fbpx
How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Apa itu SEO Lokal? Panduan Cara Optimasi SEO Lokal

Setiap perusahaan kecil, pemilik bisnis kecil dan bisnis multi-lokasi dapat mengembangkan bisnis mereka dan menarik lebih banyak pelanggan menggunakan strategi SEO lokal. Dalam panduan SEO lokal ini saya akan menjelaskan apa itu SEO lokal dan bagaimana cara optimasi pencarian lokal, dan bagaimana SEO lokal dapat membantu meningkatkan bisnis dan pelanggan Anda?

SEO Bisnis Lokal 1

Apa itu Pemasaran SEO Lokal?

SEO lokal atau Local SEO (Optimalisasi Mesin Pencari Lokal), kadang-kadang disebut sebagai pemasaran mesin pencari lokal, adalah cara yang sangat efektif untuk memasarkan bisnis lokal Anda secara online, karena membantu bisnis mempromosikan produk dan layanan mereka kepada pelanggan di daerah sekitar bisnis Anda pada waktu dan lokasi yang tepat ketika mereka sedang mencari layanan melalui mesin pencari Google.

Optimasi SEO Lokal bisa dicapai melalui berbagai metode, beberapa di antaranya sangat berbeda dari apa yang dipraktikkan pada SEO standar, dan beberapa di antaranya jauh lebih mudah dikelola dengan menggunakan alat SEO lokal dibanding dengan optimasi SEO standar.

Apa itu ‘Pencarian Lokal’?

Pertama, mari kita lihat perbedaan antara pencarian informasi standar dan apa yang dikenal sebagai pencarian lokal.

Tahukah Anda? Bahwa menurut Google, ada sekitar 46% pencarian memiliki intent pada pencarian lokal.

Sebagai contoh untuk pencarian standar, pengguna biasanya menggunakan metode pencarian dengan kata kunci yang lebih bersifat global yaitu : “Persewaan Alat Pernikahan”, kata kunci semacam itu bisa di anggap oleh Google sebagai pencarian standar untuk informasi lebih luas.

Sedangkan pengguna yang sedang melakukan pencarian lokal biasanya mengetikkan kata kunci yang lebih spesifik dengan tambahan kata kunci “terdekat, di dekat saya atau penyebutan lokasi tertentu”, sebagai contoh kata kunci untuk pencarian lokal adalah sebagai berikut : “Persewaan Alat Pernikahan Terdekat”, “Persewaan alat pernikahan di dekat saya” atau “Persewaan alat pernikahan madiun”.

Namun, mesin pencarian Google pada dasarnya saat ini sudah sangat cerdas, dimana untuk jenis permintaan pencarian yang biasanya menyertakan lokasi atau ‘dekat saya’ tidak diperlukan jika pencarian menggunakan Google Maps atau jika Google mengetahui lokasi Anda melalui email yang sedang dalam keadaan login, Google secara otomatis akan menganggap pencarian memiliki maksud lokal), mesin pencari memahami bahwa keinginan pencari adalah saran atau daftar bisnis berdasarkan lokasi, dan kemudian Google akan memunculkan di halaman hasil mesin pencarian dengan hasil pencarian lokal (SERPs).

Perbedaan dalam perilaku dan hasil dalam pencarian seperti yang sudah saya jelaskan diatas itulah yang menjadikan alasan mengapa SEO lokal penting dan layak untuk diinvestasikan bersama dengan SEO standar, dan keduanya juga penting untuk di optimasi sehingga bisnis Anda bisa unggul dalam pencarian Google.

Apa itu SERP Lokal?

Apa yang paling dibutuhkan bisnis lokal untuk meningkatkan lalu lintas ke situs web mereka atau melalui pintu mereka adalah visibilitas pada apa yang dikenal sebagai ‘paket lokal’ atau ‘paket 3’. Ini adalah blok dari tiga daftar bisnis yang muncul di bawah peta dalam hasil yang ditampilkan setelah pencarian Google dengan maksud lokal.

Di bawah ini adalah paket lokal yang dihasilkan dari pencarian dengan kata kunci “Persewaan alat pernikahan terdekat”.

SEO Bisnis Lokal 2

Anda akan melihat banyak hal di sini yang berbeda dari hasil organik standar, seperti waktu buka, peringkat ulasan, dan bahkan foto. Meskipun Google menjadi cukup pintar untuk menarik informasi ini langsung dari situs web Anda, tapi yang ditampilkan itu bukan dari elemen-elemen ini berasal.

