Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Memasang Google Custom Search di WordPress

Jika Anda pernah mengunjungi beberapa situs dan melihat terdapat fitur pencarian dengan bertuliskan Google Custom Search dan Anda ingin mempunyai fitur pencarian tersebut untuk dipasang di situs WordPress Anda, maka pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial cara memasang Google Custom Search di WordPress dengan lengkap dan mudah.

Memang WordPress saat pertama kali Anda install sudah membawa fitur pencarian tanpa perlu melakukan install plugin, dan fitur pencarian default dari WordPress tersebut sudah cukup bagus menurut saya dan juga banyak terdapat banyak plugin lain di direktori WordPress yang tersedia yang dapat meningkatkan hasil pencarian Anda. Tapi bagi anda yang tidak ingin menginstal banyak plugin untuk meningkatkan fungsi pencarian, ada pilihan lain yaitu dengan mengganti pencarian WordPress dengan pencarian kustom dari Google.

Baca : Cara Pasang Google AdSense di WordPress

Buat Google Custom Search untuk Situs WordPress

Untuk memasang Google Custom Search di WordPress, pertama kali Anda harus membuatnya terlebih dahulu dengan mengunjungi situs Google Custom Search Engine dan login dengan menggunakan akun Google Anda. Sesampai di sana, klik tombol Create a Custom Search Engine dan masukkan URL situs WordPress Anda. URL juga akan digunakan sebagai nama mesin pencari Anda dalam dashboard Google Custom Search Engine Anda, dan jangan lupa untuk memilih bahasa yang ingin Anda gunakan. Klik tombol “CREATE” untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

google custom search wordpress

Pada halaman berikutnya, Anda akan melihat pemberitahuan bahwa Anda telah berhasil membuat google custom search. Anda akan disajikan dengan pilihan untuk menambahkannya ke situs Anda atau mendapatkan Public URL dan Control panel. Untuk menambahkan mesin pencari kustom ini di situs WordPress, silahkan klik tombol Get Code.

google custom search wordpress code

Pada halaman berikutnya Anda akan mendapatkan kode untuk mesin pencari kustom. Copy kode tersebut karena akan dibutuhkan pada langkah berikutnya.

Memasang Google Custom Search di WordPress

Setelah Anda mencopy code tadi, silahkan masuk ke admin situs WordPress Anda dan masuk ke menu Appearance » Editor dan cari file searchform.php untuk membukanya dalam editor. Paste kode yang Anda copy tadi pada file tersebut. Jika terdapat code di dalamnya, silahkan hapus dan ganti dengan kode dari google custom search.

Jika tema yang Anda gunakan tidak memiliki file searchform.php, maka Anda perlu membuatnya terlebih dahulu dengan menggunakan editor teks seperti Notepad dan meng-upload ke direktori theme wordpress Anda menggunakan FTP client.

Setelah paste kode Google custom search, silahkan simpan dan sekarang masuk ke menu Appearance » Widgets dari taruh widget search atau drag and drop widget search ke area sidebar situs Anda. Dan lihat situs Anda apakah sudah terpasang dengan baik dan silahkan di coba melakukan pencarian.

Desain Google Custom Search

design google custom search

Pada google custom search Anda juga bisa melakukan perubahan warna dan tampilan untuk di sesuaikan dengan desain situs Anda. Lihat deretan menu pada sidebar di sebelah kiri dan klik Look and Feel. Custom search Google memiliki beberapa tema premade tersedia untuk Anda dipilih. Anda juga dapat mengklik tab customize dan pilih warna font, border dan background. Setelah Anda selesai megatur tampilan yang sesuai untuk kotak pencarian, Silahkan klik save dan refresh situs WordPress Anda dan lihat perubahan yang sudah Anda buat.

Baca : Cara Menambahkan Fitur Voice Search di WordPress

Diatas adalah panduan lengkap cara memasang google search custom di situs WordPress, Silahkan di coba dan semoga artikel ini bermanfaat. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • danu adji

    cara merubah file txt ke php di cpanelnya gimana gan ?

Must Read...!
Theme WordPress JustWrite Responsive Free

JustWrite adalah Theme Wordpress Responsive Gratis dengan desain garis yang bersih dan profesional. Tema...

Cara Membuat Menu Responsif Fullscreen di WordPress

Mungkin Anda pernah mengunjungi beberapa situs populer yang mempunyai menu responsif fullscreen, menu ini...

Close