Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Menambahkan Fitur Voice Search di WordPress

Perkembangan teknologi membawa kemudahan bagi setiap orang, banyak pengembangan yang sengaja diciptakan agar semuanya dapat digunakan secara lebih praktis, seperti halnya perangkat pintar yang dapat melakukan pencarian cukup dengan menggunakan suara pada smartphone seperti Google Now, Siri, Cortana atau program perintah suara lainnya. Dengan adanya aplikasi seperti Google Now, Siri dan cortana ini memungkinkan dan sangat memudahkan bagi pengguna untuk melakukan pencarian hanya dengan mengucapkan kata kunci.

voice search wordpress

Dan bagaimana jika Anda ingin menambahkan fitur pencarian dengan suara di WordPress? Apakah Anda pernah berpikir untuk menambahkan fungsi ini ke website WordPress Anda? Dengan WordPress Anda sangat mungkin untuk menambahkan fitur tersebut. Berikut ini, saya akan menggunakan memberikan tutorial cara untuk menambahkan fitur Voice Search atau pencarian suara di WordPress dengan mudah.

Baca : 15 Plugin WordPress yang Paling Populer Digunakan

Tambahkan Fitur Voice Search di WordPress

Untuk menambahkan pencarian suara di situs WordPress Anda yang perlu Anda lakukan adalah dengan menginstall dan mengaktifkan plugin yang bernama Voice Search. Setelah plugin tersebut anda aktifkan, tidak ada pengaturan yang perlu Anda konfigurasi dari plugin voice search. Anda hanya perlu untuk masuk ke menu Appearance Ā» Widget. Lalu drag and drop Widget pencarian default WordPress ke area widget yang tersedia atau ke bagian widget sidebar.

Jika Anda sudah memiliki widget pencarian default yang ditambahkan ke sidebar, Anda tidak perlu melakukan apa-apa karena plugin secara otomatis menambahkan ikon mikrofon di bar pencarian di situs WordPress Anda.

Selanjutnya untuk mencoba plugin ini silahkan lihat situs Anda dan temukan ikon mikrofon yang sudah ditambahkan di kotak pencarian WordPress Anda. Untuk menggunakannya Klik ikon mikrofon tersebut maka secara otomatis akan menampilkan tulisan “Start Talking” dan silahkan Anda mengucapkan kata kunci yang ingin Anda cari di situs WordPress Anda.

Baca : Cara Tambahkan Form Pencarian di Post WordPress

Perlu Anda ketahui saat ini plugin Voice Search hanya bekerja dengan beberapa web browser seperti Safari dan Chrome. Untuk Mozilla Firefox kabarnya masih akan menambah pilihan pencarian suara ini dalam waktu dekat.

Plugin voice search ini bekerja dengan menggunakan speech API web (Application Program Interface), yang mengambil input suara. Untuk menggunakan dan mengaktifkan plugin pencarian suara di WordPress ini, Anda harus menggunakan pencarian default dari WordPress. Alasannya adalah bahwa plugin ini akan mengubah fungsi pencarian default dan menghubungkan javascript input suara di dalamnya. Dalam hal ini, jika Anda menggunakan skema pencarian kustom seperti SearchWP atau Google Search untuk situs WordPress Anda, plugin ini tidak dapat bekerja.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Pro Blog Responsive Free

Pro Blog adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang elegan dan modern untuk situs blogging...

Cara Memperbaiki HTTP Error Saat Upload Gambar di WordPress

Saat melakukan upload gambar di situs WordPress Anda, mungkin sebagian dari Anda mengalami masalah...

Close