Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Watermark Gambar di WordPress dengan Watermark Reload

Watermark adalah sebuah tanda yang di pasang pada hasil karya seseorang baik itu berupa karya digital maupun karya dalam bentuk lainnya, watermark bisa berupa teks maupun gambar logo. Watermark tersebut dipasang untuk menunjukkan identitas dari sang pecipta karya tersebut. Selain sebagai untuk menunjukkan identitas, watermark juga berfungsi sebagai hak cipta untuk melindungi hasil karya supaya tidak dibajak oleh orang lain.

contoh watermark

Seperti kita ketahui bahwa tidak akan pernah berakhir untuk pencurian konten. Orang tidak hanya mencuri teks tetapi juga gambar, dalam dunia online, pencurian gambar tidak hanya di download lalu di publish kembali, tapi juga ada yang menggunakan gambar tanpa ijin bahkan dengan menyebabkan kerugian bandwidth juga, seperti yang sudah saya bahas pada artikel sebelumnya tentang WP-PICShield ~ Plugin WordPress Anti HotLinking Terbaik.

Selain beberapa manfaat dari penggunaan watermark diatas, penggunaan watermark pada gambar yang Anda masukkan pada konten blog Anda dapat juga sebagai cara yang baik untuk medatangkan lalu lintas pengunjung melalui gambar.

Memasang Watermark pada setiap gambar yang akan Anda upload dengan cara manual tentunya akan sangat melelahkan, karena Anda harus membuatnya satu persatu sebelum gambar di upload. Tapi jika Anda menggunakan WordPress sebagai media untuk menampilkan gambar Anda, maka Anda bisa menggunakan plugin Watermark Reloaded.

Watermark reloaded adalah salah satu plugin WordPress yang dapat dengan mudah Anda gunakan untuk menambahkan watermark pada seluruh gambar Anda di WordPress dengan cara yang mudah dan praktis dengan cepat. Dengan Watermark Reload, Anda dapat melakukan pengaturan plugin untuk menambahkan watermark di tempat yang Anda inginkan.

Baca : Cara Mencegah HotLinking Gambar dari Domain Tertentu

Memasang Watermark Reloaded

Untuk menggunakan watermark reloaded, silahkan install dan aktivkan plugin tersebut, lalu masuk ke menu Settings Ā» Watermark Reloaded Seperti yang Anda lihat pada gambar pengaturan dibawah ini, Watermark reloaded Plugin mempunyai beberapa pilihan untuk di konfigurasi sesuai dengan desain dan tampilan blog Anda.

pengaturan watermark reloaded

Pada pengaturan plugin watermark reloaded diatas, Anda dapat melihat beberapa pengaturan yang mudah, Silahkan centang Mediun, Small dan Fullsize agar watermark di pasang pada ukuran gambar tersebut, berikutnya pilih letak watermark nantinya akan di tempatkan, pada contoh diatas saya ingin memasang watermark pada bagian pojok kanan bawah. Pada bagian Text Watermark, Anda bisa memasukkan nama identitas Anda atau nama domain Anda, dan atur jenis font, ukuran font, dan warna font. Untuk pengaturan seperti diatas, hasilnya akan seperti pada gambar di bagian atas pada artikel ini.

Sekarang silahkan melakukan uji coba untuk memasang watermark pada gambar Anda, saran saya silahkan lakukan uji coba di localhost, jika Anda sudah menemukan pengaturan yang tepat silahkan pasang pada situs online Anda. Memang untuk versi gratis dari plugin Watermark Reloaded ini hanya bisa memasang watermark dengan bentuk text, untuk menggunakan gambar seperti logo Anda sebagai watermark, hanya terdapat pada versi pro. Tapi ini merupakan plugin yang simple dan ringan, jika Anda ingin plugin watermark gratis yang bisa menambahkan watermark dengan jenis gambar, Anda bisa menggunakan plugin easy watermark, Silahkan baca pada artikel saya sebelumnya : Cara Pasang Watermark pada Gambar WordPress secara Otomatis.

Diatas adalah tutorial mudah memasang watermark pada gambar di wordpress dengan Watermark Reloaded, semoga artikel ini bermanfaat buat anda. šŸ™‚

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Avocation Responsive Free

Avocation dalah Theme Wordpress responsive gratis yang mempunyai desain bersih, super fleksibel dan ringan....

WP-PICShield ~ Plugin WordPress Anti HotLinking Terbaik

Pada artikel saya sebelumnya, saya sudah menjelaskan tentang apa itu hotlinking, jika Anda belum...

Close