How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Buat situs Penggalangan Dana Crowdfunding di WordPress dengan WP Crowdfunding

Saat ini di indonesia masih sangat sedikit sekali terdapat situs crowdfunding atau situs penggalangan dana, bahkan masih dapat dihitung dengan jari. Dengan adanya fakta tersebut, maka siapa saja masih mempunyai kesempatan yang besar untuk sukses ketika ingin mendirikan sebuah situs Crowdfunding karena pesaing yang sedikit dan lingkup yang sangat terbatas.

Jika Anda berencana untuk meluncurkan situs crowdfunding yang keren dan ingin sukses seperti situs crowdfunding seperti Kickstarter, maka ini saat yang tepat buat Anda untuk memulai. Untuk membuat situs crowdfunding semacam itu, Anda tidak memerlukan pengetahuan coding yang mendalam, saat ini cukup memiliki ide maka Anda bisa membuatnya dengan mudah. Karena dengan WordPress Anda bisa melakukan segalanya. Salah satu plugin yang bisa memudahkan Anda dalam membuat situs crowdfunding untuk situs penggalangan dana serbaguna adalah dengan WP Crowdfunding.

WP Crowdfunding

Apa itu WP Crowdfunding?

WP Crowdfunding adalah plugin WordPress gratis yang merupakan terobosan baru yang membantu memudahkan Anda dalam membuat situs crowdfunding atau penggalangan dana atau pendukung berbasis WordPress. Plugin ini terintegrasi langsung dengan plugin populer WooCommerce. Plugin ini juga memiliki sistem dompet asli untuk menerima pembayaran lokal. WP Crowdfunding memiliki fasilitas untuk membagi uang melalui PayPal adaptif atau Stripe Connect.

WP Crowdfunding

WP Crowdfunding memiliki banyak sekali fitur yang dibutuhkan untuk membuat situs web penggalangan dana online untuk berbagai tujuan baik itu proyek, bisnis maupun bantuan sosial. Plugin WP Crowdfunding ini dapat Anda digunakan secara gratis, namun juga memiliki versi premium untuk pengguna tingkat lanjut dan berskala besar dengan fitur yang lebih kaya tentunya. WP Crowdfunding juga dilengkapi dengan tema-tema yang dibuat dan didesain khusus untuk menjalankan situs penggalangan dana. Ini merupakan solusi lengkap dengan paket tema yang menjadikan Anda tidak perlu mecari lagi tema yang cocok untuk menjalankan plugin WP Crowdfunding.

Fitur-fitur Unggulan WP Crowdfunding

Plugin ini menyediakan berbagai fitur berguna yang diperlukan untuk memulai situs penggalangan dana dengan mudah. Anda benar-benar dapat mengelola situs penggalangan dana yang profesional dan mendapatkan semua yang Anda butuhkan dalam menjalankan situs web Crowdfunding.

 

Dan berikut ini adalah beberapa fitur-fitur unggulan yang akan Anda dapatkan dari WP Crowdfunding.

Dapat di kelola dengan mudah

WP Crowdfunding dapat menangani semua proses dari mulai mendaftarkan pengguna hingga menambahkan proyek, memberikan dana, melihat laporan, mengelola uang, dan hal-hal relevan lainnya. Plugin juga memungkinkan pembuat kampanye untuk menyesuaikan dan menata proyek mereka secara menyeluruh

Plugin ini memiliki shortcode khusus untuk membuat halaman pendaftaran pengguna secara eksklusif untuk tujuan crowdfunding. Selain itu, WP Crowdfunding juga dilengkapi dengan fitur berbagi proyek ke jejaring sosial sehingga pengguna dapat menjangkau lebih banyak calon pemberi dana.

