Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Tips dan Pengertian On-Page SEO WordPress

Siapa dari Anda yang tidak menginginkan mendapatkan kunjungan ke situs Anda melalui mesin pencari? Tidak peduli apakah Anda seorang blogger baru atau seorang ahli SEO yang sudah profesional, kita semua membutuhkan lalu lintas pencarian yang lebih banyak menuju situs kita. Sumber Lalu lintas dari mesin pencari tidak hanya gratis, tetapi juga akan mengirimkan kepada Anda pada pelanggan potensial yang bersemangat mencari artikel ataupun produk yand Anda jual untuk mereka beli.

tips pengertian On-page SEO wordpress

Tanpa lalu lintas organik, website Anda tidak dapat membuat lebih banyak penjualan, lead atau merek anda tidak akan terkenal. Salah satu cara yang telah terbukti untuk meningkatkan lalu lintas organik Anda adalah melalui optimasi SEO on-page. Saya akan membahas apa itu SEO on-page dan bagaimana Anda dapat meningkatkan peringkat pencarian di Google menggunakan optimasi on-page.

Pengertian On-page SEO?

Dalam istilah sederhana, optimasi yang Anda lakukan pada halaman web Anda (untuk kata kunci yang dipilih) untuk meningkatkan hasil pencarian, itulah yang disebut SEO on-page.

Pada optimasi On-page SEO mencakup faktor-faktor sebagai berikut :

  • Kata kunci dalam judul artikel Anda
  • Kata kunci (sekitar 1 sampai 2% dianggap lebih baik)
  • Kata kunci pada tag H1, H2 dan H3 Anda
  • Kata kunci dalam tag Alt gambar Anda
  • Link internal ke postingan lama blog Anda (linking internal yang relevan)
  • Penempatan Kata kunci dalam 100 kata pertama dalam artikel Anda

Tanpa optimasi on-page, halaman web Anda hampir tidak bisa berada pada daftar peringkat hasil pencarian di halaman satu atau dua. Jadi jika Anda berfokus pada peningkatan lalu lintas pada mesin pencari, maka perhatikan optimasi SEO on-page Anda.

Tips On-page SEO untuk blogger WordPress

Jika Anda sedang mencari cara untuk meningkatkan on-page SEO Anda, fokus pada menempatkan kata kunci di tempat-tempat yang menonjol sebagai berikut.

Catatan : Sebelum melakukan optimasi on-page, pastikan untuk datang dengan setidaknya satu kata kunci yang Anda inginkan untuk berada di peringkat pertama hasil pencarian. Dan mencoba juga dengan kata kunci Long Tail (contoh: Tips On-page SEO) akan lebih baik daripada Anda menggunakan kata kunci Short Tail keyword seperti (contoh : On-page SEO). Kata kunci pendek umumnya sulit untuk bersaing di peringkat pertama hasil pencarian, dan jika Anda memaksakan untuk bersaing dengan kata kunci pendek seperti itu, maka Anda akan memerlukan banyak backlink, waktu, uang dan energi. Karena terdapat banyak sekali persaingan untuk kata kunci utama.

Baca : Apa itu Long Tail Keyword (kata kunci) di SEO?

Masukkan kata kunci spesifik Anda pada tag judul : Apa pun kata kunci yang Anda inginkan di peringkat yang baik untuk hasil pencarian, tempatkan kata kunci tersebut pada headline atau Judul artikel Anda. Pastikan untuk memasukkan kata kunci Anda di awal judul Anda untuk mendapatkan lebih banyak weightage dari mesin pencari. Kata kunci ditempatkan di awal cenderung untuk mendapatkan dorongan dari peringkat mesin pencari.

Tempatkan kata kunci di sub judul : Tag H2 dan H3 juga merupakan optimasi on-page SEO. Selain digunakan untuk memberitahukan pembaca sebagai sub judul Tag H2 dan H3 juga merupakan cara yang ampuh untuk Anda gunakan untuk mengoptimalkan on-page SEO situs Anda, Letakkan kata kunci utama atau kata kunci yang relevan dengan kata kunci utama Anda pada Tag ini.

