How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

10 Kesalahan SEO yang Harus Dihindari di WordPress

SEO merupakan hal penting dalam membangun situs web, dengan mengoptimalkan SEO pada situs dan membuat artikel SEO friendly, maka akan memberikan blog banyak pengunjung dari mesin pencari secara organik, namun ada beberapa kesalahan yang sering pengguna pemula WordPress lakukan.  Bagi Anda yang masih baru dalam penggunaan WordPress, berikut saya akan memberikan daftar 10 kesalahan SEO yang harus Anda hindari di WordPress, sehingga Anda dapat memastikan bahwa Anda tidak jatuh ke dalam perangkap yang sama dan menjadikan situs web Anda seperti kuburan alias sepi pengunjung.

10 kesalahan seo wordpress

1. Tidak mengoptimalkan URL untuk SEO

Kesalahan SEO pertama yaitu Jika URL Anda tidak sesuai dengan judul Anda dan tidak mengandung kata kunci di dalamnya, maka akan mengakibatkan kalahnya persaingan dalam peringkat mesin pencari. Menjalankan sebuah situs web dengan cara tradisional dapat membuat Anda kehabisan waktu dan itu terlalu sulit, tetapi ketika Anda menggunakan platform CMS seperti WordPress hal tersebut akan jauh lebih mudah dilakukan, Anda hanya perlu melakukan perubahan pada pengaturan premalink. Setelah itu Anda dapat memodifikasi URL pada bagian bawah dari judul di editor Anda, sehingga URL dapat sesuai dengan keinginan Anda.

Selain itu, WordPress juga memudahkan Anda dalam mengatur struktur URL dengan pilihan yang SEO friendly dan mudah dibaca baik oleh manusia atau mesin pencari. Anda bisa membaca bagaimana mengatur struktur URL Anda agar SEO friendly dan terlihat lebih menarik melalui link dibawah ini.

Baca : Struktur URL SEO Friendly untuk WordPress

2. Tidak Mendaftarkan situs Anda ke Google Search Console

Jika Anda tidak menggunakan alat webmaster Google yang juga dikenal sebagai Google Search Console, Anda akan kehilangan semua data berharga yang dapat disediakan oleh alat webmaster Google tersebut.

Ini adalah alat yang hebat untuk memberi tahu Anda kapan pun situs web Anda bermasalah, seperti penalti algoritme, pemberitahuan DMCA, dll.

Pastikan untuk mendaftarkan situs WordPress Anda ke Google Search Console dan hubungkan dengan situs web Anda. Setelah sinkron, Anda dapat mengirimkan sitemap XML situs web Anda.

3. Tidak Membuat XML sitemap

Kesalahan SEO berikutnya yaitu tidak membuat file XML sitemap. XML sitemap ini berisikan daftar URL untuk situs Anda. Dengan bantuan file XML tersebut, webmaster tools dapat membuat lebih mudah untuk mesin pencari dalam menjelajahi situs dengan lebih mudah dan efisien. Tapi ada banyak pengguna WordPress yang tidak mengerti pentingnya Sitemaps XML, yang dapat menyebabkan mesin pencari mengabaikan halaman dari situs dan lebih lama bagi mesin pencari untuk merayapi situs Anda. Dan secara alami akan membuat visibilitas situs Anda jadi sangat berkurang. Sebagai halaman web Anda tidak mendapatkan di indeks oleh semua mesin pencari.

Bagi pengguna plugin SEO seperti All In One SEO atau SEO Yoast, kedua plugin tersebut sudah membawa generator sitemap tersendiri sehingga memudahkan Anda dalam membuat sitemap. Anda hanya perlu mengaktifkan dan menciptakan file sitemap dengan sekali klik saja. Yang kemudian bisa Anda submit ke beberapa webmaster tool seperti di Google Search Console atau Google Webmaster Tools bing.

4. Tidak Membuat Kategori dan Tag Dengan Benar

Jika Anda ingin menjaga pengguna terlibat dan meningkatkan lalu lintas ke situs Anda, Anda dapat menggunakan kategori dan Tag. Menggunakan kategori dan tag yang tepat di blog dan artikel akan mendorong pembaca untuk menjalajahi melalui seluruh isi website. Memiliki posting web tanpa tag dan kategori bisa mengakibatkan kehilangan peringkat Anda dengan mesin pencari, di WordPress begitu mudah untuk membuat Tag dan Kategori, jadi Anda harus memanfaatkan fitur ini.

5. Link Eksternal tidak relevan

Link Eksternal sama pentingnya dengan link internal dan harus relevan, dan menjaga situs Anda dalam konteks. Search Engine akan memperhatikan link yang Anda miliki ke situs lain dan membandingkan isi tematik untuk memastikan bahwa ada keterkaitan. Oleh karena itu penting untuk memeriksa link eksternal yang akan Anda sisipkan sebelum artikel di publish, ini karena link keluar tersebut harus sesuai atau relevan dengan isi artikel atau topik yang sedang Anda bahas.