Segala sesuatu yang ditampilkan dalam paket lokal berasal dari profil bisnis di Google Bisnisku atau Google My Business, bagian penting dari pemasaran SEO Lokal yang menjadi lebih penting ketika Google mencoba untuk memenuhi lebih banyak permintaan pencarian langsung di SERPs.

Apa itu Google My Business?

Google Bisnisku atau Google My Business, sebelumnya dikenal sebagai Google Local. Google My Business (GMB) adalah seperti namanya, ini merupakan profil bisnis Anda di Google. Anda bisa mempelajari cara daftar menambahkan atau mengklaim bisnis Anda di Google My Business di sini.

Ini memberi informasi ke berbagai tempat, termasuk paket lokal dan hasil pencarian Google Maps, tetapi tampilan yang paling umum dari hasil pencarian ini adalah profile bisnis ditampilkan berada di kanan atas (atau teratas di ponsel) dari pencarian merek untuk bisnis Anda, seperti di bawah ini.

SEO Bisnis Lokal

Inilah yang dikenal sebagai Panel Pengetahuan. Profil GMB Anda dapat mencakup sejumlah informasi yang Anda kirimkan sendiri, seperti layanan yang Anda tawarkan, detail kontak, deskripsi bisnis, kategori, dan waktu buka, tetapi penting untuk dicatat bahwa fitur seperti atribut GMB, Tanya Jawab GMB, dan Tinjauan Google hampir seluruhnya dihasilkan oleh konsumen, idealnya dengan pengalaman bisnis Anda.

Sebagian besar SEO lokal membuat profil GMB (Google My Business) Anda menjadi terbaru dan seakurat mungkin, sehingga memiliki peluang lebih tinggi untuk muncul dalam paket lokal, dan dapat dipercaya, menarik dan cukup menarik untuk menjamin klik-tayang. Meskipun sangat kuat, Google Bisnisku hanyalah satu contoh dari apa yang dikenal sebagai ‘kutipan’ atau “Citation”.

Apa itu kutipan?

Kutipan atau Citations adalah tempat informasi bisnis NAPW (Name, Address, Phone, and Website) Anda muncul bersama secara online, biasanya di direktori online atau situs web daftar bisnis.

Ini sangat penting untuk diterapkan pada SEO lokal, karena jika Anda tidak muncul di tempat orang mencari bisnis seperti milik Anda, Anda kemungkinan akan dikalahkan oleh pesaing yang melakukannya.

Ada dua jenis kutipan:

  • Kutipan tidak terstruktur
  • Kutipan terstruktur

Kutipan terstruktur biasanya muncul dalam daftar bisnis dan berasal dari bidang formulir yang diisi ketika daftar diklaim. Di bawah ini kami menyoroti kutipan terstruktur dengan warna kuning untuk daftar Yelp.

Yelp citation seo lokal

Kutipan tidak terstruktur lebih cenderung menjadi hasil pers dan media sosial, di mana informasi NAPW Anda terlihat dan terhubung di halaman web (mungkin di seluruh artikel berita lokal tentang bisnis), tetapi tidak dalam format terstruktur.

Mendapatkan kutipan untuk bisnis lokal Anda tidak hanya penting, ini dikenal luas sebagai “Table Stakes” dalam optimasi pencarian lokal, seperti pada ‘jika Anda tidak mendapatkan kutipan, Anda tidak dapat memainkan permainan’. Walaupun itu kunci untuk menjadikan ini sebagai aspek mendasar dari strategi SEO lokal Anda, dengan membuat kutipan di situs web yang paling relevan, penelitian menunjukkan bahwa jika mereka tidak diperbarui dan dibersihkan secara teratur, mungkin ada konsekuensi serius.

Tahukah Anda? bahwa 68% konsumen mengatakan mereka akan berhenti menggunakan bisnis lokal jika mereka menemukan informasi yang salah di direktori lokal.

Baca : Pentingnya Memiliki Website Bisnis di Era Digital

Bagaimana cara optimasi bisnis di pencarian lokal?

Jadi sekarang Anda sudah tahu tentang apa itu SEO bisnis lokal, Anda mungkin akan bertanya-tanya bagaimana sebenarnya mencapai kesuksesan di dalamnya dan melakukan optimasi untuk SEO lokal? Pertama, saya sarankan untuk membiasakan diri dengan tiga elemen inti dari peringkat pencarian lokal:

  • Kedekatan: Seberapa dekat bisnis Anda dengan pencari?
  • Relevansi: Seberapa relevan dengan permintaan pencarian produk dan layanan Anda?
  • Keunggulan: Apa yang dikatakan konsumen lain tentang produk dan layanan Anda?

