vps murah
How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Mengetahui Informasi Web Hosting di WordPress

Ketika Anda menggunakan WordPress sebagai platform untuk website Anda dan WordPress yang Anda gunakan adalah jenis selft hosted atau di hosting sendiri maka pada perjalanan waktu mungkin akan mengalami masalah, masalah timbul disebabkan oleh berbagai hal, bisa karena plugin yang tidak cocok atau mungkin masalah yang Anda hadapi berhubungan dengan hosting yang Anda gunakan.

Saat Anda mengalami masalah yang terkait dengan hosting yang sedang Anda gunakan, mungkin Anda akan membutuhkan informasi detail mengenai server hosting yang Anda gunakan untuk WordPress. Sebagai contoh, saat Anda ingin menginstall plugin WordPress dan plugin tersebut membutuhkan kriteria tertentu pada server misal seperti versi PHP harus versi terbaru atau Database MySQL terbaru, maka sebaiknya pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai informasi hosting yang Anda gunakan sebelum menginstall plugin tersebut agar plugin berjalan dengan baik dan tidak terjadi masalah. Dan untuk menemukan informasi server hosting sebenarnya tidaklah sulit, Anda dapat meminta informasi tersebut langsung pada penyedia web hosting Anda atau jika itu terlalu lama maka bisa menggunakan cara praktis yang akan saya jelaskan pada artikel ini.

Cara Mengetahui Informasi Server Web Hosting

Pertama, Anda perlu menginstal dan mengaktifkan Plugin System Snapshot Report. Setelah plugin And aktifkan maka akan muncul menu baru bernama “Snapshot”, silahkan akses menu tersebut pada  Tools » Snapshot untuk melihat informasi web hosting dan sistem informasi. Plugin ini tidak memiliki pengaturan khusus, jadi tidak ada konfigurasi yang perlu Anda lakukan.

wordpress system snapshot hosting informais

Plugin akan menampilkan informasi server yang Anda gunakan seperti konfigurasi PHP, dan konfigurasi WordPress. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk memecahkan masalah, khususnya untuk pengaturan konfigurasi tertentu atau mengetahui spesifikasi plugin yang akan Anda install.

Selain itu, plugin ini juga akan menampilkan informasi tentang instalasi WordPress Anda. Misalnya, theme WordPress apa yang digunakan, Plugin yang telah Anda instal, dan juga struktur permalink yang digunakan, dan masih banyak lagi. Informasi ini sangat berguna jika Anda ingin mendapatkan bantuan dari seseorang tanpa memberikan mereka akses ke website Anda. Karena jika Anda membeli plugin dan tidak berjalan dengan baik, biasanya bagian support plugin tersebut menanyakan informasi mengenai server hosting website Anda.

Anda hanya dapat menyalin dan menyisipkan informasi ini di mana saja, atau Anda dapat mengklik tombol Save Snapshot File untuk men-download informasi ini dalam sebuah file text.

Baca : Cara Pilih Web Hosting yang tepat untuk WordPress

Mendapatkan Info lengkap PHP dan Konfigurasi MySQL di WordPress

Jika informasi yang Anda cari tidak tersedia dalam plugin System Snapshot Report, maka ada alternatif plugin lain yaitu WP-ServerInfo.

wp serverinfo hosting informasi

Setelah Anda mengaktifkan plugin tersebut, Silahkan masuk ke Dashboard » WP-ServerInfo dan di sana Anda akan menemukan informasi sistem WordPress yang Anda gunakan. Plugin ini sama dengan plugin sebelumnya yang juga tidak membutuhkan pengaturan. Dan plugin WP ServerInfo ini tentu lebih baik dibanding yang pertama karena kelengkapan informasi yang ditampilkan dan juga mendapatkan update yang rutin sedangkan plugin yang pertama sudah tidak di update sejak dua tahun yang lalu.

Selain cara diatas, sebenarnya jika Anda menggunakan plugin untuk optimasi SEO untuk meningkatkan SEO WordPress Anda seperti plugin All in One SEO, Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang server web hosting yang Anda gunakan berikut informasi instalasi WordPress tanpa Anda menginstall salah satu dari dua plugin diatas. Untuk melihat informasi hosting langsung saja masuk ke menu All in One SEO » Performance. Dan semua data informasi mengenai hosting Anda akan ditampilkan secara lengkap.

Baca : Cara Menggunakan Plugin All in One SEO WordPress

Dan itulah beberapa cara mudah untuk melihat informasi hosting yang Anda gunakan di WordPress, saya harap artikel ini membantu Anda dalam menemukan informasi tentang web hosting dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • putra

    Nice info…………..
    Thanks Untuk Infonya.

  • Buka Info

    sangat informatif sekali mas… saya lagi nyari plugin untuk mengetahui tentang informasi perform dari hosting saya,,, terima kasih sudah berbagi

  • mebel jepara murah

    wah infonya bagus ingin tak terapkan di toko onlineq gan..thanks you information nice post

    • silahkan gan, semoga membantu artikelnya. 🙂

Must Read...!
Theme WordPress Wlow Responsive Free

Wlow adalah Theme WordPress Responsive Gratis yang sangat bagus untuk situs bisnis Anda. Tema...

Cara Membuat Menu Floating Sticky di WordPress

Menu merupakan bagian penting dari sebuah website yang dibuat untuk memudahkan pengguna dalam menavigasi...

Close