How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Mudah Membuat Tabel di WordPress [no html]

Cara Mudah Membuat Tabel di WordPress. Pada dasarnya WordPress sudah hadir dengan posting editor visual yang bagus dan hampir lengkap, tetapi ada beberapa fitur tertentu yang belum ada, dan salah satunya adalah fitur untuk membuat tabel.

Beberapa pengguna memang tidak memerlukan fitur ini, dan itu mungkin yang menjadikan WordPress tidak memberikan fitur tabel pada editor visualnya dan juga untuk mempertahankan editor visual yang simple dan sederhana sesuai dengan fungsi terbanyak yang dipakai pengguna.

Namun, jika Anda ingin membuat tabel di WordPress, hal itu sangatlah mudah. Karena begitu banyak plugin yang bisa membantu Anda mewujudkan itu. Salah satu plugin populer dan sampai saat ini masih di perbarui untuk membuat tabel di WordPress adalah TablePress.

Pada artikel kali ini saya akan menunjukkan kepada Anda cara mudah untuk membuat tabel di WordPress tanpa html dengan plugin TablePress. Silahkan simak lebih lanjut tentang panduan ini.

Baca : 5 Plugin Tabel Harga untuk WordPress Terbaik Gratis

Kapan Anda Perlu Membuat Tabel di WordPress?

Tabel merupakan alat penting untuk memilah dan menyajikan informasi dalam data. Meskipun sebenarnya Anda dapat membuat tabel secara manual dengan mengetikkan kode HTML dan CSS dalam postingan Anda, tapi itu bukanlah pilihan yang mudah bagi sebagian banyak pengguna WordPress, khususnya jika mereka tidak memiliki pengetahuan tentang kode HTML dan CSS.

Selain itu, Anda perlu menggunakan tabel di WordPress ketika Anda ingin menampilkan data yang tersusun rapi dengan bagian-bagian tertentu sesuai daftar. Sebagai contoh, mungkin Anda ingin menampilkan daftar tabel harga, daftar nilai, daftar perbandingan dan masih banyak lagi.

Apa itu TablePress?

TablePress adalah plugin WordPress yang memungkinkan Anda untuk membuat dan mengelola tabel yang indah dengan mudah bahkan bisa dikatakan sebagai plugin yang memiliki pengaturan sederhana dan sangat mudah untuk pemula sekalipun. Anda dapat menanamkan tabel ke dalam posting, halaman, atau widget teks dengan Shortcode sederhana. Data tabel dapat diedit dalam antarmuka mirip spreadsheet di software excel, jadi tidak perlu pengkodean sama sekali.

Tabel dapat berisi semua jenis data, bahkan rumus yang akan dievaluasi. Pustaka JavaScript tambahan menambahkan fitur seperti penyortiran, paginasi, pemfilteran, dan lainnya untuk pengunjung situs. Tabel dapat diimpor dan diekspor dari / ke file Excel, CSV, HTML, dan JSON.

TablePress juga merupakan plugin yang sangat populer di direktori plugin WordPress.org, saat saya menulis artikel ini sudah digunakan oleh 700 ribu lebih pengguna dengan jutaan download dan mendapatkan ulasan positif dan rating bintang 5 yang sangat tinggi . Ini membuktikan bahwa plugin TablePress merupakan pilihan terbaik bagi pengguna WordPress untuk membuat tabel di WordPress. Anda juga perlu mencobanya sekarang…!

Cara Membuat tabel di WordPress dengan TablePress

Untuk membuat tabel di WordPress, silahkan download, install dan aktifkan Plugin TablePress. Anda bisa mengetikkan kata kunci ‘TablePress’ di kolom pencarian plugin di admin WordPress Anda.

Membuat Tabel di WordPress Install TablePress

Setelah plugin Anda aktifkan, akan muncul item menu baru bernama “TablePress” dan klik Menu Tablepress » Add New Table. Ini akan membawa Anda ke tab “Add New”.

Setelah itu Anda akan melihat kolom sederhana seperti gambar dibawah ini. Dan silahkan berikan nama dan deskripsi, dan juga tentukan nilai pada “Number of Rows” dengan jumlah baris dan isi “Number of Colums” dengan jumlah kolom yang Anda inginkan.

Membuat Tabel di WordPress Add New

Jangan khawatir, Anda selalu dapat menambahkan atau menghapus kolom dan baris dari tabel yang anda buat, saat memasukkan data atau dengan mengedit tabel nanti. Klik tombol “Add Table” ketika selesai.

