How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Penjelasan Lengkap Tentang Apa itu Laptop Chromebook

Penjelasan Lengkap Tentang Apa itu Laptop Chromebook – Chromebook adalah laptop yang berjalan di sistem operasi Google yang dikenal sebagai “Chrome OS”, atau Sistem Operasi Chrome, bukan Windows atau Mac OS. Notebook atau laptop ini harus terhubung ke internet untuk penggunaan yang optimal, karena sebagian besar aplikasi atau software nya berada secara online dan memerlukan koneksi internet untuk menjalankan aplikasi web dan menyimpan data. Chromebook juga disebut Komputer Chrome oleh publik.

Penjelasan tentang apa itu Google Chromebook Acer

Chromebook diperkenalkan pada 2011 selama konferensi Google I / O. Dan telah menjadi salah satu notebook terlaris sejak 2012 di negara maju yang di hampir semua tempat dan ruang sudah terhubung dengan internet cepat.

Anda pasti bertanya-tanya tentang apa itu laptop Chromebook, apakah Chromebook adalah komputer yang tepat untuk Anda miliki, spesifikasi seperti apa yang ditawarkannya? Siapa targetnya? Apakah ini tahan lama dan dapat diandalkan seperti laptop lain yang telah Anda gunakan selam ini? Mari kita lihat semua faktor yang berbeda secara rinci yang akan menambah pengetahuan Anda tentang apa itu laptop chromebook dan membantu Anda memutuskan apakah notebook atau laptop Chromebook ini adalah pantas untuk Anda beli?

Baca : 10 Laptop Terbaik Yang Harus Anda Miliki Pada 2020

Perangkat Keras, Spesifikasi, dan Desain

Loading...

Google awalnya bermitra dengan Acer, Adobe, Asus, Freescale, Hewlett-Packard (HP), Lenovo, Toshiba, Intel, Samsung, Qualcomm, Texas Instruments, dan Dell untuk pengembangan perangkat keras untuk Chromebook. Google Chrome OS menggunakan kernel Linux dan browser web Google Chrome dengan pemutar media terintegrasi. Kernel Linux mengaktifkan mode pengembang yang memungkinkan pemasangan distribusi Linux di Chromebook.

Mirip dengan laptop pada umumnya, Chromebook dengan model berbeda menawarkan fitur berbeda, spesifikasi perangkat keras (hardware), dan desain yang lebih ramping. Anda dapat menemukan berbagai ukuran notebook ini dari 11 hingga 15 inci.

Chromebook 11,6 inci berada di sisi yang lebih kecil, dan model ini sangat ringan yang beratnya kurang dari 3 pound atau hanya dibawah 1.3 kg, yang menjadikannya sebagai laptop yang paling portabel dan mudah dibawa. Pabrikan lain seperti Dell, Acer dan Toshiba juga menawarkan notebook Chromebook 13,3 dan 15 inci, dengan ukuran layar lebih besar jika Anda ingin menjadikan Chromebook sebagai teman kerja yang lebih ideal.

Meskipun Google Chrome dengan bangga mengandalkan sistem penyimpanan online mereka yaitu Google Drive, Google Chrome masih menawarkan port untuk USB, SD Card dan HDMI untuk mendukung berbagai perangkat USB seperti mouse eksternal, kamera, keyboard eksternal, layar eksternal, dan flashdisk, menggunakan fitur mirip dengan plug-and-play pada sistem operasi lain.

Setiap notebook menawarkan spesifikasi yang berbeda, semakin baik model yang Anda pilih, semakin tinggi spesifikasi mereka, dan tentu saja, semakin tinggi pula harganya. Prosesor dan jumlah RAM memperlancar pengalaman Chromebook.

Chromebook datang dalam berbagai konfigurasi perangkat keras yang sangat luas, tetapi umumnya cenderung mengemas daya komputasi yang sederhana karena mereka dibangun untuk memenuhi pasar laptop dengan harga yang terjangkau berkisar $ 150 – $ 400. Namun, tetap ada juga Chromebook Premium dengan harga $800 – $1.200.

Resolusi ini juga bervariasi di berbagai Chromebook, karena Chromebook kelas bawah mendukung tampilan 1366 x 768-piksel, sementara model yang paling mahal dapat menyaingi laptop Windows terbaik di 3200 × 1800 piksel!

Semua Chromebook datang dengan setidaknya 16GB penyimpanan internal, yang mungkin terdengar jauh lebih sedikit dibandingkan dengan standar yang ditawarkan oleh laptop saat ini, tetapi untuk Chromebook itu lebih dari cukup, karena sebagian besar penyimpanan di simpan di cloud dan sistem ini tidak dirancang untuk mengunduh aplikasi besar atau menyimpan banyak media. Plus, berkat port kartu SD di beberapa Chromebook, pengguna dapat memperluas penyimpanan sesuai keinginan mereka.