Sertakan kata kunci dalam 100 kata pertama : Letakkan kata kunci di awal artikel Anda, cara ini menekankan relevansi kata kunci Anda dan memberi Anda lalu lintas pencarian yang lebih baik.

Interlink ke posting yang relevan Anda : Jika Anda menulis posting blog secara teratur, jangan lupa untuk menghubungkan ke postingan artikel blog lama Anda dan pastikan mereka relevan. Interlinking dengan relevansi dapat membantu crawler mesin pencari menggali lebih jauh ke dalam situs web Anda dan memberi Anda hasil pencarian yang lebih baik.

Instal plugin SEO : Anda perlu plugin SEO untuk mengoptimalkan posting blog Anda untuk hasil pencarian pada mesin pencari yang lebih baik. Saya akan sangat menyarankan Anda untuk menggunakan WordPress SEO by Yoast atau All in One SEO, kedua plugin tersebut adalah gratis, tetapi juga salah satu plugin SEO yang paling populer untuk meningkatkan peringkat pencarian Anda.

Plugin ini akan membantu Anda membuat :

  • Meta description
  • Judul Search Friendly
  • Meta tag

Anda juga dapat memeriksa kepadatan kata kunci dari posting blog Anda dengan menggunakan plugin ini. Pastikan untuk menggunakan kata kunci Anda antara 1 sampai 2%.

Sertakan alt tag untuk gambar Anda : Kebanyakan orang juga mencari gambar melalu mesin pencari Google, dan jika Anda memiliki gambar menarik pada posting blog Anda dan Anda optimalkan dengan kata kunci yang relevan dengan menggunakan tag ALT, Anda akan mendapatkan lalu lintas besar juga melalu pencarian gambar.

Baca : Cara Optimalkan SEO Gambar Tingkatkan Peringkat Situs

Berhenti Mengulang kata kunci : Alih-alih menggunakan kata kunci yang sama lagi dan lagi, menulis artikel berkualitas tinggi dengan kata kunci yang relevan akan memberikan hasil yang lebih baik. Karena Mesin pencari menggunakan berbagai alat untuk memberikan weightage dengan kata kunci yang relevan.

On-page SEO checklist

Berikut On-page SEO checklist untuk mengoptimalkan halaman web Anda untuk mesin pencari yang lebih sempurna.

  • Apakah Anda menggunakan link internal dalam posting Anda?
  • Apakah Anda menggunakan kata kunci utama Anda dalam tag H1, H2, dan H3?
  • Apakah Anda menggunakan kata kunci yang relevan bukan mengulang kata kunci?
  • Apakah Anda menggunakan kata kunci Long Tail?
  • Apakah Anda menggunakan tag ALT pada gambar Anda?
  • Apakah kata kunci muncul dalam paragraf pertama dan terakhir?
  • Apakah judul benar dioptimalkan dengan kata kunci utama Anda?
  • Apakah konten Anda asli dan tidak menyalin dari tempat lain?
  • Apakah meta description Anda, dan struktur URL dioptimalkan dengan kata kunci utama Anda?

Pertanyaan-pertanyaan diatas selalu tanyakan pada diri Anda sendiri sebelum mempublikasikan postingan blog Anda untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas dari mesin pencari. Juga pastikan untuk menulis posting rinci sekitar 800-1000 kata, jika Anda ingin hasil peringkat lebih baik di hasil pencarian untuk kata kunci tertentu.

Bagaimana Meningkatkan peringkat pencarian Anda dengan SEO on-page?

Sekarang, mari kita membahas tentang bagaimana meningkatkan peringkat mesin pencari Anda. Sebelum Anda mempublikasikan posting, selalu ingat On-page SEO checklist diatas dan mencoba untuk menerapkan sebagian besar dari checklist tersebut. Ikuti tips di bawah ini dan Anda akan mendapatkan lalu lintas SEO dari mesin pencari yang besar.

Baca : Cara Mulai Ngeblog Dan Sukses Dengan Blog

Menulis konten berkualitas tinggi yang relevan: Pertama, menentukan kebutuhan website Anda. Benar mengoptimalkan situs Anda dengan kata kunci yang relevan. Kemudian, mulai memproduksi halaman web yang sangat relevan terkait dengan kata kunci. Tanpa kualitas konten, Anda tidak bisa mendapatkan peringkat Anda dalam hasil atas Google.

