How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Penjelasan Lengkap Apa itu Windows Core OS (WCOS)?

Sistem operasi Windows sudah lama menjadi penguasa OS di dunia, mereka memiliki sekitar 77% pangsa pasar di pasar desktop dan belum ada laporan bahwa Microsoft sedang mengembangkan sistem operasi baru dan Anda bertanya-tanya mengapa. Setelah Windows 10S, sekarang ada rumor tentang Windows Core OS. Jadi apa itu Windows Core OS (WCOS) dan apa bedanya dengan Windows 10 atau 10S? Apakah ini OS yang akan menggantikan Windows 10 di masa depan?

Disini saya akan mencoba menjawab semua pertanyaan penting dan secara rinci di bawah ini tentang Windows Core OS. Ketahuilah bahwa WCOS akan mengubah fondasi Windows seperti yang kita ketahui. Jadi, mari kita lanjutkan dan belajar tentang Windows Core OS di semua aspek.

apa itu Windows core os

Apa itu Windows Core OS (WCOS)?

Windows Core OS adalah basis universal tempat berbagai rasa Windows dapat dibuat. WCOS adalah basis modular yang dapat dibagikan dan artinya Microsoft dapat mengambilnya dan menambahkan fitur tambahan di atasnya untuk perangkat yang memiliki faktor bentuk berbeda. Ini seperti bagaimana ekosistem Android bekerja. Google mengembangkan AOSP (pangkalan) yang agak mirip dengan Windows Core OS dan beberapa produsen membuatnya untuk membuat versi OS mereka sendiri. Demikian pula, Windows Core OS akan menjadi basis universal untuk laptop Windows, desktop, smartphone flip, HoloLens, Xbox, Surface Hub, dan setiap produk masa depan yang dirilis oleh Microsoft.

Kesimpulannya adalah bahwa Windows Core OS bukan sistem operasi dalam arti biasanya (seperti Windows 10 atau 7), tetapi basis modular yang akan memberi daya sejumlah sistem operasi Windows di masa depan. Bahkan, kita sudah tahu tentang sistem operasi yang datang dengan WCOS di pangkalannya: Windows 10X. Tahun lalu, Microsoft meluncurkan perangkat layar ganda yang berfungsi seperti tablet dan laptop. Jadi ketika Anda membangun sistem operasi untuk perangkat yang memiliki faktor bentuk yang unik, Anda memerlukan basis portabel dan di situlah Windows Core OS ikut bermain. Contoh lain adalah Surface Hub OS yang akan berjalan di Surface Hub 2X mendatang – papan tulis interaktif untuk kerja tim. Dan yang satu ini juga ditenagai oleh Windows Core OS pada dasarnya.

Jadi ini adalah rasa berbeda dari Windows Core OS yang berjalan pada berbagai perangkat yang berbeda. Sekarang setelah kita mendapatkan pengetahuan dasarnya, mari sekarang kita beralih ke masalah teknis.

Baca : Cara Membuat Dual Boot Windows 10 dan Linux Ubuntu Terbaru

Fitur Windows Core OS

window core os wcos

1. CShell (Shell Komposit)

CShell adalah fitur top-of-the-line dari Windows Core OS. Saya tahu istilah ini tidak cukup jelas, jadi izinkan saya menjelaskannya. Pada bagian di atas, saya berbicara tentang bagaimana WCOS modular dan dapat dengan mudah bercabang untuk perangkat yang memiliki desain perangkat keras yang berbeda. CShell adalah fitur yang memungkinkan. Dalam istilah sederhana, CShell adalah antarmuka pengguna modular yang dapat digunakan pada perangkat tergantung pada faktor bentuknya. Ini adalah antarmuka pengguna yang sangat terkait dengan WCOS, tetapi juga modular pada saat yang sama.

