How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Memasang Video Pada Posisi Tengah di WordPress

WordPress memiliki fitur keren yang secara otomatis dapat menampilkan video yang memiliki code embed. Dan dengan menggunakan URL video di youtube otomatis WordPress juga bisa menampilkan Video dengan baik.

Tapi saat Anda ingin menampilkan video embed pada situs WordPress pada postingan Anda maka video tidak dapat tampil pada posisi yang tepat yaitu di tengah. Mungkin Anda sebagai pengguna baru merasa frustrasi ketika ingin memasang video di situs WordPress Anda dan mendapati video ditampilkan pada posisi kiri dan terlihat kurang menarik. Mungkin Anda memiliki vidoe terlihat seperti ini dipostingan Anda.

Video embed WordPress

Gambar diatas memperlihatkan bahwa video youtube yang saya embed tidak berada pada posisi tengah dan terlihat tidak menarik dilihat. Dan disini saya akan memberikan tips cepat yang akan membantu Anda dalam mengatur posisi video embed agar berada posisi di tengah.

Memasang Video Embed Pada Posisi Tengah di WordPress

Tapi cara ini hanya berlaku jika Anda memasang video di postingan Anda dengan kode embed, bukan hanya menyalin URL dari video tersebut.

Setelah Anda memiliki kode embed, silahkan pergi postingan Anda dan silahkan beralih ke tab “Text” editor, dan paste kode embed Anda pada posisi yang Anda inginkan. Dan kemudian tambahkan kode berikut untuk mengampit kode embed video tersebut.


<div style="text-align: center;"> disini letak kode embed video </div>

Sehingga semuanya kode terlihat menjadi seperti berikut:


<div style="text-align: center;"><iframe src="https://www.youtube.com/embed/1KahlicghaE" width="532" height="325" frameborder="0" allowfullscreen="allowfullscreen"></iframe></div>

Dan hasil dari pemasangan kode diatas menjadikan video sekarang sudah pada posisi yang tepat yaitu posisi video ditengah. Anda tidak bisa menegahkan video dengan klik tombol format “align center” pada tab visual editor tapi tetap harus menambahkan kode menggunakan cara manual pada tab text editor. Dan hasilnya menjadi seperti gambar dibawah ini.

video youtube di posisi tengah WordPress

Dan caranya hanyalah seperti itu saja, cara yang cukup sederhana namun akan sering Anda gunakan.

Membuat Video Tampil Penuh Lebar

Memasang video pada posisi tengah memang merupakan posisi yang enak untuk dilihat tapi mungkin sebagian pengguna tidak menyukai cara itu dan lebih memilih untuk memasang video yang penuh lebar sehingga tidak ada ruang kosong di sebelah kanan dan kiri video.

Jika Anda ingin memasang video embed dan terlihat penuh pada postingan Anda, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan kode embed juga. Di YouTube (atau di mana pun), Anda bisa mengubah video embed untuk menjadi ukuran yang lebih besar. YouTube membuat ini sangat nyaman. Anda hanya perlu untuk memasukkan ukuran ke dalam ukuran lebar yang Anda inginkan, dan itu akan otomatis menyesuaikan tinggi untuk Anda untuk menyimpan video rasio yang sama.

video customize size

Sebagai contoh, saya ingin memasang video di postingan saya yang mempunyai lebar 600px, maka saya akan memilih ukuran video “Customize Size” dan memasukkan ukuran 600 pada kolom pertama. Dan setelah itu cukup copy kode embed yang berada diatas video preview. Dan selanjutnya paste pada posisi yang sesuai dengan keinginan Anda.

(Anda akan melihat bahwa YouTube memiliki beberapa ukuran umum yang sudah tersedia dalam menu pull-down. Anda harus memilih “Custom size” jika Anda ingin menyesuaikan ukuran sesuai dengan keinginan Anda).

* Catatan: Jika Anda memilih untuk menggunakan video penuh lebar sesuai dengan ukuran lebar postingan Anda, maka Anda tidak perlu menambahkan code diatas. Anda hanya cukup mempaste kode embed video lalu mempublish tulisan Anda.

Baca : Cara Memasang Embed Video Youtube di WordPress

Diatas adalah cara untuk memasang video embed pada posisi tengah dan mengatur video penuh lebar pada WordPress, semoga artikel sederhana ini bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba tutorial diatas. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Metro Magazine Responsive Free

Metro Magazine adalah Theme WordPress Responsive Gratis, Tema WordPress yang modern cocok untuk berita,...

Maksimalkan Pendapatan Anda dari Blog dengan PayClick Native Ads

Menghasilkan uang dari blog adalah hal yang paling di cari oleh para blogger baik...

Close