Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Apa Saja Fitur Baru dari WordPress Versi 4.3

Setelah kita sebagai bangsa indonesia merayakan kemerdekaan yang ke 70 pada tanggal 17 agustus, sehari setelahnya yaitu pada tanggal 18 agustus 2015 para pengguna WordPress juga mendapatkan hadiah dan kita patut untuk merayakan kehadiran WordPress terbaru versi 4.3 yang bisa Anda download disini dengan fitur yang mengagumkan. WordPress versi 4.3 ini di beri nama “Billie”, nama tersebut di ambil dari nama musisi jazz legendaris wanita “Billie Holiday”.

Update ini adalah rilis WordPress besar kedua pada tahun ini. WordPress terbaru versi 4.3 memiliki beberapa fitur baru yang besar dan terdapat perbaikan untuk mengatasi banyak masalah dari update sebelumnya. Untuk pengguna WordPress.com tentunya tidak perlu melakukan update, karena secara otomatis akan di update oleh WordPress sendiri, sedangkan bagi Anda pengguna WordPress Hosting sendiri, Anda perlu melakukan update secara manual dari halaman Admin Anda.

Baca :Apa itu WordPress ? Sejarah Lengkap WordPress

Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan apa saja yang terbaru di WordPress 4.3 dan fitur yang patut Anda coba setelah situs Anda melakukan update untuk versi terbaru ini.

Pasword Lebih Kuat

better passwords

Keamanan memang menjadi prioritas penting bagi WordPress, pada update terbaru kali ini WordPress memperbaharui fitur password yang lebih kuat, WordPress secara otomatis menyarankan password yang kuat bagi pengguna baru. WordPress 4.3 kini akan menyarankan password yang kuat secara default.

Ketika pengguna meminta reset password, pengguna akan melihat password yang lebih kuat yang disarankan pada  bidang reset password.

Sambil menambahkan user baru, WordPress akan mengirimkan pengguna link untuk setup password daripada mengirim mereka password dalam bentuk teks biasa. Tujuan utama dari perbaikan ini adalah untuk mengarahkan pengguna dalam meningkatkan keamanan password di WordPress.

Menu di Customizer

menu customizer wordpress new

Pada update 3.9 WordPress sudah mempunyai fitur menambahkan widget dengan mudah melalui menu Customizer, dan sekarang dengan WordPress 4.3 ini Anda juga dapat melakukan hal yang sama untuk mengedit, membuat, dan mengelola menu dari Customizer. Untuk mencobanya Anda bisa masuk ke Appearance» Customize dan kemudian klik pada tab Menu.

Menambahkan menu navigasi dengan cara lama tetap bisa Anda lakukan di WordPress 4.3 ini. Namun dengan adanya fitur menambahkan menu navigasi melalui Customizer, proses editing menu akan menjadi lebih cepat dan sederhana bagi pengguna WordPress pemula, sekaligus kita dapat melihat langsung perubahan di area sebelah kanan yaitu live preview.

Baca :3 Alasan Kenapa Harus Membuat Situs Anda dengan WordPress

Editor WordPress

editor wordpress new

Pada editor WordPress para pengguna akan menghabiskan waktu yang lama, karena di area inilah kita membuat tulisan setiap hari. Dan sekarang WordPress membuatnya super mudah untuk melakukan itu dengan editor visual yang sederhana dan indah. Banyak sekali fitur baru yang memudahkan kita dalam menulis di tambahkan pada WordPress terbaru ini. Jika kita mau menggunakan fitur-fitur baru ini, tentunya kita akan menjadi fokus dalam menulis dan akan sangat jarang dalam menggunakan mouse atau touchpad.

WordPress 4.3 hadir dengan cara pintas teks inline yang secara otomatis memformat teks saat Anda mengetik. Anda bahkan tidak perlu menyentuh icon-icon editor. Anda akan melihat perubahan diterapkan secara langsung dalam editor.

Pola editor teks di WordPress 4.3

  • Menggunakan * atau – akan mulai daftar unordered.
  • Menggunakan 1. akan memulai daftar penomoran.
  • Menggunakan ## Untuk h2, ### untuk h3 dan seterusnya.
  • Menggunakan> akan berubah menjadi blockquote.

Anda dapat melihat daftar lengkap shortcut dengan mengklik ikon help (?) pada menu editor visual.

Komentar di Non-aktifkan di Page

Page dalam wordpress merupakan konten statis. Anda bisa baca artikel saya tentang Perbedaan Post vs Page jika Anda belum memahami tentang keduanya. Pada fitur ini berarti bahwa pengguna tidak perlu menonaktifkan komentar untuk halaman secara manual. Karena pada WordPress 4.3 setiap halaman baru yang Anda buat, kolom komentar akan dinonaktifkan secara default, jadi Anda tidak perlu repot-repot lagi.

Fitur New Icon Site

site-icon-customizer

WordPress tidak memiliki fitur untuk menambahkan situs icon atau favicon. Pengguna harus secara manual meng-upload favicon mereka atau menggunakan plugin untuk menambahkan favicon. Tapi pada WordPress 4.3 ini, Anda dapat menambahkan ikon situs Anda dari Admin WordPress.

Pembaharuan List View

Ada banyak perbaikan untuk wilayah admin pada perangkat mobile. Tujuan dari perbaikan ini adalah untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan konsisten pada layar yang lebih kecil.

List views untuk posting WordPress, komentar, dan media ditingkatkan untuk terlihat lebih baik pada perangkat mobile. Anda dapat menemukan informasi tambahan untuk setiap item dalam tabel dengan mengklik panah di sebelahnya.

Peningkatan Press This Tool

Di WordPress 4.3, Pers This sekarang memiliki editor teks serta visual. Banyak pengguna WordPress akan menemukan editor teks menjadi lebih berguna untuk kebutuhan mereka dari editor visual. Perubahan ini akan memungkinkan pengguna untuk dengan mudah beralih.

Berikut diatas adalah sebagian besar perubahan WordPress terbaru ini, banyak sekali fitur yang bisa Anda dapatkan pada versi 4.3 ini, Semoga WordPress selalu mengembangkan untuk versi selanjutnya dengan fitur yang lebih mengagumkan lagi, sehingga WordPress tetap menjadi yang terbaik. 🙂

Baca :Apa Keunggulan Fitur Baru di WordPress 4.0?

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Mansar Responsive Free

Mansar adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang dirancang untuk digunakan pada situs bertujuan untuk...

Cara Menonaktifkan Fitur Pingbacks di WordPress

Interlinking atau menghubungkan artikel satu dengan posting artikel lain dalam blog Anda sendiri memang...

Close