Saya disini telah membahas beberapa hal penting yang dapat membantu Anda mencapai kesuksesan dalam SEO lokal; sekarang inilah gambaran umum dari semua layanan SEO lokal yang dapat membuat perbedaan:

Situs web ‘pelokalan’

‘Melokalkan’ situs web Anda berarti memasukkan nama kota, daerah, atau wilayah Anda secara alami di seluruh situs Anda. Untuk bisnis dengan beberapa lokasi, ini bisa melibatkan pembuatan halaman atau Konten terpisah untuk masing-masing lokasi. Cara lain termasuk terlibat dengan acara komunitas lokal dan menampilkan artikel dan informasi tentang bisnis Anda di situs mereka.

Bangun kutipan

Pastikan fitur situs Anda di situs citation dan direktori bisnis online. Ini tidak hanya akan membantu pelanggan menemukan bisnis Anda, tetapi menampilkan nama perusahaan Anda, alamat, nomor telepon dan URL situs web (NAPW) di situs kutipan dan menambahkan informasi tambahan ke direktori bisnis akan membantu meningkatkan peringkat pencarian Anda.

Klaim daftar Google My Business Anda

Mengklaim halaman Google My Business Anda adalah langkah kunci menuju membantu bisnis Anda ditampilkan pada layanan Google, seperti hasil pencarian lokal dan Google Maps. GMB (dan yang setara dengan Microsoft, Bing Places for Business) harus selalu menjadi direktori online pertama yang Anda miliki.

Mengelola ulasan dan Rating

Ulasan asli dan jujur ​​sangat penting untuk menunjukkan kualitas layanan Anda dan untuk mengirim sinyal ke mesin pencari bahwa situs dan layanan Anda dipercaya dan bermanfaat. Jumlah ulasan yang Anda terima, kualitas keseluruhan ulasan dan otoritas situs ulasan itu sendiri adalah faktor penting untuk peringkat pencarian lokal.

Dapatkan backlink berkualitas dan relevan

Tautan balik atau backlink berkualitas yang diperoleh secara alami dari situs web yang terkenal membantu mesin pencari mengenali situs Anda sebagai sumber informasi tepercaya dan meningkatkan aspek ‘keunggulan’ dari algoritma pencarian lokal. Tautan dari koran lokal, blogger, dan asosiasi bisnis, serta kutipan, semuanya dapat membantu meningkatkan visibilitas pencarian Anda.

Baca : 5 Tips Untuk Memulai Bisnis Online Anda Sendiri

10 Alasan Mengapa SEO Lokal Dapat Membantu Anda Menarik Pelanggan Baru

Pelanggan lokal beralih ke internet untuk menemukan bisnis lokal – di desktop dan seluler

Buku telepon saat ini sudah tidak dicetak lagi karena semakin banyak orang beralih ke internet untuk mencari informasi tentang bisnis lokal dan ini terbukti lebih mudah dan praktis.

Berikut ini beberapa statistik:

  • 96% pemilik PC melakukan pencarian lokal
  • 46% dari semua pencarian Google adalah lokal
  • 64% pelanggan lokal menggunakan mesin pencari dan direktori sebagai cara utama mereka untuk menemukan bisnis lokal
  • 50% pencari seluler lokal mencari informasi bisnis (seperti alamat atau nomor telepon perusahaan)
  • Sebanyak 78% dari pencarian seluler lokal menghasilkan pembelian offline

Pemasaran pencarian lokal sangat bertarget dan tepat waktu

Alasan utama orang melakukan pencarian lokal adalah untuk menemukan bisnis lokal atau lokasi di area pengguna. Alasan paling umum kedua adalah untuk menemukan produk atau layanan. Banyak pencari lokal mencari nama bisnis tertentu, tetapi banyak yang mencari tidak memikirkan bisnis tertentu ketika mereka mulai berburu.

Dengan mempelajari dan menerapkan cara melakukan pemasaran SEO lokal, Anda dapat lebih memposisikan bisnis Anda dan mempromosikan apa yang Anda tawarkan kepada pelanggan lokal ketika mereka mencari jenis bisnis Anda. Tidak ada waktu yang lebih baik untuk terhubung dengan pelanggan potensial selain ketika mereka benar-benar membutuhkan Anda.

Pencarian lokal memiliki tingkat konversi tertinggi dari semua saluran iklan lokal

Jika Anda ingin alasan cepat mengapa SEO lokal itu penting. Direktori daring (seperti Yelp, Citysearch, Foursquare, dll.) Menampilkan nama, alamat, nomor bisnis, dan terkadang informasi tambahan (seperti menu atau deskripsi bisnis). Direktori lokal mendominasi halaman pertama dari banyak hasil pencarian lokal. Pemasaran direktori lokal (hanya satu dari banyak strategi SEO lokal) memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi daripada opsi periklanan tradisional lainnya – hingga 50% konversi pada beberapa direktori. Itu berarti bahwa dengan mendaftarkan bisnis Anda secara akurat di sebanyak mungkin situs direktori online berkualitas, Anda akan mengonversi 1 dalam 2 prospek menjadi pelanggan yang sebenarnya.

