fbpx
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

9 Platform Toko Online e-Commerce Terbaik Tahun 2019

9 Platform Toko Online e-Commerce Terbaik Tahun 2019 – Apakah Anda ingin membuat toko online sendiri atau sedang mendapatkan proyek untuk membuat toko online untuk klien Anda, jika iya maka Anda tentu akan sangat membutuhkan sebuah platform untuk mewujudkan pembuatan situs toko online tersebut.

Ada banyak pilihan platform toko online e-Commerce yang bisa Anda pilih. Namun, memilih platform e-Commerce yang tepat dari kumpulan platform e-Commerce terbaik yang tersedia di internet bukan perkara yang mudah bahkan ini akan menjadikan Anda menghabiskan banyak waktu Anda.

Untuk memudahkan Anda dalam memilih mana yang terbaik untuk platform e-Commerce toko online, di artikel ini saya akan membahas 9 platform e-Commerce terbaik yang ada, membandingkan fitur terbaik dan kekurangannya, sehingga Anda lebih mudah untuk memahami mana yang akan cocok untuk Anda gunakan.

Baca : 30 Themes WordPress Toko Online Gratis Terbaik

Beberapa hal yang saya gunakan untuk memberi Peringkat Setiap Platform

Setiap platform e-Commerce berbeda meskipun tujuan mereka sama yaitu membangun sebuah sistem toko online yang canggih, tetapi ada beberapa faktor penilaian di masing-masing platform. Mereka memiliki keunggulan di sisi lain namun juga memiliki kekurangan disisi yang lainnya juga. Itu berarti tidak ada “platform e-Commerce tertinggi” yang jauh mengungguli yang lainnya. Setiap platform unggul dalam sesuatu dan kurang dalam hal lain, dan terserah Anda untuk memutuskan fitur mana yang paling penting bagi Anda.

Mari kita lakukan lihat beberapa hal ini untuk membandingkan setiap platform antara satu sama lain.

1. Harga

Fitur yang ditawarkan masing-masing platform berbeda-beda. Harga untuk paket yang ditawarkan juga berbeda-beda antara platform satu dengan lainnya, jadi penting bagi Anda untuk mempertimbangkan fitur mana yang paling penting bagi Anda dan seberapa besar bisnis yang ingin Anda tumbuhkan untuk memastikan Anda memilih platform yang menawarkan semua fitur yang Anda butuhkan dengan harga yang masuk akal untuk bisnis Anda.

2. Kemudahan Penggunaan

Beberapa platform melayani pemilik toko dengan sedikit atau tidak ada kecenderungan teknis, maksudnya adalah platform ini dibuat sedemikian rupa sehingga Anda benar-benar mudah dalam mengoperasikan toko online Anda meskipun Anda tidak memiliki keahlian dalam hal teknis tentang website toko online. Sementara platform e-Commerce lainnya dibuat untuk digunakan oleh pengembang atau pemilik toko yang mampu mempekerjakan seorang pengembang profesional. Anda harus mempertimbangkan jenis platform apa yang Anda butuhkan, faktor yang sepenuhnya bergantung pada anggaran Anda dan jumlah keterampilan teknis yang Anda miliki atau yang ingin Anda peroleh.

3. Persediaan

Menjalankan toko online secara sendirian dan mandiri itu memang cukup sulit. Akan lebih sulit lagi jika Anda tidak dapat membuat dan mengelola produk secara efisien. Anda dapat melihat cara masing-masing platform dalam menangani inventaris dan bagaimana platform tersebut bekerja untuk membantu Anda.

4. Manajemen Toko

Ini mengikat ke elemen terakhir. Anda tidak dapat menjalankan toko secara efisien, atau secara efektif, jika Anda tidak bisa mengelolanya dengan benar. Faktor ke empat ini mencakup data pesanan, penjualan, fitur pelaporan, serta analitik dan masih banyak lagi.

5. Dukungan

Dukungan harus menjadi faktor yang sangat besar ketika memilih platform e-Commerce, terutama jika Anda tidak memiliki keahlian teknis. Jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam desain web atau bahkan menjalankan toko online, gunakan platform yang menawarkan berbagai tingkat dukungan yang lengkap, dokumentasi lengkap dan pastikan tim dibalik mereka dapat membantu Anda dengan mudah.

