Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

7 Langkah Cepat Cara Membuat Blog Sendiri

Jika saat ini Anda sedang merencanakan untuk membuat blog, namun masih bingung langkah apa yang harus Anda ambil dalam blogging, maka disini saya akan memberikan tips 7 langkah cepat dan mudah cara memiliki blog sendiri agar blog Anda nanti tumbuh menjadi blog yang sukses.

blogger sukses

Langkah-langkah yang akan saya sebutkan di bawah ini adalah langkah yang harus Anda ikuti jika ingin serius dalam blogging dan menuai kesuksesan, karena banyak sekali orang yang hanya karena mendengar atau membaca dari berbagai artikel bahwa mendapatkan uang dari blog sangat mudah dan menghasilkan uang yang banyak, mereka berbondong-bondong membuat blog dan gagal sebelum melewati satu tahun dalam aktivitas bloggingnya dan bahkan sama sekali tidak mendapatkan uang sepeserpun dari blogging yang sudah di jalankannya.

Baca : Tetap Termotivasi adalah Kunci Sukses Dalam Blogging

Berikut 7 Langkah Memiliki Blog Sendiri :

Topik atau Niche : Hal pertama yang perlu Anda tentukan adalah tentang topik apa yang akan Anda bahas dalam blog Anda nantinya. Dengan mengetahui topik atau niche sebelum membuat blog, Anda akan menemukan titik fokus awal dalam menentukan nama domain, konsep desain dan bahkan platform blogging dan layanan hosting yang cocok dengan kebutuhan dari blog Anda. Selain itu, dengan mengetahui niche yang Anda sukai dan pahami dengan mendalam, Anda akan dapat mempunyai ide yang banyak untuk membuat artikel di niche tersebut. Dengan begitu Anda akan bertahan lebih lama dalam pengembangan blog sampai mencapai kesuksesan dan tidak gagal dalam tahun pertama Anda.

Platform Blog : Langkah kedua adalah memilih platform blogging atau CMS yang tepat untuk Anda gunakan. Banyak sekali platform blogging yang tersebar di internet yang bisa Anda pilih, dari yang gratis sampai yang berbayar. Di langkah ini saya tentu akan menyarankan Anda untuk menggunakan platform blog WordPress. WordPress adalah platform blogging yang open source dan gratis untuk Anda gunakan, WordPress juga menjadi pilihan utama bagi para blogger karena kemudahanya dan banyaknya tutorial di banding dengan platform lain. WordPress juga bukan hanya untuk digunakan untuk membangun blog, tapi juga bisa digunakan untuk membangun situs dengan berbagai tujuan seperti web bisnis, toko online dan masih banyak lagi sesuai keinginan Anda.

Layanan Hosting : Setelah Anda memilih platform blogging yang tepat, Anda perlu mencari layanan web hosting yang mengkhususkan diri dalam menyediakan layanan hosting yang dapat diintegrasikan dengan platform blogging atau CMS yang Anda pilih. Jika Anda menggunakan WordPress, Anda akan menemui banyak sekali layanan hosting khusus untuk WordPress, misalnya: menawarkan pengguna cPanels khusus, platform WordPress ditingkatkan, update core WordPress otomatis dan instalasi WordPress 1 klik, untuk membantu Anda membuat blog sendiri dengan mudah dan cepat. Layanan hosting ini penting sekali untuk kesuksesan blog Anda, karena dengan hosting terbaik situs Anda dapat di akses dengan load yang cepat, kecepatan situs merupakan hal yang sangat di sukai oleh mesin pencari seperti google sehingga Anda dapat bersaing di hasil pencarian yang lebih baik.

Nama Domain : Jangan lupa untuk mendaftarkan domain! Anda dapat memilih nama domain yang unik, yang sesuai dengan niche dari blog Anda. Untuk mendapatkan nama domain tidaklah sulit, karena saat Anda mendaftar untuk layanan hosting akan terdapat penawaran untuk pembelian nama domain. Jika Anda mendaftar di hosting seperti SiteGround, iPage, atau Bluehost Anda akan mendapatkan nama domain gratis selama satu tahun. Nama domain Anda harus mudah untuk di baca dan di ingat oleh calon pengunjung Anda, dan nama domain harus mencerminkan niche atau topik dari keseluruhan blog Anda, jadi pilihlah dengan hati-hati sebelum membeli nama domain untuk blog Anda, ini juga bisa menjadi brand dari bisnis Anda nantinya.

Desain Themes : Desain themes atau tema dari situs blog Anda haruslah menarik tapi tidak berlebihan. Maksudnya adalah Anda harus mencari atau bahkan membeli tema yang mempunyai desain profesional. Blog dengan tampilan yang menarik tentu akan menjadikan pengunjung nyaman dan mengingat situs blog Anda. Dalam blogging memang artikel adalah kekuatan utama, tapi dengan memberikan desain yang menarik dan profesional tentu akan menambah nilai dari blog itu sendiri. Platform blogging seperti WordPress menawarkan pengguna tema gratis yang sangat banyak dengan berbagai desain sesuai dengan kebutuhan, juga banyak tema WordPress yang ramah terhadap mesin pencari. Anda bahkan dapat menyesuaikan desain template pilihan Anda jika Anda agak akrab dengan CSS, HTML dan PHP, untuk membuatnya sedikit lebih unik.

Kontent : Sekarang pada langkah ke enam ini tentu Anda sudah mempunyai blog yang aktif, sekarang adalah saatnya Anda untuk membuat artikel yang menarik sesuai dengan topik atau niche pilihan Anda. Ulas secara lengkap topik tersebut menjadi beberapa artikel yang mudah di baca dan bermanfaat bagi pengunjung Anda. Buat artikel yang unik dan selalu update artikel Anda dengan jadwal yang sudah Anda tentukan, misal Anda dapat melakukan update artikel 1 hari sekali atau 5 artikel dalam seminggu. Dengan menjaga update artikel blog, Anda akan mendapatkan pengunjung bertambah setiap harinya, lakukan dengan sabar dan saat blog sudah memiliki pengunjung yang banyak, saat itulah blog Anda harus menghasilkan uang.

Share : Cara terbaik untuk menarik pembaca baru, dan untuk menjaga pembaca Anda terlibat, adalah dengan berbagi posting blog Anda pada berbagai jaringan sosial. Facebook, Twitter, G +, Reddit dan bahkan Linkedin adalah platform yang besar untuk berbagi link ke blog. Dengan membagikan setiap artikel baru ke sosial media akan mengarahkan lalu lintas baru ke situs Anda, serta memungkinkan pembaca untuk bereaksi dan mengomentari tulisan-tulisan di blog yang Anda buat.

Baca : Daftar 30 Blogger Sukses Dengan Penghasilan Terbesar

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Apa dan Kegunaan Plugins WordPress?

Apa dan Kegunaan Plugin Wordpress? Plugin adalah merupakan bagian dari perangkat lunak yang mengandung...

Themes WordPress Latte Responsive Free

Latte adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang di desain dengan gaya satu halaman paralaks...

Close