Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Apa itu Branding? Brand, Logo dan Identitas Brand

Brand, Branding, Logo dan Identitas brand, kata-kata sederhana namun sulit untuk di ungkapkan, karena semua memiliki peran yang berbeda, yang bersama-sama, membentuk citra dan ditujukan untuk bisnis atau produk. Mungkin sebagian dari Anda pernah mendengar kalimat : Logo bukanlah brand (merek). Pernyataan tersebut mungkin sering kita dengar berulang kali, dan tentunya masih banyak orang diluar sana berpikir bahwa logo adalah brand.

logo merek identitas merek

Namun ada juga yang mengatakan bahwa brand memiliki arti yang lebih luas dari logo. Pada artikel kali ini saya ingin menunjukkan tentang definisi, memahami dan menggunakan istilah logo dan brand, serta identitas Brand.

Baca : Psikologi Warna Untuk Pemasaran Bisnis yang Efektif

Apa itu logo?

Sebuah logo adalah simbol grafis yang mewakili orang, perusahaan atau organisasi. Atau lebih tepatnya sebuah logo mengidentifikasi bisnis atau produk dalam bentuk yang paling sederhana melalui penggunaan tanda atau ikon. Jika logo tersebut cukup terkenal, seperti logo Nike, Anda mungkin bahkan cukup melihat logo tanpa ada nama bisnis (Nike) dalam logo tersebut, Anda akan tetap mengetahui bahwa logo tersebut adalah milik nike. Namun juga biasanya, kebanyakan tanda memiliki bagian tipografi yang lebih jelas merinci pada nama organisasi atau perusahaanya.

Apa itu wordmark atau logotype?

Sebuah logo juga dapat murni hanya tipografi, logo dengan hanya murni tipografi itu disebut logotype atau wordmark, maksudnya adalah ketika Anda melihat hanya huruf dari nama organinasi atau perusahaan tersebut yang dijadikan sebagai logo (tidak ada simbol tambahan). Sebuah contoh yang bagus adalah Coca-Cola dengan Scripty merahnya. Beberapa orang juga merujuk pada Simbol logo sebagai bagian kata dari logo yang juga memiliki simbol.

Baca : 5 Pilihan Warna dan Kombinasi Web Desiain

Apa itu identitas brand (merek)?

Setelah logo dirancang itu akan diterapkan untuk berbagai aplikasi. Sebagai contoh seperti logo ditempatkan di bagian tengah atas selembar kertas atau sering disebut sebagai kop surat. Jika semua yang Anda lakukan pada dasarnya hanyalah menjadikan logo Anda menjadi cap logo atau stempel dan Anda tempelkan ke hal-hal yang berbeda, Anda benar-benar belum mengembangkan identitas brand secara penuh.

Sebuah identitas brand juga mempunyai makna yang lebih besar lagi daripada logo, tampilan visual yang berbeda tapi berhubungan dengan perusahaan atau identitas brand disebut sebagai aspek visual yang merupakan bagian dari keseluruhan merek. Identitas brand mempunyai beberapa elemen penting yang harus di satukan sehingga sesuai dengan perusahaan dan bertujuan agar membuat identitas merek menjadi lebih kuat dari sekedar logo.

Ketika identitas merek benar-benar bekerja, Anda harus dapat mengenali merek bahkan jika Anda tidak melihat sebuah logo. Banyak orang telah mendengar tentang pentingnya menggunakan logo secara konsisten. Tapi juga harus ada konsistensi elemen lain dari hanya sekedar logo.

Hal yang sulit adalah bahwa mungkin logo Anda akan mengalami perubahan desain, tapi identitas merek Anda harus memiliki dua hal, yaitu konsistensi dan fleksibilitas. Menciptakan identitas merek yang berbeda namun beragam tergantung bentuk adalah sebuah tantangan tapi bisa menjadi dividen besar dalam nilai merek Anda. Unsur-unsur yang dapat menjadi bagian dari identitas merek bisa terdiri dari font, warna, citra, dan bahkan suara atau musik.

Apa Brand (Merek) ?

Brand atau Merek mempunyai tujuan dan makna yang lebih luas. Brand meliputi logo dan posisi visual lengkap dan dibuat dengan identitas merek yang kuat. Tetapi juga mencakup banyak aspek lain yang bukan bagian dari sisi desain yang ketat dari bisnis. Ini mungkin termasuk konten Anda, mempunyai pesan dan bercerita. Layanan pelanggan dan pengalaman klien juga merupakan bagian dari sebuah brand. Reputasi adalah bagian penting dari mendefinisikan kata Brand.

Anda juga akan mendengar beberapa orang (termasuk saya) menggunakan kata brand hampir bergantian dengan perusahaan atau organisasi. Brand tentunya akan berbicara tentang produk atau jasa; individu atau organisasi; perusahaan atau non-profit tanpa terperangkap dalam daftar khusus. Sebagai contoh, orang akan mengatakan: “Sebuah cara yang bagus untuk mempromosikan merek Anda dengan menggunakan media sosial.” (source : visiblelogic.com).

Baca : Cara Memilih Warna Yang Tepat Untuk Desain Web

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Boardwalk Responsive Free

Boardwalk adalah theme wordpress responsive gratis yang di rancang untuk blogging. Tema ini memiliki...

Apa Saja Fitur Baru dari WordPress Versi 4.3

Setelah kita sebagai bangsa indonesia merayakan kemerdekaan yang ke 70 pada tanggal 17 agustus,...

Close