Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Otomatis Tambahkan Judul Media di WordPress

Gambar dalam sebuah situs merupakan bagian terpenting dari sebuah website yang kaya konten, dengan adanya gambar situs menjadi lebih hidup dan juga membuat pengunjung menjadi lebih nyaman dalam membaca karena tidak hanya terfokus hanya pada tulisan saja yang mungkin pembaca menjadi bosan dan meninggalkan situs Anda tanpa membaca artikel sampai selesai.

Gambar juga merupakan salah satu jalan mendatangkan trafik, karena banyak trafik datang dari mesin pencari melalui gambar. Menggunakan judul yang tepat dan teks alternatif (alt image) untuk gambar dapat membuat gambar menjadi lebih SEO friendly. Namun jika Anda meng-upload banyak gambar, maka ada kesempatan baik bahwa Anda mungkin kadang-kadang lupa untuk menambahkan judul yang tepat dan alt teks untuk file media WordPress Anda. Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan cara untuk secara otomatis menambahkan judul media dalam WordPress.

Baca : Cara Optimalkan SEO Gambar Tingkatkan Peringkat Situs

Bagaimana WordPress Menangani Judul Media

WordPress secara otomatis menggunakan nama file sebagai judul untuk semua file media Anda yang di-upload menggunakan uploader Media WordPress. WordPress meninggalkan field alt text kosong untuk Anda isi. Belum lagi judul media dalam WordPress hanya digunakan secara internal, dan tidak digunakan sebagai parameter judul dalam tag gambar.

Otomatis Tambahkan Judul Media di WordPress

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Format Media Titles. Setelah aktivasi cukup masuk ke Settings » Format Media Titles untuk melakukan pengaturan plugin.

judul gambar otomatis wordpress

Plugin ini memungkinkan Anda untuk menghapus tanda penghubung hypens dan underscore. Sebagai contoh, jika nama file media Anda “tutorial-wordpress.jpg“, maka akan menjadi “tutorial wordpress” di bagian judul gambar Anda. Secara default, plugin akan menghapus tanda hubung dan garis bawah, tetapi Anda juga dapat menggunakannya untuk menghapus karakter period, tilde, dan plus dari nama file.

Format Media Titles juga dapat memanfaatkan kata-kata di bidang judul. Ada beberapa pilihan yang tersedia. Anda dapat memanfaatkan semua kata atau kata pertama saja. Anda juga dapat menggunakan huruf kecil atau karakter huruf besar untuk semua kata-kata.

Di pengaturan bagian bawah pada Misc. Options, Anda dapat menambahkan judul media yang diformat untuk kolom isian alt image, caption dan description. Saya menyarankan untuk Anda jangan lupa untuk mencentang untuk pilihan “alternative text”, cara ini bahkan jika Anda lupa untuk menambahkan teks alternatif untuk gambar Anda, plugin ini secara otomatis akan menggunakan judul media diformat sebagai alt text.

title gambar otomatis wordpress

Sekarang setiap kali Anda meng-upload gambar baru, Judul Media secara otomatis akan memformat nama file yang digunakan dalam judul yang akan dibaca dan menjadi SEO friendly seperti gambar diatas.

Baca : WordPress SEO : Cara Optimalkan Meta Description

Perhatikan bahwa plugin akan tetap tidak menggunakan judul media yang diformat sebagai parameter judul di tag img html. Untuk itu Anda perlu mengikuti petunjuk dalam tutorial saya sebelumnya tentang perbedaan Alt Image dan Title Image di WordPress. Saya harap artikel ini membantu Anda secara otomatis menambahkan judul media dalam WordPress. Semoga bermanfaat. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Infiword Responsive Free

Infiword adalah theme wordpress responsive gratis dibangun dengan HTML5. Tema ini sebagian besar cocok...

Cara Membuat Toko Digital Online WordPress – Part 3

Pada lanjutan tutorial toko digital online bagian ketiga atau yang terakhir ini, saya akan...

Close