banner octafx broker forex terbaik
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Tips Optimasi SEO pada Video YouTube

Tips Optimasi SEO pada Video YouTube – Setiap YouTuber tentu saja menginginkan setiap video yang diupload memiliki banyak viewer. Selain itu, YouTuber juga sangat ingin mendapatkan banyak subscribers.

Cara mendapatkan kedua hal tersebut bukan hanya dengan promosi saja, tetapi dengan optimasi SEO YouTube. Jika Anda seorang YouTuber dan ingin seperti itu, maka SEO YouTube harus diterapkan.

Apa Itu Optimasi SEO YouTube?

SEO atau Search Engine Optimization merupakan optimasi supaya konten (dalam hal ini video YouTube) bisa tampil di peringkat teratas mesin pencari.

Best Online Free Youtube Converter

Kalau video sudah ada di peringkat atas mesin pencari atau search engine, maka secara langsung maupun tidak langsung banyak yang menonton video tersebut. Paling tidak, akan ada peningkatan jumlah jam tayang pada video YouTube.

Secara garis besar, cara kerja SEO YouTube dan SEO web tidak terlalu jauh berbeda. Yang membedakan adalah pada bagian optimalisasi konten.

Baca : 3 Cara Mudah Download Video YouTube Tanpa IDM

Tips Optimasi SEO pada Video YouTube

Untuk melakukan optimasi SEO video YouTube, Anda bisa menerapkan teknik-teknik berikut ini :

Riset Keyword

Dalam optimasi SEO apapun, keyword atau kata kunci memegang peranan yang sangat penting. Karena karena kata kunci ini merupakan sesuatu yang diketikkan user di mesin pencari.

Misalnya seorang ibu rumah tangga mencari video resep membuat kue bolu, maka ia akan membuka YouTube dan pada kotak pencarian ibu itu akan menuliskan :

“Resep kue bolu”

“Resep kue bolu keju”

“Resep kue bolu jadul”

“Resep kue bolu sederhana”

“Resep kue bolu panggang”

“Resep kue bolu coklat”

“Resep kue bolu keju”

“Cara membuat kue bolu”

“Panduan membuat kue bolu”

Itulah yang disebut sebagai kata kunci atau keyword.

Tugas pertama Anda yaitu mencari kata kunci yang sekiranya banyak dicari orang. Sebab, percuma saja buat video bagus-bagus kalau Anda menggunakan kata kunci yang tidak ada sama sekali pencariannya.

Buat Video yang Berkualitas

Tidak kalah penting adalah Anda harus menciptakan video yang benar-benar berkualitas. Tidak asal bikin dan pokok jadi.

Sebisa mungkin video yang diupload berkualitas HD sehingga membuat orang lain betah lama-lama menonton video tersebut. Jika Anda melakukan perekaman video, wajib hukumnya mengeditnya lagi dengan aplikasi pengedit video seperti filmora atau inshot.

Kalau penonton suka video Anda, maka mereka pasti akan kembali dan menontonnya lagi di kemudian hari.

Untuk diketahui, panjang durasi video yang ideal adalah 10 hingga 16 menit. Karena durasi yang terlalu panjang biasanya membuat penonton merasa cepat bosan.

Tentukan Judul dan Deskripsi

Saat upload video ke YouTube, jangan lupa untuk memberi judul dan sertakan deskripsi. Judul dan deskripsi yang SEO jika di dalamnya mengandung kata kunci yang ditargetkan.

Sebagai contoh, jika Anda mengupload video resep membuat bolu, maka di judul dan deskripsi harus ada kata kunci tersebut. Khusus untuk judul, sebaiknya dibuat semenarik mungkin sehingga calon penonton tertarik untuk membukanya.

Tapi jangan pula membuat judul yang clickbait. Sebab hal ini akan membuat penonton merasa kecewa dan bisa saja mereka tidak ingin lagi menonton video Anda.

Selain kata kunci utama, pada bagian deskripsi Anda juga bisa menambahkan kata kunci turunan.

Tambahkan Keyword Tags

Salah satu hal terpenting dalam menerapkan SEO YouTube adalah dengan menambahkan keyword tags. Mesin YouTube akan membaca tags sehingga harus ditambahkan supaya video Anda tampil di mesin pencari YouTube.

Anda bisa menambahkan 30 hingga 40 keyword tags tergantung dari jumlah kata yang digunakan. Anda bisa menggunakan tools keywordtools.io, VidIQ, Ahrefs, SEMrush, Keyword Everywhere untuk menentukan kata kunci tags yang sesuai untuk ditambahkan.

Buat Embed dan Link Video

Fungsinya kurang lebih sama seperti Anda membuat internal link pada postingan blog atau website. Dengan melakukan Embed atau memasukkan link video lama pada video yang baru diupload, membuat video lama itu bisa ditemukan oleh penonton.

Sebaiknya video yang di embed haruslah relevan dengan video baru. Tujuannya supaya penonton lebih tertarik untuk mengklik dan menonton video tersebut.

Apabila hal ini Anda lakukan, maka peluang mendapatkan lebih banyak subscribers dan jam tayang akan semakin besar.

Upload Video Secara Rutin

YouTube sangat suka dengan video yang rutin diupload. Walaupun tidak bisa setiap hari, paling tidak seminggu sekali asalkan konsisten.

Tentu saja video yang rutin diupload adalah video berkualitas seperti yang sudah disinggung sebelumnya. Percuma saja setiap hari upload video, tapi tidak ada yang berkualitas.

Nah itulah dia beberapa teknik SEO YouTube yang bisa Anda terapkan. Selain itu, Anda juga boleh mengiringinya dengan promosi dan juga branding agar channel Anda semakin berkembang pesat.

Baca : 4 Video Editor Gratis Terbaik untuk YouTube

Jika Anda benar-benar menerapkannya, insyaallah video-video pada channel YouTube Anda lambat laun akan naik peringkat dan bukan tidak mungkin mencapai trending.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published.