How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Optimasi Gambar dan PDF Agar Lebih Ringan dengan ImageRecycle

Seperti yang Anda baca pada judul artikel ini yaitu cara optimasi gambar dan file PDF, kenapa hal ini akan saya bahas di blog ini karena memang mengoptimalkan gambar sangat penting untuk dilakukan dan ini sering menjadi masalah bagi kita semua yang bekerja dalam dunia online khususnya bagi yang sering berhubungan dengan file gambar maupun PDF.

Dalam dunia SEO (Search Engine Optimization) salah satu faktor yang mempengaruhi nilai SEO adalah kecepatan website dan mesin pencari seperti Google memang menjadikan kecepatan situs sebagai nilai penting untuk mendapatkan posisi peringkat yang lebih baik di hasil pencarian. Selain dapat meningkatkan nilai SEO, masih banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki website yang ringan yaitu meningkatkan pengalaman pengguna yang lebih baik dan berpotensi juga dalam meningkatkan penjualan.

Untuk memiliki website yang ringan dan cepat saat di load adalah Anda harus menggunakan layanan hosting yang baik dan juga mengomptimalkan gambar. Gambar menjadi sangat penting untuk Anda gunakan dalam website karena gambar akan mempercantik website dan sebagai pendukung informasi. Seperti yang kita semua ketahui bahwa akan sangat membosankan saat mengunjungi situs yang berisikan hanya tulisan tanpa gambar, ini akan menjadikan pengunjung merasa cepat bosan. Apalagi bagi pemiliki situs seperti toko online, berita dan portfolio, akan sangat tidak mungkin dalam websitenya tidak menyertakan gambar.

Jadi, disini saya akan memberikan solusi untuk Anda cara untuk mengoptimasi gambar sehingga website Anda tetap terasa ringan dan cepat saat di akses meskipun memiliki banyak gambar. Dan alat yang akan saya gunakan adalah ImageRecycle Image and PDF Optimizer.

Visit ImageRecycle

ImageRecycle, Image and PDF Optimizer?

ImageRecycle adalah layanan online yang menyediakan alat untuk mengurangi ukuran gambar (jpg, png, gif) dan pdf sampai lebih dari 80% tanpa mengurangi kualitas dari gambar tersebut, sehingga gambar masih terlihat seperti pada ukuran aslinya. ImageRecycle dibangun dengan algoritma cerdas yang berbeda dengan alat-alat kompresi lain yang hanya dapat mengurangi ukuran tapi juga mengurangii kualitas gambar dan pdf secara drastis sehingga gambar terlihat menjadi buruk.

ImageRecycle compression image and pdf

Dengan memanfaatkan ImageRecycle ini situs web Anda yang terdapat banyak gambar akan tetap terasa cepat dan secara otomatis akan meningkatkan SEO situs Anda. Selain itu ImageRecycle juga dapat mengoptimalkan gambar dan pdf untuk pengguna ponsel, ini penting karena perlu Anda ketahui bahwa saat ini pengguna internet melalui smartphone tumbuh sangat cepat dan untuk mengurangi konsumsi data dari pengguna ponsel adalah dengan mengurangi ukuran gambar, karena faktanya 70% dari halaman berat terdiri dari gambar.

Hal lain yang menjadikan ImageRecycle unggul adalah alat ini mendukung untuk berbagai macam CMS populer seperti WordPress, Joomla, Magento, Shopify dan Standlone. Dengan adanya dukungan ini akan sangat memudahkan pengguna CMS tersebut dalam melakukan optimasi gambar dengan cepat dan lebih mudah. Dan pada bagian akhir dari artikel ini saya akan mencoba menjelaskan penggunaan plugin ImageRecycle di CMS WordPress, karena saya pribadi adalah pengguna setia WordPress.

Baca : Tips Trik Meningkatkan SEO Website WordPress

Mencoba Layanan ImageRecycle

Dalam artikel ini saya akan memaparkan beberapa layanan yang saya coba dengan menggunakan ImageRecycle, dan hasilnya memang benar-benar mengejutkan. Sebagai percobaan saya mengkompresi file gambar dan file PDF. Pertama saya memiliki gambar JPEG dengan ukuran 373.92 KB dan setelah saya kompresi menggunakan ImageRecycle ukuran gambar tersebut diturunkan menjadi hanya 86.53 KB, itu berarti ImageRecycle telah mengkompresi gambar milik saya mencapai 76.86%.

