Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Membuat Menu Responsif Fullscreen di WordPress

Mungkin Anda pernah mengunjungi beberapa situs populer yang mempunyai menu responsif fullscreen, menu ini muncul di situs dengan ikon garis-garis atau yang dikenal dengan menu hamburger. Ketika pengguna mengklik atau icon tersebut, overlay fullscreen yang berisi menu situs muncul dengan efek slide atau efek keren lainnya. Jika Anda ingin membuat menu seperti tersebut di situs WordPress Anda, maka pada artikel kali ini, saya akan menunjukkan cara untuk menambahkan menu responsif fullscreen di WordPress dengan mudah yaitu menggunakan plugin.

menu fullscreen responsive

Menambahkan Menu Responsive Fullscreen

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin DC Fullscreen Responsif Menu. Setelah plugin Anda aktifkan, silahkan masu ke menu Appearance Ā» DC Fullscreen Menu untuk melakukan pengaturan plugin seperti gambar dibawah ini.

dc menu responsive fullscreen

Pilih menu yang ingin Anda jadikan fullscreen dari menu daftar drop-down di Menu List seperti gambar diatas. Jika Anda belum membuat belum menu navigasi, Silahkan buat terlebih menu untuk situs Anda.

Baca : Panduan Lengkap Tentang Menu WordPress

Setelah itu, Anda harus memilih arah efek slide-in untuk menu fullscreen. Anda dapat memilih efek slide muncul dari atas, kanan, kiri, bawah, atau juga tanpa effect.

DC Fullscreen menu Responsif juga mempunyai pengaturan tampilan warna background dan warna teks. Pilih kombinasi warna sesuai dengan situs Anda atau pilih sesuai selera sehingga cocok dengan situs WordPress Anda. Selain itu Anda juga dapat memilih Google Font untuk teks menu. Cukup masukkan nama font, dan plugin akan otomatis menyesuaikan sesuai dengan pilihan Anda tersebut.

Jangan lupa untuk menghilangkan kotak centang di samping opsi “Tiny Link to Author”. Jika dibiarkan tetap di centang, itu akan menambahkan link menuju ke website si pembuat plugin pada semua halaman Anda.

Terakhir, klik pada tombol Submit untuk menyimpan pengaturan. Sekarang Anda dapat mengunjungi situs web Anda untuk melihat menu tersebut terpasang dengan baik. Coba juga untuk merubah ukuran browser ke berbagai ukuran perangkat untuk melihat bagaimana menu terlihat pada ukuran layar yang berbeda.

Baca : Penjelasan Lengkap Tentang Role User WordPress

Saya harap artikel ini membantu Anda menambahkan menu responsif fullscreen ke situs WordPress Anda. Silahkan di coba dan semoga bermanfaat. šŸ™‚

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Arise Responsive Free

Arise adalah Theme Wordpress Responsive Gratis untuk situs Multi-Purpose Bisnis dengan berbagai fitur yang...

Cara Menambahkan Fitur Voice Search di WordPress

Perkembangan teknologi membawa kemudahan bagi setiap orang, banyak pengembangan yang sengaja diciptakan agar semuanya...

Close