How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Tingkatkan Kecepatan Situs WordPress dengan WP Compress

Memiliki website atau blog yang dikatakan bagus tidak hanya karena memiliki konten yang menarik saja, tapi website yang memiliki kecepatan yang sangat bagus ketika dimuat juga merupakan syarat wajib yang harus Anda miliki. Karena perlu Anda ketahui bahwa setiap pengunjung akan menggunakan kriteria yang berbeda untuk menilai apakah website Anda memang benar-benar bagus dari berbagai segi.

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi waktu loading website Anda, selain harus menggunakan hosting terbaik untuk WordPress, Anda juga harus mengoptimalkan gambar-gambar di website Anda karena menggunakan gambar beresolusi tinggi adalah salah satu penyebab lamanya loading website.

Jika Anda pengguna WordPress, maka untuk mengoptimalkan gambar menjadi lebih ringan ketika dimuat tapi tidak mengurangi kualitas gambar sangatlah mudah, karena banyak plugin yang berfungsi untuk mengoptimalkan gambar dengan mudah. Salah satu plugin pengoptimalan gambar dengan kompresi gambar yang bagus adalah WP Compress.

WP Compress Optimalkan Gambar

Pada artikel kali ini saya akan membahas secara lengkap tentang plugin untuk meningkatkan kecepatan situs WordPress dengan cara kompresi gambar dengan WP Compress.

WP Compress

Kenapa Anda Perlu Mengoptimalkan Gambar?

Kebanyakan pengunjung tidak sabar dengan loading website yang lama, meskipun mereka menemukan website Anda di mesin pencari dan mengunjungi website Anda lalu mengetahui website dimuat sangat lama maka kebanyakan dari mereka akan langsung menutup website Anda dan mencari informasi dari website lain.

Ditinggalkan pengunjung karena loading website yang lama akan sangat merugikan apalagi jika website Anda digunakan untuk tujuan bisnis, tentu sudah berapa banyak calon pelanggan potensial Anda yang hilang. Ditambah jika Anda mengeluarkan uang untuk berkampanye iklan dan meninggalkan website Anda ketika mereka sudah datang tentu Anda juga akan rugi secara finansial.

Mengoptimalkan gambar merupakan cara termudah untuk meningkatkan kecepatan loading website Anda. Dengan website yang cepat akan memberikan banyak dampak positif bagi website Anda, selain pengunjung senang, menghemat banyak bandwidth dan menghemat kapasitas ruang penyimpanan server Anda, ini juga akan meningkatkan SEO karena mesin pencari memiliki algoritma yang menilai kecepatan website untuk hasil pencarian.

Baca : Perusahaan Layanan Web Hosting yang Direkomendasikan ole WordPress

Apa itu WP Compress?

WP Compress adalah plugin WordPress gratis yang berfungsi untuk pengoptimalan gambar dengan mudah hanya satu kali klik dengan tingkat kompresi tinggi dan hasil gambar berukuran kecil namun gambar hasil kompresi tetap berkualitas bagus. Dengan mengoptimalkan gambar Anda, Anda dapat memperbaiki waktu muat, meningkatkan Skor PageSpeed, dan meningkatkan konversi.

Plugin WP Compress juga mengklaim sebagai alternatif yang lebih baik dan gratis untuk plugin pengoptimalan gambar lainnya, seperti WPMUDEV’s Smushit atau EWWW Image Optimizer.

WP Compress merupakan sebuah plugin yang menyediakan kompresi massal satu klik, backup awan (cloud) tak terbatas, pengoptimalan otomatis gambar malam dan PowerUps eksklusif dengan harga sangat murah yaitu mulai $1 / month.

Dengan WP Compress Anda dapat dengan mudah:

  • Kecilkan ukuran file sambil tetap mempertahankan kualitas
  • Ubah ukuran gambar untuk mendapatkan ukuran dan kualitas maksimal
  • Optimalkan semua gambar di website WordPress Anda dalam satu klik
  • Gambar dapat dikembalikan ke ukuran aslinya kapan saja

Cara Menggunakan WP Compress di WordPress

Untuk mengoptimalkan gambar Anda di situs WordPress, silahkan untuk menginstall plugin WP Compress dengan masuk pada admin WordPress Anda Plugins » Add New, ketik nama plugin “WP Compress” dan klik tombol “Install”.

WP Compress Optimalkan Gambar Install

Setelah plugin terinstall, silahkan aktifkan plugin dan Anda akan melihat item menu baru ditambahkan dengan nama “WP Compress” di sidebar admin WordPress Anda.

Selanjutnya silahkan klik WP Compress dan Anda akan dihadapkan dengan halaman yang mengharuskan Anda melakukan registrasi untuk mendapatkan API Key WP Compress. Silahkan masukkan email Anda dan klik “Sign Up”.

WP Compress Optimalkan Gambar Register

Anda akan menerima email baru dari WP Compress yang berisikan informasi dan klik tombol “Get Your API Key” untuk mendapatkan API Key Anda, silahkan untuk menyalin API Key tersebut dan masuk kembali ke pengaturan WP Compress.

WP Compress Optimalkan Gambar Api Key

Silahkan masukkan API Key pada kolom yang tersedi dan Aktifkan plugin dengan klik tombol “Activated”.

