How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Mudah Mengelola Tabel di WordPress dengan Plugin wpDataTables

Website yang dibangun untuk tujuan bisnis, analisis, keuangan, perusahaan maupun berbagai macam web seperti sekolahan maupun universitas tentu tidak akan pernah jauh-jauh dengan pekerjaan yang berhubungan dengan data yang ditampilkan dalam bentuk tabel dan charts. Sangat dibutuhkan sekali dan juga sangat sering data berbentuk tabel, charts dan grafik tersebut akan ditampilkan dalam website-website tersebut.

Tapi, yang menjadi masalah adalah data dalam bentuk tabel dan charts tidak mudah untuk tampilkan di website, berbeda dengan data berbentuk tulisan yang tentu sangat mudah untuk kita masukkan dan atur agar terlihat bagus di website. Jika kita ingin membuat tabel maka diperlukan pengetahuan tentang kode html dan jika ingin tampil lebih bagus lagi maka juga harus mengerti tentang CSS. Dan hal tersebut membuat semua terasa sulit, lama dan tidak semua orang bisa menampilkan tabel dan charts menjadi terlihat bagus di website.

Saat ini banyak sekali situs-situs yang dibangun dengan menggunakan WordPress baik untuk tujuan bisnis, pribadi, toko online, perusahaan, sekolah maupun universitas, hal tersebut terjadi karena memang WordPress sangat mudah digunakan oleh pemula sekalipun dan WordPress memiliki kemampuan untuk membuat berbagai macam website untuk berbagai tujuan.

Selain itu WordPress memiliki banyak sekali plugin yang bisa ditambahkan sesuai dengan tujuan website dibuat, dan plugin inilah yang menjadikan WordPress menjadi platform web yang kuat dari dulu sampai saat ini. Dan jika Anda merupakan pengguna WordPress yang saat ini sedang kesulitan dalam mengelola data berbentuk tabel dan charts maka Anda dapat dengan mudah menemukan plugin yang bisa Anda gunakan untuk mengelola data tabel dan charts tersebut. Tapi banyak sekali juga plugin tidak bekerja dengan baik sesuai dengan tujuan Anda dan memiliki fitur yang sangat terbatas. Untuk mempersingkat waktu pencarian Anda untuk menemukan plugin yang dapat mengelola tabel dan grafik dengan maksimal, maka disini saya akan memperkenalkan sebuah plugin keren dengan fitur lengkap untuk mengelola data tabel dan grafik dengan mudah yaitu wpDataTables.

Visit wpDataTables

Apa itu wpDataTables?

wpDataTables adalah plugin WordPress premium yang dapat mengubah situs Anda menjadi aplikasi spreadsheet tanpa memerlukan kemapuan coding. Dengan plugin wpDataTables ini Anda dapat dengan mudah melakukan pekerjaan Anda dalam mengelola data berbentuk tabel dan grafik di website WordPress dan juga dapat mengolah tabel yang dihasilkan dari berbagai macam sumber seperti file Excel, CSV, MySQL query, XML dan JSON. Jadi, dengan plugin wpDataTables ini Anda dapat meng-upload file yang berisi data tabel seperti dari Excel dan kemudian membiarkan plugin ini untuk memproses data dalam tabel sesuai dengan format yang sesuai untuk dimasukkan kedalam posting atau halaman di situs WordPress Anda.

wpDataTables

Plugin ini sangat populer dan sudah dipercaya digunakan oleh lebih dari 10.000 perusahaan maupun individu untuk megelola data tabel dan grafik untuk keuangan, ilmiah, statistik, komersial dan masih banyak yang lainnya.

Menggunakan wpDataTables ini benar-benar mudah karena tidak memerlukan konfigurasi yang rumit dan membuat tabel dan grafik hanya dengan klik tanpa perlu memikirkan kode sedikitpun. Dan terbukti 70% dari pengguna mengatakan bahwa wpDataTables mudah untuk dipelajari. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam menggunakannya. Selain itu tabel dan grafik dapat tampil secara responsive yang berarti akan tampil dengan sempurna di berbagai ukuran layar.