6. Perluasan

Beberapa platform semuanya inklusif sementara yang lain open-source dan memungkinkan Anda untuk memperluas atau meningkatkan fungsionalitas toko online Anda sesuai keinginan Anda atau sesuai dengan kebutuhan toko online profesional lainnya. Setiap toko online tentu memiliki konsep dan car kerja yang berbeda, yang berarti setiap toko membutuhkan fungsi yang berbeda dari yang lain.

Maka dari itu, Anda harus menemukan platform yang cocok buat Anda dan mencari platform yang tidak membatasi Anda untuk memperluas fungsionalitas toko online Anda.

Baca : 10+ Toko Online Terbaik dan Terbesar Di Dunia

Pastikan Anda memiliki rencana bisnis yang jelas dan tahu kemana bisnis Anda akan dibawa, sehingga Anda tahu fungsi apa yang akan Anda butuhkan di masa depan. Ini memungkinkan Anda untuk menentukan apakah batasan dari platform tertentu akan berdampak negatif pada bisnis Anda.

9 Platform e-Commerce Terbaik Tahun 2019

Sekarang, mari kita bandingkan setiap platform e-Commerce dan garis besar di mana mereka unggul dan di mana platform tersebut memiliki kekurangan sehingga Anda benar-benar dapat menemukan mana platform yang paling sesuai dengan kebutuhan toko online Anda atau untuk klien Anda.

1. Shopify

shopify platform ecommerce toko online terbaik

Shopify adalah platform e-Commerce khusus yang beroperasi sebagai solusi lengkap. Platform ini bernaung dibawah perusahaan Shopify Inc. Ini juga merupakan nama platform e-Commerce miliknya sebagai platform untuk membuat toko online dan sistem penjualan retail atau eceran bagi pengguna. Shopify menawarkan kepada pengguna atau pemilik toko online dengan serangkaian layanan seperti pembayaran, pemasaran, pengiriman dan alat keterlibatan pelanggan untuk menyederhanakan proses menjalankan toko online untuk pedagang kecil.

Kelebihan: Mudah Digunakan
Kekurangan: Persediaan

  • Harga – Harga dasar Shopify untuk masing-masing paketnya relatif murah, tetapi dikenakan biaya transaksi 2% jika Anda menggunakan gateway sistem pembayaran pihak ketiga. Beberapa tema untuk situs toko online dijual sangat mahal, dan beberapa aplikasi tambahan menekankan biaya tinggi pada faktur bulanan Anda.
  • Kemudahan Penggunaan – Menyiapkan situs web, mengedit gaya dan membuat produk semuanya mudah dilakukan.
  • Inventaris – Anda tidak dapat membuat subkategori juga tidak dapat menambahkan lebih dari tiga opsi untuk setiap produk.
  • Manajemen Toko – Laporan mencakup laporan penjualan terperinci dan data tentang akuisisi pelanggan. Anda juga dapat melihat data analitik.
  • Dukungan – Dukungan tersedia 24/7 melalui obrolan langsung, email dan telepon.
  • Perluasan – Lebih dari 1.200 aplikasi tersedia di App Store. Pengembang juga memiliki akses ke API Shopify.

2. Squarespace

squarespace platform ecommerce terbaik

Squarespace adalah pembangun situs web khusus yang menyertakan fitur e-Commerce untuk melengkapi fungsionalitas kebutuhan dalam desain web.

Squarespace menyediakan perangkat lunak sebagai layanan untuk pembuatan situs web dan hosting. Pengguna dapat menggunakan template situs web yang sudah tersedia dan Anda tinggal drag and drop beberapa elemen untuk membuat halaman web atau toko online.

