Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Menambahkan Link Otomatis ke Postingan pada Thumbnail

Pada kebanyakan blog yang dibangun dengan WordPress mempunyai gambar thumbnail yang di tampilkan melalui pengaturan gambar featured image pada area editor. Gambar thumbnail ini ditampilkan untuk membuat tampilan blog lebih menarik, dan gambar dapat mengundang pengunjung untuk klik dan membaca artikel daripada hanya menampilkan text saja.

pengertian backlink

Kebanyakan tema default WordPress memasang link gambar thumbnail yang menghubung langsung ke posting, tetapi beberapa tema WordPress mungkin tidak menghubungkan gambar tersebut dengan link yang menuju ke postingan. Pada artikel ini, saya akan menunjukkan cara untuk secara otomatis memasang link pada gambar thumbnail ke postingan di WordPress.

Baca : Watermark Gambar di WordPress dengan Watermark Reload

Manfaat Memasang Link Pada Thumbnail ke Post di WordPress?

Gambar terbukti lebih menarik perhatian daripada teks. Menggunakan image featured atau gambar thumbnail dapat meningkatkan keterlibatan pengguna untuk melakukan klik di situs Anda dan membaca artikel Anda secara penuh.

thumbnail centerklik wordpress

Biasanya, gambar thumbnail ini ditampilkan dengan ukuran yang lebih besar dan mengambil lebih banyak ruang daripada teks itu sendiri. Gambar dipilih lebih berwarna, agar lebih terlihat. Gambar thumbnail juga lebih mudah untuk di klik pada perangkat yang lebih kecil seperti ponsel dan tablet. Hal itulah yang membuat pentingnya pemasangan gambar thumbnail pada blog.

Namun, jika thumbnail posting Anda tidak dapat diklik, maka membuat lebih sulit bagi pengguna untuk melihat posting Anda.

Kebanyakan tema WordPress menghubungkan link pada gambar thumbnail ke posting secara default. Beberapa tema mungkin tidak menggunakan cara tersebut dan hanya menampilkan link “Readmore”, yang membuat kita sulit untuk benar-benar memanfaatkan gambar thumbnail.

Cara Menambahkan Link otomatis pada Thumbnail ke Postingan

Sebelum mencoba tutorial ini Anda harus memastikan bahwa tema yang Anda gunakan benar-benar mempunyai gambar thumbnail yang jika di klik tidak terdapat link yang mengarah kepostingan. Karena untuk menambahkan link otomatis pada Thumbnail ini, Anda harus bersentuhan dengan kode WordPress yang akan ditmbahkan ke file WordPress Anda.

Untuk melakukannya Anda hanya perlu untuk menambahkan kode dibawah ini ke file functions.php tema WordPress yang Anda gunakan atau pada plugin spesifik Anda.

function wp_autolink_featured_images( $html, $post_id, $post_image_id ) {
$html = '<a href="' . get_permalink( $post_id ) . '" title="' . esc_attr( get_the_title( $post_id ) ) . '">' . $html . '</a>';
return $html;
}
add_filter( 'post_thumbnail_html', 'wp_autolink_featured_images', 10, 3 );

Kode ini hanya menambahkan link di kode yang dihasilkan untuk menampilkan image featured atau thumbnail posting di website Anda.

Kode ini juga akan menambahkan link untuk menampilkan gambar pada halaman single post. Jika Anda tidak ingin link gambar juga ditampilkan di single post ke post yang sama, maka Anda bisa menggunakan kode ini.

function wp_autolink_featured_images( $html, $post_id, $post_image_id ) {
If (! is_singular()) { 
$html = '<a href="' . get_permalink( $post_id ) . '" title="' . esc_attr( get_the_title( $post_id ) ) . '">' . $html . '</a>';
return $html;
} else { 
return $html;
}
}
add_filter( 'post_thumbnail_html', 'wp_autolink_featured_images', 10, 3 );

Diatas adalah tutorial singkat yang bisa Anda terapkan pada situs WordPress Anda untuk menambahkan link otomatis pada gambar thumbnail atau featured image yang terhubung menuju ke postingan di WordPress. Silahkan dicoba dan semoga sukses. 🙂

Baca : Cara Menampilkan Featured Image WordPress Otomatis

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Flat Commerce Responsive Free

Flat Commerce adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang sangat fleksibel dan mudah disesuaikan, tema...

Cara Migrasi dari Blogger ke WordPress Self Host

Saat Anda ingin memutuskan menjadi seorang blogger, maka Anda akan dihadapkan dengan berbagai macam...

Close