Berbicara tentang penyimpanan online (Cloud Storage), setiap pembelian Chromebook memberi Anda 100GB penyimpanan Google Drive gratis selama dua tahun. Setelah itu pengguna harus membeli langganan ke layanan Google drive, ini sangat disarankan karena memungkinkan Anda untuk selalu dapat menyimpan di cloud dan melindungi data Anda – jika Anda kehilangan perangkat keras penyimpanan Anda atau bahkan notebook Anda, ini masih memungkinkan Anda untuk dapat mengakses semua data yang tersimpan di cloud dari laptop atau perangkat lain tanpa harus mentransfer file apa pun.

Baca : 10 Laptop Terbaik untuk Video Editing di 2020

Chrome OS dan Aplikasi Android

Seperti disebutkan di atas, Chromebook dirancang untuk digunakan terutama saat terhubung ke Internet. Karena OS baru, Chromebook melakukan hal-hal yang berbeda. Alih-alih menginstal perangkat lunak tradisional untuk pengolah kata dan pesan instan, pengguna cukup menambahkan aplikasi web dari Chrome Web Store (seperti yang dapat kita kunjungi di browser Chrome).

Ini berarti, pengguna tidak lagi perlu repot-repot untuk mengunduh dan menginstal perangkat lunak atau software yang di inginkan. Karena pengguna chromebook hanya perlu melakukan pencarian dan pemasangan aplikasi yang diinginkan dari Chrome Web Store dan ini dapat dilakukan dalam beberapa detik.

Seperti yang sudah Anda ketahui sekarang, Chromebook dioptimalkan untuk aplikasi Google seperti Gmail, Google Calendar, Google Doc dan Google Drive. Ini bisa menjadi pengalaman yang sangat mudah bagi orang-orang yang sudah menggunakan layanan ini; namun, mungkin akan sedikit sulit bagi pengguna yang tidak terbiasa menggunakan layanan milik Google tersebut.

“APAKAH BISA MENGINSTAL APLIKASI ANDROID DARI GOOGLE PLAY STORE?”

Dengan Chrome OS baru, pengguna tidak dapat menginstal perangkat lunak klasik. Sebagai gantinya, pengguna dapat menginstal aplikasi Android dari Google Play store seperti halnya tablet dan smartphone yang sering kita gunakan. Mereka memiliki kemampuan offline yang lebih baik dan mencakup hampir semua kebutuhan yang biasa dibutuhkan oleh kebanyakan orang, namun ada banyak aplikasi yang masih belum dioptimalkan untuk layar besar.

Selain itu, pengguna Chromebook tidak dapat menggunakan perangkat lunak atau software yang banyak digunakan dan populer untuk pengolah kata seperti Microsoft Office suite, namun, Anda masih dapat menggunakan versi web dari Microsoft Office 365 menggunakan browser Anda.

Loading...

Google menyediakan alternatif untuk Ms. Office yang sangat bagus yaitu Google Documents. Dengan itu, pengguna dapat membuat segalanya mulai dari dokumen teks hingga spreadsheet dan presentasi. Selain itu, Anda juga dapat mengimpor semua dokumen Microsoft Word dan presentasi PowerPoint langsung ke Google Drive, memungkinkan Anda untuk mengerjakan file Anda yang sudah ada.

Ini akan menjadi perjalanan yang sulit untuk membiasakan diri dengan aplikasi baru, itulah sebabnya Anda masih bisa mendapatkan varian online dari perangkat lunak seperti Microsoft Office Online, yang tersedia sebagai serangkaian aplikasi untuk Chromebook, dan Anda selalu dapat menggunakan Google Drive asli untuk membuka dan mengedit dokumen dan spreadsheet.

Ada banyak editor foto yang tersedia untuk Chrome OS, termasuk editor gambar GIMP open-source. Namun, bagi pengguna Photoshop tampaknya harus sedikit kecewa karena tidak didukung, saat ini masih belum ada aplikasi Chrome OS yang dapat mengedit file .PSD.

Selain beberapa software atau perangkat lunak yang tidak tersedia di Chromebook, Anda sebagai konsumen potensial juga harus menyadari fakta bahwa ada lebih dari 200 aplikasi Chrome offline yang dapat bekerja tanpa konektivitas Internet, termasuk Gmail, Pocket, dan Google Drive juga. karena banyak aplikasi Android akan segera hadir, tetapi masih ada banyak aplikasi yang tidak akan berfungsi jika Anda offline.