Kelebihan : Mudah Digunakan
Kekurangan: Keterbatasan Perluasan

  • Harga – Squarespace menawarkan fitur-fitur e-Commerce dasar yang cocok untuk bisnis kecil hingga menengah, menawarkan harga yang terjangkau dan sesuai.
  • Kemudahan Penggunaan – Squarespace dikenal dengan template yang penuh gaya dan mudah disesuaikan. Anda dapat memiliki toko online dan segera meluncurkan toko online anda dengan segera.
  • Inventaris – Membuat dan mengelola produk dengan Squarespace sama mudahnya, tetapi kategori dan sistem varian produknya sedikit rumit.
  • Manajemen Toko – Squarespace memiliki data analitik yang kuat, tetapi tidak memiliki laporan penjualan dan pelanggan.
  • Dukungan – Dukungan tersedia 24/7 melalui email dan Twitter. Obrolan langsung tersedia antara pukul 15:00 hingga 20:00 EST, Senin hingga Jumat.
  • Perluasan – Squarespace memiliki sangat sedikit aplikasi dan integrasi.

3. BigCommerce

platform ecommerce terbaik

BigCommerce adalah platform e-Commerce khusus lainnya yang bertindak sebagai solusi lengkap untuk pembangun toko online yang canggih. BigCommerce adalah pesaing langsung untuk Shopify.

Kelebihan: Manajemen Toko
Kekurangan: Harga

  • Harga – harga dasar platform ini murah, tetapi harga naik terus untuk pelanggan perusahaan. Anda akan membayar tambahan $80 / bulan untuk setiap 1.000 pesanan yang Anda proses jika toko Anda menghasilkan lebih dari $125.000 dalam pendapatan atau memproses lebih dari 2.000 pesanan dalam satu tahun.
  • Kemudahan Penggunaan – Membuat dan mengelola produk dari backend sangat sederhana, tetapi membuat perubahan pada tema Anda di luar perubahan warna dasar itu sulit dan benar-benar mustahil bagi sebagian orang, apalagi pengguna yang tidak memiliki ketrampilan pengkodean.
  • Inventaris – Membuat produk mudah dilakukan. Anda bahkan dapat menggunakan kategori induk, sub kategori dan sebanyak mungkin opsi yang Anda butuhkan (terbatas tetapi lebih dari cukup).
  • Manajemen Toko – Platform ini memiliki salah satu set data analitik dan laporan penjualan paling kuat yang tersedia di industri e-Commerce.
  • Dukungan – Dukungan tersedia 24/7 melalui obrolan langsung, email, dan telepon.
  • Perluasan – Ada ratusan aplikasi yang tersedia di BigCommerce Apps Marketplace.

4. WooCommerce

platform ecommerce toko online terbaik

WooCommerce adalah plugin WordPress open-source serta solusi terbaik untuk e-Commerce WordPress. WooCommerce merupakan plugin yang memiliki fungsi lengkap untuk membuat toko online diatas platform web WordPress, ini memiliki banyak keunggulan karena semuanya bisa Anda atur sendiri sesuai keinginan bahkan terdapat begitu banyak tema WooCommerce bagus untuk toko online WooCommerce baik yang gratis maupun berbayar.

Baca : Tutorial Membuat Toko Online dengan WordPress

Kelebihan: Dapat Diperluas
Kekurangan: Kemudahan Penggunaan

  • Harga – WooCommerce gratis dan juga banyak ekstensi, gratis. Beberapa ekstensi hanya tersedia dengan harga bulanan premium, tetapi Anda dapat menjalankan toko online Anda meskipun tanpa ekstensi tersebut untuk skala toko online tingkat kecila ke menengah.
  • Kemudahan Penggunaan – Menginstal WooCommerce, mengaturnya, dan membuat dan mengelola produk semuanya mudah dilakukan, tetapi perlu sedikit riset untuk mencari tahu hosting mana yang akan digunakan, cara menginstal WordPress di server Anda, cara menggunakan WordPress secara umum, cara mengamankan situs WordPress, tema mana yang digunakan dan cara menginstal / menyesuaikannya, dll. Proses ini bisa menyulitkan bagi sebagian orang, apalagi jika tidak berpengalaman dalam menggunakan WordPress.
  • Inventaris – Produk dapat memiliki kategori induk, kategori anak, tag, dan atribut secara lengkap.
  • Manajemen Toko – Anda dapat mengelola toko Anda dengan laporan penjualan, laporan pesanan, data analitik melalui integrasi dengan Google Analytics dan banyak lagi.
  • Dukungan – Dukungan tersedia melalui email selama jam kerja normal Senin hingga Jumat.
  • Perluasan – WooCommerce adalah plugin open-source dengan sejumlah plugin dan ekstensi berbeda yang dapat Anda gunakan untuk memperluas fungsionalitas intinya, Anda bisa menemukan banyak plugin tambahan untuk WooCommerce di direktori plugin WordPress secara gratis dan ada juga yang berbayar.

