Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Mudah Menonaktifkan WordPress Emoticons

Pada saat WordPress melakukan rilis versi terbaru, lebih tepatnya pada Worpdress versi 4.2 dirilis, WordPress membawa fitur baru, memang setiap update WordPress selalu terdapat fitur yang menakjubkan, salah satunya adalah WordPress menambahkan fitur satu set Emoji baru yang memungkinkan Anda untuk menggunakan Emojis di WordPress. Tapi ini mungkin fitur yang bagus bagi sebagian orang, tapi untuk sebagian yang lain tentunya tidak memerlukan fitur Emojis ini.

Wordpress emoticons disable

Alasan untuk tidak menggunakan emoji selain itu tidak begitu penting adalah karena emoji menggunakan JavaScript untuk menampilkannya dan otomatis dapat memperlambat situs Anda. Itu sebabnya dalam artikel ini, saya akan menunjukkan cara untuk menonaktifkan Emojis di WordPress.

Baca  : Cara Menambah Logo Avatar Baru Di WordPress

Apakah Emoji?

Emojis adalah ikon kecil atau smiley yang digunakan di internet. Berasal dari Jepang, Emoji telah membuat jalan mereka ke dalam set karakter unicode, iOS, Android, dan bahkan pada komputer desktop.

Sejak versi 4.2, WordPress sekarang mendukung 4-bit karakter unicode. Alasan utama untuk ini adalah untuk menambahkan dukungan asli untuk Cina, Jepang, dan set karakter bahasa Korea.

Menonaktifkan Emoji WordPress

Untuk menonaktifkan Emoji di WordPress, disini saya akan menggunakan 2 metode, pertama dengan cara yang mudah yaitu dengan menggunakan plugin dan yang kedua dengan menambahkan script pada functions tema WordPress Anda. Menonaktifkan Emoji di WordPress berarti menonaktifkan pemeriksaan tambahan dan script yang digunakan oleh WordPress untuk menangani Emojis. Jadi tutorial ini bukan untuk menghapus emoji dari WordPress Anda. Anda masih dapat menggunakan Emoji di situs Anda, dan browser yang mendukung mereka masih akan dapat menampilkan mereka jika ingin menampilkan emoji lagi pada suatu hari nanti.

1: Menggunakan Plugin WordPress

Untuk menonaktifkan emoji dengan plugin, yang perlu Anda lakukan adalah dengan menginstall dan mengaktifkan plugin Disable emojis. Setelah Anda mengaktifkan plugin tersebut maka secara otomatis emoji pada wordpress Anda sudah tidak aktif lagi karena plugin ini tidak memiliki pengaturan khusus.

2: Menggunakan WordPress Hook

Cara berikutnya yaitu dengan menambahkan script pada function tema Anda, cara ini tentunya bagi Anda yang sudah terbiasa dengan script wordpress, bagi pemula cara ini sebenarnya juga cukup mudah, silahkan masuk ke cpanel hosting Anda, lalu masuk ke folder tema Anda dan temukan file functions.php dan tambahkan kode berikut dalam file tersebut :

remove_action ('wp_head', 'print_emoji_detection_script', 7);
remove_action ('wp_print_styles', 'print_emoji_styles');

Simpan file dan reload homepage atau (halaman apapun) dari situs Anda. Dan lihat hasilnya, maka emoji di wordpress Anda sekarang sudah tidak aktif lagi.

Artikel diatas adalah cara mudah untuk menonaktifkan emoji di wordpress Anda, semoga cara diatas membantu dan bermanfaat buat Anda. Selamat mencoba 🙂

Baca : Apa Saja Fitur Baru dari WordPress Versi 4.3

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • themes apa gan? dimana?

    • ani manurung

      themes no.18 INTUITION…website wordpress bisa nggak ?

      • itu kan gratis tinggal download aj gan.

  • itu kan ada demonya, tema tersebut ada versi gratis dan berbayar. beli aja langsung di situsnya. saya bukan pemilik tema tersebut.

Must Read...!
Theme WordPress Maisha Lite Responsive Free

Maisha Lite adalah Theme Wordpress Responsive gratis atau versi lite dari tema amal premium...

Watermark Gambar di WordPress dengan Watermark Reload

Watermark adalah sebuah tanda yang di pasang pada hasil karya seseorang baik itu berupa...

Close