Internet Seluler Bertumbuh

Semakin banyak pelanggan menggunakan ponsel atau tablet untuk menemukan bisnis lokal terbaik saat mereka sedang bepergian. Bahkan, penggunaan media digital seluler sekarang lebih tinggi 51% dibandingkan dengan penggunaan desktop yang hanya 42%. SEO lokal mencakup PC dan akses internet seluler, yang berarti Anda tidak pernah melewatkan pelanggan potensial.

SEO Bisnis Lokal 3

SEO lokal menghasilkan laba atas investasi

Tidak seperti iklan tradisional (mis. Koran lokal, selebaran, surat langsung, dll.), Dengan SEO lokal hanya ada sedikit paparan yang terbuang sia-sia. Anda menjangkau pelanggan potensial saat mereka membutuhkan Anda – bukan saat mereka tidak membutuhkannya. Ini membuat SEO bisnis lokal efisien dan hemat biaya.

Hanya 44% bisnis yang mengklaim listing Google My Business

Google My Business adalah daftar gratis yang disediakan Google untuk hampir semua bisnis. Memiliki bisnis yang terdaftar di Google My Business dapat membantu meningkatkan peluang Anda untuk muncul lebih tinggi dalam hasil pencarian lokal di Google. Selain itu, banyak bisnis lokal masih belum mengetahui pentingnya pemasaran online. Itu membuat pintu terbuka bagi Anda untuk memulai sebelum pesaing Anda sadar dan menjadi lebih kompetitif.

Banyak peluang SEO lokal terbaik adalah GRATIS (untuk sekarang!)

Bebas mengklaim listing Anda di Google My Business, Bing Places for Business, dan ratusan direktori bisnis online lainnya. Itu berarti promosi gratis untuk bisnis Anda!

85% konsumen mempercayai ulasan bisnis online

Dari mulut ke mulut adalah faktor utama dalam keberhasilan banyak bisnis lokal. Jadi, juga tingkatkan reputasi perusahaan Anda secara online dan minta pelanggan tepercaya untuk memberikan ulasan positif tentang bisnis Anda secara online untuk menarik ratusan pelanggan baru.

Pelanggan lokal mengandalkan internet untuk menemukan informasi tentang bisnis Anda

Saat ini, orang bergantung pada internet untuk menemukan informasi tentang semua jenis produk dan layanan, apakah mereka menggunakan pencarian tradisional atau, seperti halnya semakin sering, pencarian suara untuk menemukan bisnis lokal. Jika bisnis Anda tidak ditemukan pada hasil pencarian lokal, Anda akan kehilangan pelanggan baru. Menerapkan berbagai strategi SEO Lokal untuk bisnis Anda dapat membantu Anda muncul di peta internet untuk dilihat pelanggan masa depan!

Kembangkan bisnis Anda menggunakan SEO Lokal

Tren pemasaran penelusuran lokal saat ini sangat kuat dan tren itu hanya akan menjadi lebih kuat dan lebih signifikan di masa mendatang, terutama mengingat betapa tajamnya Google untuk menjauhkan pengalaman pencarian lokal dari situs web Anda.

Sekarang adalah saatnya bagi Anda untuk mengambil keuntungan dari layanan SEO lokal dan meningkatkan bisnis Anda sebelum pesaing Anda memahaminya. Semua bisnis lokal dapat meningkatkan bisnis mereka dan menghasilkan lebih banyak uang melalui pemasaran SEO lokal, jadi mulailah hari ini!

Baca : Cara Membangun Bisnis Online Pertama Anda Menjadi Sukses

Dan itulah penjelasan lengkap tentang apa itu SEO Lokal dan panduan cara optimasi SEO lokal agar bisnis Anda lebih dikenal disekeliling Anda sekaligus menarik pelanggan sebanyak mungkin melalui media internet yang gratis dan praktis. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba. Semoga sukses 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
5KPlayer – Media Player Gratis Terbaik Untuk Windows & Mac

Media Player Gratis Terbaik Untuk Windows & Mac 5KPlayer - Ada begitu banyak pemutar...

6 Perusahaan Rokok Terbesar di Indonesia Saat Ini

Rokok adalah sebuah produk yang terbuat dari tembakau yang banyak di konsumsi masyarakat baik...

Close