How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Menambahkan Kata kunci dan Meta Deskripsi di WordPress

WordPress merupakan platform yang sudah ramah terhadap mesin pencari atau sering disebut sebagai platform yang SEO friendly. Banyak aspek dalam WordPress dibangun berdasarkan praktik SEO terbaik.

SEO keyword WordPress

Tapi untuk membuat WordPress lebih ramah lagi terhadap mesin pencari banyak hal yang perlu kita lakukan sehingga situs yang Anda bangun dengan WordPress mampu bersaing di posisi teratas di hasil pencarian. Salah satu yang perlu Anda tambahkan adalah plugin SEO. Saya sudah menjelaskan secara lengkap dua buah plugin SEO terbaik untuk WordPress yaitu All in One SEO dan SEO by Yoast.

Pada artikel kali ini yang ingin saya jelaskan tetap berhubungan dengan kedua plugin SEO tersebut tapi lebih fokus terhadap bagaimana memasang kata kunci (keyword) dan Meta Deskripsi di WordPress secara benar pada plugin SEO tersebut.

Baca : WordPress SEO : Cara Optimalkan Meta Description

Mengapa Perlu Menambahkan Kata kunci dan Meta Deskripsi di WordPress?

Kenapa kata kunci dan deskripsi perlu untuk Anda tambahkan dalam website kita adalah karena Kata kunci dan deskripsi dibutuhkan untuk memberitahu mesin pencari tentang isi dari postingan atau artikel dan halaman Anda.

Deskripsi di mesin pencari google

Kata kunci adalah kata-kata penting atau frase yang seringkali diketikkan oleh orang-orang untuk mencari sebuah artikel atau informasi melalui mesin pencari. Sedangkan untuk Meta description adalah deskripsi atau penjelasan singkat tentang apa isi dari postingan dan halaman Anda.

Meta keyword (kata kunci) dan deskripsi sebenarnya dituliskan dalam bentuk meta tag HTML, dan di tempatkan pada header dari website Anda. Jika Anda tidak memiliki pengetahuan tentang HTML maka dengan plugin SEO WordPress inilah Anda dapat menuliskan meta keyword dan deskripsi menjadi sangat mudah tanpa perlu bersentuhan dengan kode sedikitpun. Dan Anda juga dapat dengan mudah menambahkan kata kunci dan deskripsi untuk setiap posting dan halaman di situs Web Anda dengan mudah hanya melalui admin area WordPress Anda.

Seberapa penting meta keyword dan deskripsi untuk SEO?

Untuk masalah seberapa penting, memang mesin pencari (Search engine) tidak secara jelas menyebutkan berapa bobot pentingnya untuk kata kunci atau deskripsi dalam menentukan posisi hasil pencarian. Namun, sangat jelas sekali bahwa kata kunci dan desktipsi sangat penting dan membantu Anda mendapatkan peringkat lebih baik.

Khusus untuk meta keyword (kata kunci) Memang banyak para ahli SEO saat ini mengatakan bahwa untuk penggunaan kata kunci sudah tidak diperlukan lagi. Dan Bahkan Google sendiri sebagai mesin pencari juga mengatakan bahwa mereka tidak menggunakan kata kunci atau meta keyword lagi dalam algoritmanya untuk menentukan hasil pencarian. Namun, para ahli SEO lainnya masih tidak setuju dan menyarankan kepada pengguna untuk terus menambahkan meta keyword. (dalam hal ini adalah keputusan bebas buat Anda untuk memutuskan tetap menggunakan meta keyword atau tidak sama sekali).

Tapi di sisi lain, meta description masih sangat penting untuk digunakan karena Anda dapat menggunakannya untuk menarik perhatian pengguna.

Dan sekarang setelah Anda mengetahui pentingnya meta keyword dan meta description untuk situs Anda, mari kita lanjutkan ke panduan untuk cara mudah menambahkan kata kunci dan meta description di WordPress.