Misalnya, jika Anda menjalankan perangkat seperti Surface Neo yang memiliki faktor bentuk laptop dan tablet. Bergantung pada bagaimana Anda menggunakannya, perangkat dapat beralih ke Tablet CShell atau Laptop CShell dalam waktu singkat. Artinya adalah Anda akan mendapatkan antarmuka pengguna Tablet yang tepat saat berada dalam mode Tablet dengan semua gestur, layar sentuh, snapping, dan fitur lainnya. Dan saat Anda pindah ke mode laptop, Anda mendapatkan antarmuka laptop yang tepat di mana Anda memiliki dukungan untuk keyboard, taskbar, file explorer klasik dan banyak lagi.

Meskipun Anda dapat melakukan pengalihan tablet-laptop yang serupa pada Windows 10 segera, pengalaman itu sangat berbeda. Dalam mode tablet Windows 10, antarmuka sedikit berubah untuk navigasi layar sentuh yang lebih ramah, tetapi selain itu, Anda tidak memiliki banyak fitur terkait tablet. Sederhananya, Windows 10 tidak memiliki antarmuka tablet khusus yang tertanam dalam OS yang mendasarinya sehingga tidak berperilaku seperti OS tablet yang sebenarnya. Tetapi dengan fitur CShell di WCOS, Anda mendapatkan antarmuka modular namun sangat terikat dan fitur lengkap untuk berbagai faktor bentuk.

Untuk memberi Anda contoh lain, jika Anda menggunakan laptop yang menggunakan Windows Core OS dan jika Anda membuka Xbox Game Bar, Anda akan langsung beralih ke antarmuka Xbox OS karena CShell terpisah untuk mode game. Ini akan membuat pengalaman Anda lebih kohesif dan ramping seolah-olah Anda menggunakan Konsol Xbox. Seluruh gagasan CShell adalah untuk membuat pengalaman yang konsisten di semua perangkat Microsoft dengan membuat antarmuka pengguna yang portabel dan lebih sesuai dengan perangkat.

2. Komponen Dapat Dibagikan

Setelah CShell, Komponen yang Dapat Dibagikan adalah fitur dasar lain dari Windows Core OS. Masalah dengan Windows 10 adalah bahwa setiap lapisan dari aplikasi lawas ke subsistem modern saling terkait satu sama lain dan yang membuatnya lebih sulit untuk memperbarui dan memisahkannya. Baru-baru ini, Google memisahkan Hardware Abstraction Layer (HAL) pada Android untuk menghadirkan modularitas dan meningkatkan sistem pembaruan Android. Dengan WCOS, Microsoft juga mengambil rute serupa. Bahkan, Microsoft menghapus hampir semua komponen untuk membuat WCOS hanya sebagai basis barebone. Semua lapisan aplikasi, Perpustakaan, dan Komposer tersedia dalam bentuk komponen tambahan. Bahkan, antarmuka yang CShell juga tersedia sebagai Komponen untuk membuat WCOS sepenuhnya ringan dan modular.

Apa artinya bagi Microsoft adalah, misalnya, jika mereka ingin membuat sistem operasi untuk ponsel yang dapat dilipat, mereka dapat menggunakan basis WCOS dan menambahkan komponen sesuai kebutuhan. Tidak perlu menulis ulang dan memodifikasi sejumlah besar kode untuk membuat sistem operasi Windows yang kompatibel untuk perangkat yang berbeda. Ini akan sangat menghemat waktu dan sumber daya penting untuk Microsoft. Lebih lanjut, mereka dapat memilih untuk menambahkan dukungan aplikasi Win32 (sebagai komponen) pada laptop yang didukung WCOS atau meninggalkan dukungan pada tablet yang didukung WCOS. Pada dasarnya, share component sangat memudahkan pengembangan. Ini akan membawa modularitas dalam ekosistem Windows dan sebagai hasilnya, akan membuat laptop bertenaga WCOS Anda ringan, hemat baterai, dan secara keseluruhan lebih cepat digunakan seperti halnya Chrome OS.