6. Miskin Backlink Berkualitas

Mendapatkan Backlink berkualitas sangatlah penting. Karena berkualitasnya backlink pada situs Anda digunakan oleh mesin pencari untuk menilai seberapa popularitas situs Anda dimata mesin pencari. Namun Ada beberapa blogger menggunakan cara seperti membeli backlink dari peternakan backlink atau situs yang telah disiapkan dengan tujuan untuk menjual link. Backlink ini kebanyakan berkualitas buruk dan akan memberikan kesan yang sama tentang situs Anda ke mesin pencari. Di sisi lain beberapa backlink lain dari situs otoritatif adalah penting dan layak untuk situs Anda, dan hal yang perlu diperhatikan juga adalah melihat berapa nilai DA dan PA  dari situs tersebut sebelum menaruh backlink.

Baca : Apa itu Domain Authority (Otoritas Domain)?

7. Tidak Mengupdate WordPress

WordPress sering diperbarui pada waktu tertentu dan Anda juga harus melakukan update untuk versi yang baru, karena Anda bisa mendapatkan keuntungan dari fitur seperti peningkatan keamanan, peningkatan kecepatan dan berbagai perbaikan lainnya. Sebagian pengguna WordPress masih banyak yang tidak memperbarui situs mereka dan dengan demikian situs tersebut akan sangat berisiko menjadi rentan atau terjebak dengan website yang tidak berjalan dan berfungsi secara optimal. Melakukan update WordPress sangatlah mudah, jadi Anda harus melakukannya setiap WordPress memberikan notifikasi update pada Dashboard Anda.

Dan jangan lupa untuk selalu melakukan backup sebelum melakukan update besar pada situs WordPress Anda. Hal ini dapat mengamankan situs Anda jika terjadi kesalahan ketika melakukan update yang mungkin saja dapat menjadikan situs WordPress Anda error dan tidak berjalan dengan baik.

8. Tidak Menginstal Plugin SEO WordPress

Ini adalah kesalahan umum yang dibuat oleh banyak pengguna WordPress. Ada beberapa plugin SEO seperti WordPress SEO by Yoast dan plugin All in One SEO, yang memiliki keunggulan luar biasa untuk mengoptimasi SEO pada situs Anda. Masing-masing plugin ini dapat membantu mengoptimalkan SEO situs Anda dengan cara berbeda, dan dengan demikian Anda harus memilih salah satunya dengan bijaksana berdasarkan kebutuhan Anda.

9. Tidak Mengoptimalkan On Page SEO

Jika Anda tidak mengatur halaman Anda atau posting artikel Anda dengan kata kunci tertentu sehingga artikel dapat ditemukan oleh pencari, maka itu bisa menjadi kesalahan besar. Menurut banyak orang, itu adalah salah satu faktor utama untuk meningkatkan situs atau artikel Anda dalam persaingan di hasil mesin pencari. Jika Anda membuat kesalahan di sini, kemungkinan bahwa semua pekerjaan Anda akan terasa sia-sia, karena artikel Anda akan tidak mendapatkan tempat yang baik di hasil pencarian.

Baca : Tips dan Pengertian On-Page SEO WordPress

10. Pengisian Kata kunci

Kesalahan SEO yang terakhir adalah mengabaikan kata kunci, Pentingnya kata kunci untuk optimasi mesin pencari harus benar-benar Anda pahami. Tapi Anda juga perlu memahami bahwa isian kata kunci haruslah dengan tepat dan tidak memasang kata kunci secara berlebihan yang dapat mengakibatkan situs Anda mendapatkan hukuman dari mesin pencari. Saya sarankan untuk menggunakan plugin SEO Yoast, karena Yoast memiliki fitur untuk menentukan berapa minimal dan maksimal kata kunci yang boleh di masukkan dalam artikel dan indikator SEO yang tepat untuk membuat artikel yang sesuai dengan kriteria yang disukai oleh mesin pencari seperti Google.

Jika Anda ingin peringkat untuk kategori tertentu dari kata kunci maka Anda dapat membuat halaman terpisah untuk itu dan kemudian mengoptimalkannya. Anda juga dapat menghindari duplikasi kata kunci dan membuat halaman dengan mereka dibangun sebagai bagian dari konten sebaliknya. Anda akan mendapatkan keuntungan dari itu karena memiliki kualitas tinggi dan konten yang relevan di situs Web Anda, dengan begitu akan menghasilkan peringkat yang cukup baik untuk website Anda.

Berikut diatas adalah beberapa kesalahan SEO WordPress yang umum dilakukan dan Anda dapat dengan mudah menghindari dan memastikan bahwa Anda mendapatkan manfaat maksimal dari WordPress untuk website Anda.

Penting : Apakah Anda sedang membutuhkan backlink berkualitas dan instan? Anda bisa membaca artikel baru saya tentang → Cara Membeli Layanan di Fiverr [Panduan Terlengkap].

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Struktur URL SEO Friendly untuk WordPress

Beberapa blogger baru yang sedang belajar SEO tentu akan mencari beberapa metode SEO yang...

Apa Perbedaan Utama Antara White Hat SEO VS Black Hat SEO?

Apa Perbedaan Utama Antara White Hat SEO VS Black Hat SEO? - Apakah Anda...

Close