Harga dan Fitur wpDataTables

wpDataTables memang tidak gratis tapi ini dijual dengan harga yang terbilang sangat murah mengingat begitu banyak fitur dan kemampuan yang dimiliki plugin ini untuk mengelola tabel dan grafik secara komplek. Plugin ini bisa Anda dapatkan dengan harga :

  • $35 (Regular License) 1 kali bayar atau seumur hidup, mendapat gratis update selamanya dan gratis dukungan selama 6 bulan (+11.63 untuk dukungan 12 bulan).
  • $175 (Extendet License) 1 kali bayar atau seumur hidup, mendapat gratis update selamanya dan gratis dukungan selama 6 bulan (+$58.13 untuk dukungan 12 bulan).

Untuk fitur wpDataTables tidak bisa diragukan lagi karena jumlah fitur yang dibawa oleh plugin wpDataTabels ini sangat lengkap dan mengalahkan semua kompetisi dengan plugin lain yang sejenis dan dengan membeli plugin ini maka Anda akan tetap mendapatkan fitur baru selamanya.

Buy wpDataTables

Berikut fitur-fitur unggulan yang bisa Anda dapatkan dari wpDataTables :

features wpdatatables

Jika kita akan menulis daftar lengkap lengkap dari fitur, halaman ini akan menjadi terlalu besar. Jadi here’re hanya beberapa fitur bagus:

Responsive

Tabel, charts dan grafik yang dibuat dengan wpDataTables akan ditampilakn dengan responsive sehingga tampil dengan sempurna diberbagai macam perangkat dan ukuran layar.

Very Large Tabel

wpDataTables bekerja sangat cepat dengan data tabel-tabel besar bahkan hingga jutaan baris. Semua operasi akan ditangani oleh server MySQL sehingga data tabel ditampilkan dengan sangat cepat. Dan tabel-tabel dapat Anda atur untuk ditampilkan beberapa entry saja dan dipecah dengan paginations.

Editable

wpDataTables mmapu membuat, mengedit dan menghapus tabel sesuai keinginan dan selain itu pengguna dapat mengedit isi tabel dari table inline, atau dari bentuk yang sudah dihasilkan.

Advanced Filter dan Search

wpDataTables memiliki fitur pencarian dan filter yang memudahkan Anda dalam mencari data dalam tabel dengan cepat. Fitur ini sangat lengkap karena bisa Anda atur dengan beberapa metode penyaringan.

ShortCode

wpDataTables menghasilkan shortcode yang digunakan untuk menyisipkan beberapa tabel pada satu halaman atau posting. Hal ini memudahkan pengguna dalam mengatur peletakan tabel dalam post maupun page.

Highlighting

Hal ini dimungkinkan untuk menyoroti sel, baris, kolom tergantung pada konten mereka fitur ini seperti fitur Conditional Formatting seperti di Excel.

Charts

Setiap tabel dapat digunakan sebagai sumber data untuk membuat grafik. Grafik tersebut diberikan oleh 3 engine (Google charts, Highcarts, carts.js) yang kuat dan dapat mengubah secara realtime. Dan terdapat berbagai macam bentuk chart yang dapat dihasilkan dari data tabel seperti Area, bar, column, line dan pie.

Export

Tabel yang dihasilkan dapat di export oleh pengguna secara mudah dengan berbagai macam format file seperti Excel, PDF dan CSV. Disamping itu juga terdapat tombol pilihan untuk melakukan print dan copy tabel dengan cepat.

Dan itulah beberapa fitur-fitur unggulan dari wpDataTables yang bisa saya sebutkan, masih banyak lagi fitur-fitur lain yang bisa Anda temukan setelah menggunakan plugin ini. Sekarang mari kita lanjutkan ke cara menggunakan plugin wpDataTables dibawah ini.

Cara Menggunakan Plugin wpDataTables

Untuk menggunakan plugin wpDataTables ini hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membeli plugin ini melalui -> CodeCanyon. Dan setelah melakukan pembayaran, Anda bisa mendownload file wpDataTables dalam bentuk file zip.

Setelah itu silahkan melakukan instalasi melalui Dashboard WordPress dengan memilih file zip yang baru saja Anda download, dan jika Anda tidak berhasil silahkan menginstall plugin tersebut melalui FTP. Atau jika Anda belum memahami secara mendalam tentang cara install plugin WordPress, silahkan baca Panduan Cara Install Plugin WordPress Lengkap.

Selanjutnya setelah plugin sudah terinstall jangan lupa untuk melakukan aktivasi plugin wpDataTables tersebut. Dan Anda akan melihat menu baru di sidebar admin dengan nama “wpDataTables”.

