Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Disable Update Otomatis di WordPress

Apakah Anda tahu bahwa WordPress secara otomatis dapat memperbarui situs Anda? Ya itu termasuk plugin dan themes juga. Meskipun update sangat bermanfaat untuk keamanan, ada kemungkinan kecil bahwa hal itu dapat membuat trouble pada website Anda. Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan cara untuk menonaktifkan update otomatis pada WordPress. Meskipun saya pernah membuat tutorial yang sama, tapi saya akan membuat lagi yang lebih lengkap, anda bisa membaca artikel lama saya di bawah ini.

Baca : Cara Nonaktfikan Pemberitahuan Update WordPress

Update otomatis diperkenalkan di WordPress 3.7 dalam upaya untuk mempromosikan keamanan yang lebih baik. Secara default terbatas pada rilis kecil namun dalam kasus-kasus khusus WordPress dapat memperbarui plugin dan theme wordpress yang anda gunakan.

update wordpress

Jika Anda salah satu dari jutaan situs web yang menggunakan plugin SEO yaitu Yoast SEO WordPress, maka situs Anda secara otomatis diperbarui sekitar seminggu yang lalu tanpa pemberitahuan apapun!

Update otomatis tersebut memang bertujuan untuk keamanan WordPress karena banyak pengguna tidak pernah memperbarui plugin atau WordPress yang di install. Namun hal itu dapat merusak situs Anda dan mengakibatkan trouble tanpa sepengetahuan anda sebelumnya.

Pertama mari kita lihat bagaimana untuk menonaktifkan WordPress update otomatis.

Konfigurasi dan Menonaktifkan Updates Otomatis WordPress

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menginstall dan mengaktifkan Plugin Disable Manager Plugins.

Jika sudah melakukan install dan mengaktifkan plugin tersebut seilahkan menuju ke Settings» Disable update Manager  untuk mengkonfigurasi pengaturan Anda.

disable updates manager settings

Atau, Anda dapat menonaktifkan pembaruan otomatis di WordPress dengan menambahkan baris kode dalam file wp-config.php Anda:

define( 'WP_AUTO_UPDATE_CORE', false );

Ini akan menonaktifkan semua update WordPress otomatis.

Namun jika Anda ingin menerima update inti kecil, tapi menonaktifkan theme dan plugin update, maka Anda dapat melakukannya dengan menambahkan filter berikut dalam file functions.php tema Anda.

Disable update plugin otomatis:

add_filter( 'auto_update_theme', '__return_false' );

Disable update theme WordPress otomatis:

add_filter( 'auto_update_theme', '__return_false' );

Baca : 10 Aplikasi Smartphone Update Skor Piala Dunia

Berikut Keuntungan Dari Update Otomatis :

Anda tidak perlu khawatir tentang memperbarui rilis WordPress kecil yang di lakukan otomatis untuk tujuan pemeliharaan dan keamanan.

Anda juga mendapatkan manfaat karena juga mengetahui bahwa jika ada masalah keamanan dengan WordPress atau plugin populer wordpress, maka WordPress akan secara otomatis memperbarui bahkan jika saat anda sedang tidur akan di update secara otomatis, sehingga situs Anda aman. 🙂

Kekurangan Dari Update Otomatis :

Ada kemungkinan kecil bahwa pembaruan otomatis dapat menyebabkan masalah pada situs Anda. Dalam pengalaman saya, rilis update skala kecil tidak berpengaruh pada situs saya.

Tapi itu karena kita mengikuti praktik terbaik dan tidak memodifikasi file inti. Jika Anda memodifikasi file inti WordPress, maka update otomatis ini dapat menimpa atau mereplace kustom yang sudah kiat buat.

Meskipun belum terjadi, tetapi jika WordPress merasa perlu untuk melakukan update keamanan untuk themes wordpress yang Anda gunakan, maka ada kemungkinan bahwa hal itu akan merusak situs Anda khususnya jika Anda telah memodifikasi file tema Anda.

Serupa dengan itu, update Plugin otomatis dapat merusak situs Anda juga karena ada terlalu banyak variabel (server yang berbeda, kombinasi Plugin, dll).

Baca : Daftar Update Services URL Ping WordPress dan Kegunaanya

Berikut adalah tutorial buat anda yang ingin menghilangkan update otomatis, yang setidaknya akan membuat aman kustomisasi yang anda lakukan, tapi selalu ingat, lakukan update selalu, agar situs wordpress anda selalu aman dari ancaman. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • agenwisatakarimunjawa

    Boleh minta ss full settingnya mas? Aku pasang ternyata isinya banyak. Bahasa mesin core update dll. Jadi bingung mana yang di setting untuk di disable.

Must Read...!
Theme WordPress Smartline Lite Responsive Free

Smartline Lite adalah theme wordpress responsive gratis yang sempurna untuk situs berita dan website...

Bagaimana Menambahkan Google+ di Plugin Sharebar WordPress

Pada situs blog centerklik untuk Share artikel ke media social menggunakan plugin yang bernama...

Close