5. LemonStand

platform ecommerce terbaik

LemonStand adalah platform e-Commerce premium yang dirancang untuk bisnis, pengembang besar dan perusahaan. LemonStand juga mengembangkan perangkat lunak komputer berbasis cloud untuk retail online.

Kelebihan: Dapat Diperluas
Kekurangan: Harga

  • Harga – harga dasar LemonStand mahal, dan semakin mahal jika toko online Anda semakin sukses. Anda akan membayar $ 100 ekstra untuk setiap 1.000 pesanan yang Anda proses setelah Anda memproses lebih dari 2.500 pesanan dalam 3 bulan.
  • Kemudahan Penggunaan – LemonStand tidak melayani individu yang mengalami kesulitan teknis, jadi itu bukan platform yang bagus untuk pemilik toko yang masih perlu belajar dalam merancang dan membangun situs web mereka sendiri.
  • Inventaris – Membuat dan mengelola produk adalah sesuatu yang dapat dilakukan siapa saja dengan LemonStand. Bahkan memiliki fitur stocking yang unik.
  • Manajemen Toko – Anda dapat melacak pesanan dan pelanggan, tetapi platform ini tidak memiliki data analitik dan laporan penjualan terperinci.
  • Dukungan – Dukungan tersedia melalui obrolan langsung, email, dan telepon.
  • Perluasan – LemonStand adalah platform e-Commerce untuk pengembang karena memungkinkan Anda untuk mengembangkannya sebanyak yang Anda perlukan tergantung pada kemampuan Anda sebagai pengembang.

6. Ecwid

platform ecommerce toko online terbaik

Ecwid adalah platform e-Commerce serbaguna yang dapat Anda gunakan untuk membangun toko e-Commerce melalui server Ecwid atau platform yang Anda pilih, seperti WordPress.

Kelebihan: Harga
Kekurangan: Manajemen Toko

  • Harga – Ecwid adalah platform sederhana, dan harganya tentu sangat murah. Paket termahal yang ditawarkan adalah $99 / bulan.
  • Kemudahan Penggunaan – Membuat produk dan proses keseluruhan untuk mengelola toko Anda sederhana, tetapi pengeditan gaya agak sulit.
  • Inventaris – Produk dapat memiliki kategori induk dan sub kategori, atribut, dan beberapa tipe input, seperti kotak centang atau tombol radio, untuk pilihan.
  • Manajemen Toko – Anda dapat mengawasi penjualan, pesanan, pelanggan dan keranjgan yang ditinggalkan, tetapi platform ini tidak memiliki data analitik dan fitur pelaporan yang kuat.
  • Dukungan – Dukungan tersedia melalui obrolan langsung, email dan telepon.
  • Perluasan – Ecwid menawarkan sejumlah aplikasi berbeda yang memungkinkan Anda memperluas fungsionalitas dasar platform.

7. Big Cartel

platform ecommerce terbaik

Big Cartel adalah platform e-Commerce all in one yang dirancang untuk materi iklan, bangun toko online unik, jual karya Anda, dan jalankan bisnis kreatif. Sempurna untuk perancang pakaian, band, pembuat perhiasan, perajin, dan seniman lainnya.

