How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Memasang Google Analytics di WordPress Manual Tanpa Plugin

Sebelumnya saya pernah membahas tentang cara daftar Google Analytics. Dan sekarang saya akan memberi tahu Anda bagaimana cara untuk memasang kode Google Analytics di situs WordPress Anda secara manual tanpa menggunakan plugin.

Sebenarnya di artikel cara daftar Google Analytics saya sudah memberikan panduan cara memasang kode Google Analytics tapi masih kurang jelas dan kebanyakan pengguna baru masih bingung. Disini saya akan memperjelas cara memasang kode Google Analytics tanpa plugin di situs WordPress Anda dengan mudah dan jelas.

Google Analytics merupakan tool yang sangat penting, ini akan melacak lalu lintas website atau blog Anda dengan berbagai informasi yang jelas dan akan memberikan wawasan berharga tentang pengunjung Anda. Mungkin ketika pertama kali Anda melihat Google Analytics akan merasa kebingungan, tapi percayalah bahwa dalam waktu yang singkat Anda akan memahami betapa pentingnya alat pelacak milik Google ini.

Mari kita lihat cara menambahkan kode pelacakan Google Analytics ke situs WordPress Anda tanpa plugin.

Baca : Analytify – Plugin Google Analytics Terbaik Untuk WordPress

Kenapa Harus Memasang Kode Google Analytics Tanpa Plugin?

Ya pertanyaan itu, jawabannya memang tidak harus. Anda bisa juga menggunakan plugin untuk memasang kode analytics di situs Anda. Tapi, kadang plugin juga menjadikan berat situs Anda dan ini hanya tentang memasang kode saja, tidak lebih. Karena dengan memasang kode secara manual pun juga akan mendapatkan hasil laporan yang sama di dashboard Google Analytics Anda.

Jika Anda pengguna plugin optimasi SEO seperti All In One SEO maka itu akan menjadi sangat mudah, Anda tidak perlu menginstall plugin khusus untuk memasang kode Google Analytics dan juga sudah disediakan tempat untuk memasangnya. Tapi jika Anda adalah pengguna plugin SEO Yoast maka Anda tidak akan menemukan pengaturan untuk memasang kode Google Analytics dan SEO Yoast akan menyarankan Anda untuk menggunakan plugin MonsterInsights untuk Analytics.

Kekurangan tidak menggunakan plugin untuk memasang Google Analytics adalah ketika Anda mengganti tema WordPress Anda dengan tema yang lain, maka kode Google Analytics akan hilang dan Anda harus memasangnya lagi dan Anda harus mengingat itu.

Jadi, sekarang keputuasan ada ditangan Anda. Apakah Anda ingin menggunakan plugin atau tanpa plugin untuk menambahkan kode Google Analytics di situs WordPress Anda. Tapi, jika Anda lebih suka memasang kode Google Analytics secara manual tanpa plugin, ikuti langkah-langkah-panduan di bawah ini.

Baca : Cara Memasang Google Analytics di WordPress Dengan Google Analytics WD

Pasang Kode Google Analytics di WordPress Tanpa Plugin

Sebelum memulai, pastikan untuk membuat backup untuk tema WordPress Anda, jadi jika ada masalah, Anda dapat dengan mudah mengembalikannya.

Karena pemasangan kode Google Analytics ini akan langsung berhubungan dengan kode di tema WordPress yang Anda gunakan, jadi jika terdapat kesalahan sekecil koma yang salah tempat dapat mengakibatkan masalah pada seluruh situs Anda. Pastikan untuk membuat backup untuk berjaga-jaga.

Langkah 1: Dapatkan Kode Pelacakan Google Analytics Anda

Klik menu “ADMIN” di sidebar kiri bawah.

Pasang Google Analytics WordPress

Di kolom “Property”, klik “Tracking Info”, lalu klik “Tracking Code”.

Pasang Google Analytics WordPress 2

Sekarang Anda bisa mendapatkan kode pelacakan di bawah bagian “Website Tracking”. Dan salin kode tersebut.

Pasang Google Analytics WordPress 3

Langkah 2: Tambahkan Kode Pelacakan ke file header.php

Masuk ke dashboard WordPress Anda dan arahkan ke menu Appearance » Editor. Sekarang klik file “header.php” di sebelah kanan di bawah bagian Template.

Pasang Google Analytics WordPress 4

Tempel kode pelacakan yang baru saja Anda salin dari profil Analytics Anda tepat setelah tag <head> atau tepat setelah tag <body> juga boleh, silahkan pilih salah satu.

Pasang Google Analytics WordPress 5

Kemudian klik “Update File”.

Dan sekarang selesai, Anda baru saja menambahkan kode Google Analytics di WordPress secara manual tanpa plugin.

Catatan : Jika Anda mengikuti intruksi yang diberikan oleh Google Analytics maka disitu tertulis Salin dan tempelkan kode ini sebagai item pertama kedari setiap halaman web yang ingin Anda lacak. Jika Anda sudah memiliki “Global Site Tag” di halaman Anda, cukup tambahkan baris konfigurasi dari cuplikan di bawah ini ke Global Site Tag Anda yang ada.

Baca : Cara Menghapus Akun Google Analytics Website

Dan sekarang Anda bisa melihat dashboard Google Analytics dan periksa apakah sudah bekerja melacak situs Anda. Jika jumlah pengunjung aktif sudah terekam secara realtime, itu pertanda Anda sukses menambahkan Google Analytics ke situs WordPress Anda. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba cara diatas. Semoga sukses 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Mana Yang Lebih Baik Antara Monstroid2 vs Divi vs Avada

Di dunia web, WordPress memiliki popularitas tertinggi. Ini menjadikan banyaknya pengembang tema bermunculan untuk...

WP-Rocket Plugin Cache Terbaik untuk Mempercepat WordPress

WP-Rocket Plugin Cache Terbaik untuk Mempercepat WordPress. Blog atau website yang mempunyai kecepatan lebih...

Close