fbpx
How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

3 Cara Mengompres File PDF Untuk Mengecilkan Ukuran

Tujuan utama untuk mengurangi atau mengecilkan ukuran semua jenis file adalah untuk menghemat sedikit data yang pada akhirnya juga untuk menghemat ruang penyimpanan file. Selain itu, mengecilkan ukuran file juga memudahkan kita dalam mempercepat transfer ketika dikirimkan melalui email, mempercepat proses upload, download, menghemat bandwidth dan masih banyak lagi.

Berbicara tentang file PDF, Anda juga dapat mengoptimalkannya dengan mengompresi file tersebut. Proses kompresi ini akan mengecilkan ukuran file tanpa kehilangan data di dalamnya atau harus membuat file PDF lain. Sebelumnya software Adobe Acrobat juga memiliki fitur untuk mengompres file PDF, tetapi sekarang untuk opsi itu sudah tidak ada lagi dan hanya tersedia pada versi premium saja.

Pada artikel kali ini, saya akan menunjukkan pada Anda beberapa cara yang akan memungkinkan Anda untuk mengecilkan ukuran file PDF dalam waktu singkat di PC Windows dan juga macOS. Anda bahkan dapat mengompres file PDF di OS apapun hanya dengan beberapa klik menggunakan metode kedua dan ketiga. Jadi mari kita baca artikel ini lebih lanjut untuk mengikuti prosesnya dengan mudah.

Baca : 6 Software Editor File PDF Gratis Terbaik

Cara Kompres File PDF untuk Mengecilkan Ukuran

Ada berbagai alat dan situs web online yang menyediakan layanan kompresi file untuk mengecilkan ukuran file PDF apa pun. Di sini saya telah memilih untuk menggunakan software Soda PDF karena memiliki aplikasi untuk PC dan Ekstensi Chrome yang langsung terpasang pada browser. Dan yang perlu Anda ketahui bahwa Soda PDF ini memiliki banyak sekali alat yang berguna untuk mengkompresi file tidak hanya untuk PDF melainkan juga berbagai macam jenis gambar. Anda bisa menggunakan alat ini secara gratis secara online maupun offline.

Selain itu, ada juga alat layanan online lainnya yang memiliki fungsi yang sama yaitu PDF Resizer yang berguna tidak hanya akan mengompres tetapi juga mengubah ukuran halaman file PDF untuk mengecilkan dan mengoptimalkan ukurannya.

Cara 1 – Menggunakan Aplikasi PC (Offline)

1. Anda dapat mengunjungi situs web resmi Soda PDF untuk mengunduh aplikasi desktop. Setelah mengunduh dan melakukan instalasi.

2. Sekarang buka file PDF apa pun yang ingin Anda kompres menggunakan aplikasi Soda PDF. Klik menu “File” di sudut kiri atas pada bagian toolbar.

Kompres file pdf 1

3. Ini akan membuka menu Tool. Pada bagian ini silahkan untuk memilih menu “Compress”.

Kompres file pdf

4. Setelah ini, ia akan meminta Anda untuk memilih kualitas file PDF. File dan gambar dalam PDF akan diubah ukurannya sesuai kualitas yang Anda pilih.

Kompres file pdf

5. Setelah memilih kualitas output, pilih “Compress” di atas opsi ini. Ini kemudian akan menunjukkan ukuran file setelah itu akan dikompres, klik “Save”.

Kompres file pdf

6. Setelah ini, Anda akan diminta untuk memilih lokasi di mana Anda akan menyimpan file. Pilih lokasi yang diinginkan dan pilih “Save”. Dan sekarang Anda telah berhasil mengompresi file PDF dan memperkecil ukurannya.

Kompres file pdf

Cara 2 – Soda PDF Chrome Extension

1. Anda dapat mengunduh ekstensi Chrome untuk Soda PDF dengan mengunjungi link berikut ini → Soda PDF Extension.

Kompres file pdf

2. Sekarang, klik ikonnya dan pilih “Click to Open Services”. Ini akan memuat halaman web baru dengan berbagai opsi. Dari sini pilih menu “COMPRESS PDF”.

Kompres file pdf

3. Kemudian ia akan meminta Anda untuk menelusuri dan memilih file PDF dari sistem yang ingin Anda kompres. Klik “BROWSE” dan setelah Anda memilih file yang diinginkan, klik pada “COMPRESS FILE”.

Kompres file pdf

4. Setelah itu, ia akan mulai mengompresi file dan menunjukkan progres bar untuk proses kompresi.

Kompres file pdf

5. Setelah kompresi selesai dan mencapai 100% Anda dapat mengunduh file PDF terkompresi dan kemudian menggunakannya sesuai kebutuhan Anda.

Baca : Optimasi Gambar dan PDF Agar Lebih Ringan dengan ImageRecycle

Cara 3 – Kompres Dan Ubah Ukuran PDF Secara Online Dengan PDF Resizer

1. Silahkan kunjungi situs web Resizer PDF menggunakan browser web apa pun. Ini memiliki berbagai pilihan, dari sana pilih Optimize PDF untuk kompres PDF dan Resize PDF untuk mengubah dimensi file dan halaman PDF tanpa kehilangan kualitasnya.

Kompres file pdf

2. Di kedua tab Anda harus memilih tombol “Browse” untuk memilih file, cari file PDF yang ingin Anda kompres atau ubah ukurannya lalu pilih “Upload”.

Kompres file pdf

3. Sekarang, di bawah opsi “Resize PDF to Resolutions”, Anda dapat mengubah resolusi PDF dan ukuran halamannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah puas maka Anda bisa memilih “Looks Good, Do the Magic!”.

Kompres file pdf 11

Ini akan menerapkan pengaturan yang Anda ubah ke file PDF.

3. Selanjutnya pilih menu tab “Optimize” untuk mengoptimalkan file PDF Anda. Dan klik tombol “Optimize PDF!”. Ini akan proses ini akan memampatkan ukuran file PDF Anda.

Kompres file pdf 11

4. Anda selanjutnya dapat menggunakan opsi mengubah ukuran atau mengoptimalkan hingga Anda mencapai ukuran file yang diinginkan yang Anda butuhkan setelah mengompresi.

Kompres file pdf

5. Setelah file PDF dikurangi menjadi ukuran yang diperlukan, cukup klik “Download” untuk menyimpan file ke PC Anda dan selesai.

Baca : 7 Plugin Optimasi Gambar Terbaik Untuk WordPress

Kesimpulan

Nah, ini adalah metode paling sederhana untuk mengompresi dan mengubah ukuran file PDF. Dengan mengompresi akan mudah untuk berbagi file secara online dengan pengguna lain. Anda juga dapat menggunakan alat-alat ini untuk mengonversi PDF ke format file lain, menggabungkan atau membaginya dan beberapa opsi penyesuaian PDF lainnya.

Silahkan untuk memilih beberapa cara diatas yang paling mudah dan Anda sukai untuk memperkecil ukuran file PDF Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Mudah Mengganti URL Channel YouTube Anda

Saat Anda membuat channel atau saluran di YouTube, saluran itu secara otomatis memberikan URL...

Cara Menemukan atau Melihat Nomor IMEI Tanpa HP

Apakah Anda saat ini sedang kehilangan HP Anda? Kemudian Anda dapat menemukan perangkat Anda...

Close