Operasi Frontend

WP Crowdfunding secara penuh dapat di operasikan melalui frontend. Dimana plugin Crowdfunding WP menawarkan dasbor frontend kepada pemilik dan pendukung proyek sehingga kedua belah pihak yaitu pencari dana untuk proyek dan para pemberi dana untuk proyek dapat melakukan semua transaksi melalui bagian frontend yang indah.

dashboard crowdfunding

Pengguna dapat memperbarui informasi profil mereka langsung dibagian dasbor. Di sini pengguna dapat melihat daftar proyek sendiri, memeriksa proyek yang didukung, mengeksplorasi janji yang diterima, mengunjungi daftar bookmark (proyek favorit) dan mengubah kata sandi akun. Kontrol penuh atas akun ada di satu tempat.

Fitur Penyerahan Proyek

Ada banyak opsi untuk digunakan saat menambahkan / mengirim proyek baru. Pemilik kampanye dapat menentukan tanggal mulai / akhir untuk proyek, mengatur gambar / video unggulan, menetapkan jumlah janji maksimum / minimum dan sebagainya.

Pemilik proyek juga dapat menentukan jumlah janji yang direkomendasikan dan menyatakan tujuan / metode akhir yang mencapai proyek yang akan diselesaikan. Admin dapat membuat semua proyek yang baru diserahkan dapat ditinjau sebelum dipublikasikan di situs.

Sistem pembayaran

WP Crowdfunding berjalan dan terintegrasi baik dengan WooCommerce untuk menangani hal-hal terkait pembayaran. Jadi, Anda dapat menggunakan setiap metode pembayaran / gateway pembayaran yang didukung WooCommerce seperti PayPal, Stripe, Skrill, Amazon Payments, Simplify Commerce, 2Checkout, Authorize.net, dan masih banyak lagi. Untuk fitur ini semua tersedia di plugin WP crowdfunding versi gratis. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan metode pembayaran lokal seperti transfer ke bank lokal, dimana fitur ini sudah secara default terdapat pada WooCommerce.

Umumnya, mode pembayaran standar mentransfer uang ke satu akun tujuan sekaligus. Jika Anda ingin mengirim uang dari satu transaksi ke lebih dari satu tujuan, maka WP Crowdfunding menyediakan fitur pembayaran adaptive. Anda dapat menggunakan sistem pembayaran PayPal Adaptive dan Stripe Connect, namun untuk fitur ini hanya tersedia pada versi premium.

Template

Plugin WP CRowdfunding hadir dengan beberapa fitur yang kaya untuk admin dan pengembang yang ingin mendapatkan pengalaman lebih fungsional dengan plugin. Selain itu plugin juga disediakan template khusus yang memungkinkan untuk menyesuaikan tampilan & nuansa dari elemen yang sesuai dengan plugin WP Crowdfunding untuk penggalangan dana.

Sebagai contoh, formulir pendaftaran pengguna yang dibuat oleh plugin, dasbor, halaman profil pengguna dan hal-hal lain yang serupa dapat dikustomisasi agar terlihat berbeda dari gaya default. Semua penyesuaian tersebut tetap utuh bahkan setelah memperbarui plugin. Override adalah fitur yang berguna bagi mereka yang ingin mendapatkan penampilan yang lebih asli dan berbeda dengan lainnya. Selain itu, ketika Anda membeli WP crowdfunding versi premium, secara otomatis akan mendapatkan tema eksklusif untuk membangun situs crowdfunding dalam waktu singkat.

Perlindungan Spam dan Pemberitahuan Email

WP Crowdfunding memiliki fitur perlindungan spam yang didukung oleh layanan Google reCAPTCHA. Setelah diaktifkan, fungsi ini mengharuskan pengguna untuk memecahkan captcha sebelum membuka akun baru atau mengirimkan proyek.

Opsi Pemberitahuan Email dapat mengirim pemberitahuan email kepada pemilik proyek tentang menerima janji untuk proyeknya. Dan untuk mendapatkan fitur penting ini, Anda harus membeli WP Crowdfunding untuk veri premium.