Baca : Cara Install Chrome OS di PC Komputer Windows 2020

3. Update Lebih Cepat

Update lebih cepat adalah fitur yang banyak pengguna Windows berharap untuk bisa dirasakan mereka suatu hari nanti, karena kita semua tahu bahwa update windows sangat lama dan akhirnya datang dengan Windows Core OS. Ini adalah fitur WCOS yang melekat sehingga setiap OS yang dibangun menggunakan basisnya akan mendukung pembaruan yang lebih cepat secara default. Fitur ini langsung dari Chrome OS, dan saya senang Microsoft membawanya ke WCOS. Tidak seperti Windows 10 di mana Anda harus menunggu selama 5-30 menit untuk menginstal update, di WCOS, itu hanya masalah reboot. Ini akan menggunakan partisi terpisah untuk menginstal pembaruan saat Anda menggunakan perangkat Anda dan akan mengganti slot boot aktif setelah reboot. Tidak perlu menunggu instalasi. Selain itu, Windows Core OS akan menggunakan format gambar Full Flash Update (FFU) untuk menginstal pembaruan Windows yang bertentangan dengan ISO yang secara signifikan akan mengurangi waktu instalasi. Jadi akhirnya, masalah pembaruan Windows 10 Anda akan hilang dengan Windows Core OS.

4. Dukungan Aplikasi

Sekarang kita sampai pada bagian yang paling penting, Dukungan Aplikasi. Apakah Windows Core OS mendukung Aplikasi Win32 seperti Microsoft Office dan Microsoft Edge yang baru? Jawabannya jelas tidak; WCOS tidak memiliki dukungan asli untuk aplikasi lawas yang telah menjadi landasan sistem operasi Windows sejak keberadaannya. Namun, Microsoft dapat menambahkan komponen tambahan untuk dukungan aplikasi Win32 yang akan berfungsi dalam container dan akan sepenuhnya dikosongkan – seperti Linux pada Chrome OS. Semua artinya bagi pengguna akhir adalah Anda akan dapat menggunakan aplikasi Win32 favorit Anda, tetapi kinerjanya mungkin tidak berjalan seperti aslinya. Namun Microsoft telah menyatakan bahwa kinerjanya akan cukup baik dan dapat digunakan dalam sebuah container.

Selain itu, WCOS akan memiliki dukungan yang melekat untuk UWP dan aplikasi Web. Karena dunia semakin bergerak menuju komputasi web dan cloud, ini adalah langkah yang baik bagi Microsoft. Dapat dikatakan bahwa meninggalkan dukungan aplikasi Win32 adalah langkah ke arah yang salah karena Microsoft telah dengan susah payah membangun ekosistem aplikasinya selama beberapa dekade. Namun, saya juga harus mengakui fakta bahwa mendukung lapisan aplikasi yang sedemikian rumit telah merobohkan Windows 10 secara signifikan. Faktanya, aplikasi lawas telah menjadi kutukan bagi Microsoft pada saat ini. Selain itu, sebagian besar pengguna sudah menggunakan browser web untuk mencapai banyak tugas sehingga ada alasan yang baik untuk menjatuhkan dukungan aplikasi Win32.

Baca : 9 Cara Mengoptimalkan Windows 10 untuk Bermain Game

Mengapa Microsoft Menciptakan Windows Core OS?

Jika Anda bertanya-tanya mengapa Microsoft membutuhkan basis universal seperti itu, jawabannya terletak pada kegagalan Microsoft untuk menjadikan Windows 10 platform yang mencakup segalanya. Misalnya, Microsoft mencoba membangun ponsel cerdasnya sesuai dengan estetika dan fitur Windows 10, tetapi gagal total. Alasannya adalah bahwa basis untuk versi desktop dan mobile Windows 10 sama sekali berbeda sehingga fitur diimplementasikan secara berbeda.

