Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Memasang Attachments atau Lampiran di Komentar WordPress

WordPress merupakan CMS (Content Management System) yang saat Anda install pertama kali sudah membawakan fitur untuk sistem komentar yang sederhana dan praktis. Dengan adanya sistem komentar ini menjadikan pengguna mudah dalam berinteraksi dengan Anda maupun pengguna lain. Tapi sistem komentar WordPress masih memiliki fitur yang kurang, misalnya Anda harus menambahkan plugin lain untuk menangkal spam seperti halnya menambahkan Captcha.

Dan bagaimana jika Anda ingin menambahkan gambar atau melampirkan file lain saat berkomentar? Secara default, komentar WordPress terbatas pada teks saja namun Anda bisa menambahkan fitur lain pada komentar seperti memasang fitur upload untuk lampiran seperti gambar dan gif untuk membuat komentar lebih menyenangkan. Pada artikel ini, saya akan menunjukkan cara memasang attachments atau lampiran di komentar WordPress.

Baca : Cara Memasang Komentar Facebook di WordPress

Memasang Attachments atau Lampiran di komentar WordPress

Untuk menambahkan fitur lampiran di komentar WordPress, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Comment Attachments. Jika Anda belum tau cara menginstall plugin WordPress silahkan untuk membaca artikel saya sebelumnya » Panduan lengkap cara install plugin WordPress.

Setelah plugin Comment Attachments Anda aktifkan. Silahkan untuk masuk ke pengaturan komentar di menu Settings » Discussion. Di halaman pengaturan tersebut sudah ditambahkan pengaturan baru yang dibawa oleh plugin Comment Attachment yang perlu Anda konfigurasi.

comments-upload-settings

Plugin Comment Attachments menambahkan pengaturan untuk mengijinkan Anda mengaktifkan fitur attachment atau lampiran dan pilihan untuk mengijinkan jenis file, ukuran file maksimum, dan bagaimana menampilkan lampiran mereka di website Anda.

Selain itu Anda juga dapat memilih tempat dimana Anda ingin menempatkan form upload attachment di form komentar Anda (sebelum atau sesudah field form default komentar).

Jika attachment dalam bentuk file gambar, maka Anda dapat memilih ukuran gambar yang ditampilkan, dan apakah Anda ingin mengaktifkan link gambar yang menuju ke file asli.

Beberapa Jenis File yang diperbolehkan di upload:

Plugin Comment Attachments ini juga menyertakan pengaturan untuk memilih type file atau jenis file yang ingin Anda ijinkan bagi pengguna untuk di upload. Secara default, pengguna hanya dapat meng-upload gambar dalam format jpeg, gif, dan png.

Dan Anda juga dapat mengaktifkan untuk file dengan format PDF, file Doc, spreadsheet, presentasi, audio, dan jenis file video.

file-types-uploads

Namun saya sangat menyarankan bagi Anda untuk tidak mengaktifkan audio aatau video karena file jenis ini mempunyai ukuran besar dan dapat membuat hosting Hosting WordPress Anda kepenuhan dan beban situs WordPress Anda menjadi berat.

Jika pengaturan diatas sudah selesai Anda lakukan, silahkan untuk mengklik tombol “Save Changes” untuk menyimpan perubahan pengaturan yang Anda lakukan.

Sekarang Anda dapat membuka salah satu artikel Anda dan lihat dibagian kolom komentar, dan sekarang sudah terdapat fitur baru attachment file dengan tombol “choose file”  untuk mengupload file pada komentar. Dan silahkan untuk mencoba apakah file upload berjalan dengan baik dan bagaimana gambar ditampilkan.

comment-upload-attachment

Pada bagian moderator komentar Anda dapat melihat lampiran yang diupload oleh pengguna di WordPress seperti gambar dibawah ini:

moderate-attachments

Pada bagian moderator tersebut Anda juga dapat meninjau terlebih dahulu tentang file yang di upload sebelum Anda melakukan Approve pada komentar tersebut dan jika lampiran tidak sesuai dengan keinginan Anda, Anda dapat menghapus lampiran saat memoderasi komentar di WordPress dengan mudah klik link “Delete Attachment”.

Baca : 6 Plugins Terbaik Captcha Anti Spam WordPress

Mengaktifkan Attachments Lampiran di Disqus Comments

Pengguna WordPress juga banyak yang menggunakan sistem komentar pihak ketiga yaitu Disqus seperti hal nya blog yang sedang Anda baca ini yaitu centerklik juga menggunakan disqus comments. Disqus komentar juga bisa melampirkan file seperti gambar, untuk mengaktifkannya silahkan login ke akun disqus Anda, dan masuk ke menu Admin » Settings » Community. Dan di situ terdapat pilihan untuk mengaktifkan Media attachments, silahkan centang “Enable Media Attachment”, dan setelah itu klik tombol “Save” untuk menyimpan perubahan.

disqus-comments-file-attachments

Setelah itu silahkan untuk membuka salah satu artikel Anda dan lihat dibagian komentar disqus dibawah artikel dan lihat sekarang muncul icon kecil di sebalah kiri bawah untuk melampirkan file.

upload-file-attachments-disqus

Jika Anda belum tahu cara untuk memasang disqus comment di WordPress, silahkan untuk membaca tutorial saya di bawah ini:

Baca : Cara Memasang Disqus Comments di WordPress

Diatas adalah panduan lengkap memasang fitur Attachments pada komentar WordPress dan juga komentar Disqus, semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Deadline Responsive Free

Deadline adalah Themes Wordpress Responsive Gratis untuk website blog atau majalah tradisional yang memfokuskan...

AdroitSSD – Layanan SSD Cloud Hosting Murah dan Cepat

Jika saat ini Anda ingin memulai bisnis online dan membuat website sebagai media bisnis...

Close