ImageRecycle compression image and pdf 2

Pada percobaan kedua saya memiliki file Pdf dengan ukuran 2.33MB dan setelah saya kompresi menggunakan ImageRecycle dikecilkan menjadi hanya 1.33M atau berhasil mengkompresi sebanyak 42.89%.

ImageRecycle compression image and pdf 3

Dan setelah saya lihat gambar dan file hasil kompresi dari ImageRecycle kualitas yang dihasilkan masih tetap sama, bahkan saya kesulitan membedakan file sebelum kompresi dan setelah kompresi karena terlihat sangat sama.

Selain percobaan diatas saya juga mencoba layanan lain yaitu menganalisa website, ImageRecycle dapat menganalisa situs web dan mendapatkan laporan secara gratis dalam waktu yang cukup singkat yaitu hanya 3 menit. Laporan akan dikirimkan ke email dalam bentuk file PDF yang berisikan rincian berapa persentase gambar yang akan di optimalkan dan peningkatan waktu loading setelah di optimalkan oleh ImageRecycle. Dan ImageRecycle memiliki layanan lain yang dapat Anda gunakan untuk melakukan optimasi URL dan halaman.

Harga ImageRecycle

ImageRecycle memang tidak gratis tapi harga yang ditawarkan oleh layanan ini juga sangat terjangkau bahkan dibanding dengan kompetitor lainnya seperti Kraken.io dan TinyPNG. Bahkan ImageRecycle memiliki banyak fitur yang tidak dimiliki oleh keduanya, Anda bisa melihatnya melalu gambar tabel dibawah ini.

Untuk harga ImageRecycle ditawarkan dalam tiga paket berbeda yaitu bulanan, tahunan dan sekali bayar.

Monthly Membership :

  • $7/month for 1GB
  • $14/month for 3GB
  • $50/month for 50GB

Yearly Membership :

  • $77/year for 1GB/month
  • $154/year for 3GB/month
  • $550/year for 50GB/month

ImageRecycle compression yearly

Dan paket terakhir adalah One-time Membership, paket inilah paket yang terbilang murah dan paling banyak disukai oleh para blogger, karena dengan paket one-time ini kita tidak terpatok dengan waktu bulanan dan juga harga tergolong lebih murah.

One-Time Membership :

  • $10 for 10000 images
  • $20 for 30000 images
  • $50 for 100000 images

ImageRecycle compression one time

Semua paket diatas untuk fitur dan kelebihan yang diberikan adalah sama, yang membedakan adalah jumlah quota yang diberikan. Jika dalam masa penggunaan Anda kehabisan kuota, Anda tidak perlu membuat akun baru lagi, tapi cukup dengan menambah kuota lebih dengan klik tombol “+Get More Quota”.

Dan jika Anda masih ragu dengan layanan yang ditawarkan oleh ImageRecycle, Anda tidak perlu khawatir karena terdapat akun Free trial selama 15 hari dengan quota 100MB, silahkan mencoba trial gratis terlebih dahulu sebelum membeli layanan dari ImageRecycle. Jika Anda tidak ragu dengan layanan ImageRecycle, silahkan keluarkan sedikit uang Anda untuk menggunakan layanan mereka ⇒ ImageRecycle Register.

Cara Menggunakan Plugin ImageRecycle di WordPress

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya diatas bahwa ImageRecycle mendukung beberapa CMS populer dan salah satunya adalah WordPress. Dengan adanya plugin ImageRecycle ini akan memudahkan pengguna WordPress dalam melakukan kompresi gambar langsung melalui Dashboard WordPress. Dan berikut langkah-langkah menggunakan plugin ImageRecycle di WordPress.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal Plugin ImageRecycle, Anda bisa menginstall melalui admin WordPress Anda dengan mengetikkan “ImageRecycle” atau menginstall melalui FTP. Anda bisa membaca panduan lengkap cara install plugin disini ⇒ Panduan Lengkap Cara Install Plugin WordPress.

