Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

5 Tools Kompres dan Optimalkan Gambar Gratis dan Mudah

Pada artikel-artikel sebelumnya di centerklik sudah sering saya jelaskan bahwa dengan mengurangi ukuran file gambar secara drastis dapat meningkatkan secara keseluruhan kinerja aplikasi dan website Anda, dengan kinerja web yang cepat adalah merupakan faktor penting situs Anda ramah terhadap mesin pencari atau sering disebut SEO Friendly. Mesin pencari seperti google sangat menyarankan kepada setiap pemilik website atau blog untuk menjadikan situsnya lebih cepat saat diakses. dan dengan mengoptimalkan gambar Anda adalah merupakan salah satu cara yang menjadikan situs menjadi cepat sesuai keinginan pengguna maupun mesin pencari.

Bagi pemula mungkin masih sangat kebingungan bagaimana melakukan kompres dan mengoptimalkan gambar, tapi sebenarnya banyak sekali tools atau alat-alat yang gratis bisa Anda temukan dengan mudah, Anda bisa memilih menggunakan tools kompresi gambar secara offline yang harus melakukan instalasi di pc  maupun online tanpa harus menginstall di PC atau laptop Anda.

Pada artikel kali ini saya akan menunjukkan 5 tools kompres dan optimalkan gambar yang gratis dan mudah untuk Anda gunakan, sekaligus pada akhir artikel saya juga menambahkan beberapa tools kompresi gambar secara offline. Ada banyak alat online yang tersedia yang dapat membantu Anda kompres dan mengoptimalkan gambar dengan tetap menjaga kualitas gambar. Saya telah mengumpulkan beberapa yang terbaik dari mereka di postingan ini.

Baca : SEO Friendly Images Plugins SEO untuk Gambar

1. TinyPNG

tinypng kompress gambar

TinyPNG menggunakan teknik kompresi lossy untuk mengurangi ukuran file PNG sampai lebih 70%, meskipun namanya TinyPNG, tools online ini juga dapat mengkompresi file dengan ekstensi JPG, ini adalah tools yang sangat sering saya gunakan. Dengan TinyPNG ini, Anda dapat meng-upload beberapa gambar sekaligus (upto 20) dengan ukuran file maksimal 5MB. Sebuah plugin Photoshop juga tersedia dengan TinyPNG namun tidak gratis yaitu Anda harus membelinya dengan harga $50. TinyPNG juga menyediakan plugin untuk WordPress dan Magento dan untuk ini tentunya gratis.

Kunjungi situs

2. Compressor.io

compressor io kompres gambar

Compressor.io terhitung masih sebagai pendatang baru di bidang mengoptimalkan gambar, namun dengan mudah dapat diklasifikasikan sebagai salah satu yang memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna secara keseluruhan. Selain itu, Compressor.io mampu bekerja dengan 4 jenis file yang berbeda: JPEG, PNG, GIF dan SVG dan memberikan pilihan untuk melakukan baik lossy atau lossless kompresi. Batas ukuran file adalah 10MB, lebih besar daripada yang di berikan oleh TinyPNG, namun kemampuan untuk multi upload gambar yang kurang.

Kunjungi situs

3. Optimizilla

optimizilla

Optimizilla menggunakan kombinasi cerdas dari optimasi terbaik dan algoritma kompresi lossy untuk mengecilkan file gambar dengan ukuran minimum dengan menjaga tingkat kualitas yang diperlukan. Mendukung upload hingga 20 file dalam format JPEG dan PNG format. Optimizilla juga memungkinkan Anda untuk mengontrol tingkat kompresi dan preview gambar yang dihasilkan sebelum men-download.

kunjungi situs

4. JPEGMini

JPEGmini kompres

JPEGmini adalah teknologi optimalisasi foto yang mengurangi ukuran file foto JPEG sambil menjaga resolusi dan kualitas foto asli. Ia bekerja dengan menganalisis gambar input menggunakan detektor kualitas yang unik yang meniru sistem visual manusia, dan berdasarkan analisis ini menerapkan jumlah maksimum kompresi yang tidak akan menyebabkan artefak terlihat. Upload massal didukung setelah pendaftaran dan dapat berisi hingga 1000 foto dengan batas 200 MB.

kunjungi situs

5. Yahoo Smush.it

smush it

Smush.it adalah produk buatan Yahoo, adalah alat kompresi gambar lossless yang sangat populer yang dapat mengoptimalkan gambar dari beberapa jenis file termasuk GIF, PNG dan JPEG. Smush.it memungkinkan upload beberapa gambar sekaligus dan menyediakan file zip download dengan file gambar diminimalkan. Sebuah plugin Smush.it untuk wordpress juga tersedia. Anda bisa membaca artikel saya tentang smush.it yang berjudul : Smush.it, Optimalkan Gambar Secara Otomatis di WordPress. Dan kayaknya situs resminya sudah tidak aktif lagi, tapi Anda masih bisa menggunakan pluginnya yang di kembangkan oleh wpmudev.

Kunjungi situs

Seperti janji saya pada pembukaan artikel ini, saya juga akan memberikan daftar beberapa tools offline yang juga dapat membantu Anda mengoptimalkan gambar tanpa perlu koneksi internet.

Sementara teknik kompresi lossless umumnya akan memberikan Gambar Compressed kualitas tertinggi, mereka akan memberikan pengurangan relatif lebih rendah dalam ukuran file.

Sebuah teknik kompresi lossy memberikan pengurangan yang sangat tinggi dalam ukuran file dan secara umum gambar yang dihasilkan cukup baik untuk website dan blog.

Untuk digunakan dalam aplikasi dan desain yang memerlukan sajian gambar dengan kualitas tinggi, menggunakan alat yang menyediakan teknik kompresi lossless sangatlah dianjurkan.

Semua orang suka gambar berkualitas tinggi dan karena itu kita harus memperhitungkan kualitas yang dihasilkan dari gambar dikompresi. Dengan alat yang disebutkan di atas tadi, saya memastikan mereka juga menggunakan lossy atau lossless dalam teknik kompresi untuk gambar.

Baca : 10 Plugins Terbaik Optimasi Gambar untuk WordPress

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Colorsnap Responsive Free

Colorsnap adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang mempunyai desain minimal dan bersih, tema ini...

Cara Membuat Menu dari Kategori Produk Woocommerce

WordPress merpakan CMS yang sangat mudah dalam menggunakan fungsi menu, dengan cepat membuat menu...

Close