Sebelum membuat table, silahkan untuk melakukan konfigurasi plugin ini dengan masuk ke menu wpDataTables » Settings. Disitu Anda akan melihat tiga menu tab yang terdiri dari “Main Settings”, “Colors and font settings” dan “Custom JS and CSS”.

settings wpDataTables

Pada bagian Main Settings ini Anda dapat melakukan pengaturan seperti bahasa, jumlah tabel per halaman, skin dasar, tanggal, jam dan masih banyak lagi. Yang terpenting dibagian ini jika Anda ingin menghubungkan wpDataTables dengan database MySQL WordPress maka Anda harus mencentang pilihan “Use separate MySQL connection” dan selanjutnya isi pengaturan SQL Anda.

  • MySQL host: Alamat MySQL host, domain atau IP-address.
  • MySQL database: Nama database yang ingin Anda gunakan.
  • MySQL user: Username yang digunakan untuk login.
  • MySQL password: Password yang digunakan untuk login.
  • MySQL port: jika Anda menggunakan non-standar (berbeda dari 3306) port pada server MySQL Anda dapat menentukan di sini.
  • Test MySQL connection: Gunakan tombol ini untuk memeriksa apakah pengaturan sudah benar.

Dan untuk mendapatkan update secara otomatis silahkan masukkan kode pembelian wpDataTables dari CodeCanyons Anda pada bagian “Purchase Code”.

Selanjutnya untuk Colors and font settings merupakan bagian untuk mengatur warna dan font untuk segala kebutuhan tabel Anda, dan Anda bisa membiarkan bagian ini jika tidak ingin menggunakan pengaturan secara default. Dan untuk Custom JS and CSS, Anda bisa memasukkan kode JS dan CSS buatan Anda sendiri pada bagian pengaturan ini.

Setelah semua konfigurasi sudah Anda lakukan pada bagian pengaturan, selanjutnya adalah membuat tabel pada wpDataTables. Pada bagian ini saya hanya akan memberi contoh membuat table mengambil dari tabel yang sudah dibuat dari file excel dengan format .XLS atau .XLSX.

excel wpdatatables

Pertama silahkan klik menu wpDataTables » Add from data source.

wpDataTables menu

Silahkan untuk mengisi nama table pada “Table title” selanjutnya pilih Table type “Excel file”. Dan selanjutnya pilih “Upload file” dan silahkan upload file excel yang akan Anda buat menjadi tabel di wpDataTables yang sudah Anda upload ke media library WordPress.

Import wpDataTables

Pada bagian “Additional Settings” terdapat banyak pilihan untuk tabel yang ditampilkan pada stius Anda seperti pilihan Responsive, Scrollable, Filtering, Sorting, Limit table dan masih banyak lagi.

Jika semua sudah Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda maka jangan lupa untuk klik tombol “Save” untuk menyimpan konfigurasi yang sudah Anda lakukan.

Terakhir adalah memasukkan tabel yang sudah dibuat ke dalam postingan atau pada halaman. Untuk memasukkan tabel ini sangat mudah, silahkan buat Post baru atau edit yang sudah ada dan taruh kursor pada baris dimana tabel ingin ditampilkan, jika sudah klik icon “Insert a wpDataTables” yang berada pada menu editor.

insert shortcode wpDataTables

Selanjutnya akan muncul popup wpDataTable dengan menu dropdown, silahkan pilih nama tabel yang ingin Anda sisipkan. Jika sudah silahkan tekan tombol “OK”.

insert tabel wpdatatables

Setelah itu Anda akan melihat shortcode dipasang pada bagian yang Anda inginkan. Jika sudah silahkan klik Publish atau Updates, dan lihat hasilnya. Maka tabel yang Anda buat tadi dari file excel terlihat seperti gambar dibawah ini di website Anda.

Hasil tabel wpDataTables excel

Dan itulah penjelasan singkat mengenai plugin wpDataTables, untuk mempelajari lebih jelas dan lengkap untuk cara menggunakan wpDataTables seperti pembuatan tabel seperti CSV, Google Spreadsheets dengan table constructor dan pembuatan charts langsung pada Dokumentasi remsi dari wpDataTables disini ⇒ Documentations and Demos wpDataTables.

Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba plugin wpDataTables. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Adney Responsive Free

Adney Theme WordPress adalah Theme WordPress Responsive Gratis yang di desain dengan elegant, modern,...

30+ Theme WordPress Gratis untuk Berita Terbaik

Bagi Anda yang saat ini sedang ingin membangun website berita dan bingung harus menggunakan...

Close