Akibatnya, pengalaman Windows 10 di ponsel sangat tidak konsisten dengan versi desktop. Untuk memberi Anda contoh praktis, Action Center pada Windows Mobile terasa goyah dan terputus-putus dibandingkan dengan bagaimana Action Center berperilaku pada versi desktop. Jadi untuk menyumbat lubang ini, Microsoft membutuhkan basis modular namun umum sehingga pengalamannya tetap koheren di semua perangkat yang didukung WCOS.

Terlepas dari itu, salah satu alasan utama mengapa Microsoft menciptakan Windows Core OS adalah portabilitas. Di dunia di mana teknologi dan perilaku konsumen berubah dengan cepat setiap 4-5 tahun, Microsoft membutuhkan sesuatu yang mudah dibagikan, portabel, dan dapat dipertukarkan. Dalam hal ini, Windows 10 jatuh datar seperti yang kita lihat dengan versi singkatnya, Windows 10S. Windows 10 adalah sistem operasi yang sangat kompleks dan terfragmentasi yang memiliki dukungan untuk banyak lapisan seperti aplikasi lawas, UWP, Linux Subsystems dan banyak lagi. Jadi jelas bahwa Microsoft sangat membutuhkan dasar yang ringan dan universal seperti WCOS yang dapat dengan mudah bercabang untuk menciptakan sistem operasi untuk berbagai kategori produk.

Apa yang Akan Terjadi pada Windows 10?

Nah, Windows 10 tidak ke mana-mana. Bahkan, para ahli menyarankan bahwa Windows 10 akan selalu tersedia untuk pengguna daya dan perusahaan yang menginginkan dukungan aplikasi Win32 asli, game library, subsistem, alat jaringan, panel kontrol – semuanya menjadi satu OS. Apa yang akan kita lihat adalah bahwa Microsoft akan semakin mendorong Windows versi lite dengan dukungan aplikasi Win32 yang dipaketkan di pasar mainstream. Ini secara perlahan akan menjadikan Windows 10 OS opsional yang diperuntukkan bagi para pengguna, profesional, dan geek. Dan sesuatu seperti Windows Lite akan mengambil tahap-tengah yang ringan, cepat untuk boot, memiliki antarmuka CShell modern, pembaruan dalam sekejap, berkinerja jauh lebih baik, dan hemat daya.

Kapan Windows Core OS Akan Rilis?

Kita akan melihat contoh pertama dari Windows Core OS beraksi dengan kedatangan Surface Neo pada akhir tahun, 2020. Ia menjalankan Windows 10X yang ditenagai oleh WCOS di dasaranya. Terlepas dari itu, Surface Hub OS adalah sistem operasi bertenaga WCOS lain yang akan diluncurkan dengan Surface Hub 2X, tetapi peluncurannya telah ditunda sampai sekarang. Ada juga Xbox OS dan Windows Holographic.

Karena itu, pertanyaan penting masih ada, kapan kita akan dapat menggunakan Windows Core OS dalam produk utama seperti laptop Windows? Terus terang, saya tidak tahu karena proyek ini masih dalam proses. Namun, banyak yang menyarankan agar kita selalu melihat Windows Lite pada Oktober 2020 dimana Microsoft akan memperkenalkannya pada acara mereka. Tetapi kita dapat dengan aman mengatakan bahwa dalam dua tahun mendatang, kita akan memiliki komputer yang menggunakan Windows Core OS di pasaran.

Baca : 12 Cara Mempercepat Windows 10 Anti Lemot

Dan itulah penjelasan lengkap tentang Windows Core OS yang di sadur dari Microsoft. Semoga informasi ini menambah informasi yang Anda inginkan tentang Windows Core OS dari Microsoft.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Harga Nama Domain Website Terlengkap (422 Ekstensi TLD)

Harga Nama Domain Website Terlengkap (422 Ekstensi TLD) - Saat Anda mendaftarkan nama domain,...

Update!!! Nama Domain Semua Negara Tahun 2020

Ini adalah 252 daftar lengkap ekstensi nama domain semua negara atau country code top-level...

Close