Baca : 5 Laptop Gaming Terbaik dan Tangguh di 2020

Games

Baik Anda membeli komputer desktop, laptop, tablet, smartphone, atau Smart TV baru, kebanyakan pembeli selalu ingin tahu jenis game apa yang akan dapat mereka mainkan di komputer baru di waktu luang.

Anda harus tahu bahwa Chromebook tidak dirancang dengan memainkan video game AAA. Yang berarti Anda tidak akan bisa memainkan game yang menuntut seperti The Witcher III atau game besar lainnya.

Namun, Anda masih dapat bermain game di Chromebook, tetapi Anda hanya dapat memainkan game yang hanya tersedia di Chrome Web Store. Game kasual seperti Arcane Legends, dan Polycraft tersedia saat ini, tetapi karena keterbatasan spesifikasinya, Anda tidak akan memiliki akses ke Games Library seperti pada komputer Windows atau Mac.

Sisi baiknya, Pengguna dapat memiliki akses ke banyak game kasual lainnya seperti Temple Run dan Asphalt, berkat dukungan Android yang baru saja tiba di pengguna Chrome OS. Sekarang pengguna Chrome OS dapat menginstal semua aplikasi Android dari Google Play Store.

Daya tahan baterai

Salah satu nilai jual Chromebook adalah daya tahan baterainya yang luar biasa. Chromebook dirancang untuk bertahan dalam browsing web terus menerus melalui koneksi Wi-Fi dan masih memberi Anda rata-rata 6-7 jam masa pakai baterai tergantung pada model Chromebook Anda dan pada tingkat penggunaan Anda, karena konsumsi baterai bervariasi pada berbagai kegiatan seperti berselancar web, streaming online, dan bermain video game. Jadi kesimpulannya adalah masa pakai baterai tergantung pada begitu banyak faktor.

Baca : Cara Install Chrome OS di PC Komputer Windows 2020

Daya tahan

Ada saat-saat ketika kita semua mengalami saat yang menakutkan ketika kita menjatuhkan barang-barang elektronik kita yang berharga dan bertanya-tanya apakah itu akan membuat perangkat elektronik kita rusak. Sekarang Apa itu laptop Chromebook juga dibuat untuk tahan ketika notebook Chromebook kita jatuh dan apa itu tahan terhadap goresan.

Beberapa laptop notebook Chromebook sudah bersertifikasi MIL-STD-810G, yang berarti mereka mampu melewati pengujian daya tahan yang harus dilewati oleh peralatan Militer AS serta tetap hidup di suhu ekstrim, kelembaban, hujan, dan debu.

Dan jika terjadi sesuatu pada Chromebook Anda, maka Anda bisa masuk ke Chromebook baru dan seluruh data Anda akan tersedia di laptop baru tanpa harus menggunakan perangkat penyimpanan eksternal apa pun. Ini sungguh menakjubkan.

Baca : Penjelasan Lengkap Apa itu Windows Core OS (WCOS)?

Harga

Salah satu alasan terbesar dari keberadaan Chromebook dan keberhasilannya adalah penetapan harga; Chromebook dikenal sebagai laptop beranggaran rendah dan ditargetkan tidak hanya pada penggemar elektronik hardcore tetapi juga bagi para korban yang hanya membutuhkan notebook untuk penggunaannya yang sangat mendasar terkait pekerjaan, konektivitas, dan hiburan.

Sementara rata-rata laptop Windows standar dihargai $500 dan laptop Apple yang paling dasar adalah $1000, notebook Chromebook cukup murah. Dari Chromebook kelas atas dapat naik ke Chromebook kelas atas lainnya dengan perangkat keras yang lebih baik. Harga rata-rata teratas untuk Chromebook adalah $500.

Rata-rata harga $300 atau $400, Google dan mitranya telah membuat penawaran yang sangat sulit ditolak. Ini adalah pilihan yang terjangkau untuk setiap siswa yang membutuhkan laptop dengan harga terjangkau.

Baca : Cara Install Chrome OS di PC Komputer Windows 2020

Dan itulah penjelasan lengkap tentang laptop atau notebook Chromebook yang menggunakan Chrome OS besutan dari Google. Semoga penjelasan ini dapat memberikan informasi tentang apa itu laptop Chromebook dan memberikan jawaban atas apakah Anda perlu membeli laptop Chromebook untuk menggantikan laptop lama Anda.

Loading...

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Mudah Pasang Subiz Live Chat di WordPress

Cara Mudah Pasang Subiz Live Chat di WordPress - Live Chat merupakan fitur penting...

Cara Install dan Mengaktifkan SSH di Ubuntu 18.04

Cara Install dan Mengaktifkan SSH di Ubuntu 18.04 : Secure Shell (SSH) adalah protokol...

Close