Menambahkan link keluar yang sangat relevan: Google juga mempertimbangkan link keluar. Jika Anda menghubungkan ke situs yang didirikan pada niche Anda, Anda pasti akan mendapatkan hadiah tidak hanya dari mesin pencari, tetapi juga dari orang-orang yang membaca situs Anda. Juga memberikan referensi bila diperlukan.

Mengoptimalkan kecepatan website Anda: kecepatan Website adalah salah satu faktor penting dalam peringkat Google. Membuat waktu loading situs Anda lebih cepat dan Anda akan melihat hasil yang bermanfaat dari Google, untuk mempunyai situs blog yang cepat Anda harus menggunakan layanan hosting terbaik dan juga mengoptimalkan blog Anda dengan plugin W3 Total Cahce. Gunakan tool seperti alat Pingdom, Google Page speed, YSlow, GTMetrix dll untuk memeriksa kinerja website Anda.

Baca : 5 Alamat Website Terbaik untuk Cek kecepatan Website

Buat sitemap: Sebuah sitemap adalah apa yang membantu crawler mesin pencari untuk dengan mudah menjelajah situs Anda setiap kali situs Anda akan diperbarui. Gunakan plugin XML Sitemaps Google untuk menginstal sitemap untuk situs WordPress Anda.

Kesimpulan : optimasi On-page SEO tidak harus dilakukan untuk beberapa halaman saja. Anda perlu melakukan hal itu di seluruh situs Anda untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari Google. Sertakan sitemap, menggunakan plugin SEO yang lebih baik seperti SEO Yoast atau All in One SEO, membuat waktu loading website Anda lebih cepat dan selalu mengingat checklist On-page SEO sebelum mempublish posting Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan membantu Anda dalam meningkatkan hasil pencarian google dengan mengoptimalkan On-page SEO.

Baca : Tips dan Trik Meningkatkan SEO WordPress

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • Kemal Wijaya

    Bang,. web saya kan masih baru,. tapi kok langsung ada yang komen di post saya.
    dan lagi yang komen nya itu orang luar negeri semua.

    Maksudnya gimana ya, apakah itu kesalahan atau dibiarkan saja.

    • ya bisa aja gan, itu biasa dapet SPAM.nyalain akismetnya trs tambahin captcha, cari aja tutorialnya di centerklik. ato pakek disqus.

      • Kemal Wijaya

        tapi pas dia juga punya situs. ni situsnya

        • ya punya gan, emang tujuanya nyepam tu kan buat nanem backlink.

  • Kemal Wijaya

    Bang?? bagaimana bisa web baru langsung dikomentari oleh orang luar negeri??

  • silahkan search aj backlink di fitur seach centerklik

  • Zaenal Mutakin

    Min, saya belum paham maksudnya kalimat ini bagaimana? “Penempatan Kata kunci dalam 100 kata pertama dalam artikel Anda”
    Kita nempatin 100 kata kunci itu dimana? apakah bikin artikel yang semuanya memuat 100 kata kunci? makasih.

    • maksud ane bukan 100 kata kunci, tapi masukkan kata kunci dalam 100 kata pertama dalam artikel, maksudnya dalam pembukaan paragraf pertama antara 100 kata itu terdapat kata kunci gan. kata kuncinya ya cukup satu aja. baca juga tutorial ini : http://www.centerklik.com/cms/seo-wordpress/wordpress-seo-cara-optimalkan-meta-description/

      • Zaenal Mutakin

        ooh oke siap, ane paham kalo gitu mah.

      • Zaenal Mutakin

        oh oke siap, skr ane baru paham. makasih gan. 🙂

Must Read...!
Theme WordPress TA DailyBlog Responsive Free

TA DailyBlog adalah Theme WordPress responsive gratis yang mengagumkan dengan desain yang indah, sederhana...

Mengapa SEO Penting untuk Bisnis Anda?

Dalam menjalankan bisnis online Anda tidak hanya datang dengan ide bisnis yang besar untuk...

Close