Kelebihan: Harga
Kekurangan: Manajemen Toko

  • Harga – Big Cartel ditargetkan untuk toko-toko kecil. Ini memiliki rencana “gratis selamanya”, dan paket termahalnya hanya $29,99 / bulan.
  • Kemudahan Penggunaan – Menggunakan Big Cartel memiliki antarmuka sederhana. Mengelola tampilan toko dan menciptakan produk adalah sesuatu yang mudah dengan platform ini.
  • Inventaris – Platform ini tidak menawarkan sistem kategori induk atau sub kategori dan Anda tidak dapat membuat sistem hierarki.
  • Manajemen Toko – Big Cartel memiliki fitur manajemen persediaan yang buruk, dan juga tidak memiliki fitur pelaporan. Bahkan tidak berintegrasi dengan alat pihak ketiga.
  • Dukungan – Dukungan tersedia melalui obrolan langsung dan email.
  • Perluasan – Platform ini memiliki daftar aplikasi terbatas namun sangat bertarget.

8. Volusion

platform ecommerce terbaik

Volusion adalah platform e-Commerce all in one lainnya yang serupa dengan Shopify dan BigCommerce.

Kelebihan: Kemudahan Penggunaan
Kekurangan: Perluasan

  • Harga – Volusion memiliki model penetapan harga yang terjangkau. Paket termurah mereka hanya $15 / bulan.
  • Kemudahan Penggunaan – Menyiapkan toko online Anda, mengedit tema dan membuat produk juga mudah dilakukan dengan Volusion.
  • Inventaris – Platform ini memungkinkan Anda untuk membuat daftar opsi “master” dan secara selektif memilih opsi mana yang ingin Anda tambahkan ke suatu produk.
  • Manajemen Toko – Fitur pelaporan sangat mendasar, dan data analitis tidak ada kecuali Anda mengintegrasikan toko Anda dengan Google Analytics.
  • Dukungan – Dukungan tersedia melalui obrolan langsung, email dan telepon.
  • Perluasan – Tidak mudah memperluas fungsionalitas inti platform ini. Anda perlu memiliki sedikit pengetahuan teknis untuk melakukannya.

9. Wix

platform ecommerce terbaik

Wix adalah pembangun situs toko online all-in-one dan pesaing langsung Squarespace. Seperti Squarespace, ia menawarkan fitur e-Commerce untuk melengkapi elemen pembangun situs yang sudah dimilikinya.

Kelebihan: Kemudahan Penggunaan
Kekurangan: Manajemen Toko

  • Harga – Wix menawarkan harga yang murah untuk paket e-Commerce-nya. Opsi paling mahal adalah $30 / bulan.
  • Kemudahan Penggunaan – Wix mudah digunakan sebagai pembangun situs, dan Wix telah memperluas fungsionalitas ini menjadi fitur pembuatan produk dan manajemen toko.
  • Inventaris – Membuat produk mudah dengan Wix, tetapi mereka tidak memiliki sistem kategori yang tepat yang memungkinkan Anda untuk mengatur produk di backend.
  • Manajemen Toko – Platform ini tidak memiliki laporan penjualan, dan memiliki fitur analitis terbatas.
  • Dukungan – Dukungan tersedia melalui telepon dan sistem tiket.
  • Perluasan – Platform ini tidak memiliki integrasi dengan operator pengiriman, dan pemilihan aplikasinya cukup mendasar.

Kesimpulan

Shopify, BigCommerce, dan LemonStand jelas merupakan platform e-Commerce terkuat yang berdedikasi, sementara Squarespace mengalahkan Wix dalam kontes pembuatan situs moonlight sebagai platform e-Commerce.

Jika Anda seorang pengembang atau toko yang lebih besar yang membutuhkan situs web kustom yang dapat diperluas atau dikembangkan ketingkat yang lebih lanjut, gunakan Lemonstand atau WooCommerce. Jika Anda seorang kreatif yang membuat dan menjual produk mereka sendiri dan tidak bermaksud menjual lebih dari 300 produk yang berbeda, Anda bisa mencoba Big Cartel.

Baca : Cara Membuat Toko Digital Online Dengan WordPress

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
5 Emulator Android Terbaik untuk Linux

5 Emulator Android Terbaik untuk Linux - Linux mungkin tidak sepopuler sistem operasi seperti...

10 Alasan Mengapa Anda Perlu Memulai Blogging

10 Alasan Mengapa Anda Perlu Memulai Blogging - Memiliki blog yang selalu Anda update...

Close