Catatan: Pada tutorial ini saya akan menggunakan plugin All in One SEO dan SEO by Yoast, karena kedua plugin ini adalah plugin SEO paling populer untuk WordPress. Jika Anda belum memasang salah satu dari plugin tersebut Anda bisa membaca tutorial lengkapnya disini untuk ⇒ Tutorial Menggunakan All in one SEO Pack WordPress [New] dan disini untuk ⇒ Cara Install dan Settings Plugin SEO by Yoast [New].

Aktifkan Meta Keywords di SEO by Yoast

SEO by Yoast dilengkapi dengan built-in support untuk deskripsi dan meta keyword. Namun, fitur meta keyword dimatikan secara default.

Jadi untuk menggunakan meta keyword, Anda perlu untuk mengaktifkannya terlebih dahulu melalu menu SEO » Dashboard dan kemudian klik pada tab ‘Features’.

advanced pages

Sekarang Anda perlu untuk mengklik atau menggeser pada posisi ‘Enabled’ di bawah pilihan “Advanced Settings Pages” dan kemudian klik tombol save untuk menyimpan perubahan yang Anda lakukan.

Dan sekarang silahkan untuk masuk ke menu SEO » Titles & Metas dan kemudian klik pada menu tab “Others”.

use meta keywords

Selanjutnya klik pada tombol ‘Enabled’ di bawah ‘Use meta keyword tag?’ dan jangan lupa untuk klik tombol “Save changes”.

Dan sekarang Anda telah berhasil mengaktifkan fitur support meta keyword di plugin SEO by Yoast untuk WordPress. Dan Sekarang Anda dapat menambahkan meta keyword untuk posting dan halaman.

Menambahkan Kata kunci dan Meta Deskripsi untuk Homepage

Anda juga dapat menambahkan kata kunci dan deskripsi untuk homepage situs Anda di WordPress.

Untuk melakukannya silahkan masuk ke menu SEO » Titles & Metas dan kemudian klik pada tab ‘Homepage’. Di sini Anda dapat menambahkan judul kustom, deskripsi, dan meta keyword untuk homepage situs Anda.

home keywords descriptions

Jangan lupa untuk mengklik tombol “Save Changes” untuk menyimpan pengaturan Anda.

Menambahkan Kata kunci dan Meta Deskripsi Pada Postingan dan Halaman

Pertama, Anda perlu mengedit posting atau halaman di mana Anda ingin menambahkan kata kunci dan meta description.

Scroll ke bawah sedikit untuk meta box ‘Yoast SEO’ di bawah post editor.

Anda akan melihat judul situs Anda dan deskripsi secara otomatis ditampilkan. Di bawah ini Anda akan melihat bidang Meta Keywords.

snipet editor seo yoast

Anda harus memasukkan kata kunci dipisahkan dengan koma. Jangan menggunakan lebih dari 10 kata kunci atau frase.

Pastikan bahwa Anda hanya menggunakan kata kunci yang relevan dengan konten Anda dan kata kunci yang Anda gunakan terdapat dalam artikel Anda.

Selanjutnya Anda perlu untuk klik tombol ‘Edit Snipet’ untuk mengedit kalimat deskripsi Anda, dengan cara ini Anda dapat membuat deskripsi sesuai keinginan Anda. Karena secara otomatis ini dibuat secara default oleh plugin Yoast dan mengambil kalimat dari paragraf pertama dari artikel Anda.

snipet editor yoast

Pastikan untuk menulis deskripsi sesuai dengan artikel Anda namun buat secara menarik dan pastikan juga untuk menulis kata kunci utama Anda di dalam kolom deskripsi tersebut. (Deskripsi yang baik hanya dibatasi 160 karakter, jadi usahakan memanfaatkan 160 karakter tersebut untuk menuliskan deskripsi terbaik untuk artikel Anda)

Setelah itu klik tombol ‘Close snippet editor’ ketika Anda selesai. Anda akan dapat melihat deskripsi kustom Anda di tampilkan pada preview snippet.