Hadiah

Memberikan imbalan kepada beberapa pendukung awal adalah praktik yang terkenal di dunia penggalangan dana. Imbalannya mendorong orang untuk mendukung proyek dengan pemenuhan beberapa kondisi seperti berjanji dalam rentang tanggal tertentu, mendukung dengan jumlah yang telah ditentukan dan seterusnya.

Para pendukung yang masuk ke dalam kampanye hadiah, mendapatkan beberapa manfaat eksklusif seperti hadiah, penawaran produk tambahan, dll. Dengan WP Crowdfunding, pemilik proyek dapat menambahkan hadiah dengan sangat mudah. Versi gratis plugin memungkinkan Anda menetapkan hanya satu hadiah untuk proyek penggalangan dana tertentu, sedangkan versi berbayar memberikan Anda kemampuan untuk menawarkan hadiah tak terbatas.

Harga WP Crowdfunding

WP Crowdfunding bisa Anda gunakan secara gratis dan bisa Anda download langsung melalui dashboard WordPress Anda, karena plugin WP Crowdfunding terdapat di library WordPress.org.

Namun, untuk fungsionalitas dan fitur yang lebih lengkap, WP Crowdfunding juga menawarkan versi premium yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang lumayan murah yaitu :

WP Crowdfunding Price

Single Price $79

Dengan harga tersebut Anda bisa menggunakan untuk beberapa website tanpa batas, update tema satu tahun, update plugin 1 tahun dan dukungan penuh selama satu tahun.

Club Membership

All Themes $89 : Dapat digunakan untuk website tanpa batas, update tema satu tahun, update plugin satu tahun, dukungan penuh selama satu tahun dan akses ke semua tema buatan Themeum.

All plugins $99 : Dapat digunakan untuk website tanpa batas, update tema satu tahun, update plugin satu tahun, dukungan penuh selama satu tahun dan akses ke semua plugin buatan Themeum.

Untuk paket membership, Anda bisa memilih untuk hanya membeli paket tema atau plugin saja dan juga bisa membeli kedua paket tema dan plugin dengan potongan harga 20% dengan total harga $150.

Buy WP Crowdfunding

Cara menggunakan WP Crowdfunding di WordPress

Untuk membuat situs web penggalangan dana di WordPress dengan plugin WP Crowdfunding, hal pertama yang perlu Anda lakukan tentu saja menginstall dan mengaktifkan WooCommerce, karena plugin WP Crowdfunding akan terintegrasi dengan plugin WooCommerce.

Setelah itu silahkan untuk menginstall dan mengaktifkan plugin WP Crowdfunding. Anda bisa menginstall langsung melalui admin WordPress Anda. Silahkan baca panduan lengkap install plugin WordPress.

WP Crowdfunding Install

Setelah plugin WP Crowdfunding Anda aktifkan, maka akan muncul item menu baru bernama “Crowdfunding”. Dan silahkan langsung klik menu tersebut untuk masuk pada bagian pengaturan untuk melakukan konfigurasi plugin WP Crowdfunding.

Pengaturan Crowdfunding WP

Pada dasarnya untuk menggunakan plugin ini Anda tidak perlu melakukan konfigurasi karena secara default setelah Anda aktifkan plugin semua sudah bisa digunakan dengan baik. Namun, disini saya akan tetap menjelaskan sedikit tentang apa yang ada di halaman pengaturan plugin WP Crowdfunding.

Tab ‘General Settings’ memungkinkan Anda mengatur banyak detail kecil serta dua opsi penting:

  • Manajer dana Anda yaitu WooCommerce dan
  • Apakah Anda ingin kampanye proyek untuk penggalangan dana yang dikirim untuk segera ditayangkan atau memerlukan persetujuan admin sebelum ditampilkan. (Draft, Pending Review, dan Publish)

Pada point yang kedua yaitu persetujuan pengiriman proyek secara default dipilih ‘Draft’, hal ini bertujuan agar Anda sebagai admin dapat melakukan persetujuan secara manual untuk melihat lebih detail tentang kampanye sebelum di publikasikan, selain itu juga akan membantu melindungi situs dari penyalahgunaan.