WP Compress Optimalkan Gambar Api Key 2

Setelah plugin WP Compress aktif, Anda akan dibawa pada halaman pengaturan dimana Anda dapat melakukan konfigurasi pada plugin, dan berikut konfigurasi yang dianjurkan oleh WP Compress untuk hasil yang maksimal :

WP Compress Optimalkan Gambar Settings

WP Compress merekomendasikan untuk mengoptimalkan mode cerdas dengan mengubah ukuran toggled menjadi 2048px, ini memberikan keseimbangan kecepatan dan kualitas ideal serta menjaga gambar Anda cukup besar untuk perangkat retina dan tidak memuat piksel yang tidak perlu.

WP Compress biasanya merekomendasikan mengubah ukuran semua gambar menjadi maksimum 2048 piksel dan mungkin lebih kecil. Namun, gambar latar belakang harus dikecualikan dari ukuran untuk mencegah peregangan pada perangkat yang lebih besar.

WP Compress menawarkan backup cloud unlimited dan sangat menganjurkan agar tetap dalam posisi ON sehingga Anda dapat mengembalikan gambar Anda kapan saja jika diperlukan dan kompres pada pengaturan alternatif.

Untuk beberapa server shared hosting atau hosting dengan anggaran rendah, sebaiknya gunakan mode aman untuk thumbnail (Safe mode thumbnail) karena penyedia anggaran mungkin terlambat saat mendownload gambar yang dioptimalkan. Safe mode memperkenalkan perbaikan untuk ini; Namun, bisa menghasilkan gambar mini yang sedikit kurang dioptimalkan.

Setelah plugin sudah Anda konfigurasi atau bisa Anda biarkan secara default. Anda sekarang bisa masuk pada Library WordPress untuk melakukan pengoptimalan gambar dengan mengompress semua gambar dengan WP Compress.

Untuk melakukan kompresi gambar, Anda hanya perlu klik tombol “Compress” disamping daftar gambar dan tunggu beberapa saat maka gambar akan otomatis diubah ukuran menjadi lebih kecil dan ringan sehingga loading website WordPress Anda dimuat dengan cepat. Selain itu, untuk mengembalikan gambar pada ukuran normal, Anda tinggal melakukan klik pada tombol “Restore” dan gambar akan dikembalikan pada versi original.

WP Compress Optimalkan Gambar Compress

Untuk cara cepat dan WP Compress melakukan kompresi gambar secara keseluruhan, Anda bisa langsung klik Media » Bulk Compress dan klik tombol “Compress”. Dan untuk mengembalikan gambar secara keseluruhan, silahkan klik Media » Bulk Restore dan klik tombol “Restore”.

WP Compress Optimalkan Gambar Bulk Compress

Plugin WP Compress ini terbukti dapat mengoptimalkan gambar dan mengkompres gambar mencapai 90% sehingga gambar benar-benar memiliki ukuran kecil dan ringan ketika dimuat.

Harga WP Compress

WP Compress adalah plugin gratis dan bisa Anda download langsung di WordPress.org, tapi plugin ini juga memiliki versi premium dimana Anda akan mendapatkan fitur lebih dan juga lebih banyak mendapatkan kuota gambar untuk dapat di kompres tiap bulannya.

Berikut adalah daftar harga dari WP Compress Pro :

WP Compress Optimalkan Gambar Price

Membership

  • Personal $1/month : 1 Website, 1000 Images, + 1,250 Credit Starter Pack
  • Professional $3/month : up to 3 Website, 5000 Images, + 5,000 Credit Starter Pack
  • Professional Pro $5/month : up to 10 Website, 10000 Images, + 10,000 Credit Starter Pack

Lifetime

  • Bronze $15/month : Unlimited Websites, 500 images/month for Life, + All Pro Features & PowerUps
  • Silver $20/month : Unlimited Websites, 1000 images/month for Life, + All Pro Features & PowerUps
  • Gold $25/month : Unlimited Websites, 2500 images/month for Life, + All Pro Features & PowerUps

One Time : $1 / 1000 Images

Buy WP Compress

Kesimpulan

Melakukan pengoptimalan gambar disitus Anda memang tidak akan membuat situs Anda secara ajaib dimuat dalam waktu milidetik, kompres gambar ini adalah salah satu dari banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat website Anda dimuat lebih cepat. Dengan WP Compress Anda juga akan menghemat waktu Anda dalam mengoptimalkan gambar dengan cepat dan mudah, selain itu hasil gambar kompresi juga masih dalam kategori berkualitas dengan hasil  ukuran yang ramping. Harga WP Compress yang ditawarkan untuk versi premium juga sangat murah dengan rencana harga bervariasi.

Baca : 5 Plugin Cache Terbaik untuk Mempercepat Situs WordPress

Dan itulah ulasan lengkap saya tentang plugin WP Compress, semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan menjadi solusi untuk pengguna WordPress yang ingin memiliki website cepat. Selamat mencoba 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Speedster Responsive Free

Speedster adalah Tema WordPress Responsive gratis yang di disain dengan mengambil warna utama putih...

Cara Mudah Memasang Facebook Pixel di WordPress

Jika Anda memiliki website WordPress dan Anda gunakan website tersebut untuk berbisnis, maka ada...

Close