Selamat, Anda telah berhasil menambahkan meta keyword dan deskripsi ke posting WordPress Anda. Anda sekarang dapat menyimpan atau mempublikasikan posting atau halaman Anda.

Menambahkan Keywords dan Meta Deskripsi untuk Kategori Arsip

Anda juga dapat menambahkan kata kunci dan deskripsi untuk kategori dan tag halaman arsip Anda.

Pertama, Anda perlu mengunjungi Post » Categories. Dan klik “Edit” pada kategori yang Anda inginkan. Ini akan membuka editor halaman kategori dan scroll ke bawah untuk Yoast SEO meta box.

Sekarang Anda perlu untuk mengklik tombol “Edit Snippet” untuk masuk ke deskripsi kategori Anda sendiri.

categories desc keywords

Setelah itu Anda perlu untuk mengklik pada tombol ‘Settings’ yang berbentuk icon “Gear” untuk masuk meta keyword yang akan digunakan untuk halaman arsip kategori tertentu.

categories meta keyword

Jangan lupa untuk mengklik tombol ‘Update’ untuk menyimpan pengaturan Anda.

Anda dapat mengulangi proses yang sama untuk menambahkan kata kunci dan deskripsi pada tag dan arsip taksonomi kustom Anda lainnya.

Aktifkan Meta Keywords di All In One SEO

Untuk menggunakan meta keywords (kata kunci) pada plugin All In One SEO, silahkan untuk klik menu All In One SEO » General Settings pada menu sidebar di Dashboard WordPress Anda.

Meta keyword all in one seo

Silahkan scroll dan cari bagian di paling bawah tepatnya pada “Keywords Settings”, silahkan untuk klik pilihan “Enabled” dan klik “Update Options”.

Menambahkan Meta Keywords dan Descriptions pada Homepage

Pada bagian ini tempatnya sama dengan bagian mengaktifkan fitur Meta Keywords, cuman bedanya berada pada bagian atas dibawah “Homepage Settings”. Dan isilah judul (Home titles), deskripsi (home descriptions) dan kata kunci (home keywords) pada kolom yang sudah disediakan.

Home-Page-Settings keyword AIO

Dan jangan lupa untuk menyimpan perubahan tersebut dengan klik tombol “Update Options” pada bagian bawah.

Menambahkan Meta Keywords dan Descriptions pada Postingan dan Halaman

Untuk menambahkan kata kunci dan deskripsi pada artikel Anda, silahkan untuk mengedit artikel yang sudah ada dan lihat pengaturan dibagian bawah editor WordPress. Disitu Anda akan melihat terdapat tiga kolom untuk memasukkan judul artikel (lebih baik jangan lebih dari 60 karakter), deskripsi (lebih baik jangan lebih dari 160 karakter) dan kata kunci. Masukkan semua informasi sesuai dengan konten Anda dan kata kunci yang Anda bidik. Dan jangan lupa untuk memasukkan judul menarik, deskripsi yang mengandung kata kunci utama dan masukkan kata kunci dengan dipisahkan koma.

post aio keyword settings

Dan untuk menambahkan kata kunci dan deskripsi pada kategori dan tag cara dan letaknya hampir sama dengan Yoast SEO, jadi silahkan untuk melanjutkan sendiri bagian ini.

Baca : Tips Trik Meningkatkan SEO Website WordPress

Dan diatas adalah cara untuk menambahkan meta keyword (kata kunci) dan meta deskripsi di WordPress, dengan artikel ini saya berharap dapat membantu Anda mempelajari cara mudah menambahkan kata kunci dan meta description untuk posting WordPress Anda dan halaman. Selamat mencoba 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Styled Store Responsive Free

Styled Store adalah Theme WordPress Responsive Gratis yang mengagumkan dengan desain elegan dirancang untuk...

5 Platform Layanan Email Marketing Terbaik Wajib di Coba

Melakukan strategi pemasaran melalui email sangat penting untuk dijalankan oleh semua pemilik bisnis online,...

Close