Anda juga dapat mengonfigurasi beberapa detail kecil tentang bagaimana halaman daftar dan hadiah ditampilkan:

WP Crowdfunding General Settings

Pada Tab ‘WooCommerce Settings’, Anda dapat mengkonfigurasi apakah Anda ingin atau tidak untuk menampilkan kampanye crowdfunding di toko WooCommerce Anda. Dan juga Anda dapat menyesuaikan teks formulir pengiriman kampanye, mengatur berapa jumlah daftar proyek yang akan ditampilkan di halaman, dan memilih tema untuk single dan listing page.

WP Crowdfunding WooCommerce Settings

Pada Tab ‘Styling’, Anda dapat memilih beberapa warna dasar untuk dashboard di frontend, Anda bisa menyesuaikan warna dasar ini dengan tema Anda agar terlihat serasi. Dan juga terdapat kolom untuk menambahkan CSS khusus di bagian bawah jika Anda menguasai tentang code CSS.

WP Crowdfunding Style Settings

Pada Tab’ Social Share’ Anda dapat mengaktifkan beberapa pilihan media sosial untuk berbagi ke jejaring sosial, ini memungkinkan Anda untuk menyiapkan opsi berbagi sosial untuk kampanye proyek yang diterbitkan.

Ada juga tab untuk reCAPTCHA dan Wallet, bagian ini hanya dapat Anda konfigurasi jika Anda menggunakan plugin dengan lisensi berbayar. Dan ada menu ‘Reports’ untuk melihat bagaimana laporan dari kampanye situs penggalangan dana Anda yang hanya bisa digunakan ketika Anda menggunakan plugin versi premium. Anda bisa membaca lebih lengkap tentang panduan menggunakan plugin WP Crowdfunding langsung dari dokumentasi yang sudah disediakan oleh situs resminya yaitu Themeum disini ⇒ Documentations.

Dan berikut ini adalah tampilah dashboard untuk pengguna yang membuat proyek di situs Crowdfunding yang dibangun dengan WP Crowdfunding.

WP Crowdfunding Dashboard

Dan dibawah ini adalah salah satu contoh situs penggalangan dana yang dibuat dengan WP Crowdfunding dan tema khusus bawaan dari WP Crowdfunding.

WP Crowdfunding Themes

Kesimpulan

WP Crowdfunding merupakan plugin yang sangat bagus untuk membantu memudahkan dalam membuat situs web penggalangan dana untuk berbagai tujuan, plugin ini memiliki semua fitur yang dibutuhkan untuk situs penggalangan dana baik skala kecil maupun besar. Hal yang sangat menarik dari plugin WP Crowdfunding adalah terdapatnya versi gratis sehingga semua pengguna dapat mencoba atau membuat situs web penggalangan dana dasar. Selain itu, WP Crowdfunding juga dilengkapi dengan tema khusus dengan desain yang sudah di sesuaikan untuk situs penggalangan dana sehingga memudahkan bagi siapa saja yang ingin membuat website crowdfunding. Untuk versi premium dari plugin ini juga lumayan murah yaitu $79 yang bisa Anda gunakan untuk banyak domain dan sudah dilengkapi dengan tema untuk situs web crowdfunding.

Dan itulah ulasan lengkap saya tentang plugin WP Crowdfunding, semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Lawyer Zone Responsive Free

Lawyer Zone adalah tema WordPress responsive gratis yang modern dan sederhana khusus dalam sebuah...

Cara Menerima Pembayaran Mata Uang Digital di WooCommerce dengan CryptoWoo

Cryptocurrency atau mata uang digital beberapa tahun terkahir ini menjadi sangat menarik untuk dibahas...

Close