install plugin ImageRecycle

Setelah plugin terinstal dan diaktifkan Anda dapat mendaftarkan akun gratis percobaan atau menggunakan account premium yang sudah Anda dapatkan, melalui menu Settings » ImageRecycle. Perhatikan bahwa setelah akun Anda dibuat atau terhubung, kunci API akan disimpan secara otomatis dan Anda dapat mulai menggunakan layanan ini.

after install ImageRecycle

Jika Anda belum memiliki akun, silahkan klik pada salah satu tombol “Create a trial Account”.

free trial optimization ImageRecycle

Jika Anda sudah memiliki akun, Anda hanya perlu login dan API key Anda akan diisi secara otomatis. Ditambah jika Anda memiliki beberapa sub rekening yang terdaftar pada akun ImageRecycle Anda, Anda dapat pickup satu pada layar berikutnya.

Otentikasi dengan kunci API Anda

Setelah login dari menu My Account » API and Quota (di website ImageRecycle) Anda bisa mendapatkan atau menghasilkan Key API. Untuk account key utama akan secara otomatis dihasilkan.

API wordpress optimization ImageRecycle

Kemudian copy-paste API Key dan API Secret ke halaman konfigurasi plugin WordPress Anda. Setelah API Key Anda dan Secret Key ditambahkan, Anda akan mendapatkan resume akun di Settings » ImageRecycle View.

Menggunakan sub-account

Inilah salah satu fitur ImageRecycle yang tidak bisa Anda dapatkan di layanan lain, fitur tersebut adalah terdapatnay Sub-account. Dengan sub account ini Anda dapat membuat beberapa akun untuk digunakan beberapa website secara bersamaan. Anda bisa membuat akun sub baru dengan klik tombol “Add Sub Account” dan selanjutnya Anda akan mendapatkan API Key baru untuk sub akun. Untuk pembuatan sub account ini tidak terbatas dan masing-masing sub-akun memiliki kuota tersendiri dan Anda dapat menentukan sesuai keinginan Anda. Setelah Anda menggunakan API key untuk sub-account, kuota gambar akan dipotong dari kuota sub-akun ini.

sub account API

Optimalkan gambar

Dengan plugin ImageRecycle ini Anda dapat melalukan optimasi gambar secara di Media library WordPress secara massal semua gambar yang ada atau gambar baru setelah upload dan gambar baru secara otomatis dioptimalkan saat di upload jika Anda telah menetapkan plugin untuk mengoptimalkan format file ini. Untuk melakukannya silahkan masuk ke Media » ImageRecycle.

optimization dashboard

Anda dapat mengoptimalkan gambar dan PDF satu persatu atau secara keseluruhan dengan menggunakan tombol “Optimize All”  untuk menerapkan kompresi pada beberapa elemen. Dan Anda tidak perlu khawatir kehilangan gambar aslinya karena gambar asli akan di simpan selama 1 bulan.

Setelah optimasi atau selama restorasi, gambar akan diganti pada server Anda secara otomatis. Optimasi massal akan dikerjakan di belakang proses, sehingga selama proses kompresi Anda dapat mengerjakan hal lain dengan WordPress dan Anda akan mendapatkan pesan email jika proses kompresi telah selesai. Dan sekarang, semua media akan ditempatkan dalam antrian dan Anda akan mendapatkan estimasi waktu yang tersisa.

Baca : 13 Cara Mempercepat Loading Website Blog WordPress

Dan itulah penjelasan lengkap mengenai ImageRecycle layanan kompresi gambar dan pdf, Anda bisa melihat lebih lengkap lagi dokumentasi untuk penggunaan ImageRecycle untuk CMS lainnya langsung dari situs resmi ImageRecycle. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba layanan ImageRecycle. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Numinous Responsive Free

Numinous adalah Theme WordPress Responsive Gratis yang di desain dengan bersih dan elegan yang...

Cara Daftar dan Beli Hosting Di iPage [Hosting]

iPage adalah layanan web hosting terbaik yang sudah berpengalaman, hosting iPage ini sudah mendapatkan...

Close