Membuat Tabel di WordPress

Ini adalah editor tabel di mana Anda dapat menambahkan data ke tabel Anda. Anda juga dapat menambah dan menghapus kolom atau baris. Semua baris dan kolom dapat diseret dan disusun kembali.

Membuat Tabel di WordPress Table of Content

Di bagian bawahnya yaitu “Table Manipulation” terdapat beberapa fitur untuk menambahkan link, gambar, menambahkan baris dan kolom. Dan hal menarik lain adalah Anda juga bisa membagi atau menggabung kolom dengan rowspan atau colspan.

Membuat Tabel di WordPress Table Manipulation

Selanjutnya pada bagian “Table Options”, Anda bisa menentukan tabel paling atas atau paling bawah sebagai header tabel, menambahkan background pada tabel dan juga terdapat pilihan untuk menambahkan CSS class milik Anda sendiri.

Membuat Tabel di WordPress Table Option

Dan terkahir pada bagian “Features Data Tables”, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan pilihan sorting, filter, pencarian, pembagian halaman, dan scrolling.

Membuat Tabel di WordPress Feature Table

Setelah Anda selesai dalam membuat tabel di pengaturan tersebut, sekarang simpan tabel Anda dengan klik tombol “Save Changes”. Dan Anda bisa mulai untuk menambahkan tabel ini ke dalam postingan atau halaman di situs WordPress Anda.

Memasang Tabel di Postingan atau Halaman

Ada dua cara untuk memasang dan menampilkan tabel di postingan atau halaman situs Anda. Pertama, Anda bisa langsung menyalin atau copy kode shortcode dari tabel yang sudah Anda buat tadi dan paste pada postingan atau halaman situs Anda.

Dan yang kedua, silahkan buka postingan yang sudah ada atau membuat postingan baru untuk memasukkan tabel. Jika Anda menggunakan editor visual, maka Anda akan melihat ikon tabel ditambahkan dalam editor visual Anda. Silahkan klik tombol  “Instert a Table from TablePress” tersebut dan akan membuka pop up yang akan menampilkan daftar nama tabel yang sudah Anda buat sebelumnya.

add-table-post

Pilih nama tabel yang sesuai dan tekan tombol “Insert Shortcode”, dan itu akan menambah shortcode di postingan Anda.

Membuat Tabel di WordPress Pasang Tabel

Jika Anda tidak menggunakan editor visual, maka Anda bisa  memasukkan shortcode secara manual. Klik pada item menu TablePress, dan ia akan menampilkan daftar tabel yang telah Anda buat. caranya Klik Show Shortcode, dan ini akan membuka jendela pop-up dengan shortcode tabel. copy shortcode dan paste di posting Anda di manapun Anda ingin memasukkan tabel tersebut.

show-table-shortcode

Dan berikut adalah hasil dari tabel yang dibuat dengan TablePress dan sudah dipublish pada postingan.

Membuat Tabel di WordPress Contoh tabel

Plugin ini juga dapat mengimpor data dari file csv, berkas json, sebuah tabel HTML dan format json, Anda bisa melakukan impor pada menu TablePress » Import Table.

Membuat tabel di WordPress import

Dan Anda juga dapat mengekspor semua tabel Anda di CSV, HTML, dan format JSON. Anda bisa melakukan ekspor tabel pada menu TablePress » Export Table.

Membuat Tabel di WordPress Export

Dan itulah panduan lengkap cara membuat tabel di WordPress dengan plugin TablePress. Semoga artikel diatas bermanfaat buat Anda dan sebagai solusi untuk Anda dalam membuat berbagai macam tabel di WordPress dengan mudah tanpa kode html dan jika Anda sudah beralih menggunakan editor baru WordPress bernama Gutenberg, maka untuk membuat tabel di postingan menjadi sangat mudah dan tidak perlu menggunakan plugin, Anda bisa membaca tentang editor baru WordPress Gutenberg disini ⇒ Panduan Lengkap Editor Baru WordPress Gutenberg. Selamat mencoba 🙂

Baca : Cara Mudah Mengelola Tabel di WordPress dengan Plugin wpDataTables

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

18 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress BizPlus Responsive Free

BizPlus adalah Tema WordPress Responsive Gratis versi lanjutan dari tema BizLight. Ini adalah tema...

7 Plugin Testimonial WordPress Gratis Terbaik 2019

Dalam menjalankan bisnis online untuk mendapatkan kepercayaan dari calon pelanggan atau pembeli potensial adalah...

Close