untuk membuka dan melihat daftar tabel database WordPress.

Silahkan centang semua database Anda dengan cara scroll kebawah dan klik “Select All”, kemudian klik tombol menu “Export” link dari menu bar bagian atas.

phpMyAdmin Tabel Database

Anda akan di hadapkan dengan dua pilihan metode export yaitu : Quick dan Custom. Jika Anda memilih Fast maka langsung saja klik tombol “Go” atau “Kirim”.

Export Database phpMyAdmin

Dan jika Anda memilih Custom akan mengungkapkan lebih banyak pilihan. Pertama, ini akan menunjukkan semua tabel Anda di database WordPress dan Anda dapat memilih table yang ingin Anda pilih saja untuk di export.

Selanjutnya terdapat pilihan “Save output to file” untuk Anda scroll dengan pilihan database akan Anda export dengan jenis ekstensi .sql atau memilih opsi zip atau gzip.

Export Database phpMyAdmin Cstom

Dan sekarang klik tombol ‘Go’ untuk melakukan proses backup dan otomatis Anda akan ditampilkan pop up untuk langsung mendownload file database Anda ke komputer lokal Anda.

Download backup databaseDan silahkan tunggu proses download database Anda selesai, jika sudah maka proses backup database secara manual melalui phpMyAdmin telah selesai Anda lakukan.

Cara Kedua : Backup WordPress Secara Manual

Pada cara kedua ini merupakan cara yang sangat mudah dan proses yang lebih cepat, tapi paa cara ini memiliki kekurangan yaitu Anda tidak bisa memilih file atau folder tertentu untuk Anda backup dan untuk database juga tidak bisa memilih tabel tertentu sebagaimana yang bisa Anda lakukan dengan phpMyAdmin.

Untuk melakukan proses backup manual dengan cara kedua ini, langkahnya sama yaitu dengan mengunjungi halaman login area cPanel hosting Anda seperti halnya pada cara pertama diatas.

Login cPanel

Setelah masuk ke halaman cPanel Anda silahkan cari icon dengan label “Backup” pada bagian Database dan klik icon tersebut.

File Manager cPanel Backup

Pada halaman Backup ini Anda akan di hadapkan dengan dua pilihan yaitu : Backup secara penuh (Full Backup). Dengan metode ini akan membuat backup penuh dengan membuat arsip semua file dan konfigurasi situs web Anda. Anda dapat menggunakan file ini untuk memindahkan akun Anda ke server lain atau menyimpan salinan ke komputer lokal file Anda.

Untuk melakukan Backup secara keseluruhan maka Anda hanya perlu klik tombol “Download a Full Website Backup”. Maka secara otomatis akan mendownload file untuk Anda secara keseluruhan.

Backup Control Panel cPanel

Dan kedua adalah backup secara sebagian (Partial Backup) untuk File WordPress dan Database MySQL dan Email bisa Anda download secara terpisah, jadi jika Anda hanya ingin mendownload database saja atau file situs Anda di Home directory saja maka pilihan “Partial Backup” adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Partial Download Backup

Untuk melakukan proses ini silahkan klik tombol “Home Directory” Pada bagian Download Home Directory Bakcup untuk mendownload file WordPress Anda dan klik nama database Anda di bagian “Download a My Database Backup” Untuk mendownload database WordPress Anda.

Baca : 10 Trik Meningkatkan Security atau Keamanan CMS WordPress

Dan itulah proses backup WordPress secara manual yang bisa Anda lakukan melalui Control Panel atau cPanel. Pada dasarnya cara melakukan backup adalah sama meskipun hosting yang Anda gunakan tidak menggunakan Control Panel dengan cPanel seperti hosting iPage yang menggunakan Control Panel menggunakan vDeck, yang membedakan hanyalah tampilan saja.

Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan membantu anda dalam belajar bagaimana membuat backup WordPress secara manual baik file WordPress maupun Database. Selamat mencoba 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Start Blogging Responsive Free

Start Blogging adalah Tema WordPress Responsive Gratis dengan desain tampilan yang sederhana namun terlihat...

Cara Update WordPress, Tema dan Plugin Secara Otomatis dan Manual

WordPress merupakan CMS yang sangat sering melakukan update untuk meningkatkan keamanan dan menambahkan fitur-fitur...

Close