How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Menambahkan Tombol Login Google Satu Klik di WordPress

Sebagian besar pengguna internet pasti memiliki akun Google, entah itu email ataupun layanan lain miliki Google. Dan tentu saja kebanyakan pengguna internet memiliki akun sosial media dan sosial media mengharuskan pengguna yang daftar harus memiliki email.

Google One Click WordPress

Beberapa produk Google terbukti memiliki lebih banyak pengguna dibanding dengan layanan yang dikeluarkan oleh pesaingnya, salah satunya adalah email yaitu Gmail. Dengan memiliki satu akun milik Google maka memungkinkan pengguna untuk mengakses semua aplikasi Google dengan cepat seperti Gmail, Drive, Documents, Foto, dan lainnya tanpa masuk secara terpisah untuk setiap aplikasi.

Dengan kemudahan satu login untuk semua produk aplikasi milik Google, itu sangat memudahkan pengguna dalam mengakses berbagai aplikasi layanan Google yang berbeda-beda. Dengan alasan banyaknya pengguna Google ini maka sangat penting untuk Anda pemilik situs WordPress untuk juga menambahkan fitur tombol login dengan satu klik akun Google.

Dengan menerapkan login satu kali klik Google ini, proses login ke dashboard WordPress menjadi lebih cepat dan menghemat waktu Anda, karena Anda tidak perlu memasukkan kredensial info username dan password setiap saat ketika ingin login ke halaman dashboard WordPress Anda. Belum lagi jika Anda sudah terlalu banyak mengingat kata username dan password maka kemungkinan lupa akan sangat besar.

Selain itu, jika Anda memiliki organisasi yang menggunakan GSuite untuk alamat email bisnis profesional, anggota tim organisasi Anda juga dapat menggunakan akun aplikasi Google untuk masuk.

Tapi jika Anda menjalankan blog WordPress sederhana dan hanya Andalah yang bisa masuk ke Dashboard WordPress, maka fitur ini mungkin tidak terlalu penting buat Anda. Namun, fitur single sign-on seperti One Click Google sangat membantu untuk situs web apa pun yang mengharuskan pengguna untuk login seperti situs web dengan banyak penulis seperti berita, situs web keanggotaan, dan situs web kursus online.

Mengingat banyaknya manfaat dan kemudahan dalam menggunakan login satu klik Google ini, maka pada artikel kali ini, saya akan berbagi cara menambahkan fitur login Google satu klik di situs WordPress Anda dengan mudah dan lengkap.

Baca : Panduan Lengkap Cara Daftar Google AdSense [Terbaru]

Cara Menambahkan Tombol Login Satu Klik di WordPress

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Google Apps Login. Untuk detail lebih lanjut, silahkan lihat Panduan Lengkap Cara Install Plugin WordPress.

Setelah aktivasi, silahkan masuk ke Settings » Google Apps Login di area admin WordPress Anda. Di bawah tab ‘Main Setup’, Anda harus menambahkan kode ‘Client ID’ dan ‘Client Secret’.

app login settings WordPress

Untuk mendapatkan kode tersebut, Anda perlu mengunjungi Google Developers Console. Jika Anda belum login, maka Anda akan diminta untuk masuk atau login dengan akun Google atau Gmail Anda.

Selanjutnya, Anda perlu mengeklik ‘Start a Project’ dibagian menu atas. Ini akan membuka popup di mana Anda perlu mengklik tombol ‘New Project’ untuk melanjutkan.

new project

Sekarang, Anda perlu menambahkan nama proyek dan memilih lokasi. Nama proyek dapat Anda isi sesuai keinginan Anda, dan untuk Lokasi akan menjadi nama domain organisasi Anda (example.com). Jika Anda masuk dengan akun Google perusahaan Anda atau akun GSuite Anda, maka itu akan menambahkan lokasi dan organisasi secara otomatis.

company location

Namun, jika Anda membuat proyek dari akun Google pribadi Anda, maka Anda dapat meninggalkan lokasi tanpa memilih bagian ‘Organization’.

project name location

Selanjutnya, klik tombol ‘Create’ untuk melanjutkan.

Anda sekarang akan dialihkan ke dasbor ‘API & Services’. Pada halaman ini, Anda perlu mengklik ‘Credentials’ dari menu sebelah kiri dan pergi ke halaman ‘OAuth consent screen’.

Di bagian ‘Email Address’, Anda perlu menambahkan alamat email yang telah Anda gunakan untuk membuat proyek ini. Anda juga perlu menambahkan URL situs web Anda di bidang ‘Homepage URL’ dan klik tombol ‘Save’.

oauth consent WordPress

Setelah itu, Anda akan di arahkan ke halaman ‘Credentials’ lagi. Lanjutkan dan klik tombol ‘Create Credentials’ untuk memilih opsi ‘OAuth client ID’.

oauth client id WordPress

Selanjutnya, Anda harus memilih aplikasi Web sebagai jenis Aplikasi. Di bidang asal JavaScript Resmi, Anda harus memasukkan URL situs web Anda (http://www.example.com), dan menambahkan URL halaman masuk WordPress (http://www.example.com/wp-login.php) di bidang ‘Authorised redirect URL’.

wep app type WordPress

Setelah itu klik tombol ‘Create’, dan Anda akan melihat Client ID Anda dan informasi ‘Client Secret’ ditampilkan dalam sebuah popup.

client id secret WordPress

Anda perlu menyalin dan menempelkan kode tersebut pada halaman pengaturan plugin di area admin WordPress Anda.

add client id secret WordPress

Setelah itu, Anda cukup keluar atau logout dari akun admin WordPress Anda, dan sekarang Anda akan melihat tombol ‘Login with Google’ telah ditambahkan di area login situs WordPress Anda.

login with google WordPress

Dengan klik pada tombol tersebut memungkinkan Anda untuk masuk ke akun WordPress Anda dengan satu klik saja. Namun, perlu diingat bahwa pengguna hanya dapat masuk dengan alamat akun Google yang telah mereka gunakan di situs web Anda.

Baca : Cara Menambahkan dan Menggunakan Google Tag Manager di WordPress

Dan itulah panduan lengkap tentang cara menambahkan fitur tombol login satu klik dengan Google di WordPress. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan membantu memudahkan Anda dalam login ke WordPress hanya dengan satu kali klik saja.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Accesspress Mag Responsive Free

AccessPress Mag adalah Theme WordPress Responsive Gratis yang mempunyai desain bersih dan modern untuk...

5 Tips Brilian untuk Marketer dalam Meningkatkan Penjualan di 2019

Saat ini banyak sekali blogger baru bermunculan dan disamping itu juga terdapat banyak blogger...

Close